Cara Kerja Teknologi Hibrida Intel® Core™ Generasi ke-12

Pelajari bagaimana CPU Intel® Core™ Generasi ke-12 menggunakan P-core dan E-core yang canggih secara bersamaan untuk meningkatkan gaming, streaming, serta multitugas.1 2

Fokus Utama:

  • CPU Generasi ke-12 memadukan Performance-core (P-core) dengan Efficient-core (E-core) untuk pengalaman gaming dan komputasi yang lebih lancar.

  • Intel® Thread Director membuat keputusan penjadwalan optimal untuk semua beban kerja ketika menentukan thread pada inti.

  • P-core baru menghadirkan peningkatan performa rata-rata 19% lebih tinggi dibandingkan arsitektur Generasi ke-11.

  • E-core baru menghadirkan performa 40% lebih tinggi pada daya yang sama ketika dibandingkan dengan Skylake.

  • Dapat menggunakan DDR4 atau DDR5 baru yang lebih cepat.

author-image

By

CPU Intel® Core™ Generasi ke-12 menggunakan desain arsitektur hibrida performa untuk mengubah pengalaman gaming dan komputasi. Dengan mengintegrasikan dua mikroarsitektur inti baru ke dalam satu die, teknologi terobosan ini meningkatkan efisiensi komputasi dan menghadirkan optimisasi beban kerja cerdas.

Apa manfaatnya bagi pengguna desktop? Performa terdepan, efisiensi daya, serta dukungan untuk memori dan I/O canggih. Peningkatan IPC yang menghadirkan gameplay lebih lancar, pengalaman tingkat sistem yang lebih baik, dan produktivitas lebih tinggi.

Untuk memahami cara kerjanya, mari kita dalami kemajuan utamanya, dari P-core dan E-core hingga Intel® Thread Director.

Beli desktop prosesor Intel® Core™ Generasi ke-12 sekarang

Bagaimana Cara Kerja CPU Generasi ke-12?

CPU Intel® Core™ Generasi ke-12 beradaptasi dengan cara bekerja dan bermain Anda. Ketika bermain game, prosesor mencegah tugas latar belakang agar tidak mengganggu atau menggunakan inti performa tinggi. Ketika bekerja, prosesor memberikan pengalaman tingkat sistem yang lebih lancar selagi menggunakan aplikasi yang menuntut.

CPU Generasi ke-12 mengintegrasikan dua jenis inti ke dalam satu die: performance-core (P-core) dan efficient-core (E-core).

Inti performa adalah:

  • Inti performa tinggi yang secara fisik lebih besar yang dirancang untuk kecepatan mentah sekaligus menjaga efisiensi.
  • Dioptimalkan untuk performa thread tunggal berlatensi rendah dan beban kerja AI.
  • Mampu melakukan hyper-threading, atau menjalankan dua thread perangkat lunak secara bersamaan.
  • Diukur dengan rata-rata performa 19% lebih baik, dibandingkan CPU Intel® Core™ Generasi ke-11 dalam berbagai beban kerja pada frekuensi ISO3.

Efficient-core bersifat:

  • Secara fisik lebih kecil, dengan beberapa E-core terpasang ke dalam ruang fisik yang ditempati oleh satu P-core.
  • Dioptimalkan untuk performa per watt multi inti—menghadirkan performa multithread yang dapat diskalakan dan pembongkaran tugas latar belakang yang efisien.
  • Mampu menjalankan satu thread perangkat lunak.
  • Mampu menghasilkan performa 40% lebih tinggi ketika beroperasi pada daya yang sama dengan satu inti Skylake4.

Apa itu hyper-threading? Cari tahu di sini.

Apa itu Intel® Thread Director?

Intel® Thread Director menghasilkan keajaiban di balik layar yang memaksimalkan performa Generasi ke-12.

Intel® Thread Director adalah solusi perangkat keras untuk penjadwalan tugas optimal, yang dirancang untuk membantu kerja sama P-core dan E-core. Ketimbang menentukan thread ke inti berdasarkan peraturan statis, Intel® Thread Director beradaptasi dengan berbagai beban kerja dan kondisi seperti suhu serta anggaran daya.

Intel® Thread Director membantu sistem operasi untuk menetapkan tugas secara cerdas, yang menghasilkan peningkatan performa saat bermain game, memulai streaming ketika gaming, membuat konten, atau melakukan tugas produktivitas umum.

Berikut cara kerjanya:

  • Intel® Thread Director memantau campuran instruksi runtime setiap thread dan status setiap inti dengan presisi nanodetik.
  • Intel® Thread Director memberikan umpan balik runtime kepada sistem operasi untuk membuat keputusan opsional pada beban kerja.
  • Intel® Thread Director secara dinamis menyesuaikan panduannya berdasarkan Titik Desain Termal (TDP) sistem, kondisi pengoperasian, dan pengaturan daya.
  • Intel® Thread Director memberikan panduan tanpa membutuhkan input pengguna, menghilangkan beban pada developer untuk menulis kembali kode yang ada.

Dengan mengidentifikasi kelas setiap beban kerja dan menggunakan mekanisme nilai inti energi serta performa, Intel® Thread Director membantu sistem operasi dalam menetapkan thread pada inti terbaik untuk performa atau efisiensi.

Apakah Turbo Boost Max Technology 3.0 Memengaruhi Generasi ke-12?

Intel® Turbo Boost Max Technology 3.0 meningkatkan performa dengan thread ringan lebih jauh. Karena variasi dalam die selama manufaktur menghasilkan beberapa inti yang lebih cepat dibandingkan inti lainnya (mendukung performa lebih tinggi dan tegangan rendah), beberapa P-core dapat mengungguli inti lainnya.

Turbo Boost Max 3.0 memanfaatkan perbedaan tersebut dengan mengidentifikasi P-core terbaik dalam prosesor dan menyalurkan tugas pada inti tersebut. Hal ini mempercepat performa tanpa meningkatkan tegangan, memungkinkan CPU untuk beroperasi sesuai spesifikasi.

Apa perbedaan Turbo Boost dengan overclocking?5 6 Lihat artikel kami di sini.

Apa itu Memori DDR5?

Platform Intel® Core™ Generasi ke-12 memberikan pilihan memori yang penting: RAM DDR4 atau DDR5?

DDR5 adalah spesifikasi generasi berikutnya untuk RAM dan dilengkapi dengan berbagai peningkatan dalam kecepatan serta efisiensi ketika dibandingkan dengan DDR4, yang merupakan standar saat ini.

  • Kit dengan bandwidth lebih tinggi berkat panjang rentetan dua kali lipat lebih tinggi—jumlah bit yang dapat dibaca per siklus.
  • Generasi ke-12 mendukung kecepatan hingga 4.800 MHz untuk DDR5 dan 3.200 MHz untuk DDR4.
  • DDR5 memungkinkan kapasitas hingga 128 GB RAM per modul, sedangkan DDR4 hanya memungkinkan 32 GB.
  • DDR5 menggandakan jumlah grup bank memori dan meningkatkan kecepatan refresh grup.

Meskipun modul DDR4 dan DDR5 sama-sama memiliki 288 pin, tata letaknya yang berbeda membuat kedua modul tersebut tidak dapat dipasang dalam slot DIMM yang sama.

Dengan CPU Intel® Core™ Generasi ke-12, Anda memiliki opsi untuk membuat sistem dengan menggunakan RAM DDR4 yang sudah teruji atau stick DDR5 baru. Jika memutuskan tetap memakai DDR4 untuk sekarang, prosesor Intel® Core™ Generasi ke-12 memberikan opsi untuk upgrade ke DDR5 nantinya, selagi berkembangnya teknologi tersebut serta meningkatnya kecepatan dan kapasitas kit DDR5.

Semua CPU desktop Generasi ke-12 dilengkapi dukungan memori unlocked, sehingga memberikan kebebasan lebih banyak untuk menyesuaikan performa RAM. Gunakan profil DDR5 pada Intel® Extreme Memory Profile 3.0 (XMP 3.0) untuk melakukan overclock dengan mudah pada memori dan membuat profil kustom baru guna menyesuaikan perilaku.

Apa itu PCIe 5.0?

CPU Intel® Core™ Generasi ke-12 memimpin transisi industri ke PCIe 5.0. PCIe 5.0 memiliki bandwidth dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan PCIe 4.0, sehingga membuat sistem siap untuk SSD dan GPU terpisah generasi berikutnya.

PCIe adalah bus ekspansi bandwidth tinggi yang digunakan untuk menghubungkan kartu grafis, SSD, dan periferal lainnya ke motherboard. Jumlah throughput dalam PCIe meningkat secara ganda setiap generasinya, dengan PCIe 5.0 memberikan kecepatan transfer data maksimum teoretis 32 GT/s.

Manfaat penerapan PCIe 5.0 Generasi ke-12 meliputi:

  • Kompatibilitas lengkap terhadap generasi sebelumnya dengan perangkat PCIe 4.0 dan 3.0.
  • Memiliki bandwidth dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan 4.0 dan empat kali lipat lebih tinggi dibandingkan bandwidth 3.0.
  • Hingga 16 jalur PCIe 5.0 CPU dan hingga 4 jalur PCIe 4.0 CPU.

Untuk informasi lebih lanjut tentang jalur PCIe 5.0 dan PCIe CPU, lihat artikel lengkap kami.

Apa Itu Intel 7?

Intel 7 adalah pemrosesan manufaktur tingkat lanjut di balik performa terobosan CPU Intel® Core™ Generasi ke-12.

Sebelumnya disebut sebagai Enhanced SuperFin, teknologi Intel 7 memberikan peningkatan sekitar 10-15% dalam performa transistor per watt dibandingkan pemrosesan sebelumnya, SuperFin 10 nm.

Apa faktor yang menyebabkan peningkatan performa tersebut? Optimisasi tingkat transistor FinFET dan tiga inovasi utama:

  • Elektron super cepat berkat peningkatan tekanan dan materi berdaya tahan rendah.
  • Kontrol energi yang disempurnakan melalui teknik pemolaan berdensitas tinggi baru dan struktur yang disederhanakan.
  • Pengantaran daya canggih, perutean unggul, dan susunan logam tinggi.

Bagaimana Cara Generasi ke-12 Mengubah Overclocking?

Arsitektur dinamis CPU Intel® Core™ Generasi ke-12 memberikan opsi penyetelan tingkat lanjut prosesor unlocked kepada pengguna. Misalnya, kontrol overclocking terpisah untuk P-core dan E-core memungkinkan penyesuaian perilaku inti sesuai dengan preferensi Anda.

Gunakan versi terbaru utilitas overclocking Intel untuk memaksimalkan komputer:

  1. Intel® Extreme Tuning Utility (Intel® XTU) memberikan set alat tingkat lanjut bagi penggemar overclocking yang berpengalaman, dan kini dilengkapi alat pengukuran performa yang mendetail.
  2. Intel® Performance Maximizer (IPM) melakukan overclocking otomatis setelah menganalisis DNA performa terpisah prosesor.
  3. Profil Intel® Extreme Memory Profile (XMP 3.0) memudahkan overclock RAM DDR5 atau DDR4.

Pelajari lebih lanjut tentang overclocking dengan panduan lengkap overclocking CPU Intel® unlocked.

Apa yang Baru dalam Generasi ke-12?

Dengan mengintegrasikan dua mikroarsitektur ke dalam satu die, CPU Intel® Core™ Generasi ke-12 membuat terobosan generasi dalam performa. Berkat Intel® Thread Director, prosesor ini secara cerdas membagi tugas antara P-core dan E-core. Teknologi tersebut meningkatkan gaming dan produktivitas dengan memastikan tugas latar belakang tidak mengalihkan perhatian inti paling bertenaga.

Selain arsitektur dinamis, Generasi ke-12 dilengkapi berbagai peningkatan platform seperti dukungan RAM DDR5 dan penerapan PCIe 5.0. Sistem Generasi ke-12 tidak hanya menghadirkan performa canggih saat ini, sistem ini juga memberikan platform untuk perangkat tercepat yang akan dirilis dalam waktu dekat.

Temukan sistem Generasi ke-12 yang tepat untuk Anda.

Pertanyaan Umum

Pertanyaan Umum

Motherboard Intel® seri 600 dengan soket LGA 1700 diperlukan, dan motherboard Z690 enthusiast diperlukan untuk dukungan overclocking yang lebih tinggi. CPU ini tidak kompatibel dengan motherboard seri 500 lama seperti Z590.

Informasi Produk dan Performa

1

Performa bervariasi berdasarkan penggunaan, konfigurasi, dan faktor lainnya. Pelajari lebih lanjut di www.Intel.co.id/PerformanceIndex.

Hasil performa berdasarkan pengujian per tanggal yang diperlihatkan dalam konfigurasi dan mungkin tidak mencerminkan semua pembaruan keamanan yang tersedia untuk umum. Lihat cadangan untuk detail konfigurasi. Tidak ada produk atau komponen yang bisa sepenuhnya aman.

Biaya dan hasil Anda mungkin berbeda.

Intel tidak mengontrol atau mengaudit data pihak ketiga. Anda harus mempertimbangkan sumber lainnya untuk mengevaluasi akurasi.

Teknologi Intel mungkin memerlukan perangkat keras, perangkat lunak, atau aktivasi layanan pendukung.

2

© Intel Corporation. Intel, logo Intel, dan merek Intel lainnya adalah merek dagang Intel Corporation atau anak perusahaannya. Nama dan merek lain mungkin diakui sebagai milik pihak lain.

4https://edc.intel.com/content/www/us/en/products/performance/benchmarks/architecture-day-2021/ Lihat cadangan untuk beban kerja dan konfigurasi. Hasil dapat bervariasi.
5

Tidak ada produk atau komponen yang bisa sepenuhnya aman.

Mengubah frekuensi atau tegangan clock dapat merusak atau mengurangi masa pakai prosesor dan komponen sistem lain, dan dapat mengurangi kinerja dan stabilitas sistem. Garansi produk bisa tidak berlaku jika prosesor dioperasikan di luar batas spesifikasinya. Konsultasikan dengan produsen sistem dan komponen untuk informasi tambahan.

6

Mengubah frekuensi atau voltase clock dapat menghanguskan garansi dan mengurangi kestabilan, keamanan, performa, dan umur prosesor serta komponen lainnya. Hubungi produsen sistem dan komponen untuk untuk mendapatkan detail.