• <Lebih lanjut tentang Intel.com

Ketahui Nomor Anda: Memahami Istilah Komputer

Dapat Komputer Secara Cerdas!

Ketika belanja untuk PC baru, Anda akan menemukan banyak kata dan frase terkait dengan komputer yang mungkin sulit untuk dipahami. Jangan khawatir! Anda dapat menemukan definisi untuk istilah komputer yang umum digunakan di bawah ini untuk membantu Anda membuat pilihan belanja PC secara cerdas.

Intel® InTru™ 3D Technology

Sebagai komponen fitur visual terintegrasi dalam generasi ke-3 prosesor Intel® Core™, Intel® InTru™ 3D Technology memungkinkan menonton film Blu-ray dalam 3D stereo dan resolusi full 1080p di komputer rumah Anda.

Intel® Turbo Boost Technology 2.0

Sebagai fitur upgrade yang tersedia pada generasi ke-3 prosesor Intel® Core™ tertentu, Intel® Turbo Boost Technology 2.0 otomatis menyediakan dorongan kecepatan yang lebih besar untuk mengurangi jeda waktu selama tugas berat seperti gaming ekstrem dan mengedit video HD.

Visual Terintegrasi

Sekelompok fitur teknologi yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman visual yang diberikan oleh Generasi ke-3 prosesor Intel® Core™. Fitur visual terintegrasi meliputi Intel® Quick Sync Video, Intel® HD Graphics, Intel® Clear Video Technology dan Intel® InTru™ 3D Technology.

Intel® Clear Video Technology

Fitur visual terintegrasi yang ditawarkan oleh generasi ke-3 prosesor Intel® Core™, Intel® Clear Video Technology memberikan performa visual lebih tinggi untuk gambar lebih tajam, warna lebih kaya dan audio dan video superior.

Clock Speed (Kecepatan Clock)

Seperti stopwatch, clock speed (kecepatan clock) mengukur seberapa cepat prosesor Anda mengerjakan satu siklus aktivitas. Clock speed yang lebih cepat memungkinkan komputer Anda mengeksekusi instruksi lebih cepat, menguntungkan banyak aplikasi dari game hingga pengeditan foto dan lebih banyak lagi. Tingkat Clock speed ditunjukkan dalam gigahertz (GHz). (Lihat GHz)

Core dan Thread

Core dan thread berjalan bersama-sama. Prosesor multi-core adalah chip tunggal yang memiliki dua atau lebih prosesor terpisah atau core eksekusi dalam satu sirkuit terintegrasi. Multi-threading memungkinkan setiap core mengerjakan dua tugas sekaligus, membuat Anda dapat mengerjakan banyak hal pada waktu yang sama dengan hasil lebih cepat.

Grafis Terpisah

Komponen grafis ini adalah kartu grafis tambahan. Meski ideal untuk gamer 3D high-end, desainer dan editor video, ini tidak menambah banyak performa untuk pengguna harian. Sangat penting untuk dicatat bahwa hanya prosesor yang lebih kuat yang dapat memanfaatkan penggunaan grafis terpisah secara penuh.

Gigahertz (GHz)

Sebuah unit pengukuran yang biasa digunakan untuk menunjukkan kecepatan prosesor, juga disebut sebagai clock speed. 1 Gigahertz (GHz) = 1 miliar siklus per detik. Angka yang lebih tinggi biasanya berarti prosesor yang lebih cepat, namun kemajuan dalam teknologi telah membuat chip lebih efisien. Untuk alasan ini tidak dianjurkan untuk membandingkan performa berdasarkan GHz atau clock speed saja. (Lihat Clock Speed)

Hard Drive

Hard Disk Drive (HDD) adalah memori jangka panjang komputer Anda. HDD bertindak sebagai sebuah lemari arsip untuk dokumen, foto, musik, video dan sebagainya. Ukuran atau kapasitas hard drive diukur dalam gigabyte. Jika Anda berencana menyimpan banyak film dan file besar lainnya, milikilah hard drive yang lebih besar. Pilihan lain adalah membeli hard drive eksternal USB 2.0. Beberapa PC notebook baru sekarang menggunakan solid-state drive (SSD) yang tanpa komponen bergerak, membuatnya lebih tahan terhadap guncangan, lebih tenang dan dengan akses informasi cepat.

Intel® HD Graphics

Tersedia sebagai fitur visual terintegrasi pada prosesor Intel® Core™ tertentu, Intel® HD Graphics memungkinkan kinerja grafis 3D terpisah tanpa biaya tambahan dari kartu grafis yang terpisah. Anda akan menikmati gambar yang tajam dengan frame tertinggi per detik untuk game dan video mainstream.

Intel® Hyper-Threading Technology

Tersedia pada prosesor Intel® tertentu, Intel® Hyper-Threading Technology membuat penggunaan prosesor Anda lebih efisien sehingga Anda dapat menjalankan aplikasi berat sambil mempertahankan respon sistem. Dengan teknologi ini, penggemar multimedia dapat membuat, mengedit dan menyandikan file grafis berat saat menjalankan aplikasi lain, tanpa kehilangan performa.

Integrated Graphics (Grafis Terintegrasi)

Sebuah komponen grafis yang diperlukan untuk melihat gambar. Grafis terintegrasi menawarkan performa untuk tugas-tugas harian seperti menonton video HD, melihat foto dan membuat presentasi. Standar dalam prosesor Intel® Core™ terpilih, grafis terintegrasi meningkatkan performa grafis dan daya hidup baterai notebook.

nm (nanometer)

Unit pengukuran, satu nanometer (nm) adalah sepermiliar meter. Transistor pada prosesor Intel terbaru lebarnya hanya 32nm, sedangkan model yang lebih tua 45nm dan 65nm. Ukuran yang lebih kecil memungkinkan transistor untuk dikemas lebih padat, kebocoran energi lebih sedikit, menghasilkan lebih sedikit panas dan beralih lebih cepat, sehingga prosesor berjalan lebih cepat, menggunakan daya lebih sedikit, dan lebih hemat energi.

Prosesor

Juga dikenal sebagai 'chip' atau 'CPU', prosesor mengendalikan semua yang komputer Anda lakukan. Memungkinkan Anda melakukan beberapa hal seperti bekerja, email dan berselancar - semua pada waktu yang sama. Prosesor yang lebih kuat lebih baik untuk tugas-tugas yang menuntut lebih maka milikilah prosesor yang melakukan sedikit di atas kebutuhan Anda saat ini.

Intel® Quick Sync Video

Sebuah fitur visual terintegrasi pada generasi ke-2 prosesor Intel® Core™, Intel® Quick Sync Video mempercepat performa perangkat keras selama pengeditan video, pembakaran dan berbagi untuk secara signifikan mengurangi waktu tunggu dari jam ke menit saja.

Intel® Turbo Boost Technology

Tersedia pada prosesor Intel® Core™ terpilih, Intel® Turbo Boost Technology otomatis meningkatkan kecepatan performa prosesor sesuai beban kerja Anda. Sebelumnya, bagian chip yang tidak terpakai akan "dimatikan," membuat beberapa core yang idle. Dengan memaksimalkan penggunaan core, Anda mendapatkan performa ekstra ketika Anda membutuhkannya, dan meningkatkan efisiensi energi ketika Anda tidak membutuhkannya.

Intel® Wireless Display (Layar Nirkabel Intel®)

Tersedia eksklusif pada notebook yang didukung oleh generasi ke-2 prosesor Intel® Core™, fitur visual terintegrasi ini membuat Anda dapat secara nirkabel melihat konten pribadi, acara TV online, film, dan video pada layar TV rumah Anda.

Nomor Prosesor

Bertindak seperti nomor seri, nomor prosesor membedakan fitur dalam sebuah keluarga prosesor, dengan jumlah yang lebih tinggi umumnya menunjukkan lebih banyak fitur. Anda dapat menggunakan nomor ini untuk memverifikasi bahwa prosesor pilihan Anda mencakup fitur yang Anda inginkan. Perlu diingat bahwa nomor prosesor tidak berlaku di keluarga prosesor yang berbeda.

RAM

Komputer menggunakan random access memory (RAM) untuk memproses apa yang pengguna lakukan ketika sedang melakukannya. Ini termasuk multitasking, menulis surat, mengedit foto atau browsing situs web. RAM 2GB seharusnya cukup untuk sebagian besar kebutuhan harian Anda, dan Anda selalu dapat meng-upgrade dan menambah lebih banyak RAM nanti.

Intel® Smart Cache (Tembolok Pintar Intel®)

Cache (tembolok) adalah area penyimpanan cepat tempat prosesor menyimpan data yang sering diakses. Intel® Smart Cache (Tembolok Pintar Intel®) memaksimalkan penyimpanan data ini. Hal ini memungkinkan setiap core prosesor untuk memanfaatkan hingga 100% dari ruang dan menarik data lebih cepat, meningkatkan performa secara keseluruhan untuk aplikasi media dan permainan yang kaya.