Memori Terobosan yang Dioptimalkan untuk Beban Kerja Pusat Data

Apa yang dimaksud dengan Memori Persisten Intel® Optane™?

Memori persisten Intel® Optane™ adalah teknologi memori inovatif yang menghadirkan kombinasi unik dari kapasitas besar yang terjangkau dan dukungan persistensi data. Ini dapat membantu bisnis mendorong inovasi dengan peningkatan kapasitas dan mode memori yang unik, keseluruhan TCO yang lebih rendah serta memaksimalkan densitas VM, dan meningkatkan keamanan memori dengan enkripsi pada perangkat keras secara otomatis.

Pertanyaan Umum

Pertanyaan Umum

  • Memori persisten Intel® Optane™ (PMem) memiliki beberapa kesamaan dengan DRAM dalam hal berikut; Dikemas dalam DIMMS, terletak di bus/saluran yang sama dengan DRAM, dan dapat berfungsi serupa dengan DRAM yang menyimpan data volatil.
  • Yang membedakan memori persisten Intel® Optane™ (PMem) dengan DRAM adalah memori persisten Intel® Optane™ menawarkan banyak fitur baru dan menarik. PMem memiliki kapasitas yang jauh lebih tinggi dari DRAM biasa. Modul PMem tersedia dalam kapasitas 128 GB, 256 GB, dan 512 GB, yang jauh lebih besar dari modul DRAM yang biasanya berkisar dari 4 GB hingga 32 GB, meskipun terdapat kapasitas yang lebih besar. PMem juga dapat beroperasi dalam mode persisten yang menyimpan data meski modul tidak dialiri daya, yang menjadi tambahan keamanan untuk membuat data tetap aman. Meskipun modul PMem tidak secepat modul DRAM, dengan basis biaya/GB dan kemampuan untuk meningkatkan kapasitas yang melampaui DRAM, fitur TCO sangat meningkat dibandingkan DRAM.

Meskipun memori persisten Intel® Optane™ (PMem) dan SSD Intel® Optane™ menggunakan media memori Intel® Optane™ yang sama, tetapi keduanya adalah produk yang sangat berbeda. Memori persisten Intel® Optane™ tersedia dalam paket DIMM, beroperasi pada bus DRAM, bisa volatil atau persisten, dan berfungsi sebagai pengganti DRAM. Sedangkan SSD Intel® Optane™ digunakan hanya untuk penyimpanan cepat yang berada dalam model paket NAND standar (AIC, M.2, U.2, EDSFF,…), terletak pada bus PCIe yang menggunakan protokol NVMe*, selalu persisten dalam hal penyimpanan, dan berfungsi sebagai pengganti penyimpanan cepat. Selain itu, SSD Intel® Optane™ berbeda dari SSD Intel® 3D NAND standar dengan menyajikan: terobosan performa pada semua kedalaman antrean dan dibedakan pada kedalaman rendah (hingga 6x lebih cepat dari NAND), responsif secara konsisten saat diberi beban (hingga 63x lebih cepat dari NAND di bawah tekanan tulis), layanan berkualitas tinggi (hingga 60x lebih baik dari NAND), dan berdaya tahan sangat tinggi (hingga 20x lebih banyak terabyte total yang ditulis daripada NAND).

NVDIMM (non-volatile dual in-line memory module) adalah memori hibrida yang menyimpan data saat terjadi pemadaman listrik. NVDIMM biasanya memadukan NAND flash non-volatil dengan DRAM dan cadangan daya khusus pada satu subsistem memori. Meskipun menyediakan persistensi, biasanya sistem ini lebih mahal karena Anda membutuhkan penyimpanan NAND sebanyak modul DRAM Anda ditambah dengan penambahan sub-sistem cadangan baterai. Juga terjadi penundaan dalam menyimpan dan memulihkan status ketika terjadi pemadaman listrik. Selain itu, jika baterai tidak dirawat atau rusak, Anda akan kehilangan kemampuan pencadangan. Dengan memori persisten Intel® Optane™, Anda memiliki pesistensi instan tanpa perlu komponen tambahan, tidak perlu merisaukan tentang penggantian baterai, tidak memerlukan penyimpanan tambahan sehingga biaya lebih rendah, dan tidak ada penurunan performa saat pemulihan.

  • Persistensi asli – kemampuan menyimpan data bahkan ketika daya dimatikan.
  • Kapasitas besar dengan harga yang lebih rendah dari DRAM – Dengan adanya kapasitas memori persisten yang lebih besar, kumpulan data yang lebih besar dapat lebih dekat ke CPU agar pemrosesan lebih cepat yang berarti daya tanggap yang lebih besar. Kapasitas memori persisten Intel® Optane™ yang lebih tinggi menghasilkan solusi yang lebih terjangkau dan mempercepat tren industri ini untuk IMDB. Tersedia pada prosesor Intel® Xeon® yang Dapat Diskalakan Generasi ke-2, beban kerja besar yang terkait memori akan memiliki peningkatan performa secara signifikan untuk pemrosesan data secara cepat.
  • Mode Operasional - Memori persisten Intel® Optane™ memiliki dua mode operasional: Mode Memori (Mode Memori sangat cocok untuk kapasitas memori yang besar dan tidak memerlukan perubahan aplikasi karena memori dianggap volatil) dan Mode Aplikasi Langsung (perangkat lunak dan aplikasi memiliki kemampuan untuk berbicara secara langsung dengan memori persisten Intel® Optane™, tetapi memerlukan perubahan aplikasi). Dengan mode operasi yang berbeda, pelanggan memiliki fleksibilitas untuk memanfaatkan memori persisten Intel® Optane™ dalam berbagai beban kerja.
  • Enkripsi perangkat keras – Memori persisten Intel® Optane™ memiliki enkripsi perangkat keras 256-AES, sehingga Anda dapat merasa tenang karena mengetahui data Anda lebih aman. Kunci enkripsi disimpan dalam bagian metadata keamanan pada modul dan hanya dapat diakses oleh pengontrol memori persisten Intel® Optane™. Jika akan memadukan ulang atau melepas modul, dilakukan penghapusan kriptografis yang aman dan penimpaan DIMM agar data tetap bisa diakses.

Secara historis, produk memori dan penyimpanan terbatas dalam hal densitas, performa, dan biaya. Memori persisten Intel® Optane™ mengisi celah itu dengan memperluas kapasitas memori dengan biaya terjangkau dan menambahkan akses latensi rendah pada data persisten, memadukan karakteristik memori dan penyimpanan terbaik menjadi satu produk yang transformatif. Ini dapat membantu bisnis mendorong inovasi, memproses lebih banyak data dan menekan lebih banyak keputusan sembari mengurangi keseluruhan TCO, serta membuat data Anda tetap aman dengan enkripsi otomatis di tingkat perangkat keras.

Lihat spesifikasi produk

Testimoni Pelanggan

Lihat bagaimana bisnis berinovasi dengan memori persisten Intel® Optane™.

Menentukan Kembali Komputasi Database Dalam Memori

Baca bagaimana Intel, SAP, dan Accenture menghadirkan solusi untuk memori berperforma tinggi, berkapasitas tinggi, dan rendah biaya.

Pelajari lebih lanjut

CERN Meningkatkan Efisiensi Algoritme

Lihat alasan CERN menyebut Intel® Optane™ PMem sebagai "suatu terobosan dalam teknologi komputasi".

Pelajari lebih lanjut

Mitra Platform Intel® Xeon® yang Dapat Diskalakan Generasi ke-2: TACC

Dengan Intel® Deep Learning Boost (Intel® DL Boost) dan memori persisten Intel® Optane™, TACC kini dapat menawarkan cara baru untuk mengatasi masalah kepada para peneliti.

Pelajari lebih lanjut

Solusi

Pelajari bagaimana sistem pusat data dan penyedia layanan cloud terkemuka menghadirkan solusi beban kerja optimal untuk membantu Anda mempercepat perubahan bisnis dengan teknologi memori persisten Intel® Optane™.

Mitra dan solusi

Tempat Pembelian

Sudah siap untuk mempercepat rencana modernisasi pusat data Anda dengan Intel?

Mitra Memori Persisten Intel® Optane™

Pelajari bagaimana sistem pusat data dan penyedia layanan cloud menghadirkan solusi yang dioptimalkan untuk beban kerja dengan teknologi ini.

Sumber Daya Tambahan

Sumber Daya Pengembang

Manfaatkan seluruh rangkaian sumber daya di Zona Pengembang Perangkat Lunak Intel® untuk mengembangkan aplikasi memori persisten Intel® Optane™.

Pelajari lebih lanjut

Video Produk

Kunjungi saluran YouTube* kami untuk mengetahui bagaimana organisasi dapat mendorong inovasi dan kemampuan baru dengan memori persisten Intel® Optane™.

Video produk