• <Lebih lanjut tentang Intel.com

Penilaian yang Berhasil

Penilaian yang Berhasil

Membuatnya Berlangsung di Sekolah Anda

Penggabungan beberapa jenis penilaian ke dalam aktifitas kelas sehari-hari “pada kenyataannya dapat menghasilkan perubahan yang sangat besar pada peranan siswa sebagai pelajar dan pada peranan guru di dalam membangun kapasitas belajar para siswa” (Black et al., 2003, h.102-103)

Paul Black dan kawan-kawannya bekerja sama dengan para guru di dua sekolah dasar berbahasa Inggris selama dua tahun termasuk penilaian formatif pada proses mengajar mereka dalam sebuah program yang disebut Proyek Penilaian Formatif King’s-Medway-Oxfordshire. Di akhir proyek, para peneliti bertanya pada diri mereka “apakah mungkin untuk memperkenalkan penilaian formatif tanpa perubahan-perubahan radikal dalam cara mendidik di dalam kelas karena, pada dasarnya, tipe penilaian seperti ini menjadi sebuah komponen penting pada proses belajar di dalam kelas” (h.7)

Para peneliti tersebut mengetahui bahwa konsekuensi alamiah dari penggunaan penilaian formatif secara terus menerus akan membuat sebuah perkembangan di dalam kelas dimana para siswa tidak hanya mendapat informasi secara rutin tentang bagaimana proses belajar mereka, tetapi juga secara aktif terlibat dalam aktifitas-aktifitas yang membantu mereka mengubah pengetahuan dan kemampuan menjadi cara belajar yang sangat berarti bagi tiap individu.
Kelas yang berpusat pada siswa

Para guru yang pernah dididik sebagai siswa dan yang pernah belajar cara mengajar dalam sebuah lingkungan dimana penilaiannya terdiri dari ujian akhir dan pembuatan makalah tidak mungkin memiliki kemampuan dan informasi yang dibutuhkan untuk menggunakan penilaian formatif secara efektif. Pengembangan Profesi pada topik kunci menjadi sangat penting jika mereka menjadi sukses.

Para guru tidak mengajar di ruangan kosong. Mereka dikelilingi oleh fasilitas-fasilitas gedung, para pengelola, budaya masyarakat, pasokan, dan guru-guru sejawat. Pengunaan penilaian formatif yang efektif dan bangunan budaya kelas yang berpusat pada siswa membutuhkan dukungan yang kuat dan kepemimpinan dari setiap level.

Penilaian yang Berhasil

Skenario Kelas

Kelas dimana penilaian tergabung dalam pengajaran menempatkan siswa pada pusat proses belajar. 

Baca lebih lanjut >