• <Lebih lanjut tentang Intel.com
Masthead Light

Intel® High Definition Audio

Audio Terintegrasi untuk Kini dan Nanti

Intel telah bekerja sama dengan industri untuk mengembangkan spesifikasi baru bagi audio terintegrasi yang mampu menghadirkan fitur dan kinerja canggih dari kartu audio tambahan. Intel® High Definition Audio (Intel® HD Audio) mampu memutar kembali saluran yang lebih banyak dengan kualitas lebih tinggi daripada format audio terintegrasi sebelumnya. Di samping itu, Intel High Definition Audio mempunyai teknologi yang diperlukan untuk mendukung konten audio terbaru dan terhebat. Dengan mengaktifkan model penggunaan yang disempurnakan, Intel High Definition Audio, yang tersedia dengan Chipset Intel® Express, juga akan mengubah cara komputer berinteraksi dengan suara.

Orang menggunakan komputer

Tantangan untuk Menemukan Audio yang Lebih Baik

Saat Analog Codec ‘97 pertama dikembangkan, pengguna biasanya hanya mendengarkan musik dan film dengan suara stereo. Dengan suksesnya film DVD yang disandikan dengan format audio multi-saluran Dolby Digital* dan DTS*, pengguna telah terbiasa mendengarkan suara surround penuh dengan speaker berjumlah enam hingga delapan buah. Di saat teknologi Analog Codec ‘97 berjuang dengan susah payah mengikuti perkembangan ini, Intel High Definition Audio dirancang secara khusus untuk pengalaman audio multi-saluran berkualitas tinggi. Algoritma enkode/dekode audio dan video juga memungkinkan pengalaman mendengarkan berkualitas lebih tinggi.

Semakin banyak konsumen yang memindahkan komputernya ke ruang tamu atau ruang keluarga agar dapat menikmati musik atau film digital di seluruh sudut rumah melalui TV layar besar atau sistem audio multi-saluran tercanggih. Dengan speaker lebih bagus yang terhubung ke komputer, keterbatasan subsistem suara komputer saat ini, entah itu terintegrasi atau tambahan, dapat mengurangi pengalaman digital secara keseluruhan.

Banyak konsumen juga menanyakan kemampuan memutar dua streaming audio berbeda melalui PC-nya secara bersamaan—mungkin musik klasik di ruang baca dan film di ruang tamu. Permintaan ini tidak dapat dipenuhi dengan solusi audio sebelumnya.

Pria dengan headphone

Pengalaman Audio yang Menakjubkan

Intel HD Audio menghadirkan peningkatan signifikan dari kartu suara dan audio terintegrasi generasi sebelumnya. Perangkat keras Intel HD Audio mampu memberikan dukungan dan kualitas suara untuk maksimal delapan saluran pada kualitas 192 kHz/32 bit, sedangkan spesifikasi Analog Codec ‘97 hanya dapat mendukung enam saluran pada 48 kHz/20 bit. Selain itu, arsitektur Intel HD Audio dibuat dengan tujuan mencegah gangguan atau letupan yang terkadang muncul pada solusi audio lain dengan memberikan bandwidth sistem khusus untuk fungsi audio kritis.

Speaker game

Penggunaan Inovatif untuk Sistem Digital di Rumah

Dolby Laboratories memilih Intel HD Audio untuk menghadirkan teknologi suara surround berkualitas Dolby ke PC, sebagai bagian dari PC Logo Program yang baru-baru ini diumumkan. Perpaduan dari teknologi-teknologi ini menandai tonggak sejarah penting dalam menghadirkan audio digital berkualitas kepada konsumen. Intel HD Audio mempu mendukung semua teknologi Dolby, termasuk Dolby Pro Logic* IIx terbaru, yang membuat Anda dapat menikmati konten stereo lama dalam sistem suara surround saluran 7.1.

Pengalaman Hiburan PC Dolby tersedia secara eksklusif pada PC berbasis Intel®, termasuk prosesor Intel® Core™2 Quad, Intel® Core™2 Duo, Pentium® 4 dengan HT Technology1, atau Intel® Pentium® D yang dipadukan dengan Rangkaian Intel® Express Chipset dengan Intel® High Definition Audio. Rangkaian Express Chipset meliputi:

  • Intel® G965, P965, Q965, Q963, 946GZ, dan 946PL Express Chipset
  • Intel® 975X, 955X, 945G, dan 945P Express Chipset
  • Intel® 925XE dan 925X Express Chipset
  • Intel® 915G, 915P, 915GV, 915GL, dan 915PL Express Chipset
  • Intel® 910GL Express Chipset

Konsumen juga menginginkan kemampuan untuk memutar dua trek audio yang berbeda, misalnya CD dan DVD secara bersamaan, yang bisa dilakukan dengan solusi audio terbaru. Intel HD Audio mengedepankan kemampuan multi-streaming yang memungkinkan pengguna mengirim dua atau lebih streaming audio yang berbeda ke beberapa lokasi sekaligus, dari PC yang sama.

Microsoft telah memilih Intel HD Audio sebagai arsitektur utama bagi Universal Audio Architecture* (UAA) mereka yang baru, yang menyediakan satu driver yang akan mendukung semua pengontrol dan kodek HD Audio. Di saat driver Microsoft diharapkan mendukung fungsi dasar Intel HD Audio, vendor kodek diharapkan membuat solusi mereka menonjol dengan menawarkan solusi audio Intel HD yang disempurnakan. Hasilnya adalah audio berbasis PC berkualitas tinggi yang menghadirkan konvergensi tanpa hambatan untuk hiburan digital antara PC dan perangkat elektronik konsumen.

Suara surround

Fitur yang Disempurnakan

Intel HD Audio juga memungkinkan perekaman suara yang disempurnakan melalui penggunaan mikrofon larik, sehingga pengguna mendapatkan input ucapan yang lebih akurat. Di saat implementasi audio lainnya memiliki dukungan terbatas untuk mikrofon larik sederhana, Intel HD Audio mendukung mikrofon larik yang lebih besar. Dengan meningkatkan ukuran mikrofon larik, pengguna mendapatkan input yang sangat jernih melalui pembersihan derau dan pembentukan pancaran. Hal ini menghasilkan input berkualitas lebih baik untuk pengenalan suara, Voice over IP (VoIP), dan aktivitas lain yang menggunakan suara.

Intel HD Audio juga memberikan peningkatan yang mendukung penugasan ulang colokan yang lebih baik. Komputer dapat mendeteksi saat perangkat tersambung ke colokan audio, menentukan jenis perangkat, dan mengubah fungsi port jika perangkat tersambung ke port yang salah. Contohnya, jika mikrofon tersambung ke colokan speaker, komputer akan mengenali kesalahan itu dan dapat mengubah fungsi colokan menjadi colokan mikrofon. Ini adalah langkah penting dalam membuat audio menjadi "selalu berfungsi"-pengguna tak perlu mengkhawatirkan masalah menyambungkan perangkat yang tepat ke colokan audio yang benar.

Wanita dengan tablet

Solusi untuk Masa Depan

Dirancang untuk pemutaran audio "bebas gangguan", multi-streaming, penugasan ulang colokan, dan dukungan UAA, Intel HD Audio menawarkan solusi audio untuk masa mendatang. Sebagai salah satu dari banyak teknologi baru yang diperkenalkan bersama rangkaian Intel® 955X, 925, 915, dan 910 Express Chipset, dan kini rangkaian Intel® 945 Express Chipset, Intel HD Audio menyempurnakan pengalaman pengguna akhir dan memungkinkan konvergensi hiburan digital untuk PC dan produk elektronik konsumen (CE).

Informasi Produk dan Performa

open

1. Membutuhkan sistem berkemampuan Intel® Hyper-Threading Technology (Intel® HT Technology), tanyakan pada produsen PC Anda. Kinerja dapat berbeda-beda bergantung pada perangkat keras dan perangkat lunak spesifik yang digunakan. Tidak tersedia pada Intel® Core™ i5-750. Untuk informasi lebih lanjut, termasuk rincian tentang prosesor mana yang mendukung teknologi HT, kunjungi http://www.intel.com/content/www/us/en/architecture-and-technology/hyper-threading/hyper-threading-technology.html. Beberapa fungsionalitas HD Audio bergantung pada implementasi, pengontrol, dan kodek yang sesungguhnya. Prosesor Intel® dan/atau chipset Intel® dapat memuat kecacatan atau kesalahan rancangan yang dikenal sebagai errata yang dapat menyebabkan produk menyimpang dari spesifikasi yang dipublikasikan. Karakter errata saat ini tersedia berdasarkan permintaan.