• <Lebih lanjut tentang Intel.com

Pertanyaan yang Membingkai Kurikulum

Pertanyaan yang Membingkai Kurikulum

Mengajukan Pertanyaan yang Tepat

Mengajukan pertanyaan-pertanyaan terbuka dan membangkitkan minat adalah cara yang efektif untuk mendorong para siswa berpikir secara dalam dan untuk membekali mereka konteks pelajaran yang penuh arti. Ketika siswa diberikan berbagai pertanyaan yang mereka benar-benar tertarik untuk menemukan jawabannya, mereka akan terlibat. Ketika berbagai pertanyaan membantu mereka melihat berbagai hubungan antara suatu subyek masalah dengan kehidupan mereka sendiri, itu artinya pelajaran tersebut memiliki arti. Kita dapat membantu siswa kita menjadi lebih termotivasi dan mengarahkan diri sendiri dengan mengajukan berbagai pertanyaan yang tepat. Tetapi apakah pertanyaan yang tepat itu?

Pertanyaan Kurikulum-Framing memberikan sebuah struktur untuk mengatur tanya jawab selama proyek dan mendorong pemikiran di segala tingkat. Mereka memberi berbagai proyek keseimbangan antara pemahaman isi pelajaran dan penggalian berbagai ide yang membangkitkan minat dan abadi yang membuat pelajaran menjadi relevan bagi siswa. Pertanyaan Kurikulum-Framing memandu sebuah unit belajar dan berisi pertanyaan-pertanyaan yang essensial, tentang unit dan tentang isi pelajaran.

Pertanyaan-pertanyaan essensial dan unit memberikan alasan untuk pelajaran. Mereka membantu siswa untuk mengetahui “mengapa” dan “bagaimana” dan mendorong penyelidikan, diskusi dan penelitian. Mereka melibatkan para siswa dalam mempersonalisasikan pelajarannya dan membangun wawasan kedalam sebuah topik. Pertanyaan-pertanyaan essensial dan unit yang baik mengajak siswa berpikir kritis, mendorong rasa ingin tahu, dan membangun pendekatan tanya jawab dalam kurikulum. Untuk menjawab beberapa pertanyaan, para siswa harus menguji berbagai topic secara mendalam, membangun pengartian sendiri dan menjawab dari berbagai informasi yang mereka kumpulkan.

Berbagai pertanyaan mengenai isi pelajaran membantu para siswa untuk mengidentifikasi “siapa”, “apa”, “dimana”, dan “kapan”, dan mendukung pertanyaan-pertanyaan essensial dan unit dengan memberikan sebuah fokus untuk memahami hal-hal yang detil. Mereka membantu para siswa untuk fokus pada informasi factual yang harus dipelajari untuk memnuhi berbagai standard an tujuan pelajaran.

Menggunakan Curriculum-Framing Question

Curriculum-Framing Question dibangun bersama-sama. Pertanyaan-pertanyaan mengenai isi pelajaran mendukung Pertanyaan Unit dan juga mendukung Pertanyaan Essensial. Pertanyaan essensial seringkali sangat membangkitkan minat dan ditempatkan pertama. Pertanyaan-pertanyaan dari unit kewarganegaraan menunjukan hubungan antara:

Pertanyaan Essensial

  • Mengapa kita membutuhkan orang lain?

Pertanyaan Unit 

  • Komunitas pembantu kita yang mana yang paling penting?
  • Komunitas pembantu yang mana yang akan sangat kamu sukai?

Pertanyaan Isi Pelajaran

  • Siapakah komunitas pembantu?
  • Apakah yang dilakukan oleh komunitas pembantu?

Pertanyaan Essensial:
Memperkenalkan berbagai ide besar dan bersifat abadi yang berlaku untuk semua mata pelajaran. Mereka menjembatani berbagai unit, mata pelajaran, atau bahkan satu tahun pelajaran.

  • Memberikan berbagai jawaban. Jawaban pertanyaan-pertanyaan ini tidak ditemukan dalam sebuah buku. Mereka seringkali merupakan pertanyaan-pertanyaan besar dalam hidup. Sebagai contoh: Apakah saya, penjaga saudara laki-laki saya?
  • Menangkap perhatian para siswa dan membutuhkan pemikiran tingkat tinggi; mereka menantang para siswa untuk membedah pikiran mereka, menerapkan nilai-nilai mereka dan menginterpretasikan pengalaman-pengalaman mereka

Pertanyaan Unit:

  • Bersifat terbuka dan mengundang penggalian berbagai ide yang khusus pada sebuah topic, mata pelajaran atau unit belajar. Kelompok guru dari berbagai mata pelajaran berbeda dapat menggunakan Pertanyaan Unit mereka sendiri untuk mendukung satu kebiasaan, mempersatukan Pertanyaan Essensial seluruh kelompok.
  • Tempatkan berbagai masalah atau sajikan sebagai pemulai diskusi yang mendukung Pertanyaan Essensial. Sebagai contoh: Bagaimana kita dapat membantu mencegah dan menghapus kelaparan?
  • Mendorong penggalian, memancing dan menjaga ketertarikan, dan membiarkan berbagai tanggapan unik dan pendekatan yang kreatif. Mereka mendorong para siswa untuk menginterpretasikan sendiri berbagai fakta. 

Pertanyaan Isi Pelajaran:  

  • Secara khusus memiliki jawaban-jawaban yang jelas atau jawaban-jawaban benar yang spesifik dan dikategorikan sebagai pertanyaan tertutup.
  • Sejalan dengan standar dan tujuan pelajaran dan mendukung Pertanyaan Essensial dan Unit.
  • Menguji kemampuan para siswa untuk mengingat fakta berdasarkan informasi. Mereka biasanya menuntut siswa untuk membahas siapa, apa, dimana dan kapan. Sebagai contoh: Apakah kelaparan itu?
  • Membutuhkan pengetahuan dan kecakapan yang mendalam untuk menjawabnya.

Sumber-Sumber

Wiggins, Grant, Jay McTighe. (2001). Understanding by design. New Jersey: Prentice-Hall, Inc., 2001.

Pertanyaan Untuk Pelajaran

Menggali berbagai strategi untuk mengembangkan pertanyaan-pertanyaan terbuka dan mengimplementasikannya di dalam kelas.

Menggunakan berbagai Pertanyaan untuk Mendorong Pelajaran >

Mengembangkan Pertanyaan-Pertanyaan yang Baik >

Latihan Tanya Jawab yang Efektif >