• <Lebih lanjut tentang Intel.com
Masthead Light

Koprosesor Intel® Xeon Phi™

Performa tingkat tinggi untuk beban kerja sangat paralel

Apa itu koprosesor Intel® Xeon Phi™?

Koprosesor Intel® Xeon Phi™ adalah kartu add-in berfaktor bentuk PCI Express* yang bekerja secara sinergis dengan prosesor Intel® Xeon® untuk memungkinkan peningkatan performa yang luar biasa untuk kode yang sangat paralel—hingga 1,2 teraFLOPS (floating point operations per second) presisi ganda per koprosesor.

Diproduksi menggunakan teknologi 22nm terdepan dalam industri dari Intel dengan transistor 3-D Tri-Gate, setiap koprosesor memiliki lebih banyak core, lebih banyak thread, dan unit eksekusi vektor yang lebih lebar daripada prosesor Intel Xeon. Tingkat paralelisme yang tinggi mengompensasi kecepatan yang lebih rendah dari setiap core untuk memberikan performa agregat yang lebih tinggi bagi beban kerja yang sangat paralel.

Aplikasi apa sajakah yang akan diuntungkan oleh koprosesor Intel Xeon Phi?

Sementara mayoritas aplikasi (80 sampai 90 persen) akan tetap mencapai performa maksimum dengan prosesor Intel Xeon, beberapa aplikasi sangat paralel tertentu akan secara luar biasa diuntungkan apabila menggunakan koprosesor Intel Xeon Phi. Untuk sepenuhnya memanfaatkan keunggulan koprosesor Intel Xeon Phi, aplikasi harus dapat diskalakan dengan baik ke dalam lebih dari 100 thread perangkat lunak dan secara ekstensif menggunakan vektor atau secara efisien menggunakan bandwidth memori lokal yang lebih besar daripada yang tersedia pada prosesor Intel Xeon. Contoh segmen dengan aplikasi sangat paralel meliputi: animasi, energi, keuangan, ilmu hayati, manufakturing, medis, sektor publik, cuaca, dan masih banyak lainnya. Pelajari lebih lanjut tentang perkembangan Intel® Many Integrated Core Architecture (Intel® MIC Architecture) >

Kapan saya perlu menggunakan prosesor Intel Xeon dan koprosesor Intel Xeon Phi?

Kapan saya perlu menggunakan Prosesor Intel Xeon® dan Koprosesor Intel Xeon Phi™?

 

 

Lebih baik berpikir untuk “menggunakan kembali” daripada “mengkode ulang”

Karena bahasa, alat, dan aplikasi kompatibel untuk prosesor Intel Xeon dan juga koprosesor Intel Xeon Phi, kini Anda bisa berpikir untuk “menggunakan kembali” daripada “mengkode ulang”.

Model pemrograman tunggal untuk semua kode Anda. Koprosesor Intel Xeon Phi memberikan titik desain perangkat keras yang dioptimalkan untuk paralelisme ekstrem bagi para pengembang, tanpa mengharuskan mereka membangun ulang arsitektur atau menulis ulang kode mereka. Tidak perlu memikirkan ulang keseluruhan persoalannya atau mempelajari model pemrograman baru; cukup kompilasi ulang dan optimalkan kode yang sudah ada menggunakan alat, pustaka, dan runtime yang biasa digunakan.

Pelipatganda performa. Dengan mempertahankan kode sumber tunggal antara prosesor Intel Xeon dan koprosesor Intel Xeon Phi, pengembang cukup mengoptimalkan sekali untuk paralelisme tetapi memaksimalkan performa pada keduanya, prosesor dan koprosesor sekaligus.

Fleksibilitas eksekusi. Didesain dari dasarnya untuk komputasi performa tinggi. Tidak seperti GPU, sebuah koprosesor dapat ditempati sistem operasi, sepenuhnya diberi alamat IP, dan mendukung standar seperti Message Passing Interface (MPI). Selain itu, koprosesor juga bekerja dalam lebih dari satu mode eksekusi:

  • Mode "Symmetric": Tugas beban kerja dibagi antara prosesor induk dan koprosesor
  • Mode "Native": Beban kerja ditanggung sepenuhnya oleh koprosesor, dan pada pokoknya bekerja sebagai node komputasi terpisah
  • Mode "Offload": Beban kerja ditanggung oleh prosesor induk, dan bagian-bagian beban kerja dikirimkan ke koprosesor sesuai kebutuhan. CATATAN: GPU HANYA bisa dijalankan dalam mode dan sering kali hanya diam tidak bekerja.