Mengapa Streaming Saya Buffering?

Ketahui cara untuk menghentikan buffering saat streaming dengan perbaikan ini.1 2 3

Streamer sejati seharusnya tidak perlu berurusan dengan lag yang berlebihan atau frame rate menurun, tetapi terkadang masalah ini terjadi. Untungnya, ada sejumlah tindakan pencegahan yang dapat diambil dan trik yang dapat membantu kesehatan streaming langsung Anda. Apakah Anda menggunakan Twitch*, Mixer*, atau YouTube*, ada beberapa cara untuk mendiagnosis mengapa lagging sangat besar, dan untuk mengetahui cara menghentikan buffering saat streaming.

Tips ini akan membantu Anda mengurangi lag dan memperbaiki beberapa masalah dari keluhan tentang streaming Anda dari pemirsa lain, atau Anda menyadari frame rate yang menurun lewat rangkaian penyiaran seperti Open Broadcast Studio* (OBS).

Mengidentifikasi Masalah

Periksa server

Masalah buffering sering dikaitkan dengan sesuatu yang sederhana seperti terhubung ke server yang salah, yaitu server yang Anda hubungkan untuk streaming. Sebelum Anda masuk ke Twitch*, YouTube*, atau Mixer*, lakukan uji ping untuk memastikan bahwa Anda terhubung ke server yang berada di sekitar Anda. Menghubungkan ke server yang berbasis di Melbourne ketika Anda berada di Kota New York tidak memberikan solusi terbaik.

Pastikan tidak ada yang berjalan di latar belakang

Jika Anda ingin mencadangkan file komputer Anda, atau mungkin terus-menerus memiliki beberapa akun cloud yang disinkronkan pada waktu tertentu, cobalah mematikannya sebelum memulai streaming untuk membantu membebaskan bandwidth. Streaming menghabiskan cukup banyak kuota unggahan, yang biasanya terbatas pada koneksi broadband, terutama dibandingkan dengan kecepatan pengunduhan. Menghentikan proses latar belakang akan membebaskan beberapa ruang yang tersedia ketika Anda melakukan siaran langsung. Anda juga perlu memastikan apakah ada orang yang menggunakan jaringan Anda yang melakukan aktivitas dengan bandwidth berat.

Periksa kecepatan internet Anda

Menyiarkan game video biasanya memerlukan pengunggahan video dan audio secara real-time. Terkadang hal ini termasuk video kamera web kedua yang hanya berfokus pada Anda, serta widget apa pun yang mungkin Anda tampilkan dalam suite streaming Anda. Anda akan membutuhkan sedikit bandwidth untuk menampilkan semua yang berkualitas tinggi dan tanpa gangguan. Dalam beberapa kasus, membuatnya tersedia semudah menonaktifkan perangkat lunak latar belakang yang aktif menggunakan internet. Namun jika tidak berhasil, mungkin masalahnya adalah kecepatan internet Anda.

Periksa untuk melihat bagaimana koneksi internet Anda menggunakan layanan web seperti Speedtest.net* untuk menganalisis kecepatan pengunggahan dan pengunduhan saat ini. Jumlah pengunggahan, khususnya, dapat membantu memandu Anda tentang cara mengatur streaming yang relatif terhadap kuota Anda. Misalnya, jika kecepatan pengunggahan Anda adalah sekitar 5 Mbps, maka itulah jumlah data yang dapat Anda kirim pada waktu tertentu. Pada angka tertentu ini, cobalah streaming pada resolusi 1080p 30 frame-per-detik terlebih dahulu. Jika Anda masih mengalami masalah saat buffering, cobalah menggunakan resolusi 720p pada frame rate yang sama. Mengunggah resolusi dan frame rate yang lebih rendah menghasilkan bandwidth yang lebih sedikit.

Meskipun tidak ada standar yang cocok-semuanya untuk seberapa cepat internet Anda saat streaming, Anda dapat mengubah pengaturan hingga mengetahui apa yang cocok untuk pengaturan tertentu. Umumnya, angka terendah untuk dapat melakukan streaming dalam HD adalah pada resolusi 854x480, jadi memungkinkan untuk melakukannya dengan kuota bandwidth terbatas.

Perlu diingat, uji kecepatan langsung mungkin tidak selalu memberikan analisis terbaik dari kecepatan pengunggahan Anda. Pengujian ini adalah alat umum yang digunakan untuk menganalisis seluruh kesehatan koneksi Anda, dan bukan cara Anda berinteraksi dengan Twitch*, Mixer*, atau YouTube* secara khusus. Meskipun demikian, jika kecepatan pengunggahan Anda menurun, itu adalah indikasi yang sangat baik bahwa Anda perlu menghubungi Penyedia Layanan Internet (ISP), dan meningkatkan bandwidth pengunggahan, atau bekerja bersama mereka untuk memperbaiki masalah tersebut.

Cara Menjalankan Streaming Pengujian

Jika Anda masih mengalami buffering dan frame yang menurun saat streaming, bahkan setelah memeriksa koneksi internet dan menyesuaikan bitrate, cobalah menjalankan beberapa layanan streaming yang disebut “uji streaming” untuk membantu mendiagnosis masalah lebih lanjut. Pada dasarnya ini adalah siaran kosong, yang memungkinkan Anda secara aktif menguji koneksi internet saat terhubung ke server langsung. Salah satu manfaat menjalankan uji streaming adalah dapat membantu Anda menentukan apakah masalah Anda terkait dengan bandwidth atau bitrate, membantu Anda mendiagnosis masalah dengan lebih baik.

Urutan pengujian ini berbeda di antara layanan streaming, tetapi umumnya memerlukan sedikit waktu untuk menjalankan diagnostik. Twitch* dan Mixer* menawarkan alat khusus untuk membantu Anda mengetahui apa yang sedang terjadi, sementara pendekatan streaming uji YouTube* membantu mendorong munculnya audiens yang lebih umum. Anda dapat menggunakan streaming uji untuk membantu menguji kesehatan periferal yang terhubung, dan apakah streaming tersebut dapat melihat atau mendengar Anda ketika Anda melakukan siaran langsung.

Twitch*

Pengguna Twitch* memiliki Twitch Inspector*, yang mencatat kesehatan streaming terbaru Anda secara aktif. Jika Anda belum melakukan streaming untuk sementara waktu dan tidak ada data untuk diambil, Anda dapat menjalankan uji streaming dengan menempatkan bendera bandwith setelah kunci streaming dalam encoder seperti OBS. Bendera akan mencegah streaming menginformasikan kepada pengikut ketika Anda melakukan siaran langsung. Jalankan pengujian selama 5-10 menit4, atau lebih lama untuk memperoleh lebih banyak data. Koneksi internet dapat berfluktuasi, dan perlu beberapa saat sebelum Anda menyadari ketidakstabilannya. Atau, Anda dapat memeriksa Twitch Inspector saat menjalankan pengujian untuk melihat pengukuran bitrate secara real time. Perhatikan apakah grafik menurun, karena ini dapat menunjukkan kesehatan streaming Anda. Anda ingin grafik terlihat stabil mungkin. Twitch Inspector juga akan mencantumkan jumlah bitrate rata-rata streaming di sudut kanan bawah. Jika Anda memerlukan bantuan lebih lanjut, menu menurun “Select an Issue” (Pilih Masalah) yang praktis di bagian atas layar akan memandu Anda melalui banyak halaman dukungan Twitch* yang berguna.

Perlu diingat bahwa satu peringatan melakukan uji dengan Twitch* Inspector adalah tidak mendeteksi kesalahan dalam frame rate karena streaming kosong. Twitch Analyzer* dapat membantu, meskipun mengharuskan streaming Anda dipublikasikan untuk mengumpulkan data tersebut.

Mixer*

Pengguna Mixer* memiliki alat serupa untuk menjalankan streaming uji. Namun, alat ini hanya tersedia untuk mitra saluran atau pengembang. Fitur ini tidak akan muncul kecuali Anda memiliki klasifikasi ini.

Jika Anda adalah mitra, fitur ini tersedia melalui Broadcast Dashboard (Dasbor Siaran) di panel pengaturan utama, di bawah Test Streams (Uji Streaming), meskipun hanya terbatas hingga lima jam streaming uji sebulan. Anda akan melihat pop up bar dengan tautan ke streaming setelah mengaktifkan Test Mode (Mode Uji), meskipun tidak akan disiarkan langsung ke pengikut Anda. Bagi mereka yang bukan mitra, Anda setidaknya dapat mengakses beberapa analisis pada streaming sebelumnya untuk melihat rincian demografis dan semacamnya.

YouTube*

Instruksi YouTube untuk menjalankan streaming uji agak lebih umum. YouTube menyarankan untuk menjalankan uji kecepatan secara terpisah seperti disebutkan sebelumnya untuk mengukur kecepatan pengunduhan dan pengunggahan. Jika gagal, menjalankan streaming langsung yang tidak terdaftar adalah cara lain untuk menguji seperti apa streaming ketika disiarkan secara langsung, dan kemudian membaca laporan analisisnya.

Kapan Mulai Memeriksa Perangkat Keras Anda

Jika Anda sudah kehabisan opsi yang disajikan di sini, termasuk streaming pada pengaturan terendah, dan Anda masih berurusan dengan buffering video dan frame yang menurun, berarti waktunya untuk mulai memeriksa perangkat keras Anda.

Ini juga akan membantu memastikan prosesor Anda didinginkan dengan pendingin CPU udara atau cairan yang tepat, dan bahwa pasta termal telah diterapkan baru-baru ini, dan dengan benar.

Cara terbaik untuk memeriksa internal komputer Anda adalah dengan menjalankan streaming uji sekaligus menjalankan aplikasi diagnostik secara bersamaan, seperti HWInfo*. Aplikasi seperti itu akan memberi Anda metrik khusus pada hal-hal penting untuk dipantau seperti penggunaan dan suhu CPU. Baca dokumentasi CPU untuk melihat apakah suhu berada dalam rentang operasi standar. Jika tidak, pastikan bahwa pendinginan dilakukan dengan pendingin udara atau CPU cairan yang bertenaga, dan bahwa pasta termal Anda telah diterapkan baru-baru ini, dan dengan benar. Jika Anda melihat penggunaan CPU yang tinggi, coba kurangi prasetel pengkodean atau pertimbangkan menaikkan kecepatan prosesor. Kami merekomendasikan prosesor Intel® Core™ i7 generasi saat ini atau lebih tinggi sebagai titik entri untuk bermain game dan streaming secara bersamaan.

Kapan pun Anda membutuhkan pengingat tentang cara menghentikan buffering saat streaming, periksa kembali di sini untuk penyegaran.

Informasi Produk dan Performa

1

Performa bervariasi berdasarkan penggunaan, konfigurasi, dan faktor lainnya. Pelajari lebih lanjut di www.Intel.com/PerformanceIndex.

2

Fitur dan keunggulan teknologi Intel® bergantung pada konfigurasi sistem dan mungkin memerlukan perangkat keras yang didukung, perangkat lunak, atau aktivasi layanan. Performa beragam tergantung pada konfigurasi sistem. Tidak ada produk atau komponen yang bisa sepenuhnya aman. Hubungi produsen maupun peritel sistem Anda, atau pelajari selengkapnya di https://www.intel.co.id.

3

*Nama dan merek lain mungkin diakui sebagai milik pihak lain.