Spesifikasi Unified EFI Menentukan Antarmuka Antara Sistem Operasi dan Firmware Platform.

Intel® Platform Innovation Framework untuk spesifikasi arsitektur Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) menggambarkan elemen desain utama dari suatu pendekatan inovatif dalam menyusun firmware platform untuk platform yang berbasis pada arsitektur Intel.

Desain digolongkan menurut framework pusat yang memberikan layanan dan infrastruktur untuk menggabungkan unsur pembangun perangkat lunak modular.

Secara bersama, kode infrastruktur (disebut juga fondasi) dan pemilihan unsur pembangun yang tepat merupakan suatu implementasi perangkat lunak platform lengkap yang dirancang untuk menginisialisasi platform dan sistem operasi boot shrink-wrap, serta lingkungan aplikasi khusus lainnya.

Fondasi terdiri dari fase inisialisasi pra-EFI (PEI) dan lingkungan eksekusi driver (DXE), yang masing-masing dijelaskan dalam spesifikasi ini.

Spesifikasi ini juga menjelaskan sejumlah elemen desain lain untuk memberikan rangkaian desain dasar lengkap dan dukungan layanan untuk unsur pembangun arbiter yang akan menyesuaikan profil firmware platform tertentu, tujuan dan pasar yang diinginkan untuk perangkat keras.

Elemen desain tambahan mencakup layanan keamanan, manajemen kebijakan boot perangkat, layanan runtime, afterlife, penyimpanan firmware, antarmuka pengguna, layanan integritas firmware, dukungan keterkelolaan, kompatibilitas warisan, dan jalur boot atau pelanjutan.

Spesifikasi komponen dan interoperabilitas

Spesifikasi komponen dan interoperabilitas dijelaskan lebih mendalam untuk komponen fungsional yang melengkapi fondasi PEI dan DXE, dan juga arsitektural dalam desain kerangka kerja.

“Arsitektural”, dalam konteks ini, menegaskan bahwa komponen fungsional memberikan layanan yang mungkin selalu dianggap ada oleh kode apa pun yang dirancang dan ditulis untuk dapat beroperasi dalam berbagai platform yang menggunakan firmware berbasis desain kerangka kerja.

Unduhan Spesifikasi

Spesifikasi Intel® Platform Innovation Framework untuk UEFI berikut tersedia untuk diunduh.

Berikan umpan balik terkait dengan spesifikasi >

Ikhtisar Spesifikasi Extensible Firmware Interface

Halaman ini berisi informasi spesifikasi EFI untuk hanya Spesifikasi EFI 1.10 dan EFI 1.02, dan spesifikasi ini tetap tersedia untuk diunduh dari situs ini. Namun, spesifikasi untuk EFI yang terbaru telah disatukan dengan Spesifikasi UEFI dan anggota dapat mengunduh spesifikasi ini dari situs web Unified Extensible Firmware Interface (UEFI).

Spesifikasi EFI

Anda dapat mengunduh Spesifikasi EFI versi 1.10, mengunduh dokumen yang menjelaskan perubahan antara draf 0.95 dan versi final, atau mengakses spesifikasi terkait:

  • Unduh Spesifikasi 1.10 Pembaruan -001. Spesifikasi EFI 1.10 pembaruan -001 berisi klarifikasi dan koreksi yang diajukan dan diterima antara 07-01-2003 dan 01-11-2003, setelah Spesifikasi EFI 1.10 formal dirilis.