FAQ BIOS dan Perangkat Tegar

BIOS dan Firmware


1. Apa itu UEFI?

UEFI merupakan kependekan dari Unified Extensible Firmware Interface. UEFI adalah pengganti dari BIOS sistem warisan dan fleksibel, cepat, serta efisien dan tidak memiliki batasan ukuran driver. Arsitektur perangkat tegar pra-boot UEFI dapat berupa 32-bit, 64-bit, atau IA64. Tidak ada kompatibilitas biner. Modul dukungan kompatibilitas (CSM) digunakan untuk melakukan boot pada sistem operasi warisan dan mengoperasikannya dengan ROM pilihan warisan.

Intel® Embedded Media and Graphics Driver (Intel® EMGD) untuk prosesor Intel® Atom™ seri E6xx dan chipset Intel® System Controller Hub US15W mendukung driver protokol keluaran grafis (GOP) Extensible Firmware Interface (EFI), yang bergabung dalam perangkat tegar pra-boot sistem UEFI. Driver EFI GOP mendukung kemampuan boot cepat.


2. Apakah BIOS video (VBIOS) sama seperti driver protokol keluaran grafis (GOP)?

Tidak. Driver GOP (juga dikenal sebagai driver video EFI di sebagian dokumentasi Intel EMGD) adalah pengganti dari BIOS video warisan dan memungkinkan penggunaan dari perangkat tegar UEFI tanpa modul dukungan kompatibilitas (CSM). Driver Intel EMGD GOP dapat berupa boot cepat (kecepatan dioptimalkan dan platform spesifik) atau generik (platform agnostik untuk platform tertentu).

Ini adalah perbandingan cepat antara GOP dan BIOS video:

  • GOP: Tanpa batasan 64-Kbyte. Mode terlindungi 32-bit. Tidak perlu CSM. Kecepatan yang dioptimalkan (boot cepat).
  • BIOS video: batasan 64-Kbyte (chipset Intel® System Controller Hub US15W) dan batasan 127-Kbyte (prosesor Intel Atom seri E6xx). Eksekusi 16-bit. CSM diperlukan dengan perangkat tegar sistem UEFI. Performa di bawah GOP CSM. VBIOS berfungsi dengan baik arsitektur 32- dan 64-bit.


3. Dapatkan VBIOS dan driver GOP hadir bersama dalam satu platform?

Tidak.
 

4. Bagaimana ROM Pilihan VBIOS tersambung dengan adaptor layar dalam perangkat tegar pra-boot EFI?

ROM Pilihan VBIOS tersambung dengan perangkat-vendor PCI dari perangkat VGA (biasanya Bus 0, Perangkat 2, Fungsi 0). Informasi ini tertanam dalam perangkat tegar pra-boot EFI pada waktu penyusunan atau digabungkan ke citra pada host lewat utilitas penggabungan vendor perangkat tegar.
 

5. VBIOS mana yang diaktifkan ketika saya memiliki kartu grafis eksternal seperti Matrox* dan grafis internal seperti pensinyalan diferensial voltase-rendah (LVDS) internal?

Jawabannya tergantung pada pengaturan perangkat tegar EFI, jika tersedia. Jika pilihan "PCI as primary" tersedia dan diaktifkan, maka ROM pilihan VBIOS dari kartu Matrox akan diaktifkan. Jika "PCI as primary" tidak diaktifkan, maka Intel EMGD VBIOS akan diaktifkan. Catat bahwa hanya ada satu pilihan dari VBIOS di dalam platform.
 

6. Apakah skenario penggunaan VBIOS dalam Windows* XP?

Windows XP menggunakan VBIOS via INT 10h untuk menampilkan layar awal dan pesan apa pun hingga driver grafis dimuat. Catat bahwa ketika proses boot OS, OS menuliskan framebuffer secara langsung, melangkahi VBIOS untuk tujuan penampilan. Setelah driver grafis dimuat, OS memindahkan kontrol ke VBIOS pada saat layar penuh mode DOS dan saat "layar biru" untuk menampilkan informasi tumpukan.
 

7. Apakah Intel EMGD v1.18 untuk Windows Embedded* Compact 7 mendukung Intel® Boot Loader Development Kit (Intel® BLDK) berbasis-UEFI?

Ya, itu didukung pada platform berbasis prosesor Intel® Atom™ seri E6xx.
 

8. Mengapa CED menghasilkan 127K VBIOS alih-alih 64K VBIOS untuk prosesor Intel Atom seri E6xx?

VBIOS Intel EMGD v1.16 (dan seterusnya) mendukung 127K VBIOS untuk platform berbasis prosesor ntel Atom E6xx dan VBIOS 64K untuk seri chipset Intel System Controller Hub US15W. Dari Intel EMGD v1.16 seterusnya, VBIOS 64K untuk prosesor Intel Atom seri E6xx tidak lagi tersedia karena batasan ukuran berkas sebagai fitur baru yang ditambahkan dalam VBIOS yang meningkatkan berkas file hingga lebih dari 64K. Jika Anda memerlukan VBIOS 64K, mohon pertimbangkan untuk menggunakan paket VBIOS Intel EMGD v1.10 untuk Windows* XP dan Linux* OS atau paket VBIOS Intel EMGD v1.14 untuk OS Windows 7, Windows Embedded Standard 7, dan Windows Embedded Compact 7.

 
 

2.