• <Lebih lanjut tentang Intel.com

Cara Menggunakan Windows* 8

Jika Anda masih menggunakan Windows 7, inilah saatnya melakukan lompatan besar dengan beralih ke Windows 8. Meski pun Anda mungkin perlu membiasakan diri dengan perubahan antarmuka, ada banyak peningkatan dan aplikasi baru yang hebat dalam OS ini.

Ya, jika Anda telah menggunakan Windows selama bertahun-tahun, ini adalah perubahan yang sangat radikal dari sistem Windows sebelumnya, dengan menu Mulai digantikan oleh layar Mulai dan panel kontrol tersembunyi di luar layar, namun jika telah terbiasa, ini sebenarnya sangat mudah dan dalam beberapa hal malah lebih cepat.

 

 

Layar Mulai Windows 8

Layar login tidak mengalami banyak perubahan sejak Windows 7, namun segera setelah Anda login, Anda akan terkejut karena yang muncul adalah layar Mulai, bukan Desktop (meski pun di Windows 8.1 karakteristik ini dapat diubah melalui perubahan pengaturan). Layar Mulai bernuansa ceria dan warna warni:

Kotak Tunel di layar Mulai pada Windows* 8

Dapat Anda lihat bahwa terdapat kotak-kotak besar yang menawarkan pintasan ke berbagai program pada Ultrabook™ atau komputer lain dengan Windows 8. Sebagian kotak bahkan menampilkan informasi dalam cara ini, seperti cuaca dan saham, yang sangat berguna.

Untuk masuk ke Desktop, yang harus dilakukan adalah menyentuh ikon Desktop di kiri bawah (lokasinya mungkin berbeda di layar Mulai Anda, namun tetap tampak seperti Desktop miniatur bertuliskan "Desktop"). Dengan mengklik atau menyentuh, akan muncul Windows Desktop.

Untuk kembali ke layar Mulai, sentuh tombol Windows pada keyboard atau klik tombol Windows di kiri bawah bilah tugas jika Anda sudah masuk ke Windows 8.1. Easy.

Ingat, layar Mulai menggantikan menu Mulai pada sistem Windows yang lama. Yang perlu dibiasakan adalah bahwa semua fungsi sistem—indikator sinyal Wi-Fi, waktu, tanggal dan lainnya—yang biasanya ada di kanan bawah bilah tugas telah dipindah ke luar layar. Sebagian besar fungsi tersebut sekarang disimpan di fitur yang dalam Windows 8 disebut bilah Charms.

Cuplikan layar jam dan wallpaper pada Windows* 8

Bilah Charms

Cara masuk ke bilah Charms adalah dengan menyapukan jari dari sisi luar layar ke tengah layar, menggerakkan kursor dari sisi luar layar ke arah kanan, atau dengan menekan Windows+C pada keyboard.

Dari atas ke bawah, ikon yang terlihat adalah Cari, Bagikan, Mulai, Perangkat, dan Pengaturan.

Cari terutama merupakan fitur yang bagus, karena setelah muncul bilah Charms, Anda bisa langsung mengetikkan nama file atau program yang dicari dan hasil pencarian pun akan ditampilkan seiring Anda memasukkan pola pencarian. Hasil ini dapat meliputi aplikasi, file, data, dan banyak lainnya. Ini adalah langkah besar dalam teknologi pencarian.

Bagikan memungkinkan Anda mengelola fungsi berbagi file dan sistem, Mulai memungkinkan Anda mengonfigurasi layar mulai—yang benar-benar berguna—dan Perangkat memungkinkan Anda mengatur apa pun yang terpasang pada komputer. Terakhir, Pengaturan adalah Panel Kontrol lama dari sistem Windows sebelumnya, hanya saja tampilannya baru dan lebih mudah.

Microsoft telah menyembunyikan hal-hal administratif agar Anda dapat benar-benar berfokus pada pekerjaan alih-alih harus melihat bilah tugas, menu Mulai, dan semua hal yang selalu muncul di layar.

Memang perlu waktu untuk membiasakan diri, tetapi setelah Anda tahu cara beralih antara layar Mulai dan desktop, dan setelah Anda mengutak-atik bilah Charms beberapa kali, Anda tidak akan menyangka bahwa Windows 8 ternyata sangat mirip dengan sistem operasi Windows versi terdahulu. Coba saja.

Informasi Lebih Lanjut

Jelajahi perangkat Ultrabook™

Pelajari perbedaan antara Ultrabook™ standar, sentuh dan konvertibel, bandingkan prosesor, dan temukan kombinasi yang sesuai bagi Anda.

Intel Learning Centre >