• <Lebih lanjut tentang Intel.com

Tipe-tipe Penilaian

Tipe-tipe Penilaian

Penilaian dalam Beberapa Cara Berbeda

Penilaian merupakan hal yang biasa dilakukan di dalam kelas. Hal itu biasanya mengambil cara yang konservatif dalam format tradisional. Ada berbagai macam pilihan penilaian, namun sebaiknya dapat memenuhi kebutuhan guru akan pengajaran dan kebutuhan siswa akan pelajaran.

Penilaian Formatif
Meskipun tes dan ujian tidak akan dihilangkan dari sekolah, cara belajar siswa dapat lebih baik ketika informasi dari berbagai macam penilaian digunakan untuk menginformasikan pelajaran, memberikan masukan, dan evaluasi produk dan penampilan. Jenis penilaian yang berlangsung sebelum dan selama pelajaran disebut penilaian formatif.

Beberapa strategi dari penilaian formatif memberikan para siswa dan guru berbagi bentuk informasi yang diperlukan untuk meningkatkan pelajaran:

  1. Strategi untuk mengukur kebutuhan siswa, seperti menguji pekerjaan siswa, menganalisa grafik organiser, dan brainstorming
  2. Strategi untuk mendorong pengarahan diri sendiri, seperti penilaian diri sendiri, tanggapan teman, dan kerja sama kelompok
  3. Strategi untuk memantau perkembangan, seperti observasi informal, catatan pribadi, dan catatan pelajaran
  4. Strategi untuk memeriksa pemahaman,seperti jurnal, wawancara dan mengajukan pertanyaan informal

Penilaian Summatif
Ketika penilaian formatif dapat memberi para siswa dan guru informasi tentang sebaik apa mereka melakukan proyek, pada beberapa hal, banyak guru yang diminta untuk memberikan laporan terhadap cara belajar siswa di setiap akhir unit atau proyek tertentu. Para siswa juga ingin dan perlu mengetahui sebaik apa mereka telah melakukan. Penilaian seperti ini, selesai setelah ada fakta, disebut penilaian sumatif.

Penilaian sumatif, seperti tes unit, dapat memberikan informasi berguna jika para guru dan siswa mengambil waktu untuk lebih memperhatikan mereka. Para guru dapat menemukan daerah kelemahan untuk membahasnya lebih dalam di pelajaran berikutnya dan dengan kelompok siswa. Para siswa dapat mengidentifikasi daerah yang bermasalah dan menetapkan tujuan untuk pelajaran di masa depan.

Tipe-tipe Penilaian

Skenario Penilaian

Bandingkan berbagai pengalaman para siswa dalam dua kelas yang berbeda, satu dengan penilaian tradisional dan lainnya dimana penilaian berlangsung berkesinambungan dan berlanjut.

Baca lebih lanjut >