Yang Anda Perlukan untuk Menjalankan Mod di PC

Memulai dengan Mod

  • Mengapa Perangkat Keras Penting

  • CPU

  • SSD

  • GPU

  • RAM

author-image

Oleh

Yang Anda Butuhkan untuk Menjalankan Mod Game PC

Salah satu keuntungan game PC adalah kemampuan menambahkan mod — add-on dan revisi buatan pengguna yang memodifikasi konten game.

Sejak tahun 80-an, orang telah menggunakan mod game PC untuk menyesuaikan tampilan, cara kerja, dan fungsionalitas game favorit mereka. Pembuat mod game telah mengubah game payah menjadi game yang seru, mengubah game seru menjadi game yang aneh, dan menghidupkan kembali game usang bagi audiens baru. Kreativitas pembuat mod tidak terbatas dan menghasilkan kreasi yang sangat aneh atau sangat indah. Walaupun dahulu modifikasi sempat dilirik para pemain game konsol, namun mod paling cocok dilakukan pada PC.

Modifikasi game cukup mudah untuk dimulai, jika Anda belum pernah mempertimbangkannya. Hub dan forum resmi mod memiliki sangat banyak koleksi konten buatan pengguna. Hub dan forum tersebut menawarkan installer yang mudah digunakan dan panduan langkah demi langkah mengenai cara terbaik untuk memulai, jadi meskipun awalnya merasa takut, Anda mungkin akan terkejut dengan betapa mudah melakukannya. Walaupun berbeda-beda dari game ke game, namun dengan pencarian online, Anda akan menemukan petunjuk cara memulai instalasi mod untuk game favorit Anda.

Jika Anda baru dalam dunia modifikasi, ada beberapa risiko potensial yang perlu diperhatikan. Sama seperti konten pihak ketiga lainnya, pastikan bahwa Anda mengunduh dari sumber tepercaya, dan selalu waspada terhadap malware atau virus. Selain itu, untuk game online, Anda harus memastikan bahwa mod tersebut tidak akan melanggar ketentuan layanan.

Sebelum mendalami dunia mod, pastikan Anda memiliki perangkat keras yang tepat untuk PC game. Modifikasi bukan ilmu pasti, dan banyak mod yang tidak dioptimalkan dengan sempurna. Walaupun perubahan tampilan dan grafis sederhana mungkin masih dapat berjalan dengan baik pada pengaturan Anda saat ini, mod yang lebih ambisius dapat menuntut daya pemrosesan yang jauh melebihi keperluan untuk menjalankan game aslinya. Untuk info selengkapnya, lihat panduan kami tentang bagaimana CPU memengaruhi performa game dan pentingnya rakitan PC yang seimbang.

Mengapa Perangkat Keras itu Penting

Mengapa terkadang mod memerlukan perangkat keras yang lebih andal dari keperluan game aslinya? Terdapat beberapa alasan.

Saat pengembang membuat game, mereka berusaha sebaik mungkin untuk memastikan game dapat berjalan di berbagai sistem. Tidak mungkin memprediksi konfigurasi semua orang, namun perlu perhatian sangat besar untuk mengoptimalkan game agar semakin banyak orang yang dapat menikmatinya, tanpa mempedulikan perangkat keras mereka.

Sebaliknya, sebagian besar orang yang membuat mod tidak memiliki sumber daya untuk menerapkan optimisasi ketat yang sama. Hal ini sering menghasilkan mod yang tidak optimal, sehingga perangkat keras bekerja jauh lebih intensif dibandingkan game aslinya. Bahkan mod yang telah dioptimalkan dengan baik seringkali beroperasi melampaui lingkup game aslinya, dan hal ini dapat mengakibatkan komplikasi performa tak terduga yang mungkin tidak diperhitungkan oleh pengembang.

Minecraft* adalah contoh bagus untuk hal ini.

Dengan poligon blok dan tekstur rata, Minecraft* mungkin kelihatannya seperti game yang tidak perlu banyak sumber daya — hingga Anda mulai menggunakan mod. Di Minecraft*, terdapat mod untuk apa saja, dari sistem penyimpanan item, hingga penambahan pada peta mini, hingga pengubahan layout dunia game yang dibuat menurut prosedur.

Dunia Minecraft* bisa sangat besar, dan dibangun dari blok individual yang harus di-render satu per satu pula oleh prosesor Anda. Minecraft* juga diprogram dengan Java*,1 dan menggunakan data voxel yang luas,2 yang keduanya banyak memakan sumber daya CPU (Unit Pemrosesan Pusat).

Menambahkan mod, seperti pencahayaan yang lebih kompleks dan paket tekstur resolusi tinggi, dapat meningkatkan beban kerja perangkat keras Anda secara drastis. Bahkan game dengan tampilan yang relatif sederhana seperti Minecraft* dapat menjadi sangat menuntut jika Anda menyesuaikannya dengan mod.

Memilih CPU

Modifikasi dapat menghasilkan perubahan berskala besar yang memengaruhi elemen dasar game, termasuk penambahan objek baru, tokoh yang tidak dapat dimainkan, dan tampilan yang direstorasi. Contohnya, Skyrim* Immersive Creatures mod menghadirkan banyak jenis musuh baru dengan kecerdasan buatan yang unik untuk The Elder Scrolls V: Skyrim*.

Penambahan seperti ini, apalagi jika digunakan secara tandem dengan mod yang menghabiskan sumber daya lainnya, dapat membebani sistem CPU3, sehingga mengakibatkan masalah performa potensial, seperti kecepatan frame yang tidak konsisten. CPU dengan kecepatan clock tinggi dan banyak core dapat membantu mengatasi masalah ini.

Beberapa mod memungkinkan gamer yang mau bersusah payah untuk menyesuaikan performa sesuka hati. Contohnya adalah  “mod Skyrim* Configurator” , yang memungkinkan pemain untuk mengaktifkan pemrosesan paralel dalam Skyrim*, meskipun game sudah berusia hampir satu dekade. Dengan alat konfigurasi andal ini, pemain bisa mengambil tugas yang terkait dengan Skyrim* dan menyerahkan kembali ke sekian banyak core dan thread CPU. Tugas ini dapat berupa tugas asli game atau tugas yang berasal dari mod lain. Dengan membagi tugas tersebut, Skyrim* dapat memanfaatkan kemajuan dalam teknologi prosesor yang terjadi sejak peluncurannya tahun 2011.

Mengapa SSD?

Selain CPU Anda, upgrade ke solid state drive (SSD) bisa banyak meningkatkan pengalaman mod. Sama seperti game, mod mengakses data dari penyimpanan. Ini dapat mengakibatkan waktu muat yang lambat dan banyak masalah lain jika drive penyimpanan Anda lambat.

Karena SSD memungkinkan akses lebih cepat ke data bila dibandingkan dengan hard disk drive (HDD) tradisional, Anda akan merasakan setiap program yang beroperasi dari SSD akan lebih cepat dimuat, termasuk game dengan mod. Jika Anda masih menggunakan HDD untuk menyimpan game atau mod, upgrade ke SSD dapat berdampak sangat positif pada performa.

Jika Anda berkeinginan mempercepat waktu akses pada HDD, memori Intel® Optane™ juga bisa menjadi solusi yang dapat dijelajahi. Memori Intel® Optane™ memprioritaskan data yang sering Anda gunakan untuk meningkatkan kecepatan akses secara dramatis pada media penyimpanan yang lebih lambat. Dengan menggunakan memori Intel® Optane™ untuk mempercepat HDD, berarti Anda membuka pintu untuk akselerasi kecepatan.

GPU yang Tepat

GPU yang cukup andal akan berguna saat Anda mulai memodifikasi tampilan game dengan mod. Misalnya, game yang kuno bisa dimodifikasi untuk memanfaatkan GPU modern. Mod renovasi grafis yang ekstensif dapat memperbarui pencahayaan, tekstur, dan segudang peningkatan visual lainnya yang dapat memperpanjang usia game secara dramatis.

GPU dengan vRAM 2 GB sudah cukup pada tahun 2013, namun game dan mod terbaru memerlukan kartu video yang lebih andal. Semakin banyak vRAM yang diperlukan4 untuk merender kompleksitas dan ukuran tekstur yang meningkat serta objek 3D pada game modern yang ambisius secara visual. Tanpa GPU andal yang dikhususkan bagi pekerjaan berat tersebut, frame rate dapat menurun karena sistem Anda dipaksa untuk mengimbanginya.

Menambah RAM

Pemain yang sudah merasakan kebebasan memainkan game sesuka hatinya, mungkin tidak merasa cukup dengan satu mod. Walaupun setiap modifikasi yang dibuat pada Minecraft* relatif kecil, sedikit demi sedikit bertambah sangat cepat. Biggest Modpack*, misalnya, adalah kumpulan dari lusinan mod yang berbeda-beda. Menjalankan semua mod secara bersamaan akan memerlukan banyak sumber daya.

Saat bermain game, RAM adalah tempat set5 data seperti variabel (misalnya tingkat kesehatan nyawa dan amunisi6) serta aset visual disimpan sementara untuk pengambilan cepat.7 Salah satu kemungkinan akibat menginstal terlalu banyak mod adalah mengalami keterbatasan RAM, juga dapat menyebabkan masalah performa seperti frame rate yang lebih rendah8 karena sisa sistem Anda dipaksa untuk mengimbanginya.9

Persyaratan sistem minimum untuk Minecraft* “vanila” (artinya tanpa mod sama sekali) adalah 4 GB RAM, namun pemain yang menggunakan mod secara rutin mengalokasikan 6 GB atau lebih agar game tetap dapat berjalan dengan benar. Jika Anda berencana untuk melakukan modifikasi besar di Minecraft, siapkan setidaknya 8 GB RAM, lebih banyak lebih baik. Ukuran minimum 8 GB RAM ini merupakan patokan terbaik untuk semua pengalaman game modern.

Upgrade Perangkat Keras Demi Pengalaman Mod yang Lebih Baik

Modifikasi game PC adalah cara fantastis untuk personalisasi pengalaman memainkan, dan membuat game benar-benar seperti yang Anda inginkan. Jika Anda berinvestasi dalam menyesuaikan perangkat lunak, sudah sepantasnya memastikan perangkat keras Anda juga dapat mengimbanginya. Mod dapat memaksa sistem melampaui spesifikasi yang direkomendasikan pengembang, jadi pastikan Anda menetapkan sasaran yang lebih tinggi jika ingin mengimplementasikan mod.