Memori dan Penyimpanan Konsep Baru pada Pusat Data

Teknologi baru yang inovatif dari Intel mentransformasi memori dan hierarki penyimpanan.

Tantangan Tinggi dalam Pusat Data

Data dalam jumlah besar menjanjikan wawasan dan inovasi yang berharga bagi bisnis agar memikirkan dan mendesain kembali arsitektur sistem mereka. Tetapi perusahaan yang tidak mendesain ulang arsitektur mereka mungkin hanya akan berjalan di tempat karena hanya berusaha menjaga agar tidak terkubur dalam kubangan data.

Masalahnya tidak semata hanya dalam menyimpan data mentah. Agar bisnis bisa tetap kompetitif, mereka perlu mengakses dan memproses semua data untuk wawasan bisnis, riset, kecerdasan artifisial (AI), dan penggunaan lainnya dengan cepat dan hemat biaya. Memori dan penyimpanan diperlukan untuk memungkinkan level pemrosesan ini, dan perusahaan berjuang menyeimbangkan biaya yang tinggi terkait kapasitas yang terbatas dan keterbatasan performa.

Tantangannya bahkan lebih berat karena diperlukan jenis memori dan penyimpanan yang berbeda untuk beban kerja yang berbeda. Selain itu, beberapa teknologi mungkin digunakan bersamaan untuk mencapai kompromi yang optimal dalam hal performa dan biaya.

Intel mengatasi tantangan ini dengan teknologi memori dan penyimpanan baru yang memberdayakan bisnis untuk memperbarui arsitektur pusat data mereka.

Kesenjangan pada Memori/Hierarki Penyimpanan

Secara historis, solusi memori dan penyimpanan terbatas dalam hal densitas, performa, dan biaya. Keterbatasan ini dirasakan oleh semua jenis organisasi, dari ritel hingga pemerintahan, perawatan kesehatan hingga organisasi keuangan. Misalnya, Penyedia Layanan Cloud (CSP) harus berjuang untuk dapat memenuhi Perjanjian Tingkat Layanan (SLA) seiring meningkatnya beban data. Perusahaan jasa keuangan harus meningkatkan kecepatan terkait keterbatasan kapasitas dan performa untuk memproses volume transaksi yang tinggi dengan sangat cepat. Dan bisnis perusahaan tidak dapat mengejar ketertinggalan dengan analisis dalam memori yang memerlukan sumber dari pelanggan, inventaris, media sosial, dan data Internet of Things (IoT) — terutama karena biaya yang tinggi dan kapasitas yang terbatas pada RAM dinamis (DRAM).

Untuk mengelola data secara efisien dan efektif, bisnis harus menentukan komponen infrastruktur mana yang paling cocok dengan kebutuhan dan anggaran mereka. Itu bukanlah tugas yang mudah karena setiap teknologi dalam hierarki memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing:

  • DRAM bagus untuk performa, tetapi mahal, volatile, dan memiliki skalabilitas yang terbatas.
  • Penyimpanan Flash (NDAN) bersifat non-volatile dan sedikit lebih mahal daripada DRAM, tetapi tidak memiliki performa DRAM.
  • Drive hard-disk (HDD) putar menyediakan penyimpanan masif dengan harga terendah, tetapi disk fisik menghadirkan masalah biaya kepemilikan total (TCO) yang sudah diketahui seputar keandalan, kebutuhan ruang fisik, pendinginan, dan daya.

Secara kolektif, opsi penyimpanan tradisional ini telah meninggalkan kesenjangan yang signifikan dalam kontinum memori dan penyimpanan pada pusat data yang membatasi performa aplikasi. Semakin meningkatnya jumlah data dan perlunya mengakses lebih banyak dengan cepat dapat memperbesar masalah.

Pada kondisi tertentu, kesenjangan antara memori dan penyimpanan muncul di organisasi yang mencoba untuk mengubah pusat data mereka:

  • Antara DRAM berkapasitas rendah yang mahal dan drive solid state berbasis NDAN (SSD) yang lebih terjangkau.
  • Antara SSD NAND yang lebih lambat dan HDD yang berbiaya rendah tetapi kurang andal.

Organisasi tidak memiliki opsi yang fleksibel untuk menyeimbangkan biaya, kapasitas, dan performa untuk menjembatani kesenjangan ini sampai sekarang (lihat gambar 1).

Gambar 1. Kontinum memori dan penyimpanan tradisional memperlihatkan kesenjangan yang besar dalam hal kapasitas, biaya, dan performa

Menutup Kesenjangan dengan Teknologi Intel®

Intel menghilangkan kesenjangan antara memori dan penyimpanan pusat data dengan solusi yang dirancang untuk menghadirkan performa, kapasitas, dan keandalan yang tinggi. Solusi ini memiliki latensi yang rendah dan nilai operasional yang lebih besar daripada opsi tradisional. Tiga rangkaian produk tersebut secara khusus dirancang untuk menutup kesenjangan biaya dan performa pada pusat data dengan fleksibilitas untuk tingkat data baru:

  • Memori persisten Intel® Optane™ DC merepresentasikan kelas teknologi dan penyimpanan baru yang menawarkan kapasitas yang tinggi, harga yang terjangkau, dan persisten. Ini memungkinkan organisasi untuk menyimpan jumlah data yang lebih besar lebih dekat ke prosesor, jadi beban kerja dan layanan dapat dioptimalkan untuk mengurangi latensi dan meningkatkan performa.
  • SSD Intel® Optane™ DC menggabungkan atribut memori dan penyimpanan dengan throughput yang tinggi, latensi yang rendah, kualitas layanan yang tinggi (QoS), dan ketahanan yang tinggi.
  • SSD Intel® QLC 3D NDAN, seperti Intel® SSD D5-P4320, menawarkan densitas volume data Peripheral Component Interconnect Express* (PCIe*) yang tertinggi di pasaran dengan harga yang membuatnya jadi pengganti HDD yang ideal untuk menyimpan data yang lebih jarang diakses.

Produk-produk yang inovatif ini memungkinkan Anda memperbarui konfigurasi pusat data Anda untuk menangani beban kerja modern dan menjaga agar bisnis Anda tetap kompetitif. Setiap produk dijelaskan secara mendetail di bawah ini, dengan contoh performa, kapasitas, dan keuntungan biaya nyata yang ditawarkan.

Teknologi Intel® Optane™ Menciptakan Tingkat Baru dalam Hierarki Data

Bisnis harus memikirkan kembali solusi pada cara sebelumnya yang belum diperbarui, beradaptasi dengan teknologi baru, dan berubah untuk memenuhi kebutuhan klien. Teknologi Intel® Optane™ adalah opsi penyimpanan baru non-volatile yang berbasis pada teknologi Intel® 3D XPoint™ yang memodernisasi arsitektur pusat data yang ada dengan tingkat memori dan hierarki penyimpanan yang baru, dengan menutup kesenjangan antara memori volatile berperforma tinggi dan penyimpanan NAND dengan performa yang lebih rendah tetapi dengan harga terjangkau. Teknologi Intel® Optane™ memiliki kombinasi unik dalam hal latensinya yang rendah, kualitas layanan yang tinggi (QoS), ketahanan yang tinggi, dan throughput yang besar.

Gambar 2. Teknologi Intel® Optane™ memadukan keunggulan performa DRAM dengan keunggulan kapasitas pada SSD NDAN

Teknologi Intel® Optane™ ideal untuk menangani "data kerja": data yang perlu dekat ke CPU untuk akses cepat. Data kerja adalah tentang mendapatkan akses yang lebih cepat ke lebih banyak data untuk analisis secara real-time, transaksi keuangan, reservasi penerbangan, dan kasus penggunaan lainnya yang diprediksi akan memerlukan waktu respons pembacaan yang cepat—ketika waktu respons rata-rata tidak cukup baik. Dalam data kerja, performa yang dapat diprediksi dan konsisten bahkan penting dari sejak awal.

Memori persisten Intel® Optane™ DC dan SSD Intel® Optane™ DC dibangun berbasis pada teknologi Intel® Optane™. Tetapi, seperti yang dijelaskan di bawah, masing-masing memiliki faktor bentuk yang berbeda, dan dapat digunakan secara terpisah atau bersama-sama pada pusat data untuk menawarkan opsi memori dan penyimpanan baru yang inovatif untuk bisnis.

Memori Persisten Intel® Optane™ DC Memungkinkan Anda untuk Memperluas atau Mengganti DRAM yang Mahal

Memori persisten Intel® Optane™ DC adalah produk disruptif di industri yang mampu menutup kesenjangan antara DRAM dan SSD Intel® Optane™ DC. Bagi perusahaan yang mengandalkan pemrosesan data dalam memori, memori persisten Intel® Optane™ DC membuka pintu untuk mengakses jumlah data “yang sering diakses” yang jauh lebih besar untuk AI, analisis, komputasi performa tinggi (HPC), dan penggunaan lainnya.

Tidak seperti DRAM tradisional, memori persisten Intel® Optane™ DC memadukan densitas, harga yang terjangkau, dan persistensi. Dengan memperluas kapasitas memori sistem yang harganya terjangkau (lebih dari 3 TB per soket CPU), bisnis dapat lebih mengoptimalkan beban kerja pusat data mereka dengan memindahkan jumlah data yang lebih besar ke dekat prosesor dan meminimalkan latensi yang lebih tinggi dalam mengakses data dari penyimpanan sistem non-volatile tradisional.

Memori persisten Intel® Optane™ DC akan tersedia secara luas di tahun 2019, bersamaan dengan rilis platform Intel® Xeon® yang Dapat Diskalakan.

Gambar 3. Modul memori persisten Intel® Optane™ DC

Intel® Optane™ SSD DC P4800X Menangani Data Kerja di Pusat Data

Drive Intel® Optane™ SSD DC P4800X tampak seperti SSD standar, akan tetapi karena dibangun berbasis pada teknologi Intel® Optane™, memori ini tidak berbasis NAND. Arsitektur Intel® Optane™ SSD DC P4800X yang unik menawarkan performa terobosan yang lebih cepat dan lebih konsisten daripada SSD yang berbasis NAND. Drive berbasis NAND biasanya memiliki waktu pembacaan yang cepat tetapi waktu penulisan yang lambat—dan bahkan waktu penulisan lebih lambat pada kondisi operasi dalam frekuensi yang tinggi. Sebaliknya, SSD Intel® Optane™ DC dirancang untuk penulisan di level bit atau halaman untuk performa yang lebih cepat dan lebih dapat diprediksi, dengan performa pembacaan dan penulisan yang lebih seimbang, dan tanpa perlu mengumpulkan “sampah”.

Intel® Optane™ SSD DC P4800X menjaga waktu respons pembacaan yang konsisten terlepas dari throughput penulisan yang diterapkan ke drive. Grafik pada Gambar 4 menunjukkan lebih rendahnya latensi pada SSD Intel® Optane™ DC dibandingkan dengan SSD Intel® 3D NDAN generasi saat ini, terutama saat dalam kondisi operasi penulisan acak yang tinggi. Tidak seperti SSD yang berbasis NDAN, latensi pada SSD Intel® Optane™ DC tetap rendah secara konsisten untuk semua permintaan penulisan.1

Gambar 4. Intel® Optane™ SSD DC P4800X menghadirkan latensi yang rendah secara konsisten dibandingkan dengan SSD Intel® 3D NDAN1

Kombinasi konsistensi latensi yang rendah dan ketahanan yang tinggi memungkinkan SSD Intel® Optane™ DC berfungsi jauh lebih efisien sebagai perangkat penyimpan cache daripada solusi berbasis NAND.

Studi dari Evaluator Group menunjukkan dampak penggantian solusi pembuatan cache penulisan dan penyimpanan NDAN-flash dengan SSD Intel® Optane™ DC di level cache. Pengujian menemukan bahwa sistem yang dibangun pada prosesor Intel® Xeon® yang Dapat Diskalakan, dengan menggunakan drive SSD Intel® Optane™ DC P4800X untuk level pembuatan cache, menawarkan level harga/performa yang 3x lebih baik dibandingkan sistem dan media penyimpanan generasi yang sebelumnya, sebagaimana diukur melalui benchmark IOmark-VM*.2

Intel® Optane™ SSD DC P4800X juga memiliki ketahanan yang jauh lebih tinggi daripada drive berbasis NAND. Perbandingan dua drive yang saat ini ditawarkan, misalnya, menunjukkan hingga 60 drive menulis per hari (DWPD) pada SSD Intel® Optane™ DC P4800X dibandingkan dengan hanya 3 DWPD pada SSD Intel® DC P4600 yang berbasis NAND.3 Ini menjadikan SSD Intel® Optane™ DC jauh lebih tahan lama di lingkungan cache dengan lalu lintas yang tinggi.

Memori persisten Intel® Optane™ DC juga dapat dikombinasikan dengan SSD Intel® Optane™ DC untuk membuat tingkat seperti memori yang fleksibel, sepenuhnya baru, seperti yang diperlihatkan pada Gambar 5. Data berharga yang biasanya terperangkap dalam penyimpanan NAND yang lebih lambat dapat diakses dan ditindaklanjuti dengan cepat.

Gambar 5. Memori persisten Intel® Optane™ DC dapat digabungkan dengan SSD Intel® Optane™ DC untuk membuat tingkat baru untuk data kerja yang sering diakses dan data kapasitas yang agak sering diakses dalam analisis memori (merah = data “sering diakses”, kuning = data “agak sering diakses”, dan biru = data “jarang diakses”)

Optimalkan Perangkat Lunak untuk Memanfaatkan Performa Teknologi Intel® Optane™

Peningkatan performa yang signifikan dapat dicapai dengan hanya menambahkan SSD Intel® Optane™ DC ke infrastruktur pusat data yang ada, tetapi optimisasi perangkat lunak dapat menghasilkan performa yang lebih besar untuk aplikasi yang berjalan pada teknologi Intel® Optane™. Perangkat lunak open source, terutama, sangat cocok dengan SSD Intel® Optane™ DC karena pengembang dapat memodifikasi aplikasi untuk memanfaatkan keunggulan yang ditawarkan oleh SSD Intel® Optane™ DC P4800X.

Di Oracle, misalnya, arsitek performa telah mengoptimalkan MySQL* untuk SSD Intel® Optane™ DC P4800X yang menghasilkan peningkatan performa 5x pada beban kerja yang terkait dengan input/output (I/O) yang berat. Arsitek Oracle juga mendapati 1 juta pembacaan dari satu SSD Intel® Optane™ DC.4

Pada contoh lain, optimisasi pada Direct I/O* menunjukkan efisiensi hingga 48% lebih besar di Java 10* dibandingkan dengan I/O Buffered*.5 Optimisasi ini memiliki dampak yang sangat signifikan bagi organisasi yang menjalankan beban kerja AI atau database yang mengandalkan Java, seperti Cassandra* atau Apache HBase*.

Arsitek perangkat lunak dapat menggunakan alat yang ada dan kit pengembangan untuk mengoptimalkan performa untuk teknologi Intel® Optane™. Gunakan sumber daya berikut dari Intel untuk memulai:

Perluas Memori dengan Intel® Memory Drive Technology

SSD Intel® Optane™ DC juga dapat dikonfigurasi sebagai memori perluasan dengan menggunakan Intel® Memory Drive Technology. Intel® Memory Drive Technology secara transparan mengintegrasikan SSD ke dalam subsistem memori dan membuatnya seperti DRAM, tanpa perlu ada perubahan untuk sistem operasi atau aplikasi. Intel® Memory Drive Technology dapat digunakan untuk mengganti sebagian DRAM dan mengurangi biaya memori secara keseluruhan, atau mengembangkan kumpulan memori melampaui kapasitas DRAM ketika diperlukan kemampuan memori sistem yang besar.

Faktanya, performa Apache Spark* 5x lebih cepat dengan menambahkan perangkat lunak Intel® Memory Drive Technology dengan SSD Intel® Optane™ DC P4800X.4

Kurangi Kesenjangan Kapasitas Penyimpanan dengan SSD Intel® QLC 3D NDAN

Karena teknologi NAND meningkatkan efisiensi dan harganya lebih rendah, kebutuhan akan drive mekanis terus berkurang. SSD Intel® QLC 3D NDAN yang merupakan terobosan baru mengalihkan tugas disk berputar hanya untuk skenario penyimpanan data yang sangat jarang diakses.

SSD Intel® QLC 3D NDAN dirancang untuk menawarkan keandalan flash dengan densitas yang lebih tinggi dan titik harga terjangkau. Keuntungan ini dapat membantu mengatasi kendala dalam mengganti HDD tradisional yang biasanya lebih lambat, kurang bisa diandalkan, mengkonsumsi lebih banyak daya, memerlukan lebih banyak pendinginan, dan memerlukan footprint data yang lebih besar bila dibandingkan dengan drive flash.

Gambar 6. Dengan beralih dari HDD ke SSD Intel® QLC 3D NDAN, perusahaan dapat mencapai penghematan yang signifikan dalam hal daya, pendinginan, dan servis, dengan footprint pusat data yang lebih kecil6 7

SSD Intel® QLC 3D NDAN dapat digabungkan dengan teknologi Intel® Optane™ untuk mempercepat kecepatan data yang sering diakses, sekaligus dengan keunggulan harga dan kapasitas teknologi flash dibandingkan HDD untuk penyimpanan kapasitas besar. Ini memungkinkan organisasi untuk menutup kesenjangan biaya penyimpanan/kapasitas antara SSD Intel® Optane™ DC dan HDD. Terlebih lagi, karena SSD Intel® QLC 3D NDAN memiliki keandalan yang tinggi dengan harga yang terjangkau, banyak organisasi dapat menggunakannya untuk mengganti HDD.

Gabungkan Data dengan Faktor Bentuk Baru yang Inovatif dari Intel

Intel juga menutup kesenjangan biaya penyimpanan/kapasitas dengan faktor bentuk baru yang inovatif. Sebagai pemenang Gold International Design Excellence Award di tahun 2018, 3D NDAN Intel dengan bentuk dan ukuran seperti “penggaris” untuk SSD meningkatkan densitas, kemudahan dikelola, dan kemudahan diservis sekaligus dengan desain thermal yang efisien yang mengubah wajah arsitektur server.

Karena bentuk dan karakteristik drive yang unik, berdasarkan EDSFF, vendor seperti Supermicro dapat memasukkan drive “penggaris” 32 Intel dengan 32 TB ke satu server 1U, yang menyediakan maksimal satu petabyte data per server.8

Perbarui Penyimpanan Pusat Data

Teknologi Intel® memungkinkan bisnis modern untuk dengan cepat dan fleksibel menyimpan, memproses, dan mengelola data dalam jumlah besar untuk analisis, AI, HPC, dan beban kerja lain dengan menutup kesenjangan antara penyimpanan dan memori dengan opsi yang lengkap—dari memori persisten Intel® Optane™ DC dan SSD Intel® Optane™ DC P4800X untuk SSD Intel® QLC 3D NAND dan drive dengan faktor bentuk “penggaris” berkapasitas tinggi.

Secara bersama-sama, teknologi penyimpanan dan produk Intel ini menawarkan fleksibilitas arsitektur pusat data bagi bisnis untuk menyesuaikan performa, kapasitas, keandalan, dan harga yang terjangkau untuk aplikasi dan beban kerja bisnis mereka. Saatnya memperbarui memori dan penyimpanan dengan teknologi Intel® Optane™ dan teknologi Intel® QLC 3D NDAN.

Pelajari Lebih Lanjut

Perbarui pusat data Anda dengan teknologi penyimpanan Intel. Kunjungi https://www.intel.co.id/content/www/id/id/storage untuk memulai.

Siap untuk Mempercepat Perjalanan Modernisasi Pusat Data Anda Bersama Intel?


Informasi Produk dan Performa

1

Sumber – Diuji oleh Intel: Waktu respons merujuk pada latensi pembacaan rata-rata yang diukur pada kedalaman antrean 1 selama beban kerja penulisan acak 4K menggunakan FIO 3.1. Lihat konfigurasi di Catatan Kaki 1 di atas.

2

Pengujian oleh Evaluator Group, yang ditugaskan oleh Intel. Lihat detail konfigurasi di https://www.evaluatorgroup.com/document/lab-insight-latest-intel-technologies-power-new-performance-levels-vmware-vsan-2018-update/. Konfigurasi sebelumnya: Prosesor Intel® Xeon® E5-2699 v4, ESXI: ESXi600-201803001, Build: 7967764, Ubuntu Linux 18.04, BIOS: 2600WT SE5C610.86B.01.01.0024. Media penyimpanan: 1 x Intel® SSD DC Seri S3700 800 GB + 6 x Intel® SSD DC Seri S3510 1,6 TB. Performa: 320 IOmark-VM, Harga/Performa: $684/VM; Konfigurasi saat ini: Prosesor Intel® Xeon® Gold 6154, ESXI: ESXi-6.7.0-8169922, Build: 8169922, Ubuntu Linux 18.04, BIOS: SE5C620.86B.00.01.0013.030920180427. Media penyimpanan: 2 x Intel® SSD DC Seri P4800X 375 GB + 5 x Intel® SSD DC Seri P4500 4 TB, Performa: 1152 IOmark-VM, Harga/Performa: $216/VM. Media penyimpanan: 1 x Intel® SSD DC Seri P3700 + 4 x HDD Seagate 1 TB 10K, Performa: 88 IOmark-VM-HC, Harga/Performa: $2153 / IOmark-VM-HC; Konfigurasi saat ini: Media penyimpanan: 2 x Intel® SSD DC Seri P4800X + 4 x Intel® SSD DC Seri P4500 4 TB, Performa: 704 IOmark-VM-HC. Harga/Performa: $684/IOmark-VM-HC.**. Harga/Performa: $237/IOmark-VM-HC. Hasil performa didasarkan pada pengujian per tanggal 20 Agustus 2018 dan mungkin tidak mencerminkan semua pembaruan keamanan yang tersedia secara umum. Lihat pengungkapan konfigurasi untuk detailnya.

3

Intel. Lihat spesifikasi produk di tabel “Uraian Singkat Produk: Intel® Optane™ SSD DC P4800X”. https://www.intel.co.id/content/www/id/id/products/docs/memory-storage/solid-state-drives/data-center-ssds/optane-ssd-dc-p4800x-p4801x-brief.html.

4

Hasil performa berdasarkan pengujian per tanggal 20 September 2018 dan mungkin tidak mencerminkan semua pembaruan keamanan yang tersedia untuk umum. Lihat pengungkapan konfigurasi untuk detailnya. Tidak ada komponen atau produk yang sepenuhnya aman. Sumber: Intel. Konfigurasi sistem: Sistem Server Intel®, 2 x prosesor Intel® Xeon® Gold 6154, DRAM DDR4 384 GB, drive database: 2 x Intel® Optane™ SSD DC P4800X (375 GB) dan 1 x Intel® SSD DC Seri P4510, 1 x Intel® SSD DC Seri S4510, CentOS 7.5* (kernel 4.18 (elrepo)), BIOS: SE5C620.86B.00.01.0014.070920180847, tipe produk sistem: Intel® Server Board S2600WFT. MySQL Server 8.0.13*, Sysbench 1.0.15* yang dikonfigurasi untuk pemisahan transaksi online (OLTP) baca/tulis 70/30 menggunakan database 100-GB. 30 persen memori database disediakan untuk MySQL (30 GB).

5

Hasil performa berdasarkan pengujian per Juli 2018, dan mungkin tidak mencerminkan semua pembaruan keamanan yang tersedia untuk umum. Lihat pengungkapan konfigurasi untuk detailnya. Tidak ada produk yang sepenuhnya aman. Sumber: Intel: Konfigurasi sistem: White box Intel® Server Board S2600WFT, 2 x prosesor Intel® Xeon® Gold 6154 pada 3,00 GHz dengan 36 vcore, DDR4 DIMM 64 GB sinkronis pada 2.666 MHz (0,4 ns) (4 x 16 GB), 1 x NVM Express* (NVMe*), Peripheral Component Interconnect Express* (PCIe*), Intel® Optane™ SSD DC Seri P4800X 750 GB (versi firmware: E2010324), 1 x NVMe* PCIe*, Intel® SSD DC Seri P4500 4 TB (versi firmware: QDV10150), Versi Intel® BIOS: SE5C620.86B.00.01.0013.030920180427, distribusi CentOS 7.4* dengan kernel 4.15.7. Lihat info OpenJDK* di: OpenJDK. “JDK 10.” Maret 2018. https://openjdk.java.net/projects/jdk/10/.

6

Penghematan biaya Daya, Pendinginan, Konsolidasi. Berdasarkan HDD: HDD 4 TB 7,2 K RPM, AFR 2,00% dan daya aktif 7,7 W, 24 drive pada 2U (total daya 1971 W) https://www.seagate.com/files/www-content/datasheets/pdfs/exos-7-e8-data-sheet-DS1957-1-1709US-en_US.pdf SSD: daya aktif 22 W 44% AFR, 32 drive pada 1U (total daya 704 W); Biaya pendinginan berdasarkan penggunaan selama 5 tahun dengan biaya Kwh sebesar $0,158 dan jumlah watt untuk mendinginkan 1 watt 1,20 Berdasarkan 24 drive HDD 2U 3,5” dan 32 drive 1U EDSFF 1U Long. Penyimpanan hibrida berdasarkan pada penggunaan Intel® TLC SSD untuk cache.

 

7

Penghematan biaya Penggantian Drive. Perhitungan: HDD 2% AFR x 256 drive x 5 tahun = 25,6 penggantian dalam 5 tahun; SSD: 0,44% AFR x 32 drive x 5 tahun = 0,7 penggantian dalam 5 tahun.

 

8

Supermicro. “The systems support front hot-swap accessibility to 32 EDSFF drives for up to 1PB of fast low-latency NVMe* storage in 1U”. Source: “Supermicro Opens New Era of Petascale Computing with a Family of All-Flash NVMe* 1U Systems Scalable up to a Petabyte of High Performance Storage.” August 2018. https://www.supermicro.com/newsroom/pressreleases/2018/press180807_Petabyte_NVMe_1U.cfm. Referencing SuperStorage SSG-136R-NR32JBF: https://www.supermicro.com/products/system/1U/136/SSG-136R-NR32JBF.cfm.