• <Kembali ke Perpustakaan Konten
Masthead Light

Intel® International Sains and Engineering Fair

Menginspirasi para innovator di seluruh dunia

Intel International Science and Engineering Fair, Program Society for Science and the Public, adalah Kompetisi sains untuk siswa Pra-Kuliah terbesar di dunia. Setiap tahun, lebih dari 6 juta ilmuwan muda dari seluruh dunia hadir untuk bersaing dan 1.500 dipilih sebagai finalis untuk berbagi gagasan, menampilkan ide dan berkompetisi untuk penghargaan dan beasiswa senilai lebih dari USD 4 juta. Untuk menilai proyek, lebih dari 1.000 profesional di bidang sains, rekayasa dan industri bekerja sebagai relawan sukarela di Intel ISEF.

Penghargaan Penemuan Ilmiah dan Inovasi

Pada Intel ISEF, siswa didorong untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menantang praktek penelitian ilmiah yang asli untuk menciptakan solusi terhadap masalah-masalah yang akan datang.

  • Gordon E Moore Award: Kategori Terbaik Pemenang akan menerima USD 75.000.
  • Intel Foundation Young Scientists (Dua siswa) masing-masing USD 50,000.
  • Nobel Prize Ceremony Trip (Tiga senior teratas).
  • Intel ISEF grand Awards (Intel ISEF memiliki 17 kategori ilmiah dan.

dua kategori tim proyek, dibagi ke dalam ilmu biologi dan ilmu fisika. Peserta harus memilih kategori, dan mereka dinilai secara khusus dalam kategori itu):

  • Juara 1 - USD 3.000
  • Juara 2 - USD 1.500
  • Juara 3 – USD 1.000 
  • Juara 4 – USD 500

* Setiap kategori juga memiliki "Kategori Terbaik Intel" pemenang.

yang menerima tambahan sebesar USD 5.000.

* Setiap "Kategori Terbaik" sekolah pemenang dan berafiliasi dengan Intel ISEF juga menerima USD 1.000.

Lomba Karya Ilmiah Remaja

Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) adalah kompetisi ilmiah pertama yang diselenggarakan oleh LIPI pada tahun 1969 era kepemimpinan Kepala LIPI Prof. Dr. Sarwono Prawirohardjo. Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan dan mewadahi kesadaran remaja usia 12-19 akan pentingnya iptek untuk pengembangan diri dan pemecahan masalah.

Awalnya dengan mengacu kepada konsep ilmu terapan ( application science ) maka sepanjang tahun 1968-1974 hanya terdapat satu bidang lomba, yaitu bidang Elektronika. Perubahan jumlah bidang lomba juga terjadi berapa kali, pada periode 1975-1979, bidang lomba LKIR menjadi 5, yaitu: Biologi, Fisika, Kimia, Matematika, dan Elektronika. Era selanjutnya (1980-1986) bidang lomba semakin diperbanyak dengan menambahkan bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan dengan aplikasi teknologi. Pada perkembangannya bidang-bidang yang terkait dengan objek sains digabung dalam domain Ilmu Pengetahuan Alam (Biologi, Fisika, Kimia dan Matematika) dan bidang Elektronika diigabung dengan bidang Aplikasi Teknologi menjadi bidang Ilmu Pengetahuan Teknik, sehingga ada 3 (tiga) bidang LKIR sejak tahun 1987 sampai sekarang.

Perubahan tersebut berdasarkan pertimbangan kemudahan bagi publik, dewan juri dan panitia dalam mengklasifikasi kategori lomba pada ilmu-ilmu umum. Pada ajang 2010 Format LKIR mengalami perubahan, LKIR dimulai dari penilaian proposal penelitian dan BUKAN makalah hasil penelitian. Setiap peserta akan melalui proses pembimbingan selama tiga bulan oleh peneliti-peneliti yang ditentukan oleh LIPI.

Testimoni salah satu peserta yang mewakili Indonesia dalam ajang Intel ISEF.

Testimoni Peserta

Testimoni salah satu peserta yang mewakili Indonesia dalam ajang Intel ISEF.

Peraih Grand Awards

Peraih Grand Awards

Salah satu Finalis yang berasal dari Indonesia, berhasil mendapatkan Grand Awards pada ajang Intel ISEF.

Tim Indonesia

Tim Indonesia

Tim Indonesia mengikuti ajang Intel ISEF.

Intel® International Sains and Engineering Fair