Versi peramban yang Anda gunakan tidak disarankan untuk situs ini.
Pertimbangkan untuk memutakhirkan ke versi peramban terbaru dengan mengklik salah satu tautan berikut.

Panduan Media Sosial Intel

Media sosial telah mengubah cara kami bekerja, menawarkan model baru dalam berinteraksi dengan pelanggan, kolega, dan dunia pada umumnya. Kami percaya bahwa jenis interaksi ini dapat membantu Anda menjalin hubungan bisnis yang lebih kuat dan sukses. Selain itu, Anda juga dapat berpartisipasi dalam percakapan global terkait dengan tugas dan hal yang menjadi perhatian kami di Intel.

Ini adalah panduan resmi untuk berpartisipasi dalam media sosial di Intel. Jika Anda karyawan atau kontraktor Intel yang membuat atau memberikan kontribusi terhadap blog, wiki, jaringan sosial, dunia virtual, atau jenis media sosial lainnya, panduan ini adalah untuk Anda. Panduan ini akan berkembang seiring dengan munculnya alat jejaring sosial baru, jadi lakukan pengecekan secara rutin untuk memastikan Anda tahu kabar terbaru. Jika Anda merasa bingung atau ragu tentang postingan Anda di resume online atau saluran sosial Anda, silakan hubungi social.media@intel.com.

1. Terbuka

Kejujuran—atau ketidakjujuran—Anda akan segera diketahui di lingkungan media sosial. Representasikan Intel secara beretika dan dengan integritas. 

  • Transparan: Jika Anda mendukung atau merekomendasikan produk/teknologi Intel, Anda harus mengungkapkan bahwa Anda bekerja untuk Intel. Jika Anda tidak memiliki nama pengguna "Intel", gunakan "#IAMINTEL" di postingan Anda. Menggunakan penafian di bio atau profil Anda tidaklah cukup menurut FTC.
  • Tepercaya: Jika Anda memiliki kepentingan dalam hal yang Anda bahas, jadilah orang pertama yang menunjukkan dan menjelaskan dengan spesifik.
  • Menjadi diri sendiri: Fokus pada bidang keahlian Anda; hanya tulis yang Anda ketahui. Jika Anda mengirim posting ke situs web di luar Intel, gunakan penafian seperti ini: “Posting di situs ini adalah milik sendiri dan tidak mewakili posisi, strategi, atau opini Intel”. 
  • Selalu perbarui: Jika Anda meninggalkan Intel, harap ingat untuk memperbarui informasi pekerjaan Anda di situs media sosial.

2. Perlindungan

Pastikan secara keseluruhan bahwa transparansi tidak melanggar kerahasiaan Intel atau panduan legal untuk ucapan komersial—atau privasi Anda sendiri. Ingat, jika Anda online, maka Anda direkam—apa pun Anda lakukan di Internet bersifat publik dan bisa dilacak. Dan apa yang Anda tulis pada akhirnya adalah tanggung jawab Anda.

  • Jangan sebarkan informasi rahasia: Dilarang mengungkapkan informasi rahasia atau informasi yang berkenaan dengan Intel. Jika Anda memposting deskripsi pekerjaan Anda di LinkedIn, pastikan untuk tidak mengungkapkan informasi produk yang bersifat rahasia. Jika Anda tidak yakin, tanyakan kepada Intel PR atau Global Communications Group. Topik terlarang mencakup litigasi, keuangan non-publik, dan info produk yang tidak dirilis. Selain itu, hormati merek, merek dagang, hak cipta, penggunaan wajar, dan rahasia dagang. Jika itu bisa dipertimbangkan— maka berhentilah daripada mempublikasikannya. 
  • Jangan mencela kompetisi (atau Intel): Bermainlah dengan benar. Semua pernyataan harus benar dan tidak menyesatkan, dan semua klaim harus dibuktikan dan disetujui.*
  • Jangan terlalu sering berbagi: Hati-hatilah —sekali Anda mengklik "bagikan", biasanya Anda tidak bisa mengambilnya kembali. Selain itu, bersikap bijaksana akan membantu membuat konten Anda lebih menarik dan relevan dengan pemirsa.

3. Gunakan Akal Sehat

Persepsi adalah realitas dan di jejaring sosial online, garis antara publik dan pribadi, personal dan profesional menjadi kabur. Hanya dengan menunjukkan diri Anda sebagai karyawan Intel, Anda telah menciptakan persepsi tentang keahlian Anda dan tentang Intel. Buat kami semua bangga.

  • Beri nilai tambah: Ada jutaan kata yang bisa digunakan—buatlah kalimat yang membantu dan menggugah ide. Ingat, ini adalah percakapan, jadi harus nyata. Bangun komunitas dengan memposting konten yang mengundang tanggapan—dan membuat mereka betah. Anda juga bisa memperluas percakapan dengan mengutip orang lain yang menulis tentang topik yang sama dan memungkinkan konten Anda untuk dibagikan.
  • *Jangan membuat klaim: Kita harus menggunakan penafian yang diamanatkan oleh FTC dalam semua komunikasi saat melakukan pengujian atau membandingkan prosesor. Jangan bilang bahwa produk kita lebih pintar/cepat/memiliki performa lebih tinggi dalam postingan media sosial Anda. Biarkan ini menjadi tugas para ahli.
  • Kesalahan Jika melakukan kesalahan, Anda harus mengakuinya. Beranikan diri dan segera perbaiki kesalahan tersebut. Jika mem-posting ke blog, Anda dapat mengubah posting sebelumnya. Cukup jelaskan bahwa Anda telah melakukannya.

Selain itu, jika Anda melihat sesuatu yang berhubungan dengan Intel dibagikan di platform media sosial yang seharusnya tidak dilakukan, segera hubungi social.media@intel.com.

Kerja Sama & Pengesahan

Sebagaimana dijelaskan dalam Panduan Media Sosial Intel, kami mendukung transparansi dan berkomitmen terhadap pengungkapan hubungan dan pengesahan secara jelas. Jika Anda dikontrak, dipelopori, atau dengan cara lain didukung oleh Intel untuk membuat media sosial, maka pastikan Anda membaca dan mengikuti Panduan Pelaksana Media Sosial yang Disponsori, Dipelopori, atau Didukung oleh Intel. Sebagai bagian dari pedoman ini, Anda harus menyatakan bahwa Anda telah dipelopori atau menerima kompensasi dari Intel. Blog Anda akan dipantau atas kepatuhannya terhadap pedoman serta keterangan akurat dalam produk dan klaim kami. Sebagai bagian dari panduan ini, Anda harus mengungkapkan bahwa Anda telah dipelopori atau dikompensasi oleh Intel, Anda dapat melakukannya dengan menambahkan #ad di postingan Anda.

Panduan Pelaksana Media Sosial Intel

Intel mendukung keterbukaan, ketepatan, kejujuran dan kebenaran. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa pelaksana media sosial kami (mencakup blog, Facebook, Twitter, forum, dan media sosial lainnya) secara jelas mengungkapkan hubungan sekaligus pengesahan, dan bahwa pernyataan tentang produk Intel adalah benar dan valid.

Jika Anda adalah pelaksana media sosial yang telah dipelopori dengan produk, didukung, atau memiliki hubungan yang berkelanjutan dengan Intel, maka panduan ini berlaku untuk Anda. Jika memiliki pertanyaan atau masalah terkait dengan panduan ini, hubungi sponsor Intel Anda.

Aturan Keterlibatan untuk PMS yang Disponsori, Dipelopori, atau Didukung oleh Intel

Transparan. Intel mendukung transparansi tentang identitas dan hubungan Anda dengan Intel. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa pelaksana media sosial yang disponsori (termasuk blog, mikroblog, forum, dan media sosial lainnya) secara jelas dan tegas mengungkapkan hubungan mereka dengan Intel, termasuk dukungan dan sponsor. Pastikan informasi ini dapat dibaca oleh publik dan pembaca setiap posting Anda. Untuk tweet atau postingan tertulis lainnya di platform seperti Facebook serta deskripsi foto di platform seperti Instagram, mulai postingan Anda dengan #Paid atau #Ad. Jika Anda memposting video di platform seperti YouTube, gunakan #IntelAd pada potongan video asli di pojok atas layar, lebih disukai di awal video, sekaligus masukkan "Disponsori oleh Intel" di atas baris di bagian deskripsi video. Jika Anda membuat podcast, di bagian pembuka podcast, Anda harus mengungkapkan hubungan, contoh tulisan Anda misalnya: "Episode ini adalah sponsor berbayar dari Intel". Jika Anda menggunakan bahasa alternatif, pastikan bahwa Anda menggunakan kata "berbayar" di tulisan Anda.

Dengan menyatakan bahwa pengungkapan bersifat jelas dan tegas, para praktisi harus membuat pernyataan yang mendekati pernyataan yang berhubungan, dalam font yang mudah dibaca dan warna yang menonjol dari latar belakang. Untuk iklan video, pengungkapan harus berada di layar cukup lama agar dapat dilihat, dibaca dan dimengerti. Pengungkapan audio harus dibacakan dalam cara yang mudah diikuti dan dengan kata-kata yang mudah dimengerti.

Tulislah pengalaman asli dan nyata Anda. Mohon agar berbicara secara khusus tentang pengalaman Anda dengan produk dan layanan kami alih-alih membuat pernyataan produk yang umum yang Anda sendiri tidak kenali. Jujur dan akuratlah.

Penguasaan materi. Kami mendukung Anda untuk menjadi orang pertama yang menulis dan tetap fokus pada bidang keahlian Anda bila terkait dengan teknologi Intel®.

Tanggung jawab. Ingatlah bahwa yang Anda tulis menjadi tanggung jawab Anda dan kegagalan untuk mengikuti panduan ini (termasuk kegagalan mengungkapkan hubungan Anda dengan Intel) dapat membahayakan sponsor atau insentif dari Intel untuk Anda. Selain itu, selalu patuhi persyaratan dan ketentuan untuk situs pihak ketiga yang Anda ikuti.

Panduan Moderasi untuk PMS yang Disponsori, Dipelopori, atau Didukung oleh Intel

Intel memantau media sosial yang terkait dengan bisnis kami, termasuk aktivitas PMS yang kami sponsori, pelopori, atau dukung. Kami berkomitmen memberikan gambaran produk Intel® yang transparan, jujur, dan akurat.

Jika kami menemukan pernyataan atau klaim yang salah maupun menyesatkan, kami akan menghubungi Anda untuk meminta perbaikan. Jika, sebagai SMP yang disponsori, Anda terbukti sering dan terus-menerus gagal mengungkapkan hubungan Anda dengan Intel, atau membuat pernyataan yang salah atau menyesatkan tentang Intel, produk Intel®, atau layanan Intel®, kami dapat memutus hubungan dengan Anda.