Manual ini menerangkan arsitektur dan lingkungan pemrograman prosesor Intel® 64 dan IA-32.

Versi elektronik dari dokumen ini memungkinkan Anda mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan hanya mencetak halaman yang Anda inginkan. Manual pengembang perangkat lunak arsitektur Intel 64 dan IA-32 sekarang dapat diunduh melalui set tiga volume atau tujuh volume. Semua isinya identik dalam setiap set; lihat rincian di bawah ini.

Saat ini, PDF yang dapat diunduh untuk semua Volume merupakan versi 052. PDF yang dapat diunduh untuk manual referensi optimalisasi arsitektur Intel 64 dan IA-32 merupakan versi 030. Spesifikasi tambahan terkait, catatan aplikasi, dan buku putih juga dapat diunduh.

Catatan: Jika Anda ingin mendapatkan pemberitahuan tentang pembaruan manual pengembang perangkat lunak arsitektur Intel 64 dan IA-32, Anda dapat menggunakan layanan pihak ketiga, seperti http://www.changedetection.com/ untuk mendapatkan pemberitahuan perubahan pada halaman ini (harap baca acuan 1 di bawah ini).

Catatan: Kami tidak lagi menawarkan manual pengembang perangkat lunak arsitektur Intel 64 dan IA-32 dalam bentuk CD-ROM. Versi cetak dari manual tersebut dapat dibeli melalui model pengisian cetak menurut permintaan dari vendor pihak ketiga, Lulu (lihat referensi 1 dan 2 di bawah ini): http://www.lulu.com/spotlight/IntelSDM.

  1. Ketentuan penggunaan
  2. Harga pesanan setiap volume ditetapkan oleh vendor cetak; Intel mengunggah master final tanpa royalti.

Set Volume Gabungan Manual Pengembang Perangkat Lunak Arsitektur Intel® 64 dan IA-32

Dokumen Deskripsi
Volume gabungan manual pengembang perangkat lunak arsitektur Intel® 64 dan IA-32:1, 2A, 2B, 2C, 3A, 3B, dan 3C

Dokumen ini memuat hal-hal berikut:

Volume 1: Menjabarkan lingkungan arsitektur dan pemrograman prosesor yang mendukung arsitektur IA-32 dan Intel 64.

Volume 2: Menyertakan referensi set instruksi, A-Z, lengkap dalam satu volume. Menjabarkan format instruksi tersebut dan menyediakan halaman referensi untuk instruksi. 

Volume 3: Menyertakan panduan pemrograman sistem, Bagian 1, 2, dan 3, lengkap dalam satu volume. Menjabarkan lingkungan dukungan sistem operasi arsitektur Intel 64 dan IA-32, yang meliputi: manajemen memori, perlindungan, manajemen tugas, penanganan gangguan dan pengecualian, dukungan multiprosesor, fitur-fitur pengelolaan panas dan daya, debug, pemantauan kinerja, mode manajemen sistem, instruksi virtual machine extension (VMX), serta Intel® Virtualization Technology (Intel® VT).

Perubahan dalam dokumentasi manual pengembang perangkat lunak arsitektur Intel 64 dan IA-32

Menjabarkan perbaikan bug yang dilakukan terhadap manual pengembang perangkat lunak arsitektur Intel 64 dan IA-32 di antara berbagai versinya.

CATATAN: Dokumen Perubahan ini berlaku untuk semua set manual pengembang perangkat lunak arsitektur Intel 64 dan IA-32 (set volume gabungan, set 3 volume, dan set 7 volume).

Set Tiga Volume dari Manual Pengembang Perangkat Lunak Arsitektur Intel® 64 dan IA-32

Set ini terdiri dari volume 1, volume 2 (gabungan 2A, 2B, dan 2C), dan volume 3 (gabungan 3A, 3B, dan 3C). Set ini memungkinkan navigasi yang lebih mudah terhadap referensi set instruksi dan panduan pemrograman sistem melalui daftar isi, referensi, dan indeks lintas volume yang fungsional.

Dokumen Deskripsi
Manual pengembang perangkat lunak arsitektur Intel® 64 dan IA-32 volume 1: Arsitektur dasar Menjabarkan lingkungan arsitektur dan pemrograman prosesor yang mendukung arsitektur IA-32 dan Intel 64.
Volume gabungan manual pengembang perangkat lunak arsitektur Intel® 64 dan IA-32 2A, 2B, dan 2C: Referensi set instruksi, A-Z Dokumen ini memuat referensi set instruksi, A-Z, lengkap dalam satu volume. Menjabarkan format instruksi dan menyediakan halaman referensi untuk instruksi.  Dokumen ini memungkinkan navigasi yang mudah terhadap referensi set instruksi tersebut melalui daftar isi, referensi, dan indeks lintas volume yang fungsional.
Volume gabungan manual pengembang perangkat lunak arsitektur Intel 64 dan IA-32 3A, 3B, dan 3C: Panduan pemrograman sistem Dokumen ini memuat panduan pemrograman sistem lengkap, bagian 1, 2, dan 3, dalam satu volume. Menjabarkan lingkungan dukungan sistem operasi arsitektur Intel 64 dan IA-32, yang meliputi: Manajemen memori, perlindungan, manajemen tugas, penanganan gangguan dan pengecualian, dukungan multiprosesor, fitur-fitur pengelolaan panas dan daya, debug, pemantauan kinerja, mode manajemen sistem, instruksi virtual machine extension (VMX), serta Intel® Virtualization Technology (Intel® VT). Dokumen ini memungkinkan navigasi mudah dari panduan pemrograman sistem melalui daftar isi, referensi, dan indeks lintas volume yang fungsional.

Set Tujuh Volume dari Manual Pengembang Perangkat Lunak Arsitektur Intel® 64 dan IA-32

Set ini berisi informasi yang sama dengan set tiga volume, tetapi terpisah menjadi tujuh PDF yang lebih kecil: volume 1, volume 2A, volume 2B, volume 2C, volume 3A, volume 3B, dan volume 3C. Set ini lebih cocok bagi mereka yang memiliki kecepatan koneksi lebih lambat.

Dokumen Deskripsi
Manual pengembang perangkat lunak arsitektur Intel® 64 dan IA-32 volume 1: Arsitektur dasar Menjabarkan lingkungan arsitektur dan pemrograman prosesor yang mendukung arsitektur IA-32 dan Intel 64.
Manual pengembang perangkat lunak arsitektur Intel 64 dan IA-32 volume 2A: Referensi set instruksi, A-M Menjabarkan format instruksi tersebut dan menyediakan halaman referensi untuk instruksi (dari A hingga M). Volume ini juga memuat daftar isi untuk volume 2A, 2B, dan 2C.
Manual pengembang perangkat lunak arsitektur Intel 64 dan IA-32 volume 2B: Referensi set instruksi N-Z Menyediakan halaman referensi untuk instruksi (dari N hingga Z).
Manual pengembang perangkat lunak arsitektur Intel 64 dan IA-32 volume 2C: Referensi set instruksi
Menyertakan referensi ekstensi mode yang lebih aman. Volume ini juga memuat lampiran dan dukungan indeks untuk Volume 2A, 2B, dan 2C.
Manual pengembang perangkat lunak arsitektur Intel 64 dan IA-32 volume 3A: Panduan pemrograman sistem, bagian 1 Menjabarkan lingkungan dukungan sistem operasi arsitektur Intel IA-32 dan 64, yang meliputi: Manajemen memori, perlindungan, manajemen tugas, penanganan gangguan dan pengecualian, dukungan multiprosesor. Volume ini juga memuat daftar isi untuk Volume 3A, 3B, dan 3C.
Manual pengembang perangkat lunak arsitektur Intel 64 dan IA-32 volume 3B: Panduan pemrograman sistem, bagian 2 Melanjutkan cakupan subjek pemrograman sistem yang dimulai di volume 3A. Volume 3B membahas fitur-fitur pengelolaan panas dan daya, debug, serta pemantauan kinerja.
Manual pengembang perangkat lunak arsitektur Intel 64 dan IA-32 volume 3C: Panduan pemrograman sistem, bagian 3 Melanjutkan cakupan subjek pemrograman sistem yang dimulai di volume 3A dan volume 3B. Volume 3C membahas mode manajemen sistem, instruksi virtual machine extension (VMX), dan Intel® Virtualization Technology (Intel® VT). Volume ini juga memuat lampiran dan dukungan indeks untuk Volume 3A, 3B, dan 3C.

Manual Referensi Optimalisasi Perangkat Lunak

Dokumen Deskripsi
Manual referensi optimalisasi arsitektur Intel® 64 dan IA-32 Manual referensi optimalisasi arsitektur Intel 64 dan IA-32 menyediakan informasi mengenai prosesor Intel® Core™, mikroarsitektur NetBurst®, dan berbagai mikroarsitektur Intel® terbaru lainnya. Manual ini menjelaskan berbagai teknik optimalisasi kode untuk memungkinkan Anda menyesuaikan aplikasi supaya mendapat hasil yang sangat optimal ketika menjalankan prosesor Intel® Atom™, Intel® Core™ i7, Intel® Core™, Intel® Core™2 Duo, Intel® Core™ Duo, Intel® Xeon®, Intel® Pentium® 4, dan Intel® Pentium® M.

Spesifikasi, Catatan Aplikasi, dan Buku Putih Yang Terkait

Dokumen Deskripsi
Spesifikasi x2APIC arsitektur Intel® 64 Ekstensi arsitektur xAPIC terutama dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan respons (addressability) prosesor. Arsitektur x2APIC menyediakan kompatibilitas dengan arsitektur xAPIC dan dapat diperluas untuk inovasi platform Intel di masa depan.
TLB catatan aplikasi arsitektur Intel® 64 dan IA-32, paging-structure cache, dan invalidasinya Informasi yang termuat di dalam catatan aplikasi ini sekarang menjadi bagian dari manual pengembang perangkat lunak arsitektur Intel 64 dan IA-32 volume 3A dan 3B.
Buku Putih untuk Set Intel® Advanced Encryption Standard New Instructions (Intel® AES-NI) Dokumen ini memberi ikhtisar mengenai algoritma AES dan Intel® AES-NI. Dokumen ini menyediakan panduan dan demonstrasi untuk menggunakan instruksi ini ketika menulis implementasi AES yang aman dan berkinerja tinggi.
Referensi pemrograman ekstensi set instruksi arsitektur Intel® Dokumen ini mencakup berbagai instruksi baru yang direncanakan untuk prosesor Intel® di masa depan.

Buku Putih instruksi multiplikasi carry-less Intel® dan penggunaannya untuk komputasi mode GCM Dokumen ini memberi informasi mengenai instruksi, dan penggunaannya untuk menghitung Galois Hash. Dokumen ini juga menyediakan contoh kode untuk penggunaan PCLMULQDQ, bersama dengan Intel® AES New Instructions (Intel® AES-NI) untuk implementasi efisiensi AES dalam Galois Counter Mode (AES-GCM).
Buku Putih pengurutan memori arsitektur Intel 64 Dokumen ini telah digabung menjadi Volume 3A manual pengembang perangkat lunak arsitektur Intel 64 dan IA-32.
Peningkatan MCA dalam prosesor Intel® Xeon® masa depan Buku Putih ini menjabarkan peningkatan log MCA dan mekanisme pelaporan IOMCA dalam prosesor Intel Xeon masa depan.
Panduan berbagi unit pemantauan kinerja Dokumen ini menyediakan serangkaian panduan antara berbagai agen perangkat lunak yang berbagi perangkat lunak PMU di prosesor Intel.
Catatan aplikasi Intel® Virtualization Technology FlexMigration (Intel® VT FlexMigration) Catatan aplikasi ini membahas berbagai kemampuan virtualisasi di dalam prosesor Intel® yang mendukung penggunaan Intel® VT FlexMigration.
Intel® Virtualization Technology untuk
spesifikasi arsitektur Directed I/O
Dokumen ini menjabarkan Intel® Virtualization Technology untuk Directed I/O.