• <Lebih lanjut tentang Intel.com

Merancang Proyek

Merancang Proyek

Bayangkan sebuah kelas dimana. . .

  • Seorang siswa kelas satu berkata, “Saya tidak sabar untuk melihat beruang di kebun binatang dan menunjukkan brosur kepada pengawas binatang. Mungkin beruang yang ada di kebun binatang tersebut ukurannya empat kali lebih besar dari tubuh saya!” 
  • Seorang siswa kelas lima berkata, “Saya heran jika ada tulip tumbuh di Alaska? Saya akan mengirim pesan ke e-pals untuk mencari tahu.”

  • Seorang siswa SMA memberikan keterangan, “Telekonferensi dengan Cornell University akan sangat menaikkan kredibilitas riset kami tentang migrasi burung berkicau, mungkinkah laporan kita dapat dipublikasikan?”
  • Seorang guru SMP berkomentar, “Kegaduhan di dalam kelas akhirnya mendapatkan hasil yang setimpal. Siswa-siswa saya telah menunjukkan pemahaman yang mendalam dari ekosistem dan menciptakan sebuah laporan rutin tentang sesuatu yang dapat dilakukan oleh semua orang untuk melindungi spesies dan habitat asli kita. Mereka tidak sabar untuk melihat hasil kerja mereka dipamerkan pada Pusat Komunitas.”

Dengan penilaian dan standar isi pada permulaan belajar, para guru menggunakan pendekatan proyek untuk melibatkan para siswa dalam tugas kerja nyata dan menggembangkan kemamapuan kerja sama di abad ke-21, perencanaan masalah dan berpikir kritis. Apabila dirancang dengan baik, kurikulum berbasis proyek dapat menghasilkan siswa dengan kualitas tinggi dan sebuah pengalaman berharga bagi para guru.

Penjelasan Pelajaran Berbasis Proyek

Pelajaran berbasis proyek adalah sebuah model pelajaran yang berpusat pada siswa. Cara belajar ini mengembangkan pengetahuan dan kecakapan melalui tugas-tugas yang diperluas untuk mendorong penelitian siswa dan belajar dengan peragaan nyata dalam bentuk produk  dan penampilan. Kurikulum berbasis proyek dikendalikan oleh curriculum-framing question yang mengikat standar pelajaran dan pemikiran tingkat tinggi untuk konteks dunia nyata.

Unit berbasis proyek meliputi variasi berbagai strategi pengajaran untuk melibatkan semua siswa bagaimanapun gaya belajarnya. Seringkali para siswa berkolaborasi dengan para pakar dari luar sekolah dan anggota masyarakat untuk menjawab  berbagai pertanyaan dan mendapatkan arti yang lebih dalam dari isi pelajaran. Teknologi mendukung proses belajar dan selama kerja proyek beragam tipe penilaian diterapkan untuk meyakinkan bahwa para siswa menghasilkan pekerjaan berkualitas tinggi.

Karakteristik Proyek >
Pelajari lebih banyak tentang berbagai elemen desain yang digunakan dalam perencanaan sebuah unit berbasis proyek.

Merencanakan Proyek >
Dapatkan bantuan dalam merancang dan menilai sebuah unit berbasis proyek untuk kelas anda. Temukan berbagai ide dan cara untuk mengembangkan unit berbasis proyek Anda.

Curriculum-Framing Questions >
Pelajari lebih banyak tentang bagaimana pertanyaan-pertanyaan esensial, unit, dan isi pelajaran mencetuskan minat dan memandu proses belajar ke arah pemikiran dan keterlibatan siswa di tingkat yang lebih tinggi.

Pelaksanaan Proyek >
Baca tentang perubahan dari cara mengajar tradisional ke pendekatan berbasis proyek. Lihat contoh-contoh mengenai bagaimana para guru mengatasi tantangan ketika mereka membuat perubahan.

Merancang Proyek