• <Lebih lanjut tentang Intel.com

Memantau Perkembangan

Memantau Kemajuan

Memantau Perkembangan

Guru memantau perkembangan siswanya dengan mengumpulkan informasi mengenai proses dan konsep belajar saat siswa mengerjakan proyeknya.  Dengan memberikan tanggapan berdasarkan informasi ini, guru dapat membahas kesalahpahaman dan masalah-masalah belajar lainnya dengan lebih tepat.

 

Saat data dari penilaian yang memantau perkembangan siswa dikumpulkan dengan waktu yang ketat dan umpan balik yang spesifik, siswa dapat lebih mengontrol pelajarannya dengan menempatkan daerah-daerah khusus kelemahannya dan memastikan daerah-daerah pemahaman dan kekuatannya.  Penelitian menunjukkan jika umpan balik bersifat spesifik, fokus pada karakteristik-karakteristik tugas dan cara-cara dimana siswa dapat berimprovisasi, akan menguntungkan bagi siswa, tetapi siswa yang bekerja lebih keras akan mendapatkan keuntungan paling banyak (Black & Wiliam, 1998).

Table dibawah berisi kumpulan berbagai metode, tujuan dan alat-alat yang digunakan untuk memantau perkembangan.  Metode-metode ini membantu siswa dan guru tetap di jalurnya selama mengerjakan proyek.  Metode-metode ini membantu siswa lebih mampu mengatur dirinya sendiri dalam menyelesaikan tugas-tugas berakhiran terbuka.  Metode-metode ini juga membantu guru mengetahui kapan dan dimana siswa butuh bantuan ekstra atau pelajaran tambahan.  Beberapa dari metode ini memberikan dokumentasi perkembangan pelajaran sepanjang waktu.  Kaitan-kaitannya memberikan informasi yang detil dan contoh-contoh yang spesifik.

Metode Penilaian Tujuan Kapan Digunakan Alat
Pengamatan Informal dan Catatan Pribadi
Catatan dari pengamatan membantu penyesuaian pengajaran dan memberikan bukti dari penilaian final. Gunakan sepanjang unit selama kerja kelompok dan individual.
  • Catatan (doc) dikumpulkan dalam folder pribadi atau kelompok
  • Daftar (doc) untuk membantu fokus pada sikap yang diharapkan
(Logs) Pelajaran
Logs adalah perkembangan singkat yang secara teratur dibuat dalam catatan proyek, jurnal atau formulir singkat yang digunakan denganpertanyaan-pertanyaan singkat yang terstruktur. Dibahas selama memeriksa perkembangan, dalam pertemuan-pertemuan proyek atau konferensi.
Daftar Perkembangan    Daftar Periksa perkembangan adalah hal penting, dimana dalam proyek siswa diminta untuk memenuhi persyaratan-persyaratan khusus secara berkala dan terjadwal. Gunakan selama pertemuan-pertemuan kelompok atau dalam konferensi.  Siswa menggunakannya untuk memantau perkembangan dan membantu merancang agar dapat memenuhi kebutuhannya.
  • Daftar (doc)
  • dengan titik-titik acuan awal dan akhir proyek (milestone), tanggal jatuh tempo dan tahap-tahap persetujuan
Laporan Perkembangan Laporan Perkembangan membantu siswa menyimpan data-data perkembangan atau menjelaskan suatu hal yang baru dalam pemahaman mereka.  Laporan dapat berupa draft kasar, storyboard atau kumpulan data. Gunakan selama tahapan-tahapan kunci dari proyek, seperti pada outline atau titik tengah draft awal.
Pertemuan Proyek dan Konferensi Pertemuan-pertemuan proyek memberikan persetujuan kesiapan siswa untuk lanjut ke tahap berikutnya atau milestone  dari proyek. Gunakan untuk memeriksa perkembangan, menjaga komitmen dalam kerja kelompok dan merencanakan tahap-tahap berikutnya. Dibahas dalam pertemuan-pertemuan kelompok dan individu selama berlangsungnya proyek. Agenda, tujuan dan formulir proses