Manajemen Patch: Melindungi Data dan Produktivitas

Manajemen patch yang efektif membantu menjaga bisnis Anda dari eksploitasi yang diketahui dan akses tidak sah, tanpa mengorbankan produktivitas.1 2

Dasar-Dasar Manajemen Patch:

  • Manajemen patch adalah praktik menerapkan firmware, driver, sistem operasi (OS), dan pembaruan aplikasi untuk endpoint komputasi Anda.

  • Manajemen patch adalah hal penting dalam menjaga sistem tetap terbarui, mengurangi permukaan serangan, dan memastikan produktivitas karyawan.

  • Kemampuan manajemen jarak jauh yang tersedia di platform Intel vPro® dapat membantu menyederhanakan manajemen patch dan mendukung tenaga kerja jarak jauh.

author-image

By

Apa Itu Manajemen Patch?

Manajemen patch adalah proses menerapkan pembaruan ke perangkat lunak, driver, dan firmware untuk melindungi terhadap kerentanan. Manajemen patch yang efektif juga membantu memastikan performa operasi terbaik dari sistem, yang mendorong produktivitas.

Baik ini adalah laptop karyawan atau perangkat berbasis PC tanpa pengguna, seperti kios atau papan informasi digital, semua sistem perlu diamankan. Risiko mengabaikan manajemen patch dapat mencakup mengekspos bisnis Anda terhadap kebocoran dan pembobolan, penurunan produktivitas, dan kehilangan reputasi.

Manfaat: Mengapa Manajemen Patch Penting?

Tujuan terpenting dari manajemen patch adalah untuk melindungi endpoint Anda dari peretas dan menjaga sistem Anda berjalan dalam performa terbaik. Namun manajemen patch juga memiliki beberapa manfaat lainnya:

  • Mempromosikan produktivitas dalam organisasi. Melihat manajemen patch sebagai pertukaran terhadap produktivitas adalah miskonsepsi yang umum. Perangkat lunak yang dikelola secara baik dengan patch terbarui bekerja lebih baik dan dapat membantu mendorong produktivitas karyawan.
  • Membantu menurunkan biaya manajemen siklus hidup dan perbaikan perangkat. Kantor ada di mana saja, dan bisnis telah harus mengubah arahnya secara cepat untuk mendukung tenaga kerja yang sangat tersebar. Alat manajemen jarak jauh memperluas kemampuan IT, yang mengurangi kebutuhan akan pengiriman perangkat keras yang mahal atau pengiriman teknisi.
  • Membantu mematuhi hukum, regulasi, dan standar kepatuhan. Banyak bisnis harus memenuhi regulasi lokal atau federal dalam melindungi data. Ini dapat mencakup Health Insurance Portability and Accountability Act (HIPAA) untuk catatan pasien, General Data Protection Regulation (GDPR) untuk informasi pribadi yang dikumpulkan selama interaksi pelanggan, dan regulasi yang serupa.

Perangkat lunak yang dikelola secara baik dengan patch terbarui bekerja lebih baik dan dapat membantu mendorong produktivitas karyawan.

Praktik Terbaik Manajemen Patch

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil admin IT untuk memimpin praktik terbaik manajemen patch di organisasi mereka:

  • Mengetahui bahwa manajemen patch lebih dari sekadar memperbarui sistem operasi (OS) dan aplikasi. Manajemen patch mencakup hingga memperbarui firmware dan driver perangkat keras Anda. Ancaman terhadap rangkaian komputasi yang lengkap itu ada, dan Intel mengambil peran aktif dalam membantu Anda memitigasi kerentanan ini. Kepemimpinan industri adalah kunci, maka dari itu Intel bekerja langsung bersama OEM, vendor perangkat lunak, serta mitra sistem operasi untuk memastikan bahwa pembaruan firmware digabungkan ke dalam penerapan patch perangkat lunak yang lebih besar.
  • Merutinkan manajemen patch. Buat siklus manajemen patch Anda diketahui dan dapat diprediksi bagi seluruh organisasi Anda. Dengan jadwal yang diketahui, pengguna dapat bersiap untuk siklus patch yang diketahuinya dan meminimalkan dampaknya terhadap produktivitas mereka.
  • Patch dalam kelompok besar. Ini juga dikenal sebagai melakukan “peluncuran lunak” atau “pengujian sandbox.” Meluncurkan patch ke segmen kecil pengguna (sekitar 5 persen) dan mengevaluasi efeknya sebelum peluncuran dengan skala luas untuk seluruh basis pengguna Anda adalah hal yang dianggap praktik yang baik.
  • Memahami siapa yang bertanggung jawab untuk manajemen patch. Biasanya merupakan tanggung jawab penyedia sistem atau perangkat lunak untuk melakukan patch terhadap kerentanan yang diketahui. Manajer IT harus memastikan patch yang disediakan oleh vendor perangkat lunak dan OEM diterapkan di seluruh jaringan bisnis sistem dan perangkat. Di bisnis yang lebih kecil, manajemen patch biasanya diserahkan ke pengguna individu. Kebanyakan perangkat lunak diprogram untuk memberi tahu pengguna bahwa perangkatnya perlu diperbarui. Bahkan mungkin perangkatnya memiliki kemampuan untuk memperbarui dirinya sendiri secara otomatis di waktu yang dijadwalkan sebelumnya.
  • Penerapan skala dengan sistem manajemen patch. Sistem manajemen patch adalah perangkat lunak yang dirancang secara khusus untuk membantu departemen IT mengorkestrasi dan melacak pemversian dan penerapan patcah di seluruh jaringan. PC yang dibangun pada Intel vPro® menghadirkan integrasi dengan Microsoft Endpoint Configuration Manager (SCCM) untuk mendukung fitur manajemen jarak jauh untuk kontrol armada kelas bisnis. Ini membantu memperluas kemampuan manajemen patch dan meningkatkan ketersediaan perangkat endpoint untuk pembaruan.

Manajemen Jarak Jauh dengan Intel vPro®

PC yang dibangun pada Intel vPro® Enterprise untuk Windows menghadirkan rangkaian fitur yang dirancang untuk bisnis. Mereka memadukan performa tinggi, fitur keamanan yang disempurnakan, kemampuan manajemen jarak jauh, dan stabilitas armada PC.

Intel® Active Management Technology, yang eksklusif untuk Intel vPro® Enterprise untuk Windows, menawarkan berbagai fitur untuk mendukung manajemen patch. Departemen IT dapat menggunakan fitur Alarm Clock untuk membangunkan perangkat di waktu yang terjadwal untuk menerapkan patch, atau memverifikasi peningkatan melalui akses jarak jauh menggunakan kendali Keyboard, Video, Mouse (KVM). Pengarahan ulang penyimpanan juga memungkinkan teknisi IT untuk menerapkan pembaruan dan remediasi melalui file citra yang dipasang di jaringan, yang mensimulasikan proses boot ke disk atau flash drive USB pada perangkat endpoint. Alat ini membantu bisnis menghemat biaya perjalanan untuk mengembalikan perangkat yang terkompromi akibat perbaikan secara langsung.

Bekerja jarak jauh akan hadir bersama kita, dan bisnis yang ingin tetap fleksibel akan perlu merencanakan proses patch perangkat dan manajemen risiko baik di dalam dan di luar firewall perusahaan. Intel® Endpoint Management Assistant (Intel® EMA) memperluas kemampuan Intel® AMT dengan membantu menghadirkan koneksi jarak jauh ke perangkat di Intel vPro® melalui cloud.

Manajemen Patch Penting bagi IT

Manajemen patch lebih merupakan manfaat daripada beban. Memiliki akses dan kontrol yang lebih baik atas perangkat Anda, dengan kemampuan untuk melakukan patch dan memperbaiki dari jarak jauh, yang pada akhirnya memberi fleksibilitas kepada departemen IT Anda dan bisnis Anda. Sementara ada banyak bahaya di luar sana dalam bentuk peretas dan pencuri data, manajemen patch dapat membantu menjaga bisnis Anda tetap berjalan lancar.

Menjaga Terhadap Eksploitasi Hari Nol

“Eksploitasi Hari Nol” atau “Serangan Hari Nol” adalah kerentanan dalam perangkat lunak atau firmware Anda yang diketahui oleh peretas caranya untuk mengeksploitasi sebelum organisasi Anda menemukan kerentanan itu. Fitur keamanan berbasis perangkat keras dapat membantu mencegah eksploitasi hari nol dengan menghentikan malware dari mengeksekusi atau memengaruhi lapisan perangkat lunak.

Intel® Control-Flow Enforcement Technology (Intel® CET) adalah kemampuan perangkat keras yang membantu mencegah upaya pembajakan alur kendali, suatu perilaku malware yang umum. Intel® Hardware Shield, yang ditanam ke semua PC Windows di Intel vPro®, menghadirkan fitur perlindungan terhadap serangan di bawah OS, aplikasi, dan kemampuan perlindungan data, serta teknologi perlindungan ancaman tingkat lanjut untuk membantu meningkatkan keamanan platform. Fitur ini dapat membantu mengamankan perangkat terhadap ancaman yang diketahui dan tidak diketahui, seperti eksploitasi hari nol.

Pertanyaan Umum

Pertanyaan Umum

Zero-day exploit adalah kerentanan dalam perangkat lunak atau firmware yang belum Anda temukan. Setelah Anda menyadari kerentanan atau eksploitasi, Anda dapat menggunakan pengelolaan patch untuk menghilangkannya.

Di sebagian besar bisnis, departemen IT yang akan bertanggung jawab untuk memastikan perangkat mendapatkan patch melalui pembaruan yang diberikan oleh OEM dan vendor perangkat lunak. Di bisnis yang lebih kecil, setiap pengguna mungkin perlu untuk menginstal sendiri patch mereka.

Manfaat Keamanan Intel vPro®

Intel vPro® Enterprise untuk Windows memberikan fitur keamanan yang disempurnakan perangkat keras yang membantu melindungi semua lapisan rangkaian komputasi. Bisnis dapat mendapatkan manfaat dari transparansi rantai pasokan dan keterlacakan komponen PC, pemindaian memori tingkat lanjut, dan dukungan berbasis perangkat keras dari layanan keamanan Windows. Lebih jauh lagi, IT memiliki kemampuan untuk mendistribusikan perbaikan perangkat lunak dengan cepat pada kerentanan yang kritis untuk PC terkelola.

Informasi Produk dan Performa

1

Semua versi platform Intel vPro® membutuhkan prosesor Intel® Core™ yang memenuhi syarat, dukungan sistem operasi, silikon Intel LAN dan/atau WLAN, peningkatan firmware, serta perangkat keras dan perangkat lunak lainnya yang diperlukan untuk menyediakan kasus penggunaan kemampuan pengelolaan, fitur keamanan, performa sistem, dan stabilitas yang menentukan platform tersebut. Kunjungi intel.com/performance-vpro untuk detail selengkapnya.

2

Performa bervariasi berdasarkan penggunaan, konfigurasi, dan faktor lainnya. Pelajari lebih lanjut di www.Intel.com/PerformanceIndex. Tidak ada produk atau komponen yang bisa sepenuhnya aman. Biaya dan hasil Anda mungkin berbeda. Teknologi Intel mungkin memerlukan dukungan perangkat keras, perangkat lunak, atau aktivasi layanan. Intel tidak mengontrol atau mengaudit data pihak ketiga. Anda harus mempertimbangkan sumber lainnya untuk mengevaluasi akurasi. © Intel Corporation. Intel, logo Intel, dan merek Intel lainnya adalah merek dagang Intel Corporation atau anak perusahaannya. Nama dan merek lain mungkin diakui sebagai milik pihak lain.