5 Alasan untuk Melakukan Overclock pada PC Anda Berikutnya

Pelajari bagaimana melakukan overclock pada PC Anda dapat membantu sistem Anda memberikan performa lebih baik di atas kemampuannya. Maksimalkan prosesor Anda berikutnya ketika bermain game yang menuntut.1 2 3

Fokus Utama:

  • Meningkatkan kecepatan clock CPU dapat meningkatkan performanya.

  • Overclock dapat memperpanjang masa pakai yang bermanfaat dari prosesor dengan membantunya mengikuti persyaratan perangkat lunak yang semakin menuntut.

  • Komponen PC modern dinilai untuk berjalan pada suhu yang lebih tinggi dibandingkan apa yang diasumsikan pengguna.

  • Ada banyak cara untuk melakukan overclock pada PC, mulai dari menggunakan perangkat lunak yang ramah pemula hingga menyetel perangkat Anda di tingkat firmware.

  • Perangkat lunak overclock yang mudah diakses menghilangkan pekerjaan menduga-duga ketika memulai overclock.

author-image

By

Baik merakit PC Anda sendiri atau mengonfigurasi sistem siap pakai, perangkat Anda harus memenuhi kebutuhan Anda sepenuhnya. Ini berlaku khususnya untuk PC gaming, di mana memilih komponen yang tepat dapat mengaktifkan performa generasi berikutnya.

Memilih CPU yang tepat adalah salah satu pilihan paling penting yang akan Anda buat ketika membeli atau merakit PC Anda berikutnya. Mengonfigurasi PC Anda dalam hal prosesor yang mendukung overclock memastikan perangkat Anda tetap kompetitif di masa depan.

Jika Anda berencana memaksimalkan PC Anda berikutnya, melakukan overclock CPU dapat membantu Anda mendapatkan dorongan performa yang berharga. Mempelajari cara menyesuaikan kecepatan clock prosesor Anda dengan aman dapat membantu Anda memahami lebih baik bagaimana perangkat Anda bekerja.

Mengubah frekuensi atau voltase clock dapat menghanguskan garansi dan mengurangi stabilitas, performa, dan umur prosesor dan komponen lainnya.

Untuk melakukan overclock, Anda memerlukan CPU unlocked. Semua chipset Intel® seri K, seri X, dan seri Z kompatibel dengan overclock.

Bagaimana Overclocking CPU Bekerja

Setiap CPU diatur untuk berjalan dengan kecepatan clock maksimum tertentu.

Kecepatan clock diukur dalam gigahertz, atau miliaran siklus per detik. Dalam setiap siklus, CPU mengambil dan mengeksekusi instruksi dasar.

Overclock adalah proses yang sengaja meningkatkan frekuensi siklus ini di atas bawaan pabrik. Melakukan ini dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan prosesor untuk menangani beban kerja yang menuntut, seperti yang ditemui dalam game.

Meskipun benar bahwa kecepatan clock yang lebih tinggi membantu prosesor mengeksekusi instruksi secara cepat, ini bukanlah faktor satu-satunya yang berpengaruh untuk gaming performa tinggi. Arsitektur inti dan teknologi yang berbeda seperti multithread dapat juga memengaruhi performa.

Jenis instruksi yang diproses juga penting. Mesin game modern sering kali memanfaatkan paralelisasi dan mendelegasikan tugas intensitas tinggi ke beberapa inti.

Meskipun demikian, dalam perbandingan langsung antara dua prosesor identik, yang mengeksekusi instruksi yang sama dengan cara yang sama, prosesor yang dioverclock umumnya akan mengalahkan yang lebih lambat.

Kecepatan Clock yang Lebih Tinggi Memungkinkan Peningkatan Performa PC

Tugas komputasi tertentu berjalan lebih cepat ketika lebih banyak inti dapat memproses instruksi secara paralel. Tugas lainnya dioptimalkan lebih baik untuk prosesor dengan kecepatan clock tinggi. Semua game PC mengandalkan kedua jenis tugas untuk menghadirkan pengalaman permainan game yang lancar.

Judul game strategi berbasis giliran Total War: Three Kingdoms lebih mengandalkan kecepatan clock tinggi saat memproses instruksi AI dan pencarian rute unit. Dengan pengaturan tertinggi, CPU mungkin kesulitan untuk menghitung instruksi ini untuk pasukan yang sangat besar, sehingga menyebabkan framerate game menjadi turun.

Mesin AI Civilization VI bekerja dengan cara yang sama. Dalam game sangat besar dengan banyak pemimpin yang dikontrol AI berbeda ada dalam permainan, menyelesaikan satu giliran dapat secara mengejutkan begitu menuntut dalam hal frekuensi dan throughput instruksi per clock (IPC). Performa ujian AI cenderung mengandalkan performa per inti dibandingkan jumlah inti yang lebih banyak, maka dari itu kecepatan clock adalah hal penting.

Meskipun setiap game berjalan dengan cara yang berbeda, penurunan frame rate secara tiba-tiba dapat mengindikasikan bottleneck di suatu tempat dalam sistem. Jika tingkat clock CPU Anda adalah bottleneck itu, melakukan upgrade ke prosesor unlocked dapat membantu meningkatkan performa.

Overclock Dapat Membantu Anda Tetap Mengikuti Game Terbaru

Melakukan overclock pada PC Anda dapat membantu memperpanjang masa pakai yang bermanfaat dari sistem dengan memungkinkannya untuk tetap mengikuti perangkat lunak yang semakin menuntut.

Seiring berjalannya waktu, developer akan terus menciptakan game dan aplikasi yang memerlukan prosesor yang bahkan lebih cepat dan jumlah inti yang lebih banyak. Semakin menuntutnya aplikasi ini, semakin sulit bagi sistem untuk tetap mengikutinya.

Setiap CPU memiliki sejumlah inti. Tidak ada cara DIY yang dapat mengubah prosesor empat inti menjadi prosesor enam inti.

Kecepatan setiap inti, di sisi lain, dapat disesuaikan. CPU diberikan nilai frekuensi berdasarkan apa yang dapat dilakukan kebanyakan prosesor. Namun demikian, setiap prosesor individual berbeda, dan mengoptimalkan prosesor Anda dapat membuka potensi untuk mendapat performa di atas pengaturan pabrik.

Persyaratan sistem minimum dari judul game AAA cenderung semakin menuntut seiring berjalannya waktu. Seiring menuanya komputer Anda, komputer akan kesulitan untuk memenuhi standar yang meningkat ini.

Bahkan jika PC Anda berikutnya lebih dari cukup canggih untuk menangani game yang paling menuntut saat ini, membeli sistem yang mampu melakukan overclock memastikan Anda dapat menjelajahi opsi ini di kemudian hari.

Solusi Pendinginan Mudah Ditemukan

Pendatang baru dalam dunia overclock sering kali terintimidasi oleh peningkatan daya dan persyaratan pendinginan untuk CPU yang dioverclock. Namun, mengoptimalkan konsumsi daya dan pendinginan untuk PC baru Anda tidak serumit yang terlihat pada pandangan pertama.

Semakin cepat CPU berjalan, semakin besar panas yang dihasilkan. Jika CPU melebihi suhu operasi amannya, komputer akan mengatur kecepatan CPU lalu mematikan dirinya untuk menghindari kerusakan. Menginstal solusi pendinginan yang canggih memungkinkan sistem untuk mencapai kecepatan clock jauh lebih tinggi sebelum suhu terlalu tinggi.

Pendinginan yang lebih baik juga memberi PC ruang yang lebih besar untuk headroom termal. Ini memungkinkan CPU Intel® Core™ Generasi ke-11 seperti Intel® Core™ i9-11900K untuk menggunakan fitur seperti Thermal Velocity Boost dan Teknologi Adaptive Boost — yang mana keduanya meningkatkan kecepatan clock CPU di bawah kondisi tertentu. Untuk informasi lebih lanjut, lihat panduan kami untuk perilaku pendorongan dari Intel.

Kebanyakan PC menggunakan pendinginan cair atau pendinginan udara untuk menjaga suhu yang stabil.

Pendinginan udara menggunakan pembuang panas metal dan kipas pendingin untuk mendorong udara panas keluar dari CPU. Ini menarik udara sekeliling yang lebih dingin ke arah prosesor, sehingga mengurangi suhu operasinya.

Pendinginan cair menggunakan pompa untuk mendorong pendingin melewati blok mesin komputer, yang menyerap panas dan membawanya keluar dari CPU. Baik solusi pendinginan All-in-One (AIO) dan solusi pendinginan cair kustom tersedia.

Kedua jenis menawarkan pemilik PC beragam opsi tingkat pemula, menengah, dan premium. Memilih pendingin yang tepat untuk konfigurasi Anda adalah langkah penting menuju pengoptimalan kapasitas overclock PC Anda.

Banyak penggemar overclock memilih pendingin AIO cair karena ini menawarkan regulasi termal yang sangat baik dan menghasilkan sedikit suara. Sistem pendinginan ini berdiri sendiri, yang menyederhanakan instalasi dibandingkan opsi pendinginan cair lainnya dan secara praktis menghilangkan kebutuhan untuk pemeliharaan yang teratur.

Penggemar lain lebih menyukai instalasi yang sederhana dan harga tingkat pemula yang disediakan sistem pendinginan udara. Jika anda memiliki ruang untuk pembuang panas besar dan tidak keberatan dengan suara kipas tambahan, Anda dapat mendapatkan performa overclock dengan harga yang terjangkau.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang perbedaan antara pendinginan cair dan udara, lihat panduan komprehensif kami tentang teknologi pendinginan CPU.

Perangkat Lunak Otomatis Memungkinkan Anda Melakukan Overclock dengan Mudah

Siapa pun dengan prosesor unlocked dapat mencapai peningkatan performa tingkat menengah dengan menggunakan perangkat lunak overclock otomatis. Pendekatan yang ramah pengguna ini memungkinkan Anda memulai dan menyelesaikan proses overclock dengan beberapa klik.

Solusi seperti Intel® Performance Maximizer memungkinkan siapa pun untuk mendorong CPU mereka ke kecepatan clock yang lebih tinggi tanpa mengutak-atik pengaturan BIOS secara manual. Ini juga membantu menurunkan risiko terkait overclock.

Perangkat lunak ini menggunakan algoritma untuk mengidentifikasi konsumsi daya dan kemampuan pendinginan sebelum menyesuaikan kecepatan clock. Ini adalah perkenalan yang relatif mudah dan cepat untuk melakukan overclock pada CPU Anda.

Overclock Manual Memberi Anda Lebih Banyak Kontrol terhadap Performa PC

Anda tidak harus menjadi ahli untuk melakukan overclock pada PC Anda, tetapi mempelajari cara mengoptimalkan kecepatan clock secara manual dapat memberi Anda wawasan tentang bagaimana sistem Anda bekerja.

Overclock manual memberi Anda kontrol yang lebih besar dibandingkan overclock dengan perangkat lunak otomatis. Mempelajari bagaimana memaksimalkan potensi tambahan dari prosesor Anda adalah pengalaman yang seru dan bermanfaat.

Pengalaman itu juga sekaligus tanggung jawab. Tergantung cara Anda memilih cara melakukan overclock pada PC Anda secara manual, mungkin tidak ada jaring pengaman di sana untuk melindungi sistem Anda terhadap miskonfigurasi.

Ada dua cara untuk melakukan overclock pada PC secara manual:

  • Secara manual dengan perangkat lunak. Dapatkan akses ke rangkaian alat overclock PC secara langsung dengan Intel® Extreme Tuning Utility.
  • Secara manual melalui BIOS. Pengguna tingkat lanjut dapat menyetel banyak aspek dari performa CPU secara manual melalui Basic Input/Output System (BIOS). Lihat panduan kami jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut.

Pemilik PC dengan prosesor unlocked memiliki banyak cara untuk memaksimalkan performa dan mendapatkan yang terbaik dari sistem mereka. Pendatang baru dan ahli memiliki opsi yang mudah dan tangguh untuk mendorong kecepatan clock untuk memungkinkan pengalaman gaming yang cepat dan responsif.

Baik Anda membeli atau merakit PC baru, overclock adalah cara yang menarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana sistem Anda bekerja dan apa yang Anda bisa lakukan untuk mengoptimalkannya. Mempelajar cara melakukan overclock pada PC Anda akan membantu Anda memaksimalkan prosesor Anda hingga beberapa tahun ke depan.

Informasi Produk dan Performa

1

Hasil performa berdasarkan pengujian per tanggal yang diperlihatkan dalam konfigurasi dan mungkin tidak mencerminkan semua pembaruan keamanan yang tersedia untuk umum. Lihat cadangan untuk detail konfigurasi. Tidak ada produk atau komponen yang bisa sepenuhnya aman.

2

Mengubah frekuensi atau voltase clock dapat menghanguskan garansi dan mengurangi kestabilan, keamanan, performa, dan umur prosesor serta komponen lainnya. Hubungi produsen sistem dan komponen untuk untuk mendapatkan detail.

3

Intel tidak mengontrol atau mengaudit data pihak ketiga. Anda harus mempertimbangkan sumber lainnya untuk mengevaluasi akurasi. Biaya dan hasil Anda mungkin berbeda.