Apa Itu Kecepatan Clock?

Fokus Utama:

  • Kecepatan CPU

  • Kecepatan clock

  • Intel® Turbo Boost Technology

  • Alasan Hal Ini Penting

author-image

By

Performa CPU Anda—“otak” dari PC Anda—berdampak besar terhadap kecepatan memuat program dan seberapa lancar program berjalan. Namun, ada beberapa cara berbeda untuk mengukur performa prosesor. Kecepatan clok (juga disebut “laju clock” atau “frekuensi”) adalah salah satu yang paling signifikan.

Jika Anda ingin tahu cara memeriksa kecepatan clock, klik menu Start (atau klik tombol Windows*) lalu ketik “System Information”. Nama model dan kecepatan clock CPU Anda akan tercantum pada “Processor”.

Apa Itu Kecepatan Clock?

Secara umum, kecepatan clock lebih tinggi berarti CPU yang lebih cepat. Namun, banyak faktor lain yang turut berperan.

CPU Anda memproses banyak instruksi (kalkulasi tingkat rendah seperti aritmatika) dari berbagai program setiap detik. Kecepatan clock mengukur jumlah siklus yang dijalankan CPU per detik, yang diukur dalam GHz (gigahertz).

Secara teknis, “siklus” adalah pulsa yang disinkronkan oleh osilator internal, tetapi untuk keperluan ini, siklus adalah unit dasar yang membantu memahami kecepatan CPU. Selama setiap siklus, miliaran transistor di dalam prosesor membuka dan menutup.

Frekuensi dalam hal ini jumlah operasi dalam waktu yang ditetapkan, seperti ditunjukkan di atas.

CPU dengan kecepatan clock 3,2 GHz menjalankan 3,2 miliar siklus per detik. (CPU lama kecepatannya diukur dalam megahertz, atau juta siklus per detik.)

Terkadang, beberapa instruksi diselesaikan dalam satu siklus clock; dalam kasus lain, satu instruksi mungkin ditangani selama beberapa siklus clock. Karena desain CPU yang berbeda menangani instruksi secara berbeda, yang terbaik adalah membandingkan kecepatan clock dalam merek dan generasi CPU yang sama.

Misalnya, CPU dengan kecepatan clock lebih tinggi dari lima tahun yang lalu mungkin diungguli oleh CPU baru dengan kecepatan clock lebih rendah, karena arsitektur baru memroses instruksi secara lebih efisien. Prosesor Intel® seri X mungkin mengungguli prosesor seri K dengan kecepatan clock lebih tinggi, karena membagi tugas antara lebih banyak inti dan dilengkapi cache CPU yang lebih besar. Tetapi dalam generasi CPU yang sama, prosesor dengan kecepatan clock lebih tinggi umumnya akan mengungguli prosesor dengan kecepatan lebih rendah pada banyak aplikasi. Karena itulah penting untuk membandingkan prosesor dari merek dan generasi yang sama.

Bagaimana Kecepatan Clock Memengaruhi Gaming?

Sebelum munculnya CPU multi-core, kecepatan clock dipandang sepagai spesifikasi utama untuk membandingkan prosesor satu core. Saat ini, kecepatan clock dipertimbangkan selain jumlah core, cache CPU, dan konsumsi daya.

Dampak kecepatan clock pada masing-masing game tergantung pada mesin game dan alat yang digunakan untuk membuatnya. Situs uji benchmark seperti Tom’s Hardware telah menemukan bahwa beberapa mesin game, seperti Far Cry: Primal’s Dunia, mendapatkan lebih banyak manfaat dari performa satu thread yang kuat daripada multithreading.1 Di sisi lain, banyak game AAA yang lebih baru, terutama pada mesin yang mendukung multithreading seperti Unreal Engine 4, dapat memperoleh manfaat dari inti tambahan dan peningkatan clock.2

Tolok ukur spesifik adalah cara terbaik untuk menilai performa CPU pada mesin game tertentu, tetapi kecepatan clock adalah panduan umum yang baik untuk performa relatif prosesor dalam suatu rangkaian produk.

Apa Artinya Frekuensi Turbo?

Spesifikasi CPU Intel mencantumkan Frekuensi Turbo Maksimal dan Frekuensi Dasar Prosesor. Frekuensi dasar prosesor berarti titik pengoperasian reguler CPU, sementara Frekuensi Turbo Maksimal berarti kecepatan maksimum yang dapat dicapai prosesor menggunakan Intel® Turbo Boost Technology.

Intel® Turbo Boost Technology adalah alat yang meningkatkan kecepatan clock secara dinamis untuk menangani beban kerja berat. Alat ini bekerja tanpa memerlukan penginstalan atau konfigurasi oleh pengguna. Teknologi ini memperkirakan besarnya rentang termal yang dimiliki prosesor, serta jumlah core yang digunakan, kemudian meningkatkan kecepatan clock ke tingkat maksimum yang aman. Baca selengkapnya tentang teknologi ini di sini.

Angka mana yang lebih penting untuk game? Frekuensi turbo. Dengan pendinginan yang memadai, ini adalah kecepatan operasi CPU Anda saat menangani beban kerja berat (seperti bepergian menelusuri kota, atau menghitung perilaku AI giliran musuh dalam permainan strategi) dalam game yang paling intensif menggunakan CPU.

Bagaimana Cara Menyesuaikan Kecepatan Clock CPU?

Istilah “overclocking”3 berarti mempercepat clock CPU untuk memperbesar daya pemrosesan. CPU Intel dengan “K” pada namanya dilengkapi dengan “multiplier” yang tidak terkunci untuk memudahkan overclocking bila dipasangkan dengan chipset motherboard yang mendukung overclocking.

Overclocking dapat menghasilkan peningkatan FPS4, bahkan untuk CPU kelas tinggi seperti prosesor Intel® Core™ i9 terbaru. Pelajari lebih lanjut tentang cara menemukan overclock yang stabil dan memaksimalkan perangkat keras yang telah Anda miliki di sini.

Multiplier CPU (terkadang disebut “rasio CPU”) dikalikan dengan CPU Base Clock (atau BCLK) untuk menentukan kecepatan clock prosesor. Misalnya, multiplier CPU 46 dan clock dasar 100 MHz menghasilkan kecepatan clock 4,6 GHz. (Perhatikan bahwa BCLK pada pengaturan BIOS sistem tidak sama dengan “Frekuensi Dasar Prosesor” yang tercantum dalam spesifikasi Intel—istilah yang kedua berarti kecepatan clock CPU secara keseluruhan jika Teknologi Intel® Turbo Boost tidak diaktifkan.)

BCLK tidak hanya mengatur kecepatan CPU, tetapi juga kecepatan memori, bus PCIe, cache CPU, dan lain-lain. Akan lebih mudah bagi overclocker untuk hanya menyesuaikan multiplier CPU daripada mengubah BCLK, yang dapat menyebabkan ketidakstabilan karena memengaruhi banyak komponen sekaligus.

Mengapa Kecepatan Clock Penting?

Kecepatan clock CPU adalah indikator yang baik mengenai performa prosesor. Meskipun aplikasi seperti pengeditan video dan streaming dikenal mengandalkan performa multi-core, banyak game video baru masih meraih tolok ukur terbaik pada CPU dengan kecepatan clock tertinggi.

Informasi Produk dan Performa

3

Mengubah frekuensi atau tegangan clock dapat merusak atau mengurangi masa pakai prosesor dan komponen sistem lain, dan dapat mengurangi kinerja dan stabilitas sistem. Garansi produk bisa tidak berlaku jika prosesor dioperasikan di luar batas spesifikasinya. Konsultasikan dengan produsen sistem dan komponen untuk informasi tambahan.