• <Lebih lanjut tentang Intel.com

Perang Dunia I

Perang untuk Mengakhiri Semua Perang

Perang Dunia I

Ringkasan Unit

Para murid sejarah sekolah menengah atas memulai sebuah perjalanan untuk menemukan jawaban dari Pertanyaan Unit: Apakah ‘perang untuk mengakhiri semua perang’ ini telah dihindari? Dengan menyelidiki sebab-sebab dari Perang Dunia I. Mereka membuat sebuah surat kabar untuk menjawab Pertanyaan-pertanyaan Isi: Apakah empat alasan utama yang menyebabkan Perang Dunia I (kemiliteran, persekutuan, imperialisme, dan nasionalisme)? Dan kejadian apa yang menuntun pecahnya Perang Dunia I. Para murid lalu menggunakan alat untuk menampakan tingkatan (visual ranking tool) untuk menyusun tingkatan sebab yang mana yang paling berpengaruh dalam memulai perang dan mempertahankan posisi mereka tersebut.Setelah diskusi dalam kelas tentang penyebab dari perang, para murid melengkapi Peta Eropa sebelum pecahnya perang dengan menggunakan program pewarnaan untuk nama negara-negara dan kode warna mereka berdasarkan pihak yang mereka pilih.  Para murid menggunakan informasi dari sumber utama yang ditulis oleh tentara-tentara Perang Dunia I. Lalu mereka berpartisipasi dalam aktivitas peperangan parit perlindungan. Berdasarkan pengalaman ini, mereka menulis isi jurnal atau surat untuk anggota keluarga bagaikan mereka adalah tentara dalam parit perlindungan tersebut. Para murid lalu menguji tujuan dan alat dari propaganda serta melakukan riset terhadap propaganda Perang Dunia I dari berbagai macam Negara untuk mempelajari dampak dari propaganda yang diterima oleh garis depan tersebut. Para murid menyimpulkan unit ini dengan membuat sebuah presentasi multimedia yang menganalisa bagaimana sebuah propaganda digunakan di Negara-negara berbeda. Para murid menggunakan rubrik dan checklist untuk merencanakan dan memonitor pekerjaan mereka. Sebagai aktivitas menyimpulkan, para murid membandingkan propaganda dari Perang Dunia I untuk digunakan pada hari ini dan mendiskusikan bagaimana propaganda tersebut memiliki pengaruh pada kehidupan mereka hari ini. Untuk mencapai puncak pada unit ini, para murid menyelesaikan ujian tertulis tentang Perang Dunia I.

Pertanyan-pertanyaan dalam Kerangka-Kurikulum

  • Pertanyaan Dasar
    Mengapa ada konflik?
  • Pertanyaan Unit
    Apakah ‘perang untuk mengakhiri semua perang’ ini telah dihindari?
    Apakah propaganda itu perlu? 
  • Pertanyaan Isi
    Apakah empat alasan utama yang menyebabkan Perang Dunia I?
    Apakah propaganda itu?

Rencana Penilaian

Garis Waktu Penilaian  

Jadwal dibawah memperlihatkan susunan kronologi keanekaragaman penilaian formal dan tidak formal yang muncul selama unit ini. Tabel dibawah menjelaskan bagaimana setiap penilaian telah dipergunakan dan siapa yang menggunakannya dan untuk tujuan apa.

Jadwal Penilaian

Sebelum memulai
pekerjaan proyek
Murid mengerjakan pekerjaan
dari proyek tersebut dan
menyelesaikan tugas-tugasnya.
Setelah pekerjaan proyek
diselesaikan

  • Sumbang
    saran
  • Diskusi
  • Jurnal-jurnal
  • Peta Dunia
  • Checklist surat kabar dan rubrik
  • Peta
  • Observasi cerita-cerita pendek lucu (Anekdok)
  • Checklist Penilaian Diri Kolaborasi
  • Rubrik Penilaian Sesama Kolaborasi
  • Refleksi Kolaborasi
  • Peta yang telah direvisi
  • Jurnal
  • Checklist Pemecahan Masalah
  • Jurnal Perang Dunia I dan Rubrik Surat-surat
  • Diskusi
  • Checklist dan Rubrik Presentasi Propaganda
  • Saran antar Sesama untuk Presentasi Propaganda
  • Wawancara tidak formal/resmi
  • Rubrik Proyek
  • Rubrik Ujian Akhir Tertulis
  • Refleksi Akhir

 

Penilaian  
Proses dan Tujuan Penilaian
Sumbang Saran
(Brainstorming)
Para murid menyumbang saran tentang alasan mengapa peperangan terjadi untuk menunjukkan apa yang mereka ketahui tentang topic dan kesalahpahaman apa yang mereka miliki. Informasi ini membantu Guru dalam menilai pemahaman murid dan untuk merencanakan kegiatan yang memenuhi kebutuhan para murid.
Diskusi Sering kali dilakukan selama unit berlangsung, para murid mendiskusikan topik yang berhubungan, untuk menggerakan latar belakang pengetahuan mereka. Catatan dari kontribusi para murid dalam kegiatan diskusi, dapat digunakan untuk merencanakan instruksi berikutnya dan untuk memberikan masukan / saran terhadap perseorangan dan kelompok.
Jurnal Para murid menulis jurnal mereka selama unit berlangsung untuk mengeksplorasi/meneliti pemikiran mereka terhadap topik yang beraneka ragam. Informasi dari isi jurnal ini dipergunakan untuk memberikan saran terhadap perseorangan dan kelompok selama mereka mengerjakan proyeknya.
Peta-peta Dunia Para murid memberikan kode warna pada peta dunia, untuk mengidentifikasi Negara mana yang berpartisipasi dalam Perang Dunia I dan Negara tersebut berada pada pihak yang mana. Peta ini membantu Guru dalam menilai apa yang murid ketahui tentang Negara-negara yang berpartisipasi dalam peperang ini. Para murid nanti akan menilai perkembangan mereka, dengan cara membuat peta baru dan membandingkannya dengan peta pertama.
Checklist Surat Kabar (doc)
Para murid menggunakan checklist ini untuk memantau perkembangan mereka selama melakukan penelitian dan membuat Surat Kabar mereka.
Rubrik Surat Kabar (doc)
Rubrik ini dipergunakan oleh murid ketika mereka mengerjakan tugasnya dalam surat kabar mereka untuk memastikan pekerjaannya berkualitas tinggi, dan oleh Guru pada akhir proyek dipergunakan dalam memberikan nilai terhadap pekerjaan murid tersebut. 
Catatan Cerita Pendek Lucu (Anekdok) Guru mengamati para murid ketika mereka mengerjakan surat kabarnya dan mencatat tentang pemahaman mereka dari konsep yang sedang dipelajari dan kemampuan kolaborasinya. Informasi ini dipergunakan untuk menyiapkan pelajaran singkat tentang kolaborasi dan untuk menyusun instruksi tentang Perang Dunia I.
Checklist Penilaian Diri Kolaborasi (doc)
Checklist ini dipergunakan oleh murid perseorangan selama proyek surat kabar untuk menilai diri mereka sendiri akan kemampuan kolaborasinya.
Rubrik Penilaian Sesama Kolaborasi (doc)
Para murid menggunakan rubrik ini untuk menilai kemampuan kolaborasi anggota kelompok mereka.
Refleksi Kolaborasi Setelah membuat surat kabar Perang Dunia I secara berkelompok, para murid menggunakan checklist Penilaian Diri Kolaborasi mereka untuk menunjukkan sebaik apa mereka bekerja dengan sesame.
Konferensi Kelompok Guru mendatangi tiap kelompok untuk bertanya tentang perkembangan mereka dan memastikan checklist mereka akurat dan terkini.
Checklist Pembuat Keputusan (doc)
Checklist ini dipergunakan oleh murid dalam kelompok kecil untuk membantu mereka berpikir secara logis dan sistematis tentang keputusan Amerika untuk ikut terlibat Perang Dunia I.
Jurnal Perang Dunia I dan Rubrik Surat (doc)
Para murid menggunakan rubric-rubrik ini selama mengerjakan jurnal atau surat-surat untuk memastikan bahwa mereka mencakup seluruh komponen penting dan mengerjakan pekerjaan yang berkualitas tinggi. Rubrik-rubrik juga dipergunakan untuk menilai produk akhirnya.
ChecklistPresentasi Propaganda (doc) Para murid mempergunakan checklist ini untuk memantau perkembangan mereka selama mengerjakan presentasinya. 
Saran antar Sesama dalam Presentasi Propaganda (doc) Lembar ini diisi oleh murid dalam kelompok kecil ketika para murid berlatih presentasi, untuk memberikan informasi bagaimana pemberi presentasi (presenter) dapat mengembangkan kemampuan mereka.
Rubrik Presentasi Propaganda (doc) Para murid menggunakan rubrik ini ketika mengerjakan presentasi untuk memastikan mereka mencakup seluruh komponen penting dan mengerjakan perkerjaan yang berkualitas tinggi. Guru juga menggunakan rubric ini dalam menilai produk akhirnya.
Wawancara tidak resmi /informal Ketika murid mengerjakan presentasi mereka, Guru mendatangi tiap murid untuk memeriksa checklist murid tersebut dan mendiskusikan perkembang proyeknya.
Rubrik Ujian Akhir Tertulis (doc) Para murid mempergunakan rubric ini untuk menyusun pemikiran mereka atas pertanyaan dalam ujian akhir dan merencanakan apa yang akan mereka tulis. Ini juga digunakan untuk menilai ujian akhir tertulis.
Refleksi Pada refleksi akhir unit ini, para murid menilai proses belajar mereka dan menetapkan tujuan untuk pengalaman belajar dikemudian hari. Guru dan murid mempergunakan informasi ini untuk memantau pembelajaran sepanjang tahun.

Kredit

Johanna Van Ness menciptakan ide untuk rencana proses penilaian ini. Kelompok Guru mengembangkan rencana tersebut menjadi contoh-contoh yang anda lihat disini.

Perang Dunia I

Sekilas Pandang

Tingkatan: 9-12

Subyek: Sejarah Amerika

Topik: Propaganda Perang Dunia I (World War I - WWI)

Susunan lebih tinggi kemampuan berpikir: Sebab dan Akibat, Pemecahan Masalah, Analisa

Pelajaran Inti: Empat Sebab Utama dari Perang Dunia I, Peperangan Parit Perlindungan, Masuknya Amerika (US) dalam Perang Dunia I, Propaganda, Kesepakatan Versailles.

Waktu Diperlukan: 1 jam kelas selama 4 minggu