• <Lebih lanjut tentang Intel.com

Mengukur Kebutuhan Siswa

Mengukur Kebutuhan Siswa

Mengukur Kebutuhan

Para siswa membawa berbagai macam pengalaman, kemampuan dan ketertarikan terhadap topik-topik baru.  Pemahaman yang lengkap atas latar belakang pengetahuan dan pemahaman siswa membantu guru-guru merancang petunjuk untuk mengatasi kesalahpahaman dan untuk mengambil keuntungan dari pengalaman-pengalaman penting.

 

Tabel di bawah ini memuat ulasan berbagai metode, tujuan dan alat-alat yang digunakan untuk mengukur kebutuhan siswa. Links memberikan informasi yang lebih detil dan contoh yang spesifik.

Metode Penilaian

Tujuan

Waktu Pemakaian

Alat

Mengevaluasi Pekerjaan Siswa Mengevaluasi pekerjaan dan cakupan pemahaman siswa, menjelaskan berbagai harapan pelajaran bagi siswa, dan memberikan bebagai kesempatan untuk menilai kualitas tugas yang sudah diajarkan sebelumnya atau rencana dan implikasi dari latihan petunjuk. Sebelum merencanakan proyek, lihatlah pekerjaan siswa dan tanyakan: Kemampuan, pengetahuan dan pemahaman apa yang akan didemonstrasikan oleh siswa?
Apa buktinya?
Apa kesalahpahamannya?
Apakah ada pola atau trend yang diikuti?
  • Berbagai contoh pekerjaan dan penilaian dari siswa yang berbeda-beda
  • Contoh dari salah seorang siswa
  • Data-data yang didapat dari hasil tes
Grafik Organiser
Grafik Organiser memberikan penjelasan visual atas konsep pemahaman siswa yang berlaku saat ini, proses berpikir dan menjelaskan konsepsi awal. Diawal proyek bawa informasi dari siswa dengan membuat graphic organizer pada sebuah tabel untuk mendapat ide akurat siswa sebelum pengetahuan. Berikan organiser untuk digunakan secara pribadi oleh siswa selama proyek.
Tabel Know-Wonder-Learn (K-W-L)
Tabel K-W-L memberikan sebuah struktur pada siswa untuk berpikir tentang apa yang mereka tahu dari sebuah topik, mencatat apa yang mereka  ingin tahu, dan pada akhirnya merekam apa yang telah mereka pelajari dan apa yang belum dipelajari. Siswa dibiarkan untuk menghubungkan sendiri hal-hal tersebut sebelum sebuah topik dibahas secara mendalam. Gunakan diawal proyek, selama diskusi kelas atau di dalam jurnal pribadi.
  • Topik yang ditulis diatas kertas tabel atau papan tulis
  • Jurnal
Pikirkan-Pasangkan-Bagikan Pikirkan-Pasangkan-Bagikan mengajak siswa untuk berpikir terlebih dahulu tentang pertanyaan, kemudian memasangkannya dengan orang lain, memberikan tanggapan secara verbal, dan akhirnya menyimpulkan ide-ide mereka untuk kepentingan seluruh kelas. Ini membantu siswa untuk mengelola terlebih dahulu pengetahuan dan pertanyaan-pertanyaan brainstorm. Gunakan diawal proyek dan selama diskusi di dalam kelas.
  • Pertanyaan atau Prompt
  • Formulir untuk menyimpan berbagai kesimpulan dan pertanyaan.
Brainstorming
Siswa membuat berbagai macam ide yang berhubungan dengan topik dan membuat hubungan yang kreatif antara pengetahuan yang dimiliki sebelumnya dan kemungkinan-kemungkinan baru. Gunakan diawal proyek, selama diskusi di dalam kelas, secara pribadi atau dalam kelompok-kelompok kecil.
  • Topik yang ditulis pada kertas tabel atau di papan tulis
Strategi Penilaian