• <Lebih lanjut tentang Intel.com

Cara Memulai blog

Anda pernah mendengar orang lain membicarakannya, dan Anda pun sudah lama memikirkannya: memulai sebuah blog, berbagi ide, pemikiran, kisah dan pengalaman Anda. Persiapan membuat blog jauh lebih mudah dari yang Anda bayangkan, dan bahkan lebih mudah lagi jika blog akan dibuat di Wordpress.com*. Mari kita bahas langkah-langkahnya.

 

 

Mulai di Wordpress.com

Menggunakan Wordpress.com sebagai host blog Anda akan memudahkan proses ini, karena Anda tidak perlu memikirkan web hosting. Mereka akan menangani semua detail teknis yang sulit bagi Anda. Siap? Klik tombol "Persiapan'" besar.

Formulir pendaftaran Wordpress

Sekarang Anda harus mengisi formulirnya. Perhatikan terutama alamat blog-nya, karena itulah yang akan diberikan kepada teman-teman agar mereka dapat membaca tulisan Anda.

Sebaiknya luangkan cukup waktu untuk memikirkan nama blog baru Anda. Nama seperti “Hillary.Wordpress.Com” jauh lebih mudah untuk diberitahukan ke teman-teman daripada, misalnya, “Hillary452.Wordpress.Com”. Anda mungkin perlu mencoba beberapa kali hingga menemukan nama yang tersedia. Bersabarlah, upaya ini sepadan dengan hasilnya.

Konfigurasi blog Wordpress

Langkah berikutnya adalah menentukan opsi-opsi konfigurasi blog. Ada dua bidang: judul dan tagline.

Judul blog adalah yang dilihat orang di bagian atas setiap halaman, dan spasi dapat digunakan dalam judul. Bersenang-senanglah—kreativitas adalah hal yang baik!

Untuk demonstrasi ini, kami akan menggunakan "Tip Teknologi Intel" sebagai nama blog.

Tagline adalah slogan yang terdiri dari empat atau lima kata atau deskripsi blog baru Anda. Misalnya: "Belajar menari seperti seorang bintang" atau "Hal-hal yang salah dalam politik" atau "Hidupku, pandanganku, ide-ide brilianku". Kami akan menggunakan "Hidup yang Lebih Baik dengan Teknologi" sebagai tagline blog ini.

Klik "Langkah Berikutnya" untuk melanjutkan.

Pilih tema Anda

Ini adalah bagian yang menyenangkan: Pilih tema yang membuat blog Anda tampak benar-benar bagus. Jika Anda tidak menyukai tema-tema gratis ini, gulirlah halaman hingga ke bawah, di sana ada tombol untuk menampilkan tema lain.

Anda dapat memilih tema berbayar atau tetap menggunakan tema gratis tanpa label harga dengan mengklik gambar pratinjau kecil yang sesuai.

Selanjutnya akan muncul opsi untuk melakukan kustomisasi tema yang Anda pilih. Sebenarnya, kustomisasi adalah salah satu keuntungan besar penggunaan Wordpress untuk blog—tapi mari kita tunda dulu hal ini supaya kita bisa terus melanjutkan.

Klik "Langkah Berikutnya", dan Anda pun siap membuat posting pertama!

Membuat posting pertama di Wordpress

Membuat posting pertama


Posting pertama Anda. Sekarang saatnya membahas faktor apa saja yang membuat sebuah blog menjadi populer. Salah satunya adalah tulisan yang baik, tapi faktor lain yang juga berpengaruh adalah konsistensi.

Sulit mengumpulkan penggemar jika Anda menulis empat artikel dalam sehari, kemudian mengabaikannya selama dua bulan, jadi pikirkan jadwal yang konsisten untuk blog Anda. Mungkin satu posting per minggu, dan lebih banyak jika Anda memiliki banyak inspirasi atau pengalaman menakjubkan? Itu sudah cukup banyak.

Mari kita kembali dan menulis posting tentang Ultrabook™.

Formulir penulisan posting kosong di Wordpress

Untuk contoh entri blog ini, kami akan mem-posting sebuah foto komputer dan sedikit tulisan tentang kesan pertama kami, yang dapat dilakukan dengan mengklik "Teks" untuk posting pertama. Ini adalah jenis posting blog yang paling umum, jadi pasti Anda akan terbiasa dengannya seiring kemajuan Anda dalam membuat blog.

Setelah Anda berada di halaman penulisan, mulailah dengan mengetikkan judul posting yang singkat, jenaka dan kalau bisa yang mampu mengusik rasa ingin tahu pembaca, sehingga mereka akan mengklik dan membaca tulisan Anda. Bagian utama entri blog adalah teks utama yang dapat terdiri dari beberapa paragraf—sepanjang yang Anda inginkan—dan bisa mencakup tautan, huruf tebal, huruf miring, dan berbagai elemen tipografi lainnya.

Siap menambahkan foto? Klik "Sisipkan Foto". Foto Ultrabook disimpan di folder "Gambar", jadi Anda mudah masuk ke folder itu, memilih foto, kemudian mengklik "Buka". Jika foto berada di kamera atau smartphone, Anda harus menyalinnya ke komputer sebelum bisa diunggah. Jika foto berada di situs web orang lain, Anda bisa memasukkan URL-nya, namun disarankan untuk meminta izin terlebih dahulu kepada pemiliknya. Banyak gambar dilindungi oleh hak cipta dan tidak boleh dipublikasikan ulang, meski pun untuk blog pribadi yang bersifat kasual. Lebih baik hati-hati daripada terkena masalah nantinya.

Setelah semua itu beres, pilih file foto, maka foto akan diunggah ke server Wordpress. Setelah beberapa saat, foto akan muncul di jendela edit dengan ukuran penuh. Hal ini bisa sedikit mengejutkan, terutama jika ukurannya benar-benar besar. Klik gambar, Anda akan dihadapkan pada pilihan untuk mengecilkannya jika terlalu besar.

Sudah selesai menulis dan menambahkan foto serta gambar lainnya? Hebat. Untuk mempublikasikan entri blog baru, klik "Publikasi Posting", dan setelah pemrosesan di balik layar selama beberapa detik, posting tersebut akan terpajang disertai halaman konfirmasi. Berhasil. Anda telah menjadi seorang blogger.

Blog sudah dibuat, tema sudah dipilih, dan entri pertama sudah dipublikasikan. Catat alamat baru blog Anda, dan Anda pun siap memberitahukannya kepada teman-teman!

Selamat telah bergabung dengan kelompok blogger. Ada jutaan blogger di dunia. Janganlah malu-malu untuk berbagi karya Anda dengan yang lain.

Jika Anda perlu komputer baru untuk membuat blog baru, Pencari Produk Intel adalah tempat terbaik untuk menemukan pilihan lengkap komputer baru dengan Intel Inside®. Alat ini mudah digunakan dan dapat membantu Anda menentukan komputer baru mana yang paling cocok bagi Anda.

Informasi Lebih Lanjut

Jelajahi perangkat Ultrabook™

Pelajari perbedaan antara Ultrabook™ standar, sentuh dan konvertibel, bandingkan prosesor, dan temukan kombinasi yang sesuai bagi Anda.

Intel Learning Centre >