Periferal Game Terbaik Menurut Profesional Esport1

Periferal game zaman sekarang sangat beragam, dan begitu banyaknya opsi tersebut mungkin membingungkan, bahkan bagi gamer paling berpengalaman sekalipun. Headset mana yang terbaik? Haruskah Anda bermain dengan keyboard dan mouse atau kontroler? Monitor seperti apa yang paling baik menampilkan game yang Anda mainkan?

Untuk membantu Anda menyaring opsi, kami mengobrol dengan para pemain Legends*, Overwatch*, dan Counter-Strike: Global Offensive* untuk menanyakan pertimbangan mereka dalam memilih perlengkapan game PC baru.

Preferensi Pribadi

Sebaiknya Anda memilih periferal yang tepat bagi Anda sendiri, walaupun mungkin berbeda dari selera orang lain. Tidak ada satu rangkaian yang sesuai untuk semua orang - khususnya dalam kompetisi esport tingkat tertinggi.

Pendapat mengenai perlengkapan terbaik begitu beragam, tetapi orang sering salah kaprah dengan anggapan bahwa perlengkapan "latihan" dan perlengkapan turnamen resmi adalah dua hal yang berbeda.

"Penting untuk mereplikasi lingkungan turnamen dalam penyiapan di rumah agar Anda terbiasa dengan situasi kompetisi," ujar Lynnie "artStar" Noquez, juara Intel Challenge dua kali dan pemain Counter-Strike: Global Offensive* untuk Team Dignitas*.

"Beberapa hal yang diperhatikan saat saya mencari produk bagus adalah: Produk harus nyaman saat digenggam dan dikendalikan, dengan bahan yang kuat dan tahan lama, sebaiknya pilih produk yang ringkas untuk dibawa bepergian, dan saya suka produk yang terlihat keren."

Jika Anda ingin serius latihan, penting untuk mengintegrasikan periferal tingkat turnamen ke dalam pelatihan harian Anda.

Keyboard Mekanis

Sebaiknya Anda mulai dengan membeli keyboard game mekanis yang mantap, daripada membeli keyboard “membran” standar. Keyboard membran tidak memisahkan tombol ke berbagai bagian yang bergerak, sehingga jarang memiliki efek ketukan “mesin ketik” yang membuat keyboard mekanis terasa begitu nyata dan responsif. Keyboard membran mungkin cukup untuk mengetik sehari-hari, tapi dalam game kompetitif, keyboard dapat menyebabkan gamer lebih rentan terhadap kesalahan dan merasa kurang nyaman.

"Semua periferal saya ada dalam daftar 'wajib dimiliki' untuk game kompetitif, karena sangat andal dalam permainan turnamen," kata Noquez. “Keyboard HyperX* Alloy FPS saya terlihat keren — sangat penting bagi saya — ditambah dengan saklar perak yang bereaksi cepat, memungkinkan saya untuk lebih tepat dan lebih cepat dari lawan."

Kadang juga disebut "switch cepat”, switch Kailh Silver adalah jenis switch keyboard mekanis yang khusus dirancang untuk para gamer. Jika dibandingkan, sakelar Cherry MX* Red bergerak dalam rentang 2 mm, tetapi sakelar Cherry MX* Silver yang lebih pendek bergerak dalam rentang 1,2 mm2, artinya tombol tidak perlu ditekan terlalu dalam.

Cody Sun, pemain ADC untuk tim Clutch Gaming*, mengatakan bahwa ia merasa yakin dengan keyboard mekanis setelah melihat pemain profesional Liga* favoritnya menggunakannya.

“Saya menggunakan [Corsair*] K70,” ujarnya. “Dulu saya tak peduli dengan keyboard mekanis, tetapi saya jadi terpengaruh karena melihat pemain profesional lainnya menggunakan keyboard mekanis. Mereka semua bilang itu sangat berguna.”

Sun memilih switch mekanis Cherry MX* Blue dibanding Red, mengatakan bahwa Red “sangat lunak”, artinya “Anda tak perlu menekannya dengan keras,” sedangkan tombol Blue terasa “lebih keras untuk diklik dan nyata.”

Bagi Alberto "neptuNo" González, anggota tim Overwatch League* Philadelphia Fusion*, pilihan keyboard lebih bersifat subjektif.

“Satu-satunya yang penting pada keyboard adalah ukurannya harus kecil — saya tak perlu keypad,” paparnya. "Keyboard yang lebih kecil seperti ini — disebut “tenkeyless”, karena tidak memiliki pad angka standar — sehingga Anda memiliki ruang tambahan di meja yang sangat penting untuk menggerakkan mouse atau duduk di samping rekan satu tim saat mengikuti turnamen. Saya menggunakan Logitech* G-Pro,”kata González. "Saya tak terlalu memikirkan keyboard. Beberapa orang terlalu memikirkannya, tetapi menurut saya yang penting adalah kenyamanan. Gunakan keyboard yang nyaman digunakan.”

Mouse dan Headset

Saat mencari mouse atau headset game bagus, gunakan prinsip umum yang sama saat Anda mencari keyboard game yang mantap. Tidak ada satu solusi yang “tepat”, tapi beralih ke periferal berkualitas khusus game dapat mengubah kualitas pengalaman secara signifikan. Menurut hasil perbincangan kami dengan para pemain profesional, ada beberapa jenis mouse yang berfokus pada genre game, khususnya bagi pemain MOBA, FPS, dan MMO, tetapi sebaiknya Anda menggunakan mouse yang paling alami dan nyaman.

Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih mouse. Tergantung jenis game, pertimbangan seperti DPI (titik per inci), berat, tombol, jenis sensor, skate, dan bahkan bahan kabel, dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam performa mouse Anda. Anda juga harus mempertimbangkan bahan permukaan meja; pad mouse dapat menambah atau mengurangi gesekan, tergantung selera Anda.

“Saya menggunakan EC2-B buatan Zowie*,” kata González dari Philadelphia Fusion* saat ditanya tentang mouse yang digunakan. “Saya menyukainya karena seluruh permukaan telapak tangan saya bisa diletakkan di mouse. Mouse itu juga untuk orang bertangan kanan, pas sekali. Saya ingin mencoba mouse nirkabel, tapi belum menemukan bentuk yang saya sukai.”

Mouse dan keyboard yang bagus dapat mengoptimalkan input, tetapi umpan balik audio juga penting dalam memperoleh keunggulan kompetitif. Audio kontekstual (misalnya jejak atau suara berbasis lokasi) semakin populer dalam video game modern, sama pentingnya dengan komunikasi vokal yang andal. Solusi audio yang baik adalah hal mutlak bagi pemain profesional.

Noquez, pemain CS:GO*, mengatakan bahwa ia ingin dapat "mendengar setiap langkah dalam game” meskipun ada suara dari “penonton, produksi, dan musik acara” pada turnamen besar. Sama seperti periferal lainnya, headset memiliki berbagai faktor bentuk. Anda harus mempertimbangkan fitur seperti bagian belakang terbuka atau tertutup, ukuran driver, nirkabel atau tidak, dan tentu saja, tingkat kenyamanannya. Pilih headset yang memungkinkan telinga Anda bernapas agar tetap nyaman bila dikenakan dalam waktu lama.

Siap Sedia

Mouse, keyboard, dan headset baru yang sesuai dengan gaya bermain game Anda dapat memengaruhi performa secara signifikan. Ada alasan gamer profesional percaya dengan periferal tertentu: Mereka sudah terbiasa dengannya. Dengan periferal yang tepat, Anda dapat menguasai perlengkapan dengan berlatih, dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk berkompetisi. Semua profesional esport mengingatkan kami bahwa bukan keyboard keren yang membuat mereka berhasil menjadi juara, tapi kerja keras dan latihan selama bertahun-tahun.

Untuk memaksimalkan periferal, Anda harus memiliki laju bingkai yang halus. Jika ingin menjadi profesional esport suatu hari, sebaiknya Anda berpikir kritis tentang periferal yang Anda gunakan. Ingin mempelajari cara memaksimalkan performa perangkat keras game Anda? Lihat artikel lainnya dalam seri ini.

Informasi Produk dan Performa

1

*Nama dan merek lain mungkin diakui sebagai milik pihak lain.