Apa itu Remote Monitoring and Management (RMM)?

Teknologi RMM memungkinkan IT dan penyedia layanan terkelola untuk memantau endpoint klien dan mengelola tugas PC dari jarak jauh.1 2

Dasar-Dasar Remote Monitoring and Management:

  • Strategi pemantauan dan manajemen jarak jauh (RMM) yang tangguh akan mendorong keandalan dan efisiensi IT untuk bisnis segala ukuran.

  • Platform perangkat keras dengan fitur RMM dapat memungkinkan tim IT untuk mengelola perangkat secara out-of-band, yang meningkatkan fleksibilitas, menghemat waktu, dan mendorong produktivitas karyawan.

  • Dengan perangkat yang dibangun di atas Intel vPro®, administrator IT dapat mengelola perangkat dengan aman di luar firewall perusahaan melalui cloud dengan menggunakan Intel® Endpoint Management Assistant (Intel® EMA).

author-image

Oleh

Pemantauan dan manajemen jarak jauh (RMM) juga dikenal sebagai manajemen IT jarak jauh. Teknologi ini dirancang untuk membantu administrator IT dan penyedia layanan terkelola (MSP) untuk memantau PC dan perangkat lainnya dari jarak jauh. Pemantauan jarak jauh mencakup pemeliharaan proaktif untuk meningkatkan keandalan dan produktivitas IT secara keseluruhan. Dengan hampir dua per tiga (67%) karyawan yang bekerja baik dengan sepenuhnya atau sebagian dari jarak jauh3, memiliki strategi manajemen jarak jauh adalah kunci bagi organisasi semua ukuran.

Apa Kegunaan Teknologi RMM?

RMM digunakan untuk membantu mobilitas perusahaan, yang mendukung beragam fungsi IT jarak jauh. Ini mencakup:

  • Pengaturan dan konfigurasi PC
  • Akses jarak jauh
  • Pemulihan dan pencadangan jarak jauh
  • Manajemen patch
  • Perlindungan antivirus terkelola
  • Intelijen risiko pembobolan data

Manfaat RMM

Manajemen jarak jauh menghadirkan berbagai manfaat untuk memudahkan pekerjaan administrator IT. Strategi RMM yang efektif akan memungkinkan perangkat klien untuk dilayani, dirawat, dan diamankan dengan benar, semuanya tanpa harus berada dekat secara fisik dengan staf IT—yang merupakan definisi mobilitas perusahaan.

Akses segera ke perangkat meningkatkan uptime dan kepuasan klien. Administrator IT juga dapat melakukan tugas pemeliharaan rutin saat downtime pengguna, yang meminimalkan interupsi. Tidak perlu menghabiskan waktu di lapangan dengan perangkat endpoint meningkatkan efisiensi IT dan menghilangkan banyak waktu perjalanan. MSP bisa mendapatkan manfaat dari efisiensi yang lebih besar serta kemampuan beroperasi dari lokasi pusat.

Pemantauan jarak jauh membantu meningkatkan keamanan IT dengan memberikan pemeriksaan otomatis pada perangkat dengan jadwal rutin. Hal ini menghilangkan kebutuhan pengguna untuk mengelola pembaruan keamanan mereka sendiri.

Dengan semakin berkembangnya perangkat berbasis PC yang tidak melibatkan pengguna—sebagai contoh, papan informasi digital, kios, dan mesin penjual otomatis—RMM adalah cara berharga untuk memastikan perangkat tetap aktif dan bekerja. Administrator IT dapat memperbarui atau memperbaiki tanpa harus mengirimkan teknisi layanan.

Kemampuan RMM berbasis perangkat keras, seperti yang tersedia pada Intel vPro® Enterprise untuk OS Windows, melampaui batasan perangkat lunak.

Menggabungkan Solusi Perangkat Lunak dan Perangkat Keras RMM

Anda dapat menemukan produk perangkat lunak RMM dari berbagai penyedia. Banyak yang mencakup antarmuka terintegrasi untuk mengelola aset di seluruh jaringan. Menciptakan strategi RMM yang tangguh harus melibatkan pengevaluasian perangkat lunak mana yang paling baik dalam memenuhi kebutuhan organisasi Anda. Organisasi perusahaan akan dapat memanfaatkan perangkat lunak terbaik di bidangnya, sementara bisnis lain mungkin lebih memilih menggunakan penyedia layanan terkelola (MSP) untuk menyarankan solusi RMM berdasarkan kebutuhan mereka.

Satu tantangan dengan strategi RMM yang hanya mengandalkan perangkat lunak adalah ini hanya bisa dikelola saat perangkat dalam kondisi menyala. Saat sistem operasi (OS) tidak dapat merespons, jenis masalah yang dapat diperbaiki dari jarak jauh akan menurun secara signifikan.

Kemampuan RMM berbasis perangkat keras, seperti yang tersedia sebagai bagian dari Intel vPro® Enterprise untuk OS Windows, dapat menyelesaikan tantangan itu. Perangkat keras RMM membawa kemampuan manajemen jarak jauh melampaui batasan perangkat lunak.

Khususnya, manajemen out-of-band memungkinkan administrator IT untuk mengakses perangkat terlepas dari kondisi nyala atau mati. Sebagai contoh, papan informasi digital yang terpasang di tempat yang sulit dijangkau—seperti layar status penerbangan di bandara. Administrator IT dapat menyalakan papan informasi digital, melakukan boot OS, dan memperbaiki masalah apa pun dari jarak jauh.

Intel vPro® Enterprise

Intel vPro® Enterprise untuk OS Windows adalah platform kelas bisnis untuk PC dan perangkat berbasis PC. Platform ini mencakup fitur dan teknologi berbasis perangkat keras yang terintegrasi untuk performa, kemudahan pengelolaan, keamanan, dan stabilitas. Platform ini dioptimalkan untuk lingkungan IT terkelola, tetapi dapat memberikan nilai bagi bisnis dengan segala ukuran.

Sebagai salah satu komponen utamanya, Intel vPro® Enterprise menawarkan kemampuan canggih untuk pemantauan jarak jauh dan manajemen jarak jauh. Fitur ini membantu mengurangi biaya manajemen perangkat dan meminimalkan distraksi pengguna, panggilan dukungan IT, dan interupsi pekerjaan.

Intel® Active Management Technology (Intel® AMT)

Tersedia secara eksklusif pada Intel vPro® Enterprise untuk OS Windows, Intel® Active Management Technology (Intel® AMT) memungkinkan administrator IT untuk mengelola dan memperbaiki PC dari jarak jauh bahkan ketika perangkat dalam kondisi mati atau OS tidak responsif. Teknologi ini menggunakan koneksi out-of-band yang beroperasi secara independen dari OS dan menghadirkan konektivitas persisten. Administrator dapat memperbaiki driver yang rusak, perangkat lunak aplikasi, atau OS untuk sistem yang tidak responsif.

Dengan kendali keyboard, video, dan mouse (KVM) jarak jauh melalui IP, administrator IT dapat mengendalikan PC seperti halnya mereka duduk di depannya. Ini khususnya berguna untuk perangkat di mana pengguna tidak hadir.

Konsol Perangkat Lunak Berbasis Cloud

Intel® Endpoint Management Assistant (Intel® EMA) memberi administrator IT manajemen perangkat berbasis cloud yang aman melalui Intel® AMT. Dengan Intel® EMA, perangkat dapat dikelola dengan lebih aman melalui cloud bahkan saat berada di luar firewall perusahaan.

Memulai

Dengan PC baru yang didukung oleh Intel vPro® Enterprise untuk OS Windows, Anda dapat menghemat dukungan desktop, mengurangi perawatan PC, meningkatkan pengalaman pengguna, dan mengurangi downtime dengan pengelolaan perangkat dari jarak jauh, baik di lokasi maupun di cloud. Untuk memulai, carilah perangkat laptop bisnis dan desktop bisnis yang dibangun di atas Intel vPro® atau tanya MSP Anda untuk opsi perangkat.

Informasi Produk dan Performa

1

Semua versi platform Intel vPro® membutuhkan prosesor Intel® Core™ yang memenuhi syarat, dukungan sistem operasi, silikon Intel LAN dan/atau WLAN, peningkatan firmware, serta perangkat keras dan perangkat lunak lainnya yang diperlukan untuk menyediakan kasus penggunaan kemampuan pengelolaan, fitur keamanan, performa sistem, dan stabilitas yang menentukan platform tersebut. Kunjungi intel.com/performance-vpro untuk detail selengkapnya.

2

Performa bervariasi berdasarkan penggunaan, konfigurasi, dan faktor lainnya. Pelajari lebih lanjut di www.Intel.com/PerformanceIndex. Tidak ada produk atau komponen yang bisa sepenuhnya aman. Biaya dan hasil Anda mungkin berbeda. Teknologi Intel mungkin memerlukan dukungan perangkat keras, perangkat lunak, atau aktivasi layanan. Intel tidak mengontrol atau mengaudit data pihak ketiga. Anda harus mempertimbangkan sumber lainnya untuk mengevaluasi akurasi. © Intel Corporation. Intel, logo Intel, dan merek Intel lainnya adalah merek dagang Intel Corporation atau anak perusahaannya. Nama dan merek lain mungkin diakui sebagai milik pihak lain.

3Gallup Poll, Oktober 2021 https://news.gallup.com/poll/355907/remote-work-persisting-trending-permanent.aspx.
4

Total Economic Impact™ dari platform Intel vPro®, sebuah studi yang ditugaskan oleh Intel dan dilaksanakan oleh Forrester Consulting (Desember 2018). Penghematan yang akan diperoleh organisasi lain akan bervariasi berdasarkan berbagai faktor, termasuk ukuran dan tingkat dasar keamanan, keterkelolaan, dan produktivitas sebelum bisnis beralih ke platform Intel vPro®. Rujuk sumber lain dan gunakan informasi spesifik organisasi Anda untuk menentukan manfaatnya bagi organisasi Anda. Baca studi selengkapnya di intel.co.id/vProPlatformTEI. Biaya dan hasil Anda mungkin berbeda.