Kecerdasan Di Mana Saja

Menghasilkan gelombang data transformatif yang dapat membawa bisnis, industri, dan bahkan masyarakat ke puncak pencapaian yang belum pernah diraih sebelumnya.

Wawasan dari Edge hingga Cloud

Bisnis telah lama mengandalkan komputasi cloud untuk efisiensi dan skalabilitas. Kini, server on-premise, gateway, dan endpoint cerdas dan terhubung menciptakan peluang baru. Komputasi edge dapat membantu bisnis dalam mengatasi biaya dan kerumitan pergerakan data dan memanfaatkan aliran data baru.

Apa yang Dimaksud Dengan Edge?

Sekarang ini, model bisnis sering melibatkan kantor cabang, fasilitas manufaktur, lokasi ritel, atau layanan yang tersebar secara geografis. Sistem komputasi edge menempatkan server edge, perangkat edge Internet of Things (IoT), dan pemrosesan data pada banyak titik berbeda di tempat yang paling membutuhkan sumber daya. Hasilnya, bisnis dapat memusatkan beban kerja analisis, media, dan jaringan dan membawanya lebih dekat ke orang-orang dan proses yang bergantung padanya, untuk memberikan data real-time yang dapat mengubah operasi dan pengalaman.

Manfaat Komputasi Edge

Kecerdasan edge dapat memberikan gambaran yang lebih akurat bagi bisnis tentang operasi mereka dan mendorong pengalaman baru. Teknologi AI dan 5G dari Intel mengekstraksi lebih banyak kecerdasan dari data edge dibandingkan sebelumnya, dengan menyediakan perangkat dengan kemampuan untuk melihat, mempelajari, dan membuat keputusan dalam berbagai cara dan di lokasi yang sebelumnya tidak dapat dilakukan. Teknologi ini hanya akan menjadi lebih penting seiring dengan semakin meningkatnya volume data yang dihasilkan oleh perangkat yang terhubung.

Karena komputasi edge yang terdistribusi mengumpulkan dan menganalisis data secara lokal, komputasi edge menawarkan beberapa keuntungan.

Memenuhi Lokalitas Data dan Kebutuhan Privasi

Transfer informasi yang sensitif atau eksklusif antara edge dan penyimpanan data terpusat dapat menimbulkan potensi risiko keamanan. Komputasi Edge tetap menyimpan data atau di dekat sumbernya untuk membantu menjaga informasi dan IP tetap aman serta mematuhi semua peraturan lokalitas.

Mengurangi Biaya Transmisi

Seiring dengan perangkat yang menghasilkan lebih banyak data daripada sebelumnya, biaya bandwidth untuk transmisi data skala besar ke cloud juga bertambah. Dengan komputasi edge, bisnis dapat secara strategis memilih data mana yang akan dikirim ke cloud.

Mencapai Latensi Ultra-Rendah untuk Hasil Real-Time

Akhirnya, tidak peduli seberapa cepat jaringan atau koneksi 5G, data membutuhkan waktu untuk transfer jarak jauh. Untuk sistem yang bergantung pada informasi real-time, perbedaan beberapa detik dapat menentukan keberhasilan atau kegagalan. Komputasi edge mengurangi latensi sehingga menghasilkan sistem yang lebih responsif.

Mengatasi Kompleksitas

Seiring dengan semakin banyak perangkat menghasilkan lebih banyak data, infrastruktur yang ada, keterbatasan bandwidth, dan kendala di organisasi menjadi penghalang dalam penggalian data yang menguntungkan. Terlebih lagi, tidak ada satu solusi yang cocok untuk semua kebutuhan orang. Aplikasi yang berbeda memerlukan jenis komputasi dan konektivitas yang berbeda dan harus memenuhi berbagai standar kepatuhan dan teknologi.

Rahasia kesuksesan dalam mencapai kecerdasan di mana saja adalah dengan memiliki pilihan, fleksibilitas, dan kolaborasi yang efektif.

Peluang yang Belum Tersentuh di Edge

33 ZB ke 175 ZB

Diperkirakan data global akan mengalami pertumbuhan lebih dari 5x lipat pada tahun 2025.1

90 ZB di Edge

Diperkirakan lebih dari 50 persen dari data ini akan dihasilkan di edge.1

150 Miliar Perangkat Edge

Pemrosesan data real-time diproyeksikan akan tumbuh 10x. 1

Intel® Technologies untuk Perangkat Edge

Perangkat cerdas yang dirancang untuk bekerja dengan baik di lingkungan edge hadir dalam berbagai macam bentuk untuk mengakomodasi berbagai skenario berbeda, dari kamera ke drone hingga ke PC dan ke signage digital. Seringkali, perangkat memiliki teknologi bawaan untuk memproses data yang dikumpulkan. Dengan menempatkan kemampuan kecerdasan dan analisis pada perangkat itu sendiri, penerapan edge memberikan informasi yang berguna hampir secara seketika.

Pelajari lebih lanjut ›

Mewujudkan Kecerdasan

Saat ini, solusi berbasis arsitektur Intel® memungkinkan kecerdasan dari edge ke cloud, dengan memberdayakan bisnis di seluruh industri. Solusi ini meningkatkan alur kerja yang ada dan membantu perusahaan berinovasi dalam layanan baru dan model keterlibatan pelanggan.

Perawatan Kesehatan

Di rumah sakit modern, perangkat IoT memantau kesehatan pasien dan tanda-tanda vital dengan hasil yang sangat akurat. Jika perangkat mendeteksi anomali, seperti irama jantung yang tidak biasa, sistem tersebut dapat memperingatkan petugas medis.

Telusuri caranya

Industri

Di pabrik, sistem vision mesin berkemampuan AI dapat dengan cepat mengidentifikasi perubahan di lingkungan operasi untuk mendeteksi anomali dan membantu meningkatkan keselamatan pekerja.

Baca lebih lanjut

Ritel

Di toko ritel, kombinasi perangkat IoT, kamera, AI, dan komputasi edge dapat melakukan tugas-tugas yang kompleks, misalnya, menafsirkan aktivitas pelanggan untuk memberi tahu di rak mana karyawan harus menambah stok produk guna meningkatkan penjualan.

Jelajahi

Cloud Visual dan Media

Seiring dengan meningkatkan komputasi visual dan beban kerja media, penyedia layanan cloud, penyedia layanan komunikasi, dan bisnis memikirkan kembali cara mereka dalam mendistribusikan sumber daya komputasi dari edge ke cloud untuk lebih mendukung konsumsi konten dan pengalaman visual lainnya.

Lihat caranya

Komputasi Edge dan Cloud

Komputasi Edge dan Cloud

Sementara komputasi berbasis edge yang terdistribusi unggul dalam banyak skenario, komputasi cloud masih memainkan peran penting. Faktanya, edge dan cloud saling melengkapi.

Komputasi cloud dan pusat data menawarkan dukungan luar biasa untuk penyimpanan data dan beban kerja komputasi yang tidak membutuhkan data real-time. Misalnya, perusahaan dapat memilih komputasi cloud untuk memindahkan pemrosesan data jangka panjang dan analisis atau beban kerja yang intensif sumber daya seperti pelatihan AI.

Namun, latensi koneksi antara perangkat cloud dan edge membuat komputasi cloud tidak praktis untuk skenario ketika perusahaan membutuhkan data real-time. Dalam kasus ini, strategi cloud edge menawarkan nilai unik.

Baca tentang edge cloud ›

Jelajahi komputasi cloud ›

AI di Edge

AI di Edge, Didukung Intel

Dengan portofolio perangkat keras dan perangkat lunak edge AI yang beragam, Intel menawarkan pilihan paling lengkap guna memenuhi berbagai kebutuhan performa, daya, dan harga, yang memungkinkan setiap kasus penggunaan secara virtual di pasar mana pun.

Jelajahi AI edge ›

Edge dan Jaringan 5G

5G dan Edge: Kombinasi Revolusioner

Jaringan seluler generasi ke-5 (5G) menjanjikan untuk memelopori revolusi konektivitas. Dengan memungkinkan pengiriman data yang lebih cepat dan berlatensi lebih rendah dari lebih banyak perangkat, 5G akan memungkinkan komputasi edge, membawa kecerdasan dan analisis lebih dekat ke tempat yang membutuhkannya, bersama dengan penyimpanan dan layanan yang didistribusikan secara strategis.

Aplikasi yang andal diharapkan muncul saat IoT, AI, dan 5G bertemu. Kasus penggunaan baru yang revolusioner akan mencakup belanja real-time yang dipersonalisasi, media imersif yang seperti nyata, realitas bertambah, dan robotika otomatis.

Baca lebih lanjut ›

Solusi yang Didukung Intel

Intel memiliki Ekosistem Edge Cerdas

Penawaran lengkap Intel untuk solusi perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan membantu mencapai kecerdasan di mana saja, dari edge hingga cloud. Ekosistem kami membantu memenuhi berbagai macam kebutuhan di edge dengan menyatukan jaringan pengembang dan penyedia teknologi global untuk berkolaborasi dengan pelanggan perusahaan dalam solusi inovatif.

Intel menawarkan portofolio komputasi, perangkat lunak, alat pengembang, dan teknologi lainnya yang tiada duanya yang dioptimalkan untuk beban kerja edge yang sudah ada dan yang akan meningkat. Dengan Intel sebagai mitra mereka, bisnis mendapatkan akses ke pilihan solusi skalabilitas yang tiada duanya untuk diterapkan.

Temukan solusi ›

Sumber Daya Lainnya untuk Edge Cerdas

Cari tahu bagaimana portofolio dan ekosistem Intel dapat membantu Anda mengembangkan dan menggunakan solusi edge, termasuk AI di edge.

Internet of Things

Perangkat IoT menawarkan pengumpulan data yang cepat dan cerdas.

Pelajari lebih lanjut

Manfaat Komputasi Edge

Penempatan edge cerdas dapat membantu memajukan bisnis Anda dalam beberapa cara.

Tonton videonya

Apa yang dimaksud dengan Computer Vision?

Computer Vision menggunakan pembelajaran mendalam untuk menganalisis video dan gambar untuk pengenalan objek dan secara cerdas menggunakan informasi tersebut untuk bisnis Anda.

Baca lebih lanjut

Toolkit Intel® Distribution of OpenVINO™

Toolkit ini membantu menyederhanakan penerapan aplikasi vision dan pembelajaran mendalam sekaligus mengoptimalkan performa.

Pelajari lebih lanjut

Pemberitahuan dan Pelepasan Tanggung Jawab Hukum

Fitur dan keunggulan teknologi Intel® bergantung pada konfigurasi sistem dan mungkin memerlukan perangkat keras yang mendukung, aktivasi perangkat lunak atau layanan. Performa bervariasi, bergantung pada konfigurasi sistem. Tidak ada produk atau komponen yang sepenuhnya aman. Hubungi produsen atau peritel sistem Anda atau pelajari lebih lanjut di intel.co.id.

Skenario pengurangan biaya yang dijelaskan dimaksudkan sebagai contoh bagaimana produk berbasis Intel® tertentu, dalam kondisi dan konfigurasi yang ditentukan, dapat memengaruhi biaya di masa mendatang dan memberikan penghematan biaya. Kondisi akan bervariasi. Intel tidak menjamin biaya atau pengurangan biaya apa pun.

Intel, logo Intel, dan merek Intel lainnya adalah merek dagang dari Intel Corporation atau anak perusahaannya.

© Intel Corporation

Informasi Produk dan Performa

1Laporan IDC: The digitization of the world from edge to core (Nov. 2018).