• <Lebih lanjut tentang Intel.com

Mendorong Pengarahan Diri dan Kolaborasi

Mendorong Pengarahan Diri dan Kolaborasi

Membangun Pelajar-Pelajar yang Mandiri

Tujuan akhir pendidikan adalah untuk menciptakan siswa-siswa yang dapat belajar sendiri. Hal ini sangat kritis di abad 21, saat perubahan teknologi sangat cepat, dimana berbagai kecakapan harus dipelajari dan dipelajari secara terus menerus. Pelajar-pelajar yang mampu mengarahkan dirinya sendiri efisien pada perencanaan dan mengikuti terus tanpa bertanya. Mereka tahu bagaimana mengenali dan menggunakan berbagai macam sumber dan alat-alat belajar. Mereka mengambil resiko-resiko yang tepat dan belajar dari kesalahan yang mereka buat.

Literatur menunjukkan bahwa kelas mendorong pelajaran pengarahan diri sendiri membangun siswa-siswa yang ingin tahu dan mau mencoba hal-hal baru (Garrison, 1997), memandang berbagai masalah sebagai tantangan, menginginkan perubahan, dan menikmati waktu belajar (Taylor, 1995).  Taylor juga menemukan siswa-siswa di lingkungan seperti ini butuh dimotivasi dan gigih, mandiri, memiliki disiplin pribadi, percaya diri dan berorientasi pada tujuan.  Semua karakteristik yang mendukung berbagai kecakapan abad 21 ini harus dimiliki siswa agar dapat sukses dalam berbagai upayanya dimasa depan.

Tabel dibawah ini berisi pandangan dari metode-metode, tujuan-tujuan dan alat-alat yang digunakan untuk pengarahan diri sendiri dan kolaborasi.  Sebagai kaitannya diberikan informasi detil dan contoh-contoh spesifik.

Metode Penilaian Tujuan Waktu Digunakan Alat-alat
Rencana Proyeks Rencana-rencana proyek membantu siswa memiliki rasa kepemilikan akan pelajaran.  Para siswa mengenali tujuan-tujuannya, merancang strategi-strategi untuk mencapai tujuan, membuat garis waktu, dan menjelaskan kriteria-kriteria untuk penilaian. Gunakan diawal proyek pada berbagai konferensi dengan siswa.  Bantu siswa membuat rencananya sendiri, tinjau kemungkinan dan indikasinya.
Penilaian Diri Sendiri dan Pemikiran Penilaian diri sendiri dan pemikiran memberikan kesempatan pada siswa untuk menilai sendiri perkembangannya, pikirannya dan pelajarannya dan merenungkan metode-metode untuk perbaikan. Gunakan selama proyek baik secara lisan, melalui berbagai konferensi atau dalam formulir tertulis.
Umpan Balik teman
Umpan Balik teman membantu para siswa menganalisa karakteristik-karakteristik dari kualitas pekerjaan dengan menilai pekerjaan teman-temannya. Gunakan di seluruh proyek selama diskusi-diskusi kelompok, setelah pembuatan draft kasar atau produk dan penampilan akhir.
Pengamatan Kelompok Pengamatan kelompok membantu penilaian kemampuan berkolaborasi. Gunakan di sepanjang proyek dengan membuat catatan-catatan, gunakan daftar periksa dan berikan deadline saat kelompok bekerja bersama menyelesaikan tugas-tugas.  Para siswa juga menilai kemampuan kerja kelompoknya masing-masing dengan menggunakan daftar periksa dan pemikiran.
Strategi Penilaian