Satu Port. Berbagai Kemungkinan.

Apa itu Teknologi Thunderbolt™?

Kaunggulan Thunderbolt™

Kesederhanaan, Keandalan, dan Performa Membedakan Thunderbolt™ sebagai USB-C Terbaik

Sebagai bagian dari sertifikasi Thunderbolt™, wajib dilakukan pengujuian untuk memastikan kompatibilitas yang luas di Mac*, Windows*, atau Chrome* OS serta interoperabilitas komputer, kabel, dan aksesori dari berbagai merek, sehingga Anda dapat yakin bahwa perangkat Anda berfungsi dengan baik terlepas dari OS atau produsen perangkat kerasnya.

Port Thunderbolt™ tunggal memungkinkan transfer data berkecepatan tinggi, output video, dan pengiriman daya ke perangkat yang kompatibel melalui satu kabel, termasuk mengisi daya laptop3.

Tidak seperti port USB Type-C lainnya, di mana bandwidth mungkin terbatas, port Thunderbolt™ selalu menjamin total bandwidth 40 Gbps yang dialokasikan secara dinamis untuk video dan data. Thunderbolt™ sangat cepat sehingga Anda dapat mentransfer file 5 GB dalam waktu sekitar satu detik melalui kabel.

Nikmati permainan dengan latensi rendah, kreasi yang imersif, dan produktivitas yang disederhanakan dengan teknologi Thunderbolt™ yang mendukung beberapa monitor premium jenis apa pun4, seperti dua monitor warna akurat FHD 240Hz atau 4K.

Sertifikasi Thunderbolt™ 4 membutuhkan setidaknya satu port Thunderbolt pada komputer untuk mendukung pengisian daya laptop3, tidak seperti laptop lainnya dengan port USB-C yang tidak menjamin pengisian daya sistem. Selain itu, semua port Thunderbolt™ 3 dan 4 menyediakan daya 15 W ke aksesori Thunderbolt atau untuk mengisi daya perangkat pendamping seperti telepon seluler.

Perbandingan5: Thunderbolt™ vs USB





intel.web.36.36.png

ThunderboltTM 4


intel.web.36.36.png

ThunderboltTM 3

USB4

USB 3/DP

USB Tipe C tanda centang tanda centang tanda centang tanda centang
bandwidth 40 Gbps tanda centang tanda centang
 
 
Daya 15W untuk menjalankan aksesori tanda centang tanda centang    
Pengujian dan sertifikasi wajib tanda centang tanda centang    
monitor 2 x 4K/60Hz tanda centang      
Pengisian daya PC yang diperlukan3 pada setidaknya satu port komputer tanda centang      
Kabel universal 40Gbs hingga 2m tanda centang      
Hingga 4 port Thunderbolt™ pada aksesori tanda centang      
Sistem terjaga dari tidur tanda centang      
Perlindungan DMA berbasis Intel® VT-d tanda centang      

Video Gaya Hidup

Teknologi Thunderbolt™ memiliki banyak kasus penggunaan seperti bekerja, berkreasi, atau bermain game. Saksikan video tentang bagaimana Teknologi Thunderbolt™ dapat membantu meningkatkan pengalaman Anda.

Bekerja dan Belajar

Bekerja dan Belajar

Tingkatkan pengalaman ruang kerja Anda dengan mudah untuk meningkatkan produktivitas dan kenyamanan ergonomis dengan menambahkan dok Thunderbolt™ yang menghubungkan monitor 4K besar dan aksesori lainnya ke laptop Anda. Baik di rumah atau di kantor, teknologi Thunderbolt™ berfungsi di mana saja untuk koneksi universal yang dapat Anda andalkan terlepas dari apa pun merek pabrikannya.

Membuat

Membuat

Dalami kreasi Anda menggunakan dok Thunderbolt™ untuk menghubungkan semua gadget pembuatan konten Anda termasuk beberapa monitor 4K warna-akurat. Akses pustaka konten Anda saat bepergian menggunakan SSD Thunderbolt™ eksternal yang menjalankan berkas media Anda secepat drive internal.

Bermain Game

Bermain Game

Dok Thunderbolt™ mengubah laptop Anda menjadi stasiun game yang lengkap dan imersif serta mendukung monitor game FHD 240Hz. Hubungkan langsung ke SSD Thunderbolt™ eksternal yang memuat game Anda secepat drive NVM Express* internal.

Video Kasus Penggunaan

Teknologi Thunderbolt™ dapat memberikan banyak manfaat seperti fleksibilitas, bandwith, dan konektivitas serbaguna yang memungkinkan Anda untuk menggunakan hingga dua monitor 4K melalui satu port. Lihat video langsung tentang bagaimana para pakar mengimplementasikan Teknologi Thunderbolt™ dalam kehidupan mereka.

Mengatur Stasiun Dok Thunderbolt™ 4

Memasang Dua Monitor dengan Thunderbolt™ & Windows 11*

Efisiensi Daya Nyata bersama Pemengaruh Evan Abrams

Pengalaman Pengeditan Video bersama Albert Dros

Pertanyaan Umum

Periksa jenis port yang dimiliki sistem Anda dengan cara:

  • Mencari ikon Thunderbolt™ pada perangkat (di sebelah port USB-C).
  • Memeriksa spesifikasi I/O produk secara daring untuk melihat apakah produk tersebut mencantumkan port Thunderbolt™.
  • Mengunduh Intel® Driver & Support Assistant (Intel® DSA) untuk mendeteksi port yang dimiliki PC Anda.

Tidak. Anda tidak perlu menginstal perangkat lunak atau driver apa pun untuk membuat semuanya berfungsi. Hubungkan komputer Anda dengan aksesori Thunderbolt™ apa pun, dan keduanya dapat bekerja bersama.

  • Teknologi Thunderbolt™ 4 terintegrasi ke dalam CPU dimulai pada prosesor Intel® Core™ Generasi ke-11. Saat ini, sekitar 90% laptop berbasis prosesor Intel Core generasi ke-11 memiliki port Thunderbolt™.
  • Setidaknya satu port Thunderbolt™ 4 diperlukan di semua laptop berbasis keluarga yang menggunakan prosesor Intel® Evo™ dan Intel® Core™ vPro®.
  • Cari ikon Thunderbolt™ di PC Anda (di sebelah port USB-C) atau periksa spesifikasi I/O produk untuk teknologi Thunderbolt.

  • USB-C adalah singkatan dari koneksi USB dengan port Type-C yang ringkas.
  • Thunderbolt™ adalah solusi terbaik dalam rangkaian USB-C.
  • Meskipun bentuk semua port USB Type-C sama, performa, kemampuan tampilan dan daya, serta pengalaman koneksi, berbeda secara signifikan.
  • Teknologi Thunderbolt™ menawarkan solusi satu kabel yang benar-benar universal, andal, dan berkinerja tinggi, apa pun merek komputer atau aksesorinya.

Teknologi Thunderbolt™ 4 meningkatkan persyaratan kinerja minimum, memperluas kemampuan solusi menyeluruh, dan sesuai dengan spesifikasi USB4. Peningkatan khusus pada Thunderbolt™ 4 (di atas Thunderbolt 3) mencakup hal berikut:

  • Teknologi Thunderbolt™ 4 meningkatkan bandwidth PCIe minimum yang diperlukan (hingga 32Gbps) untuk memungkinkan transfer data berkecepatan tinggi.
  • Dock dan monitor bisa memiliki lebih banyak port Thunderbolt™ (hingga 4) untuk menyederhanakan ruang kerja modern.
  • Untuk notebook tipis dan ringan yang memerlukan pengisian daya kurang dari 100W, setidaknya diperlukan satu port komputer untuk mendukung pengisian daya.
  • Laptop dengan port Thunderbolt™ 4 yang terhubung ke dok Thunderbolt akan aktif dengan sentuhan keyboard atau mouse bahkan saat penutupnya ditutup.
  • Keamanan berbasis Intel® Virtualization Technology for Directed I/O (Intel® VT-d) membantu mencegah perangkat periferal dari akses tidak sah ke memori sistem.
  • Port Laptop Thunderbolt™ memiliki lebih banyak daya (15W) yang tersedia untuk menjalankan aksesori.
  • Kabel Universal Thunderbolt™ menawarkan 40 Gbps dan hingga 2 m untuk membuat pemilihan kabel menjadi cepat dan mudah.

Pelepasan Tanggung Jawab Hukum

Kinerja berdasarkan pada persyaratan spesifikasi minimum oleh sertifikasi Thunderbolt. Performa bervariasi berdasarkan penggunaan, konfigurasi, dan faktor lainnya. Pelajari lebih lanjut di www.Intel.com/PerformanceIndex.

Teknologi Intel mungkin memerlukan pengaktifan perangkat keras, perangkat lunak, atau aktivasi layanan yang mendukung.

Tidak ada produk atau komponen yang bisa sepenuhnya aman.

Biaya dan hasil Anda mungkin berbeda.

© Intel Corporation. Intel, logo Intel, Thunderbolt dan logo Thunderbolt serta merek Intel lainnya adalah merek dagang dari Intel Corporation atau anak perusahaannya. Nama dan merek lain adalah hak milik dari masing-masing pemiliknya.

Informasi Produk dan Performa

1

Penghargaan Inovasi CES berdasarkan materi deskriptif yang dikirimkan ke juri. CTA tidak memverifikasi keakuratan pengiriman apa pun atau klaim apa pun yang dibuat dan tidak menguji item dari yang memenangi penghargaan.

2Koneksi Paling Cepat: Dibandingkan dengan teknologi koneksi I/O PC lainnya termasuk eSATA, USB, dan IEEE 1394 Firewire*. Performa berbeda-beda tergantung perangkat keras dan perangkat lunak spesifik yang digunakan. Harus menggunakan perangkat berkemampuan Thunderbolt. Pelajari lebih lanjut di https://www.intel.com/PerformanceIndex.
3Pengisian Daya Laptop: Untuk notebook tipis dan ringan yang memerlukan pengisian daya kurang dari 100 W.
4 Tampilan Apa pun: Thunderbolt™ 3 dan Thunderbolt 4 menyediakan DisplayPort yang sejak awal dapat terhubung ke semua layar dengan DisplayPort dan mini-DisplayPort, serta melalui adaptor yang dapat terhubung ke semua antarmuka tampilan modern lainnya, termasuk HDMI, DVI, dan VGA.
5Kinerja berdasarkan persyaratan spesifikasi minimum.