Teknologi Thunderbolt™: Koneksi USB-C Tercepat, Tersimpel, dan Terandal1

Perbandingan2: Thunderbolt vs. USB





intel.web.36.36.png

ThunderboltTM 4


intel.web.36.36.png

ThunderboltTM 3

USB4®

USB 3 / DP

USB Tipe C tanda centang tanda centang tanda centang tanda centang
bandwidth 40 Gbps tanda centang tanda centang
 
 
Daya 15W untuk menjalankan aksesori tanda centang tanda centang    
Pengujian dan sertifikasi wajib tanda centang tanda centang    
monitor 2 x 4K/60Hz tanda centang      
Pengisian daya PC yang diperlukan3 pada setidaknya satu port komputer tanda centang      
Kabel 40 Gbps universal hingga 3 meter tanda centang      
Hingga 4 port Thunderbolt™ pada aksesori tanda centang      
Sistem terjaga dari tidur tanda centang      
Perlindungan DMA berbasis Intel® VT-d tanda centang      

Manfaat Teknologi Thunderbolt

Teknologi Thunderbolt 4 membantu menghadirkan desktop yang rapi dengan konektivitas terkonsolidasi dan bandwidth tinggi dalam satu koneksi sederhana. Gamer, pembuat konten, dan pekerja yang memerlukan produktivitas sehari-hari mendapatkan manfaat dari koneksi tunggal yang canggih ini. Memindahkan file besar dengan cepat. Mengaktifkan pengaturan layar kualitas tertinggi. Tambahkan lebih banyak aksesori dengan penggunaan dock dan hub Thunderbolt sekaligus mengisi daya laptop secara bersamaan melalui satu kabel. Juga, Anda dapat melakukan rantai daisy pada banyak perangkat Thunderbolt secara bersamaan dan beruntun atau melalui suatu hub yang menyediakan hingga empat port Thunderbolt 4.

Sebagai bagian dari sertifikasi merek Thunderbolt, pengujian wajib memastikan kompatibilitas yang luas dengan Mac, Windows, Chrome, atau Linux. Ini juga memastikan interoperabilitas komputer, kabel, dan aksesori dari merek yang berbeda, sehingga perangkat Anda akan bekerja dengan baik terlepas dari OS atau produsen perangkat keras.

Teknologi Thunderbolt 4 kompatibel ke belakang dengan generasi sebelumnya serta jutaan produk USB 3 dan USB4. Pada tahun 2019, Intel mengontribusikan spesifikasi protokol Thunderbolt ke konsorsium pengendalian USB, USB Implementers Forum (USB-IF). Penggunaan protokol Thunderbolt yang bebas royalti membantu pengembangan USB4, suatu protokol USB generasi berikutnya. Konvergensi dari protokol USB dan Thunderbolt yang penting ini meningkatkan kompatibilitas di antara produk berbasis USB-C lebih jauh lagi, sehingga menyederhanakan bagaimana orang menghubungkan perangkat mereka. Namun, ketika perangkat dengan berbagai port berbeda terhubung, kemampuan performa hanya akan mendukung tingkat terendah dari standar dalam koneksi tersebut.

Teknologi Thunderbolt 4 menghadirkan total bandwidth yang konsisten sebesar 40 gigabit per detik di setiap arah. Bandwidth ini secara dinamis dialokasikan di antara data dan video untuk semua perangkat pada satu koneksi tunggal. Dibandingkan dengan kecepatan variabel dari USB 3.2 dan USB4, standar tinggi yang ditetapkan oleh antarmuka Thunderbolt 4 menghadirkan kecepatan transfer data puncak—atau kualitas tampilan video yang maksimum—untuk mendukung produktivitas, gaming, dan pembuatan konten.

Pertanyaan Umum

Periksa jenis port yang dimiliki sistem Anda dengan cara:

  • Mencari ikon Thunderbolt™ pada perangkat (di sebelah port USB-C).
  • Memeriksa spesifikasi I/O produk secara daring untuk melihat apakah produk tersebut mencantumkan port Thunderbolt.
  • Mengunduh Intel® Driver & Support Assistant (Intel® DSA) untuk mendeteksi port yang dimiliki PC Anda.

Teknologi Thunderbolt menghadirkan kemampuan terbaik di kelasnya untuk mendorong data, daya, dan transfer video bandwidth tinggi hingga ke lima perangkat pada satu koneksi. Para gamer, kreator, dan pekerja dapat menikmati ruang desktop yang rapi dengan beberapa tampilan dan aksesori dengan standar konektivitas yang canggih. Pelajari cara teknologi Thunderbolt menghadirkan pengalaman terbaik dengan konektivitas yang sederhana, canggih, dan fleksibel.

  • Teknologi Thunderbolt 4 adalah generasi berikutnya dari protokol Thunderbolt, yang adalah kelanjutan dari teknologi Thunderbolt 3. Kedua generasi menggunakan jenis konektor USB-C yang sama, tetapi teknologi Thunderbolt™ 4 memperkenalkan persyaratan minimum dan kemampuan baru yang lebih tinggi untuk pengalaman pengguna terbaik di kelasnya.
  • Pelajari lebih lanjut tentang perbedaannya melalui artikel ini.

Memeriksa spesifikasi I/O produk secara daring untuk melihat apakah produk tersebut mencantumkan port Thunderbolt. Mengunduh Intel® Driver & Support Assistant (Intel® DSA) untuk mendeteksi port yang dimiliki PC Anda.

Tidak. Anda tidak perlu menginstal perangkat lunak atau driver apa pun untuk membuat semuanya berfungsi. Hubungkan komputer Anda dengan aksesori Thunderbolt™ apa pun, dan keduanya dapat langsung bekerja.

Teknologi Thunderbolt 4 menjadi terintegrasi dalam CPU mulai dari prosesor Intel® Core™ Generasi ke-11. Sekarang, sekitar 90% dari laptop berbasis prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 memiliki port Thunderbolt.

Setidaknya satu port Thunderbolt 4 diperlukan di semua laptop berbasis Intel® Evo™ dan rangkaian prosesor Intel® Core™ vPro®.

Cari ikon Thunderbolt™ di PC Anda (di sebelah port USB-C) atau periksa spesifikasi I/O produk untuk teknologi Thunderbolt.

Informasi Produk dan Performa

1

Performa bervariasi berdasarkan penggunaan, konfigurasi, dan faktor lainnya. Pelajari lebih lanjut di www.Intel.co.id/PerformanceIndex.

2Kinerja berdasarkan persyaratan spesifikasi minimum.
3Pengisian Daya Laptop: Untuk notebook tipis dan ringan yang memerlukan pengisian daya kurang dari 100 W.
4

Koneksi Tercepat: Dibandingkan dengan teknologi koneksi I/O PC lainnya termasuk eSATA, USB, dan IEEE 1394 Firewire*. Performa dapat berbeda-beda bergantung pada perangkat keras dan perangkat lunak spesifik yang digunakan. Harus menggunakan perangkat berkemampuan Thunderbolt. Pelajari lebih lanjut di https://www.Intel.com/PerformanceIndex.

5

Semua versi platform Intel vPro® membutuhkan prosesor Intel® Core™ yang memenuhi syarat, dukungan sistem operasi, silikon Intel LAN dan/atau WLAN, peningkatan firmware, serta perangkat keras dan perangkat lunak lainnya yang diperlukan untuk menyediakan kasus penggunaan kemampuan pengelolaan, fitur keamanan, performa sistem, dan stabilitas yang menentukan platform tersebut. Kunjungi intel.com/performance-evo untuk detail selengkapnya.

6

Semua desain dengan merek Intel Evo harus memenuhi batas yang ketat untuk pengalaman utama pengguna mobile seperti responsivitas dan masa pakai baterai; performa setiap perangkat dapat berbeda. Detail di www.intel.com/performance-evo.

7

Semua versi platform Intel vPro® membutuhkan prosesor Intel® Core™ yang memenuhi syarat, dukungan sistem operasi, silikon Intel® LAN dan/atau WLAN, peningkatan firmware, serta perangkat keras dan perangkat lunak lainnya yang diperlukan untuk menyediakan kasus penggunaan pengelolaan, fitur keamanan, performa sistem, dan stabilitas yang menentukan platform tersebut. Kunjungi intel.com/performance-vpro untuk detail selengkapnya.