• <Lebih lanjut tentang Intel.com
Masthead Light

Lima Tips untuk Menggunakan Fitur Windows* 8 Layaknya Pengguna Pro

Penawaran terbaru dan terbesar dari Microsoft, Windows* 8, adalah terobosan sistem operasi baru yang menghasilkan pengalaman pengguna yang benar-benar unik. Dirancang terutama untuk digunakan dengan perangkat Ultrabook™, PC all-in-one, dan tablet, Windows 8 tampil dan terasa jauh berbeda dari yang biasa Anda dapatkan. Tapi ini tidak berarti bahwa antarmuka layar sentuh tersebut sulit dikuasai. Juga tidak berarti Anda harus memiliki perangkat layar sentuh agar dapat memanfaatkan sistem operasi ini untuk produktivitas kerja maupun untuk aktivitas hiburan santai. Berikut beberapa tips dan pintasan berguna yang membuat Anda mampu menggunakan fitur Windows* 8 layaknya pengguna pro dalam waktu singkat, apa pun platform yang digunakan.

 

Cara Mendapatkan Manfaat Terbaik dari Fitur-Fitur Windows 8: Charms

Disediakan untuk memberi Anda akses cepat dan mudah ke sebagian fitur yang paling sering digunakan, bilah charms Windows 8 terletak di ujung kanan layar dan berisi perintah seperti cari, berbagi, pengaturan, perangkat, serta tombol start yang sangat penting. Ada tiga cara berbeda untuk mengakses bilah charms, tergantung pada jenis komputer yang Anda gunakan:

 

  • Layar sentuh: Sapukan jari di ujung kanan layar.
  • Keyboard: Tekan Tombol Windows+C.
  • Mouse: Layangkan mouse di atas bagian atas atau bawah ujung kanan layar Anda.

 

Cara Menutup Aplikasi di Windows 8

Anda mungkin terbiasa menutup program dengan mengklik X di sudut kanan atas jendela program yang akan ditutup. Pada Windows 8, prosesnya berbeda, tergantung pada apakah Anda menggunakan perangkat berlayar sentuh atau dengan mouse dan keyboard:

 

  • Layar sentuh: Sapukan jari ke bawah dari bagian atas layar ke bagian bawah layar.
  • Keyboard: Tekan ALT+F4.
  • Mouse: Layangkan mouse di atas ujung kiri atas layar untuk meluncurkan daftar aplikasi yang saat ini dijalankan. Klik kanan aplikasi yang akan ditutup, kemudian klik tutup.

 

Memaksimalkan Ruang dengan Mode Bagi Layar Windows 8

Salah satu fitur Windows 8 yang paling elok adalah kemampuan untuk membagi layar antara dua aplikasi, sehingga makin memudahkan Anda untuk berpindah antar aplikasi tanpa harus memilih secara fisik, dengan demikian meningkatkan produktivitas secara signifikan. Secara default, satu aplikasi akan mengisi dua pertiga layar, sementara aplikasi lainnya akan mengisi sepertiga layar. Berikut adalah tiga metode yang dapat Anda lakukan untuk mengaktifkan berbagi layar antara dua aplikasi pada Windows 8:

 

  • Layar sentuh: Sapukan jari ke bawah dari ujung atas layar kemudian sapukan ke kiri atau kanan, tergantung di mana Anda ingin meletakkan aplikasi.
  • Keyboard: Tekan Tombol Windows+panah kiri atau tekan Tombol Windows+panah kanan.
  • Mouse: Klik dan seret bilah judul aplikasi ke kiri atau kanan. Ukuran aplikasi akan otomatis disesuaikan sehingga mengisi setengah layar.

 

Windows 8 dan Munculnya Sandi Gambar dan Gerakan yang Super Keren

Windows 8 menerapkan konsep perlindungan sandi kemudian merombaknya besar-besaran. Jika Anda jenis orang yang selalu terbelah antara rasa suka/benci terhadap sandi—apakah karena Anda selalu lupa sandi atau kesulitan untuk membuat sandi baru yang cukup aman—Anda pasti menyukai fitur sandi Windows 8. Intinya, sandi ini menggabungkan gambar dengan gerakan dan meniadakan keharusan untuk mengetikkan kombinasi huruf dan angka. Sebagai gantinya, Anda cukup menggunakan kombinasi pilihan sendiri antara lingkaran, garis, dan sentuhan layar pada gambar tertentu. Jika fitur ini bukan fitur keren dan mudah, kami tidak tahu lagi harus menyebut apa.

 

Beralih ke Mode Desktop Tradisional

Dengan Windows 8, Anda dapat beralih antara mode "layar sentuh" standar ke "mode desktop" yang lebih tradisional. Fitur ini dimaksudkan agar jika Anda ingin kembali ke pengalaman pengoperasian yang sudah Anda kenal dan sukai, Anda bisa mendapatkannya. Mode desktop Windows 8 beroperasi persis seperti Windows 7, sehingga memberi Anda dua sistem operasi dalam satu paket.

 

Mulailah mencari Ultrabook™ konvertibel, PC all-in-one, atau tablet baru dengan Windows 8.

Siap Melakukan Upgrade?

Jelajahi perangkat Ultrabook™

Pelajari perbedaan antara Ultrabook™ standar, sentuh dan konvertibel, bandingkan prosesor, dan temukan kombinasi yang sesuai bagi Anda.

Intel Learning Centre >