Bagaimana Teknologi Intel Mendorong Performa CPU Anda

Inovasi seperti Teknologi Adaptive Boost membuat CPU Generasi ke-11 lebih cepat. Pelajari bagaimana Turbo Boost, Thermal Velocity Boost, dan Teknologi Adaptive Boost bekerja bersama di bawah ini.1 2 3

Fokus Utama:

  • Teknologi-teknologi pendorong bekerja bersama untuk membantu meningkatkan performa CPU.

  • Turbo Boost 2.0 mendorong CPU Anda di atas kecepatan clock dasarnya ketika diperlukan.

  • Turbo Boost Max 3.0 mengidentifikasi inti tercepat Anda untuk mengoptimalkan performa.

  • Thermal Velocity Boost mempercepat semua inti ketika headroom termal tersedia.

  • Baru di Generasi ke-11, Teknologi Adaptive Boost mempercepat frekuensi ketika ada lebih dari dua inti sedang bekerja.

BUILT IN - ARTICLE INTRO SECOND COMPONENT

Beban kerja yang berbeda menempatkan tuntutan yang berbeda pada CPU sistem. Umumnya, prosesor dapat dengan mudah menangani permintaan ringan seperti menjalankan program pemroses kata atau menelusuri web. Namun tugas kelas berat seperti gaming, mengedit video, atau streaming konten menuntut lebih banyak.

Teknologi pendorong mengatasi perbedaan ini dan membantu prosesor Intel beradaptasi dengan pekerjaan yang ada. Ini dilakukan dengan meningkatkan frekuensi CPU, atau kecepatan clock.

Sebelum kita mendiskusikan bagaimana perilaku pendorong bekerja, ada dua spesifikasi yang harus dipahami.

Frekuensi dasar adalah frekuensi di mana CPU berjalan ketika sistem siaga atau berada dalam beban yang ringan. Ketika berjalan pada frekuensi dasar, CPU menggunakan daya lebih sedikit dan menghasilkan panas lebih sedikit. Beroperasi dengan frekuensi rendah pada beberapa kesempatan — sebagaimana kebalikan dengan kecepatan penuh di setiap saat — dapat juga membantu harapan hidup prosesor4.

Frekuensi turbo maksimum adalah frekuensi yang ditargetkan CPU ketika tertekan oleh aplikasi yang menuntut seperti game. Ini adalah frekuensi inti tunggal maksimum yang dapat dicapai CPU tanpa overclock.

Sebagai contoh, Intel® Core™ i9-11900K memiliki frekuensi dasar 3,5 GHz, yang berarti ini menyelesaikan 3,5 miliar siklus per detik. Namun frekuensi turbo maksimumnya jauh lebih cepat: 5,3 GHz. (Sebelum overclock.) Jika sistem memiliki daya dan headroom termal yang cukup — pikirkan sesuatu seperti pendingin CPU performa tinggi berbasis udara atau cairan — ini dapat menciptakan lompatan dalam frekuensi agar bisa menangani beban kerja yang lebih intensif dengan lebih baik.

Dalam CPU Intel® Core™ Generasi ke-11, beberapa teknologi pendorong bersama, sebagian memengaruhi inti tunggal dan lainnya, seperti Teknologi Adaptive Boost yang baru, memengaruhi beberapa inti. Kita akan membahas masing-masing lebih detail di bawah ini, tetapi ini adalah tabel referensi cepatnya:

Ini adalah Apa yang Dilakukannya CPU Generasi ke-11 Mana yang Memilikinya
Intel® Turbo Boost 2.0 Mendorong frekuensi semua inti di atas kecepatan clock dasar hingga frekuensi maksimum yang ditentukan selama beban kerja lebih intensif; tersedia jika CPU bekerja di bawah batas daya, arus, dan suhunya. Semua CPU Intel® Core™ Generasi ke-11
Intel® Turbo Boost Max Technology 3.0

Mendorong frekuensi dari satu atau dua inti yang diprioritaskan; tersedia jika CPU bekerja di bawah batas daya, arus, dan suhunya.

CPU desktop Intel® Core™ i7 dan i9; CPU mobile Intel® Core™ i9 dan i7-11375H
Intel® Thermal Velocity Boost Secara oportunistik meningkatkan frekuensi clock hingga sebesar 100 MHz; tersedia jika CPU berada di dalam batas suhu (70°C untuk desktop, 65°C untuk mobile) dan anggaran daya turbo tersedia. CPU desktop Intel® Core™ i9 (kecuali i9-11900T)
TVB Inti Tunggal Membawa CPU yang lebih cepat dari dua CPU yang diprioritaskan ke kecepatan yang lebih tinggi daripada Turbo Boost Max 3.0.  
TVB Semua Inti

Kecepatan ultracepat ketika semua inti aktif dan CPU di bawah ambang batas suhunya.

 
Teknologi Intel® Adaptive Boost Secara oportunistik meningkatkan frekuensi turbo semua inti ketika arus, daya, dan headroom termal ada. Bekerja di bawah batas suhu 100°C. Hanya Intel® Core™ i9-11900K dan KF

Apa Itu Turbo Boost 2.0?

Grafik ini menunjukkan dorongan frekuensi yang diberikan Turbo Boost 2.0 di semua inti i5-11600K.

Teknologi Intel® Turbo Boost 2.0 adalah teknologi pendorong yang kemungkinan besar Anda pernah dengar sebelumnya, karena ini telah hadir di banyak CPU Intel® Core™ i5, i7, dan i9 yang dirilis sejak 2011.

Anda dapat memikirkan ini sebagai versi dasar dari perilaku dorongan yang dijelaskan sebelumnya. Ini adalah teknologi hemat daya yang memungkinkan CPU Anda bekerja di frekuensi dasar lebih lambat saat pekerjaan ringan, lalu mendorong ke frekuensi lebih tinggi untuk beban kerja puncak.

Turbo Boost 2.0 mendorong semua inti. Perlu diingat bahwa CPU harus beroperasi di dalam batas daya, arus, dan temperatur sebelum peningkatan kecepatan memperlihatkan dampaknya.

Apa Itu Turbo Boost 3.0?

Grafik ini menunjukan dorongan yang disediakan oleh Teknologi Turbo Boost Max 3.0 untuk satu atau dua "inti yang diprioritaskan" dalam i7-11700K.

Karena perbedaan produksi, inti prosesor bervariasi dalam frekuensi potensial maksimum. Teknologi Intel® Turbo Boost Max 3.0 mengidentifikasi hingga dua inti tercepat pada CPU Anda, yang dikenal sebagai "inti yang diprioritaskan". Kemudian teknologi ini menerapkan dorongan frekuensi ke satu atau dua inti tersebut dan mengarahkan beban kerja penting kepada mereka.

Teknologi Intel® Turbo Boost Max 3.0 tidak menggantikan Turbo Boost 2.0. Ini adalah teknologi lain yang memberikan dorongan tambahan ke satu atau dua inti yang diprioritaskan. Ini membantu memberikan manfaat performa dalam aplikasi thread ringan.

Aplikasi multithread, sebagai perbandingan, melakukan lebih banyak pekerjaan secara paralel, yang berskala dengan lebih banyak inti dan fitur seperti hyper-threading. Teknologi pendorong Generasi ke-11 lainnya menghadirkan dorongan pada semua inti yang memberikan banyak manfaat untuk program terparalelisasi.

Game dan banyak aplikasi umum lainnya mengandalkan4 inti frekuensi tinggi dan mendapatkan manfaat dari Teknologi Intel® Turbo Boost Max 3.0. Ini disertakan dalam CPU Intel® Core™ i9 dan i7 Generasi ke-11, seperti Intel® Core™ i7-11700, yang dilengkapi frekuensi turbo maksimum hingga 4,9 GHz.

Seperti teknologi pendorong lainnya, CPU Anda harus berjalan di bawah spesifikasi daya, arus, dan suhu agar Teknologi Intel® Turbo Boost Max 3.0 memberikan dampak.

Apa Itu Thermal Velocity Boost?

Grafik ini menunjukkan efek Thermal Velocity Boost pada dua inti pertama dari i9-11900K.

Diperkenalkan pada tahun 2018, Intel® Thermal Velocity Boost (TVB) adalah teknologi yang membuka performa CPU tambahan ketika headroom termal dan anggaran daya turbo tersedia. Ini adalah blok bangunan lain dalam tumpukan teknologi yang memungkinkan CPU Intel® Core™ Generasi ke-11 untuk mencapai Frekuensi Turbo Maksimum yang lebih tinggi.

Untuk CPU desktop Intel® Core™ Generasi ke-11, TVB meningkatkan frekuensi clock per 100 MHz ketika prosesor berada di bawah ambang batas suhu 70°C. Untuk CPU mobile, batasnya adalah 65°C. Pendingin performa tinggi berbasis udara atau cairan, seperti Cryo Cooler, akan membantu sistem Anda tetap berada di bawah ambang batas.

TVB ideal untuk menangani beban kerja yang meledak — program yang menyebabkan kenaikan tiba-tiba dalam penggunaan CPU. Ini memberi sistem Anda dorongan performa sementara sebagai respon, yang berpotensi menghilangkan perlambatan yang biasanya Anda temukan.

Tergantung tugas di tangan, TVB mungkin meningkatkan frekuensi baik satu inti atau semua inti.

TVB Inti Tunggal memengaruhi inti tercepat CPU Anda. Ini bekerja sebagai dorongan tambahan di atas lompatan performa yang diterima inti yang diprioritaskan dari Teknologi Intel® Turbo Boost Max 3.0.

TVB Semua Inti menyempurnakan setiap inti, menambah lompatan frekuensi hingga 100 MHz di atas perilaku dorongan standar.

Apa Itu Teknologi Adaptive Boost?

Grafik ini menunjukkan peningkatan yang diberikan ke inti 3-8 dari i9-11900K oleh Teknologi Adaptive Boost.

Baru untuk CPU Intel® Core™ Generasi ke-11, Teknologi Intel® Adaptive Boost secara oportunistik meningkatkan frekuensi turbo semua inti di atas kecepatan clock Turbo Boost sebelumnya. Aktif secara eksklusif di CPU Intel® Core™ i9-11900K dan Intel® Core™ i9-11900KF, ini memengaruhi inti 3-8.

Manfaat Adaptive Boost dapat dilihat dalam program multithread yang berskala dengan beberapa inti, yang merupakan suatu kategori yang mencakup banyak game modern. Ini juga dapat membantu dalam situasi multitugas, seperti saat di mana Anda bermain game, melakukan streaming, dan menjalankan Discord secara bersamaan.

Teknologi Intel® Adaptive Boost berfungsi ketika CPU berada di bawah batas ICCMax (arus maksimum) dan batas suhu 100°C. Itu berarti teknologi ini dapat tetap aktif bahkan pada suhu di atas 70°C, yang merupakan ambang batas untuk Thermal Velocity Boost.

Peningkatan frekuensi Adaptive Boost dan durasinya bervariasi dengan beban kerja, solusi pendinginan, dan kemampuan prosesor yang berbeda.

Apakah Teknologi Pendorong Lainnya yang Memengaruhi CPU Saya?

Teknologi yang dijelaskan di atas adalah pendorong utama yang memengaruhi frekuensi CPU Anda. Namun, teknologi lainnya membantu mengoptimalkan perilaku CPU Anda dalam aplikasi tertentu.

Intel® Deep Learning Boost dirancang untuk beban kerja AI yang kompleks: ini mempercepat inferensi AI dan belajar dari set data. Ini membantu dalam hal klasifikasi gambar, penerjemahan, pengenalan suara, dan tugas lainnya. Untuk pengguna sehari-hari, ini dapat mempercepat beberapa tugas yang dibantu AI — sebagai contoh, menggunakan program yang secara otomatis menyortir album gambar berdasarkan subjek dan lokasi.

Teknologi Intel® Speed Shift adalah istilah yang mungkin Anda akan temui jika Anda menjelajahi opsi UEFI di BIOS saat melakukan overclock. Diperkenalkan pada tahun 2015, ini memberi CPU Anda kontrol yang lebih baik terhadap frekuensi, sehingga memungkinkan lompatan cepat hingga kecepatan clock maksimumnya. Ini membuat sistem Anda lebih responsif dan efisien, sehingga disarankan untuk membiarkan Speed Shift tetap aktif.

Bagaimana Anda Menggunakan Turbo Boost?

Untuk merasakan peningkatan performa yang diaktifkan oleh teknologi seperti Turbo Boost Max 3.0 dan Teknologi Adaptive Boost, apa yang Anda perlukan adalah CPU yang kompatibel. Untuk kebanyakan teknologi pendorong, tidak diperlukan konfigurasi; namun, Adaptive Boost yang baru harus diaktifkan dalam pengaturan BIOS.

CPU Intel® Core™ Generasi ke-11 unggulan, Intel® Core™ i9-11900K, menggabungkan semua teknologi pendorong yang tercantum di atas. Berkat Turbo Boost Max 3.0 dan Thermal Velocity Boost, inti tercepat CPU dapat mencapai kecepatan hingga 5,3 GHz, yang meningkatkan performa dalam game thread ringan. Aplikasi multithread mendapatkan manfaat dari TVB dan Adaptive Boost, yang memungkinkan frekuensi turbo semua inti hingga 5,1 GHz.

Sebagai alternatif, Intel® Core™ i7-11700K adalah opsi yang hebat bagi pengguna yang tidak berencana membeli solusi pendinginan tingkat lanjut. Ini tidak dilengkapi Thermal Velocity Boost dan Adaptive Boost, tetapi menghadirkan kecepatan hingga 5,0 GHz, dengan Turbo Boost Max 3.0 yang menambah frekuensi maksimumnya.

Informasi Produk dan Performa

1

Hasil performa berdasarkan pengujian per tanggal yang diperlihatkan dalam konfigurasi dan mungkin tidak mencerminkan semua pembaruan keamanan yang tersedia untuk umum. Lihat cadangan untuk detail konfigurasi. Tidak ada produk atau komponen yang bisa sepenuhnya aman.

2

Mengubah frekuensi atau voltase clock dapat menghanguskan garansi dan mengurangi kestabilan, keamanan, performa, dan umur prosesor serta komponen lainnya. Hubungi produsen sistem dan komponen untuk untuk mendapatkan detail.

3

Intel tidak mengontrol atau mengaudit data pihak ketiga. Anda harus mempertimbangkan sumber lainnya untuk mengevaluasi akurasi. Biaya dan hasil Anda mungkin berbeda.

4Lihat cadangan untuk beban kerja dan konfigurasi. Hasil dapat bervariasi.