• <Lebih lanjut tentang Intel.com

Persamaan

Apakah beberapa lebih banyak sama daripada lainnya?

Persamaan

Ringkasan

Siswa mengambil bagian dalam serangkaian kegiatan untuk mengembangkan pengertian tentang bagaimana individu diseluruh dunia telah bekerja untuk mendapatkan persamaan hak untuk mereka sendiri dan lainnya.

Siswa diperkenalkan dengan topik hak asasi manusia dengan membuat garis waktu yang melukiskan sejarah hak asasi manusia dalam satu bagian yang spesifik sesuai dengan siswa. Selanjutnya, kelompok terdiri dari tiga sampai enam siswa memilih topik spesifik yang berhubungan dengan hak asasi manusia di seluruh dunia untuk diteliti lebih lanjut. Di dalam kelompok, masing-masing anggota meneliti seseorang yang telah aktif dalam hak asasi manusia dan memerankan orang itu saat diadakannya simulasi konferensi internasional mengenai hak asasi manusia. Proyek akhirnya adalah pembuatan laporan berkala berpusat pada hak asasi manusia dalam negara tertentu. Di akhir unit, siswa melaksanakan ujian tertulis yang mengharuskan mereka untuk memadukan informasi dari konferensi dan laporan berkala.

Curriculum-Framing Questions
 

  • Essential Question
    Siapa yang bertanggung jawab untuk membuat kondisi yang mempromosikan persamaan hak bagi semua?
  • Unit Question
    Mengapa definisi hak asasi manusia beraneka ragam dalam budaya dan negara yang berbeda?
    Dengan cara apa individu mempengaruhi kebijaksanaan umum tentang hak asasi manusia?
  • Content Questions
    Permasalahan apa yang penting dalam sejarah mengenai pergerakan hak asasi manusia, di negara Anda dan seluruh dunia?
    Kejadian penting apa yang telah terjadi dalam perjuangan untuk persamaan hak, di negara Anda dan seluruh dunia?
    Siapa saja yang telah berpartisipasi dalam pergerakan hak asasi manusia, dan apa saja kontribusi mereka?

Proses Penilaian

Lihat bagaimana beraneka ragam penilaian yang berpusat pada siswa digunakan dalam Persamaan Hak: Apakah Ada Yang Lebih Sama Dari Yang Lain? Unit Plan. Penilaian tersebut membantu siswa dan guru menentukan tujuan; mengawasi kemajuan siswa; menyediakan umpan-balik; penilaian berpikir, proses, peranan, dan produk; dan mencerminkan pembelajaran selama siklus belajar.

Prosedur Instruksi

Hari 1-3: Garis Waktu Hak Asasi Manusia
Perlihatkan presentasi multimedia pendahulan (ppt) dan arahkan diskusi pendek tentang apa yang siswa ketahui mengenai hak asasi manusia di negara mereka dan seluruh dunia serta Unit Question, Mengapa definisi hak asasi manusia beraneka ragam dalam budaya dan negara yang berbeda?

Pilih topik hak asasi manusia yang berhubungan dengan siswa Anda untuk diteliti sebagai perkenalan pada topiknya (seperti hak sipil, kebebasan beragama, hak anak, dan sebagainya).

Perlihatkan video dan/atau materi web yang berhubungan dengan topik hak asasi manusia yang sudah dipilih (seperti video PBS mengenai hak perempuan, Not for Ourselves Alone/ Bukan Untuk Diri Kami Sendiri)

Dengan menggunakan selebaran narasumber garis waktu (doc), pilihlah sebuah narasumber yang berhubungan dengan bidang hak asasi manusia yang telah Anda pilih untuk diteliti oleh kelas Anda, dan bagilah garis waktu menjadi beberapa potongan. Tugaskan satu potongan untuk satu kelompok yang terdiri dari tiga sampai enam siswa. Sebarkan lembar tugas garis waktu hak asasi manusia (xls) dan rubrik garis waktu (doc) ke seluruh siswa. Diskusikan petunjuk untuk kegiatan dan jawablah semua pertanyaan. Arahkan masing-masing kelompok untuk menggunakan website garis waktu untuk topik yang Anda pilih untuk dibuatkan oleh kelas, dan identifikasikan informasi untuk di teliti lebih lanjut. Garis waktu sebaiknya diselesaikan pada akhir hari kedua. Tunjukkan garis waktu hak perempuan (doc) sebagai contoh bagaimana penampilan satu potongan garis waktu. (Kegiatan ini ditujukan untuk diselidiki dan kemungkinan tidak perlu dievaluasi, meskipun telah disediakan sebuah rubrik.) Setelah siswa menyelesaikan potongan garis waktu mereka, ajak mereka untuk membuat beberapa pertanyaan seperti yang dijelaskan pada lembar tugas garis waktu.

Kumpulkan pertanyaan yang ditulis oleh kelompok-kelompok mengenai garis waktu mereka pada akhir hari kedua dan dipasangkan secara acak untuk dijawab oleh kelompok pada hari ketiga.

Berilah siswa beberapa waktu untuk melihat garis waktu secara keseluruhan, dan berikan masing-masing kelompok 5 pertanyaan untuk dijawab di kertas grafik. Satu pembicara dari masing-masing kelompok membagikan tanggapan kelompoknya kepada seluruh kelas.

Setelah presentasi kelompok, arahkan diskusi untuk seluruh kelas mengenai pertanyaan berikut:

  • Apa yang mendorong seseorang yang berperan dalam perjuangan untuk persamaan hak dalam topik yang mereka teliti?
  • Bagaimana perjuangan itu masih relevan, saat ini?
  • Siapa yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua orang memiliki persamaan hak?
  • Bagaimana caranya individu mempengaruhi kebijakan umum mengenai masalah-masalah hak asasi manusia?

Hari 4-8: Konferensi Internasional
Sebarkan lembar tugas konferensi internasional (doc), dan tugaskan presentasi konferensi international dimana kelompok siswa memilih suatu bidang hak asasi manusia (seperti hak anak, tahanan politik, ketenagakerjaan, atau kekerasan terhadap perempuan) dan meneliti permasalahannya diseluruh dunia. Ajak siswa untuk memeriksa garis waktu dan masuk ke beberapa website yang diajukan untuk memilih topik untuk di teliti. Beri siswa tiga sampai empat hari untuk mengerjakan presentasi mereka, awasi kemajuan mereka dengan menggunakan bantuan pendukung tugas konferensi internasional (doc) dan rubrik presentasi konferensi (doc).

Ajak siswa mencatat selama presentasi, terutama karena berhubungan dengan Pertanyaan Penting, Siapa yang bertanggung jawab untuk membuat kondisi yang mempromosikan persamaan hak bagi semua? Siswa dapat menggunakan catatan tersebut untuk ujian akhir tertulis.

Hari 9-12: Terbitan
Tugaskan laporan berkala (doc) dimana kelompok siswa memilih satu negara, teliti beberapa permasalahan hak asasi manusia masa lampau atau masa kini, dan menulis artikel mengenai permasalah tersebut. Awasi perkembangan dengan menggunakan pendukung tugas laporan berkala (doc) dan rubrik laporan berkala (doc). Lihat contohnya di hak perempuan di India (doc).

Hari 13-14
Berilah siswa sebuah salinan Deklarasi Hak Asasi Manusia PBB*. Dalam diskusi kelas, ajak siswa pikirkan 10 hak terpenting yang ada dalam daftar dokumen. Hak tersebut tidak perlu ditulis dalam urutan tertentu.

Dengan menggunakan Alat Urutan Visual, siswa dikelompokkan dan tanya mereka untuk mengurutkan hak-hak dari sudut pandang berbeda lalu membandingkan urutan mereka dengan menggunakan pertanyaan sebagai berikut:

  • Bagaimana mereka, secara kelompok, mengurutkan hak?
  • Menurut mereka, bagaimana negara yang diteliti oleh kelas akan mengurutnya?
  • Bagaimana kelompok lain yang berjuang mendapatkan persamaan hak mengurutnya?

Setelah kegiatan mengurut, ajak siswa mendiskusikan pertanyaan sebagai berikut dalam kelompok kecil atau besar:

  • Hak apa yang mungkin lebih penting di masa lampau disbanding masa kini?
  • Hak apa yang mungkin kurang penting di masa lampai disbanding masa kini?
  • Hak baru apa yang kemungkinan akan muncul di masa yang akan datang?
  • Apa yang bisa atau sebaiknya dilakukan orang awam untuk membantu lainnya mencapai persamaan hak asasi manusia?

Periksa kembali catatan yang ditulis oleh siswa ketika menggunakan alat tersebut dalam menilai pengertian dan pemikiran tingkat tinggi.

Sebarkan lembar tugas ujian akhir (doc) sehari sebelum ujian dilaksanakan dan semangatkan siswa untuk mengumpulkan informasi apa saja yang sekiranya dapat mereka gunakan.

Pada hari terakhir unit, ajak para siswa untuk menulis ujian mengarang unit untuk menjawab dorongan sebagai berikut:

  • Kondisi bagaimana yang menghasilkan persamaan hak bagi seluruh penduduk, dan siapa yang bertanggung jawab untuk menghasilkan kondisi tersebut?

Ajak siswa untuk menggunakan informasi spesifik dari penelitian mereka, presentasi konferensi internasional dan laporan berkala untuk mendukung kesimpulan mereka. Siswa dapat menggunakan rubrik ujian akhir (doc) untuk mengarahkan kerja mereka.

Kemampuan Prasyarat

  • Word processing dasar dan kemampuan meneliti
  • Penggunaan terbitan, spreadsheet, dan perangkat lunak presentasi multimedia

Instruksi yang Dibedakan
Siswa Narasumber:

  • Seluruh kelas dikelompokkan menjadi kelompok heterogen yang lebih kecil supaya semua siswa terfasilitasi.
  • Sediakan pilihan-pilihan supaya siswa bisa berpartisipasi secara sama rata dalam proyek tersebut dengan menggunakan materi-materi yang setara dengan kemampuan mereka yang menarik perhatian mereka.
  • Sediakan daftar penting dan pendukung tugas yang banyak untuk membantu siswa tetap terfokus dan di jalan yang tepat.

Siswa Berbakat

  • Semangati siswa untuk memilih catatan yang lebih sulit untuk dibaca, teliti topik lebih mendalam, dan terapkan pemikiran tingkat tinggi untuk tugas-tugas yang diberikan.

Pelajar Bahasa Inggris

  • Perbolehkan siswa mengadakan penelitiannya dalam bahasanya sendiri, bahkan untuk meneliti negara asalnya apabila dia menginginkannya.
  • Semangati siswa untuk memberikan pengetahuan khusus kebudayaan lain pada seluruh kelas.
  • Bentuk kelompok tak sejenissupaya siswa dapat berlatih menggunakan bahasa Inggris untuk mencapai suatu tujuan dalam keadaan informal.

Kredit

Seorang guru yang berpartisipasi dalam Program Mengajar Intel mengembangkan ide ini untuk proyek sebuah kelas. Sekelompok guru mengembangkan rancangannya menjadi sebuah contoh dibawah ini.

Persamaan

Sekilas Pandang

Kelas: 9-12

Mata Pelajaran: Sejarah Amerika Serikat, Pemerintahan, Masalah Dunia Modern

Topik: Hak Asasi Manusia, Hak Sipil, Hak Memilih Universal

Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Investigasi, Sintesa, Evaluasi

Pelajaran Utama: Analisa Historis, Tanggung Jawab Politis

Waktu Diperlukan: 13 Pertemuan selama 5 minggu

Latar Belakang: New Mexico, Amerika Serikat