• <Lebih lanjut tentang Intel.com

Mengajar Berpikir

Mengajar Berpikir

Meningkatkan Pemikiran Siswa

Sekolah selalu menjadi tempat dimana para siswa seharusnya belajar berpikir. Di masa lalu, kecakapan berhitung dan menganalisa sudah cukup untuk menjadi sukses di sekolah dan kehidupan mendatang. Abad 21 menuntut lebih dari para warganya. Hari ini, berbagai kecakapan dasar kemungkinan ditunjukkan dengan berbagai komputer, dan para siswa saat ini akan diminta untuk memahami dan menggunakan lebih dan lebih informasi dengan meningkatnya kompleksitas dan berbagai cara cerdik dalam bekerja, sebagaimana juga kewarganegaraan meraka dan kehidupan pribadi.

Menciptakan Lingkungan Kelas yang Penuh Pemikiran >
Dalam kelas penuh pemikiran, berbicara tentang pemikiran adalah bagian dari setiap subyek dan pelajaran. Tidak ada kalimat, “Baik, sekarang kita akan melakukan pelajaran berpikir.” Yang ada adalah, “Sekarang kita akan berpikir secara ilmiah,” dan “Sekarang kita akan berpikir seperti pengarang.”

Percakapan tentang pemikiran harus ada di setiap tingkat kelas. Sejak awal sekolah dasar, para guru dapat menggunakan terminology yang berhubungan dengan pemikiran. “Sudut pandang apa yang mungkin dimiliki serigala?” atau “Bukti apa yang anda lihat bahwa tanaman di bawah sinar matahari tumbuh lebih cepat dibandingkan yang ada di tempat gelap?” Para siswa yang lebih tua diharapkan dapat menguraikan jawabannya, mendamaikan berbagai pertentangan, dan menganalisa sudut pandang informasi obyektif yang semestinya.

Instruksi Eksplisit dalam Berbagai Kecakapan dan Strategi Berpikir >
Banyak guru yang handal, menyadari pentingnya mengajari para siswa untuk berpikir, mengatur pengajaran mereka seputar proyek-proyek rumit yang menuntut siswa untuk membuat berbagai keputusan dan menyelesaikan masalah. Tentu saja, beberapa siswa dapat mengembangkan kecakapan berpikir tingkat tinggi secara tidak langsung dengan metode ini. Namun demikian, sekalipun penelitian tersebut jelas, hal itu lebih tertuju pada tugas-tugas yang tidak membawa dampak apapun terhadap kemampuan berpikir siswa (Beyer, 2000, Swarz, 2000). Kecakapan tersebut dapat diajarkan melalui peragaan, praktek di bawah bimbingan dan pelatihan.

Menilai Pemikiran >
Menciptakan kelas penuh pemikiran tidaklah mudah. Ini membutuhkan guru-guru kreatif dan berpikir yang dapat mengidentifikasi berbagai macam kecakapan berpikir yang dibutuhkan dalam proyek tertentu, menilai kemampuan siswa-siswanya pada berbagai kecakapan tersebut, dan merancang pengajaran yang mendorong merek maju ke tingkat pemikiran yang lebih tinggi. Hal ini juga menuntut guru-guru yang dapat menggunakan pemikirannya sendiri sebagai tahap percobaan untuk membantu para siswa dengan memikirkan pemikiran mereka sendiri dan menguji asumsi-asumsi mereka sendiri mengenai belajar, mengajar dan penilaian.

Di banyak kelas, pemikiran para siswa diuji secara eksklusif pada berbagai produk pemikiran itu. Dalam kasus pilihan ganda dan pertanyaan salah benar, kami berasumsi bahwa jika para siswa datang dengan jawaban yang benar, mereka menggunakan berbagai strategi pemikiran yang baik, tetpi kami sekarang tahu bahwa ini tidak selalu kasusnya. Tantangannya adalah, tent saja, bagaimana menilai sebuah proses yang berlangsung terutama di dalam otak. Untungnya, banyak proses berpikir meninggalkan jejak di belakangnya, jejak-jejak itu tidak hanya membantu guru memahami bagaimana seorang siswa berpikir, tetapi juga membantu para siswa berkembang sebagai pemikir. Dengan melihat pada berbagai artifak pemikiran siswa, seperti diskusi, grafik organizer, dan catatan, para guru dapat mempelajari kesepakatan yang baik mengenai berbagai proses dari siswa-siswanya dan menggunakan informasi itu untuk membuat berbagai keputusan yang baik tentang instruksi individu dan kelompok.

Referensi

Beyer, B. K. (2000). Teaching thinking skills—Defining the problem. In A. L. Costa (Ed.), Developing minds: A resource book for teaching thinking, (pp. 35-40). Alexandria VA: ASCD.

Kincheloe, J. L. (2000). Making critical thinking critical. In D. W. Weil and H. K. Anderson (Eds.), Perspectives in critical thinking: Essays by teachers in theory and practice, (pp. 23-37). New York: Peter Lang.

Perkins, David. (1995). Smart schools: Better thinking and learning for every child. New York: Free Press.

Swartz, R. J. (2000). Thinking about Decisions. In A. L. Costa (Ed.), Developing minds: A resource book for teaching thinking, (pp. 58-66). Alexandria VA: ASCD.