Cara Mengaplikasikan Pasta Termal dan Cara Kerjanya

Berikut semua info yang Anda perlukan terkait pasta termal: Untuk apa, dan cara mengaplikasikannya untuk memastikan prosesor Anda didinginkan dengan efisien.1

Jika Anda ingin mengetahui lebih mendalam tentang perakitan PC, Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang pasta termal. Bahan seperti ini antara lain disebut juga dengan pelumas termal, pasta panas, pasta CPU, gel termal, dan thermal interface material (TIM), atau istilah-istilah lainnya. Apa pun sebutannya, mengaplikasikan pasta termal dengan benar merupakan bagian penting untuk memastikan CPU Anda bekerja dengan baik.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahuinya, tidak hanya cara kerjanya, tetapi juga cara mengoleskannya dengan benar saat bekerja dengan CPU.

Kapan Anda Perlu Mengaplikasikan Pasta Termal?

Bahan pasta termal digunakan pada saat memasang solusi pendinginan. Jika orang membayangkan tentang pasta termal dalam konteks perakitan sebuah PC, mereka mungkin merujuk pada proses memasang pendingin CPU. Saat Anda membeli kartu grafis, misalnya, solusi termal ini telah terintegrasi. Anda biasanya tidak perlu khawatir tentang memasang pendingin ke GPU, kecuali jika Anda tertarik dengan solusi aksesori, seperti pendingin cair khusus. Untuk pendingin CPU, Anda memiliki opsi untuk memilih salah satunya, tetapi itu berarti Anda biasanya harus memasangnya sendiri.

Istilah yang Perlu Anda Ketahui

Untuk menjelaskan bagaimana fungsi pasta termal, di sini akan dijelaskan beberapa istilah yang akan kami gunakan.

Central Processing Unit (CPU) - Pusat pemrosesan informasi suatu PC. CPU ini menjalankan semua perintah operasional dan mengirim perintah ke perangkat keras yang lain di komputer. Jika komputer diibaratkan sebagai badan, maka CPU adalah otaknya, dan sangat penting agar PC dapat berfungsi. CPU modern menjalankan operasi dengan volume yang tinggi per detik, dan operasi ini akan menghasilkan panas. Agar dapat beroperasi pada efisiensi puncaknya, CPU harus didinginkan dengan baik, biasanya dengan peralatan pendingin yang dirancang hanya untuk tujuan ini. Itulah sebabnya pasta termal menjadi sangat penting. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara CPU dibuat, Anda dapat membaca lebih lanjut tentang proses produksi.

Integrated Heat Spreader (IHS) - "Penutup" CPU yang terbuat dari logam. Penutup ini berfungsi sebagai penurun panas yang dirancang untuk mendistribusikan panas dari prosesor ke pendingin CPU, serta memberikan perlindungan untuk bagian dalam prosesor. Penutup ini merupakan bagian dari CPU yang masih terpapar panas setelah dipasang pada motherboard, dan merupakan permukaan tempat untuk mengaplikasikan pasta termal.

Pendingin CPU - Perangkat yang membuat CPU Anda berjalan pada suhu optimal. Pendingin CPU biasanya menggunakan udara atau cairan untuk memindahkan panas yang dihasilkan selama operasi CPU.

Pelat Dudukan - Dudukan logam untuk pendingin udara yang melekat pada IHS CPU. Desain ini memungkinkan transfer panas melalui proses konveksi ke sirip penurun panas ini yang kemudian dapat didistribusikan dengan sebuah kipas.

Waterblock - Peralatan yang melekat pada IHS jika menggunakan pendingin cair All-In-One atau sirkuit pendinginan khusus. Waterblock ini mentransfer panas dari IHS ke cairan transfer panas yang kemudian memindahkan panas tersebut untuk didistribusikan kembali melalui kipas di radiator.

Pasta Termal - Zat berwarna abu-abu keperakan yang Anda oleskan pada prosesor sebelum memasang solusi pendinginan. Pasta termal ini memungkinkan untuk secara efisien mentransfer panas dari IHS prosesor ke pelat dudukan atau waterblock pendingin CPU yang dirancang untuk menurunkan panas.

Mengapa Anda Perlu Pasta Termal?

Meskipun dudukan logam pendingin CPU dan IHS CPU dengan mata telanjang nampak halus, pelat logam ini memiliki ketidaksempurnaan mikroskopis yang dapat menghasilkan transfer panas tidak efektif. Dua permukaan tidak sepenuhnya menempel akibat dari ketidaksempurnaan ini. Jadi, pasta termal mengisi celah tersebut agar transfer panas menjadi lebih efisien.

Singkatnya, pasta termal membantu pendingin CPU dalam menjalankan tugasnya, dan pendingin PCU menjadi lebih sedikit mengalami masalah performa, seperti throttling.

Persiapan Penting saat Mengaplikasikan Pasta Termal

Pada umumnya prosesor memerlukan beberapa jenis solusi termal agar bisa beroperasi dalam efisiensi puncaknya, tetapi proses memasang CPU pada PC itu unik.

Setiap pendingin CPU memerlukan pasta termal, tetapi sebagian sudah diberikan sejak dari pabrik, sehingga mempermudah proses pemasangan. Untuk mencari tahu apakah pasta termal sudah diberikan sejak dari pabrik, periksa bagian bawah pelat dudukan atau waterblock pendingin CPU Anda yang melekat pada CPU. Jika terlihat ada pasta warna keperakan, berarti Anda tidak perlu menambahkan lagi selama proses pemasangan.

Beberapa hal yang perlu diingat sebelum memulai:

  • Pastikan CPU dalam keadaan bersih dan tidak ada sisa-sisa pasta termal lama. Jika ada, singkirkan pasta lama tersebut dengan hati-hati dari penutup CPU menggunakan alkohol isoprofil dan kain serat mikro atau kertas tisu yang tidak mudah sobek, dan biarkan kering sebelum melanjutkan.
  • Sebelum mulai mengaplikasikan pasta termal, pastikan bagian lain dari pendingin CPU sudah siap untuk dipasang. Bacalah petunjuk, pastikan setiap langkah telah dijalankan hingga melekat pada pendingin CPU, dan pastikan Anda menyiapkan peralatan yang diperlukan.

Situasi yang harus Dihindari:

  • Pastikan untuk menggunakan pasta termal secukupnya, kurang lebih seukuran satu butir kacang polong atau padi. Jumlah yang tidak mencukupi mungkin tidak dapat menutup area permukaan yang diperlukan untuk berfungsi efektif. Jumlah yang terlalu banyak bisa mengurangi efisien pasta, karena jarak permukaan logam menjadi terlalu jauh, dan juga berisiko tumpah ke motherboard saat pemasangan.
  • Mungkin Anda tergoda untuk meratarakan sendiri pasta termal ke PCU. Kami sarankan agar membiarkan tekanan dari pelat dudukan atau waterblock saat dipasang yang meratakannya. Pemberian pasta secara manual yang tidak tepat bisa menimbulkan gelembung udara dan berdampak negatif terhadap konduktivitas panas.
  • Pasta yang digunakan ulang juga bisa menimbulkan terbentuknya gelembung udara. Jika terjadi masalah selama proses pemasangan dan Anda harus melepaskan pendingin CPU, dan harus membersihkan semua pasta seperti disebutkan di atas, lalu mengulanginya kembali dengan mengoleskan kembali pasta thermal. Jika Anda terpaksa menggunakan kembali pasta thermal lama, Anda dapat melakukannya — misalnya, sembari menunggu pasta pengganti — dan kami sarankan untuk mengaplikasikan kembali secukupnya sebelum pendingin CPU bisa digunakan untuk jangka panjang, tetapi harus diingat bahwa ini solusi jangka pendek.

Cara Mengaplikasikan Pasta Termal - Langkah Demi Langkah

Kami sarankan agar Anda membaca seluruh bagian ini sebelum memulai proses pemasangan, jadi Anda bisa tahu apa yang diharapkan dan dapat merencanakan sebelumnya.

  1. Bacalah semua petunjuk yang relevan sebelum memulai. Termasuk juga petunjuk yang disertakan dengan pendingin CPU dan pasta termal Anda. Setiap merek pasta termal dan pendingin CPU agak sedikit berbeda, dan mengetahui detailnya sebelum Anda memulai akan membantu proses dapat berjalan lebih lancar.
  2. Oleskan pasta termal ke bagian tengah IHS CPU. (Jika pasta termal sudah dioleskan sebelumnya pada pendingin Anda, silakan melewati langkah ini.) Anda hanya perlu mengoleskannya sedikit, kurang lebih seukuran sebutir padi atau kacang polong ke bagian tengah distributor panas yang terintegrasi.
  3. Pasang pendingin CPU. Tekan secukupnya pelat dudukan atau waterblock pendingin dari arah atas ke bawah ke CPU, dan tahan penekanan tersebut sambil memasang pendingin ke dudukannya. Anda hanya perlu menggunakan tenaga secukupnya agar pendingin tidak bergeser, dan mendistribusikan pasta termal secara merata, tetapi jangan menekan terlalu kuat karena motherboard bisa bengkok atau CPU bisa rusak. Jaga agar pendingin tetap berada di tempatnya saat memasang ke motherboard secara diagonal, dengan cara memasang sekrup (bila menggunakan mekanisme sekrup) seperti menggambar pola X. Jangan mengencangkan sekrup sepenuhnya sebelum Anda memasang keempat sekrup, putar masing-masing beberapa kali sebelum pindah ke bagian berikutnya untuk memastikan tekanannya sama.
  4. Periksa kembali pekerjaan Anda. Setelah pelat dudukan atau waterblock pendingin CPU terpasang dengan kuat, periksa kembali pekerjaan Anda untuk memastikan semuanya sudah benar. Tidak boleh ada pasta termal yang tumpah ke bagian pinggir CPU, atau di bagian mana pun pada motherboard. Jika ada tumpahan, berarti Anda menggunakan terlalu banyak pasta, dan harus membersihkannya dengan alkohol dan mengulangi prosesnya kembali. Jika semua sudah terlihat bersih dan pendingin tidak bergerak ketika disentuh, berarti pekerjaan sudah selesai! Anda sudah selesai dengan langkah penting ini.

Seberapa Sering Anda Harus Mengganti Pasta Termal?

Pada umumnya Anda tidak perlu mengaplikasikan kembali lebih dari sekali dalam beberapa tahun, meskipun sebaiknya mengganti pasta jika pendingin dilepas karena suatu alasan. Anda mungkin juga sebaiknya mempertimbangkan mengaplikasikan kembali pasta termal jika mendapati suhu CPU meningkat.

Jika ragu, tanyakan pada produsen pasta termal, dan ikuti rekomendasi yang mereka berikan.

Tetaplah Dingin

Pasta termal mungkin tidak dibahas sesering perangkat keras game seperti CPU atau GPU, tetapi merupakan bagian yang penting dalam menjaga komponen ini dapat berfungsi dengan optimal. Mengetahui cara yang benar menerapkan pasta termal dapat membantu memastikan Anda mendapatkan performa terbaik dari CPU.

Informasi Produk dan Performa

1

*Nama dan merek lain mungkin diakui sebagai milik pihak lain.