Perangkat yang Paling Memanfaatkan Thunderbolt™ 4

Aksesori Thunderbolt 4 performa tinggi ini akan mengatur dan meningkatkan pengalaman gaming dan streaming Anda.1 2 3

Fokus Utama:

  • Hubungkan beberapa aksesori gaming ke dock Thunderbolt™ untuk menyederhanakan pengaturan gaming Anda.

  • Gunakan perangkat penangkap Thunderbolt™ dalam pengaturan PC ganda untuk streaming dengan tingkat resolusi dan frame yang tinggi.

  • Sambungkan SSD Thunderbolt™ dengan kecepatan pemuatan cepat dan pembacaan cepat dibandingkan koneksi PCIe.

  • Gunakan Thunderbolt™ 4 untuk menghubungkan monitor gaming tingkat refresh tinggi dengan dukungan DisplayPort 1.4.

author-image

By

Baik saat Anda bermain game, streaming, atau suka menggunakan aksesori dan periferal performa tinggi, Thunderbolt™ 4 memungkinkan Anda untuk melakukan lebih banyak lagi dengan PC Anda.

Apa itu Thunderbolt™ 4? Sederhananya, teknologi Thunderbolt 4 adalah antarmuka universal dan cepat untuk menghubungkan banyak jenis aksesori, termasuk perangkat yang didukung USB dan Thunderbolt. Layar gaming standar mana pun juga dapat digunakan, karena antarmuka Thunderbolt secara standar kompatibel dengan monitor DisplayPort.

Dalam hal aksesori gaming, port Thunderbolt 4 memberikan Anda beragam opsi. Dari perangkat penangkapan eksternal ke SSD portabel yang cepat, berikut adalah beberapa aksesori Thunderbolt terbaik untuk meningkatkan pengaturan gaming Anda.

Dock Semua Perlengkapan Gaming Anda

Port Thunderbolt 4kompatibel dengan perangkat USB 2.0, USB 3.2, dan USB4, yang berarti semua aksesori gaming USB Anda dapat digunakan. Stasiun docking Thunderbolt™ memungkinkan Anda untuk secara cepat menghubungkan sejumlah besar aksesori input dan output resolusi tinggi secara bersamaan.

Dock Thunderbolt™ 4. Gunakan dock Thunderbolt™ 4 untuk meningkatkan jumlah port yang tersedia untuk Anda. Mereka memiliki hingga empat port Thunderbolt untuk docking Thunderbolt™ dan aksesori USB-C lainnya. Prosesor ini juga sering memberikan port tambahan termasuk USB-A, DisplayPort, AUX, Ethernet dan slot kartu SD.

Dock Thunderbolt™ 4 tidak hanya memungkinkan Anda menghubungkan banyak peralatan, ia juga membantu menjaga meja Anda tetap rapi. Dengan dock, semua kabel yang berantakan akan masuk ke hub Thunderbolt™ di samping PC Anda dan bukan melewati berbagai port di depan, samping, dan panel belakang yang sulit dijangkau. Meja menjadi rapi, dan port dapat diakses cepat, mempermudah melepaskan dan memindahkan peralatan Anda.

Periferal gaming. Menghubungkan aksesori berkabel seperti keyboard, mouse, dan headset—ke stasiun docking Thunderbolt™ 4 menjaga pengaturan meja Anda tetap rapi dan peralatan Anda siap untuk digunakan.

  • Keyboard mekanis memungkinkan Anda memilih jenis tekanan tombol yang Anda inginkan, dari switch linear yang super cepat hingga switch yang nyaring untuk umpan balik taktil yang memadai.
  • Mouse berkabel yang dirancang untuk gaming memberikan tracking konsisten dengan sensitivitas yang dapat disesuaikan, diukur dalam dot per inci (DPI).
  • Headset memberikan audio dengan arah yang akurat untuk mengidentifikasi sumber suara dan disertai mikrofon bawaan untuk berkomunikasi dengan rekan tim.

Jadilah kreatif dengan periferal Anda. Misalnya, hubungkan roda balapan atau yoke pesawat untuk menambahkan kontrol autentik dalam game simulasi. Beberapa input—seperti roda, pedal, dan tuas persneling untuk game balap dapat terpasang ke satu port. Periferal mengisi lebih sedikit port pada komputer Anda, yang membuka lebih banyak port untuk penggunaan lainnya.

Keunggulan lain menjalankan periferal simulasi Anda melalui dock Thunderbolt™ 4 adalah bahwa port Anda lebih mudah diakses. Anda dapat menempatkan dock di titik yang nyaman, memberikan Anda mobilitas tambahan untuk membangun pengaturan apa pun yang Anda impikan. Kabel Thunderbolt 4 memberikan kecepatan transfer tinggi dengan panjang hingga 2 meter (6,56 kaki), dan menghubungkan periferal ke dock Thunderbolt™ 4 memberikan jangkauan lebih panjang. Pelajari selengkapnya tentang periferal gaming.

Streaming Seperti Profesional

Hubungkan peralatan streaming Anda ke dock Thunderbolt™ 4. Keunggulan termasuk ekspansi port dan manajemen kabel rapi dan kemampuan untuk secara cepat terhubung ke periferal streaming Anda ketika Anda menginginkannya.

  • Webcam eksternal memiliki resolusi lebih tinggi dan tingkat frame lebih baik dibandingkan webcam yang terintegrasi ke laptop, dan sehingga memberikan video yang lebih halus dan jernih. Anda juga dapat memindahkannya dengan mudah untuk mengatur sudut kamera yang lebih baik.
  • Mikrofon terpisah dapat memberikan kualitas audio yang luar biasa untuk streaming Anda. Headset gaming dengan mic bawaan adalah opsi baik lainnya. Bagi mereka yang memerlukan kualitas dan fitur suara profesional, hubungkan mic XLR dengan antarmuka audio Thunderbolt™.
  • Deck streaming, kontroler midi, dan pad makro yang dapat diprogram memungkinkan Anda memetakan fungsi streaming umum ke hotkey. Ubah latar secara langsung, picu overlay, mainkan musik katar, berinteraksi dengan audiens Anda, dan posting pesan ke saluran media sosial yang mengumumkan kapan Anda live.

Belum terbiasa live-streaming? Baca panduan kami tentang cara memulai.

Perangkat penangkapan eksternal Thunderbolt™. Menambahkan perangkat penangkapan yang didukung Thunderbolt ke pengaturan Anda dapat memberikan peningkatan besar pada kualitas video live-stream Anda.

Perangkat penangkapan eksternal memungkinkan Anda menangkap dan menyalurkan video tanpa memengaruhi performa PC Anda. Dengan cara itu performa dalam game Anda tidak terdampak dari proses encoding video, sehingga Anda dapat bermain dengan frame rate yang lebih tinggi.

Perangkat penangkapan Thunderbolt™ 4 memanfaatkan bandwidth tinggi 40 Gbps dari port Thunderbolt™. Anda dapat streaming dengan rekaman video hingga 4K pada 60 FPS dan mencapai hingga 240 FPS pada 1080p di PC streaming Anda (tergantung pada kemampuan PC gaming, PC streaming, dan perangkat penangkapan Anda). Pelajari cara membuat pengaturan streaming PC ganda di sini.

Tingkatkan PC Gaming Anda dengan Perangkat Performa Tinggi

Hubungkan aksesori tambahan ke rig gaming Anda untuk performa dan fungsi gaming yang lebih baik. Port Thunderbolt 4 mendukung SSDkecepatan tinggi, monitor gaming, dan grafis eksternal.

SSD Thunderbolt™. Drive eksternal cepat dapat menjadi aset untuk gaming. Misalnya, Anda dapat menyimpan pustaka gaming Anda di drive eksternal dan membawanya ke PC lain. SSD Thunderbolt™ dapat mencapaikecepatan penyimpanan hingga 3.000 Mbps untuk pengalaman gaming yang cekatan, memberikan waktu pemuatan yang cepat dan membantu mengurangi macet saat game memuat data.

SSD Thunderbolt™ juga berguna untuk menyimpan rekaman gameplay karena mereka memberikan throughput tinggi yang diperlukan untuk mengedit file video besar.

Baca semua tentang manfaat gaming di SSD di sini.

Monitor gaming. Port Thunderbolt 4 memberikan Anda beragam opsi monitor. Hubungkan layar Thunderbolt™, layar DisplayPort 1.4, atau gunakan adaptor atau dock Thunderbolt™ untuk menghubungkan HDMI, DVI, dan VGA. Semua terserah Anda.

  • Monitor refresh tingkat tinggi memungkinkan Anda melihat keunggulan bermain game di atas dan melampaui 60 FPS. Hubungkan monitor gaming 144Hz atau 240Hz untuk animasi yang lebih halus dan latensi lebih rendah.
  • Monitor HDR 4K menghadirkan lebihbanyak warna dan detail. Anda juga dapat menjalankan pengaturan 4K ganda dengan 60Hz. Selain itu, hubungkan monitor 5K atau 8K untuk memainkan makin banyak game yang mendukung resolusi ultra-tinggi ini.
  • Monitor ultrawide memperluas bidang pandang Anda di dalam dunia game (untuk game yang mendukung mereka). Beberapa monitor ultrawide didesain melengkung untuk memberikan pemandangan yang jelas dari sudut layar yang ekstrem.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang opsi monitor gaming Anda, baca di sini.

Grafis eksternal. Desain Thunderbolt™ memberikan slot ekspansi eksternal yang nyaman untuk menginstal komponen performa tinggi yang memerlukan akses ke jalur PCIe sistem Anda. Mereka dapat menjadi opsi yang baik untuk PC bentuk faktor kecil (SFF) atau pengguna laptop tipis.

Kartu grafis, misalnya, dapat diinstal di dock Thunderbolt™ untuk meningkatkan kemampuan dan performa PC Anda, sehingga Anda dapat memainkan game dengan pengaturan video yang lebih tinggi.

Dengan Thunderbolt™ 4, persyaratan data PCIe minimal yang telah meningkat dari 16 Gbps ke 32 Gbps, yang berarti grafis eksternal dapat mengalami peningkatan performa tergantung pada spesifikasinya.

Satu saran penting: pastikan produk kompatibel dengan PC Anda jika Anda berencana menambahkan eGFX ke pengaturan Anda.

Rasakan Pengalaman Gaming dengan Aksesori Thunderbolt 4

Aksesori Thunderbolt 4—termasuk periferal gaming dan streaming, perangkat penangkap, monitor, penyimpanan cepat, dan grafis eksternal—akan meningkatkan pengalaman gaming Anda. Port Thunderbolt 4 memberikan koneksi yang andal dan serbaguna untuk perangkat performa tinggi yang Anda inginkan.

Untuk menggunakan aksesori Thunderbolt, cari port Thunderbolt 4 pada PC Anda berikutnya. Anda akan menemukannya di sistem dengan prosesor Intel tertentu. Teknologi Thunderbolt 4 terintegrasi prosesor Intel Core Generasi ke-11 dan lebih tinggi, yang memungkinkan Anda melakukan lebih banyak lagi dengan aksesori Anda. Temukan apa lagi keunggulan port Thunderbolt 4 di sini.

Informasi Produk dan Performa

1

Intel tidak mengontrol atau mengaudit data pihak ketiga. Anda harus mempertimbangkan sumber lainnya untuk mengevaluasi akurasi.

2

Mengubah frekuensi atau voltase clock dapat menghanguskan garansi dan mengurangi kestabilan, keamanan, performa, dan umur prosesor serta komponen lainnya. Hubungi produsen sistem dan komponen untuk untuk mendapatkan detail.

3Thunderbolt™ akan bervariasi tergantung pada perangkat keras dan perangkat lunak khusus yang digunakan. Harus menggunakan perangkat yang didukung Thunderbolt™.