• <Lebih lanjut tentang Intel.com

Panduan Media Sosial Intel

Media sosial telah mengubah cara kami bekerja, menawarkan model baru dalam berinteraksi dengan pelanggan, kolega, dan dunia pada umumnya. Kami percaya bahwa jenis interaksi ini dapat membantu Anda menjalin hubungan bisnis yang lebih kuat dan sukses. Selain itu, Anda juga dapat berpartisipasi dalam percakapan global terkait dengan tugas dan hal yang menjadi perhatian kami di Intel.

Ini adalah panduan resmi untuk berpartisipasi dalam media sosial di Intel. Jika Anda adalah kontraktor atau karyawan Intel yang membuat maupun memberikan kontribusi melalui blog, wiki, jaringan sosial, dunia virtual, atau jenis media sosial lainnya, maka panduan ini sesuai untuk Anda.  Panduan ini akan berubah seiring perkembangan perangkat jaringan sosial baru, karena itu periksa kembali secara rutin untuk memperoleh berita terbaru.

Partisipasi dalam komputasi sosial atas nama Intel adalah peluang, bukan hak, karenanya gunakan peluang tersebut dengan baik dan benar. Jika ingin berpartisipasi atas nama Intel, ikuti pelatihan Social Media@Intel, lalu hubungi Pusat Keunggulan Media Sosial. Baca dan patuhi Tata Tertib Intel. Melanggar panduan dan Tata Tertib Intel dapat menghentikan partisipasi Anda. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi social.media@intel.com. Patuhi juga persyaratan dan ketentuan untuk situs pihak ketiga manapun.

1. Terbuka

Kejujuran—atau ketidakjujuran—Anda akan segera diketahui di lingkungan media sosial. Representasikan Intel secara beretika dan dengan integritas. 

  • Transparan: Gunakan nama asli, tunjukkan bahwa Anda bekerja untuk Intel, dan jelaskan tugas Anda.
  • Tepercaya: Jika Anda memiliki kepentingan dalam hal yang Anda bahas, jadilah orang pertama yang menunjukkan dan menjelaskan dengan spesifik.
  • Menjadi diri sendiri: Fokus pada bidang keahlian Anda; tuliskan apa yang Anda ketahui. Jika Anda mempublikasikannya di luar situs Web Intel, gunakan pelepasan tanggung jawab hukum sebagai berikut: “Posting di situs ini adalah posting saya sendiri dan tidak mewakili posisi, strategi, maupun pendapat Intel.” 

2. Perlindungan

Pastikan secara keseluruhan bahwa transparansi tidak melanggar kerahasiaan Intel atau panduan legal untuk ucapan komersial—atau privasi Anda sendiri. Ingat, jika Anda online, maka Anda direkam—apa pun Anda lakukan di Internet bersifat publik dan bisa dilacak. Dan apa yang Anda tulis pada akhirnya adalah tanggung jawab Anda.

  • Jangan mengungkap rahasia: Jangan pernah mengungkapkan informasi rahasia atau terklasifikasi dari Intel. Jika Anda tidak yakin, tanyakan kepada Intel PR atau Global Communications Group. Topik-topik di luar batas antara lain: Tuntutan hukum, laporan keuangan non-publikasi, dan informasi produk yang tidak diluncurkan. Selain itu, hormati merek, merek dagang, hak cipta, penggunaan wajar, dan rahasia dagang. Jika itu membuat Anda berhenti untuk mempertimbangkan… maka berhentilah, jangan memublikasikannya. 
  • Jangan mencela kompetisi (atau Intel): Bermainlah dengan benar. Semua pernyataan harus benar dan tidak menyesatkan, dan semua klaim harus dibuktikan dan disetujui. Benchmark produk harus disetujui untuk eksternal posting oleh tim benchmark produk yang sesuai.
  • Jangan terlalu sering berbagi: Hati-hatilah —sekali Anda mengklik "bagikan", biasanya Anda tidak bisa mengambilnya kembali. Selain itu, bersikap bijaksana akan membuat konten Anda lebih menarik dan relevan dengan pemirsa.

3. Gunakan Akal Sehat

Persepsi adalah realitas dan dalam jaringan sosial online, garis antara publik dan privat, pribadi dan profesional menjadi kabur. Hanya dengan menunjukkan diri Anda sebagai karyawan Intel, Anda telah menciptakan persepsi tentang keahlian Anda dan tentang Intel. Buat kami semua bangga.

  • Nilai tambah: Anda dapat menggunakan jutaan kata—buatlah kalimat yang membantu dan menggugah pikiran. Ingat, ini adalah percakapan, jadi harus nyata. Bangun komunitas dengan memposting konten yang mengundang tanggapan—dan membuat mereka betah. Anda juga bisa memperluas percakapan dengan mengutip orang lain yang menulis tentang topik yang sama dan memungkinkan konten Anda untuk dibagikan.
  • Ketenangan: Terdapat perbedaan jelas antara diskusi bermanfaat dan tindakan provokatif. Buat tulisan Anda sedemikian rupa untuk menarik pendapat yang berbeda tanpa memprovokasi orang lain. Anda tidak perlu menanggapi setiap kritik atau hinaan. Jadi, hati-hatilah dan pertimbangkan dengan cermat.
  • Kesalahan: Jika melakukan kesalahan, Anda harus mengakuinya. Beranikan diri dan segera perbaiki kesalahan tersebut. Jika mem-posting ke blog, Anda dapat mengubah posting sebelumnya. Cukup jelaskan bahwa Anda telah melakukannya. 

Kerja Sama & Pengesahan

Sebagaimana dijelaskan dalam Panduan Media Sosial Intel, kami mendukung transparansi dan berkomitmen terhadap pengungkapan hubungan dan pengesahan secara jelas. Jika Anda dikontrak, dipelopori, atau dengan cara lain didukung oleh Intel untuk membuat media sosial, maka pastikan Anda membaca dan mengikuti Panduan Pelaksana Media Sosial yang Disponsori, Dipelopori, atau Didukung oleh Intel. Sebagai bagian dari pedoman ini, Anda harus menyatakan bahwa Anda telah dipelopori atau menerima kompensasi dari Intel. Blog Anda akan dipantau atas kepatuhannya terhadap pedoman serta keterangan akurat dalam produk dan klaim kami.

Moderasi.

Moderasi (pemeriksaan dan persetujuan konten) berlaku untuk konten media sosial yang ditulis atas nama Intel oleh orang di luar perusahaan, apakah situs tersebut di dalam atau di luar intel.com. Kami tidak mengesahkan atau bertanggung jawab atas konten yang di-posting oleh pihak ketiga, atau disebut sebagai UGC (konten yang dibuat pengguna). Hal ini termasuk input teks dan file yang diunggah, antara lain video, gambar, audio, file eksekusi, dokumen. Meskipun kami sangat menganjurkan partisipasi pengguna, ada beberapa panduan yang kami minta bagi pihak ketiga untuk mengikutinya agar tetap aman bagi semua orang. 

  • Pasca-moderasi: Meskipun situs mengharuskan pengguna untuk mendaftar sebelum posting, nama pengguna yang sederhana dan entri email tidak benar-benar memvalidasi seseorang. Jadi untuk memastikan risiko minimal/keamanan maksimal, kami mengharuskan moderasi semua posting UGC. Moderator yang diberi wewenang memindai semua posting agar mematuhi panduan Intel.
  • Moderasi komunitas (atau moderasi reaktif): Untuk komunitas yang telah mapan dan aman, moderasi grup oleh pengguna rutin dapat bekerja dengan baik. Terkadang kondisi ini diperkenankan untuk dilakukan pada tahap pasca-moderasi, namun harus diterapkan dan disetujui.
  • "Aturan Kami": Apakah konten sudah pada tahap pasca-moderasi atau moderasi komunitas, kami menggunakan aturan praktis ini: yang Baik, yang Buruk, tetapi tidak Berbahaya. Jika konten positif atau negatif dan dalam konteks pembicaraan, maka kami bisa menyetujui konten, terlepas dari apakah menguntungkan atau tidak bagi Intel. Namun jika konten bersifat berbahaya, menyinggung, mencemarkan nama baik, dan/atau di luar konteks, maka kami akan meminta moderator dan komunitas untuk menolak konten tersebut.

Panduan Pelaksana Media Sosial yang Disponsori, Dipelopori, atau Didukung oleh Intel

Intel mendukung transparansi. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa pelaksana media sosial kami (PMS) secara jelas mengungkapkan hubungan sekaligus pengesahan, dan bahwa pernyataan tentang produk Intel adalah benar dan valid. Jika Anda adalah pelaksana media sosial yang telah dipelopori dengan produk, didukung, atau memiliki hubungan yang berkelanjutan dengan Intel, maka panduan ini berlaku untuk Anda. Jika memiliki pertanyaan atau masalah terkait dengan panduan ini, hubungi sponsor Intel Anda.

Harap diingat bahwa Intel memantau media sosial yang terkait dengan bisnis kami, termasuk aktivitas PMS yang kami sponsori, pelopori, atau dukung. Jika kami menemukan hubungan yang tidak boleh diungkapkan atau pernyataan yang salah maupun menyesatkan, kami akan menghubungi Anda untuk meminta perbaikan. Jika Anda, sebagai PMS yang disponsori, secara berulang kali membuat pernyataan yang tidak akurat tentang Intel, produk Intel, atau layanan Intel, kami akan mengakhiri hubungan dengan Anda.

Aturan Keterlibatan untuk PMS yang Disponsori, Dipelopori, atau Didukung oleh Intel

  • Transparan: Ungkap dengan jelas dan tegas tentang hubungan Anda dengan Intel, termasuk dukungan dan sponsor. Pastikan informasi ini dapat dibaca oleh publik dan pembaca setiap posting Anda.
  • Lebih spesifik: Jangan membuat klaim umum tentang produk, namun secara khusus jelaskan tentang pengalaman Anda.
  • Menjadi diri sendiri: Kami mendukung Anda untuk menjadi orang pertama yang menulis dan tetap fokus pada bidang keahlian Anda bila terkait dengan teknologi Intel.
  • Cermat: Perlu diketahui bahwa tulisan Anda adalah tanggung jawab Anda dan pelanggaran terhadap panduan ini dapat mempengaruhi sponsor atau dukungan Intel untuk Anda. Selain itu, selalu patuhi persyaratan dan ketentuan untuk situs pihak ketiga yang Anda ikuti.