• <Lebih lanjut tentang Intel.com

Strategi Penilaian

Strategi Penilaian

Panduan untuk Pengembangan dan Penggunaan Berbagai Metode Penilaian yang Berbeda

Strategi-strategi penilaian ini memberikan informasi yang bernilai baik bagi guru maupun siswa. Masing-masing strategi menawarkan metode-metode dan instrumen-instrumen yang unik. Kuncinya adalah memahami berbagai tujuan yang berbeda, bagaimana strategi-strategi tersebut menjadi terstruktur dan pada akhirnya, apa yang akan dilakukan dengan hasilnya. Strategi penilaian terdiri dari lima kategori utama. Tidak semua metode dalam setiap kategori perlu digunakan, tetapi semua kategori harus masuk ke dalam rencana penilaian.

Strategi untuk Mengukur Kebutuhan Siswa >
Gunakan strategi-strategi ini sebelum diinstruksikan, untuk membantu menentukan latar belakang pengalaman, kemampuan, sikap dan kesalahpahaman siswa. Strategi-strategi ini membantu menilai kebutuhan belajar masing-masing siswa dan mendampingi siswa dalam menghubungkan antara apa yang mereka ketahui sebelumnya (berdasarkan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya) dan apa yang akan mereka pelajari. 

Strategi untuk Mendorong Pengarahan Diri Sendiri dan Kolaborasi >
Gunakan strategi-strategi ini untuk menilai kemampuan siswa dalam membangun rasa memiliki akan proses belajarnya, menunjukkan kemampuan interpersonal, menghasilkan pekerjaan yang berkualitas lebih tinggi, memahami umpan balik, dan menilai hasil kerja teman.

Strategi untuk Memantau Perkembangan >
Gunakan strategi-strategi ini untuk membantu siswa tetap pada jalur selama proyek berlangsung. Siswa menjadi lebih mampu mengatur diri sendiri manakala mereka diberikan berbagai metode dan instrumen dalam menyelesaikan tugas-tugas dengan akhir terbuka.  Strategi-strategi ini juga membantu menentukan kapan dan dimana siswa butuh bantuan lebih atau petunjuk tambahan. Banyak dari strategi-strategi ini memberikan dokumentasi dari pertumbuhan pembelajaran sepanjang waktu.

Strategi untuk Memeriksa Pemahaman dan Dorongan Metakognisi >
Gunakan strategi-strategi ini untuk memeriksa pemahaman siswa selama perkembangan proyek. Siswa juga menggunakan strategi-strategi ini untuk berpikir tentang pelajarannya. Metode yang sama dapat digunakan untuk dua tujuan, tapi adalah penting untuk memberikan pertanyaan-pertanyaan eksplisit dan tepat waktu untuk membantu siswa berpikir tentang apa dan bagaimana mereka belajar.

Strategi untuk Mendemonstrasikan Pemahaman dan Kecakapan >
Gunakan strategi-strategi ini untuk membahas pemahaman dan kecakapan siswa di akhir proyek. Ada dua strategi yang berbeda dalam kategori ini:

  • Produk dan penampilan
  • Portfolio dan konferensi yang dipimpin siswa

Produk adalah benda-benda hasil kreasi siswa, kadang dikenal sebagai artifak. Penampilan adalah hal-hal yang dikerjakan oleh siswa. Portfolio adalah koleksi dari berbagai produk dan penampilan siswa sepanjang waktu yang menunjukkan usaha-usaha siswa, perkembangan dan pencapaiannya, sementara konferensi yang dipimpin siswa adalah suatu wadah dimana siswa dapat berbagi dan menunjukkan portfolio, sampel hasil kerja mereka dan berdiskusi tentang berbagai ketertarikan, pelajaran dan tujuan-tujuan mereka.

 

Strategi Penilaian

Strategi Perubahan Penilaian

Guru merubah unit untuk memasukkan berbagai macam penilaian.

Baca lebih lanjut >