Cara Memilih: PC Siap Pakai VS Kustom

Saat membeli PC baru, penting untuk memilih PC yang sesuai dengan bagaimana Anda akan menggunakannya. Kami sudah membahas perbedaan unik antara PC siap pakai, PC rakitan pesanan, dan PC yang Anda rakit sendiri.1 2

Setelah Anda memutuskan untuk membeli PC game baru, langkah pertama adalah menentukan antara laptop atau desktop. Anggaplah Anda memilih desktop, langkah berikutnya adalah menemukan PC yang tepat. Tidak akan lama mempertimbangkan PC siap pakai vs PC kustom.

Meskipun keragaman sistem adalah salah satu keunggulan terbesar gaming PC, ada banyak pilihan di luar sana, sehingga sering kali tidak mudah untuk tahu dari mana harus memulai.

Meskipun ada beragan pilihan yang tersedia, umumnya Anda memiliki tiga pilihan:

  •  Anda dapat membeli PC yang siap pakai. PC gaming siap pakai adalah sistem lengkap yang dirangkai oleh produsen terkenal menggunakan konfigurasi perangkat keras yang seimbang dan andal. Sistem tersebut diproduksi secara massal oleh beberapa merek tepercaya dalam bidang PC. Biasanya tersedia di toko setempat dan dirancang untuk langsung dapat digunakan setelah dibeli.
  • Anda dapat meminta orang lain merakitnya untuk Anda. Pilihan lainnya adalah merancang dan memesan PC rakitan yang dibuat oleh perusahaan perakit PC. Anda memilih fitur dan komponen yang Anda inginkan dan menyerahkannya kepada tim ahli yang berkompeten untuk merakit PC sesuai spesifikasi Anda, kemudian mengirimkannya kepada Anda.
  • Anda dapat merakitnya sendiri. Terakhir, Anda dapat membeli komponen secara terpisah yang merakitnya di rumah.

Meskipun ketiga pilihan dalam spektrum ini tidak dibatasi secara ketat, dan ada beberapa persamaan di antara ketiga pilihan, semuanya patut dipertimbangkan. Mari kita jelajahi setiap kategori dengan lebih detail.

Mari kita mulai dengan salah satu faktor paling penting untuk dipertimbangkan saat akan membeli PC baru: Komponen di dalamnya. Salah satu keuntungan dari PC adalah Anda mendapatkan performa yang diinginkan dengan perangkat keras pilihan Anda. Namun Anda juga dapat membiarkan orang lain memilihkannya, jika lebih suka demikian.

Siap Pakai

  • Lebih sedikit pilihan komponen di dalam sistem Anda
  • Nyaman
  • Membantu untuk mengetahui CPU dan GPU yang Anda inginkan

Sistem siap pakai merupakan pilihan yang menarik bagi mereka yang tidak terlalu memperhatikan setiap detail komponen dalam rakitan (misalnya produsen, atau spesifikasi detail seperti kecepatan RAM).

Sistem siap pakai ideal untuk seseorang yang menginginkan kenyamanan di atas kemampuan untuk memilih setiap komponen perangkat keras dalam rakitan mereka.

Mengetahui spesifikasi yang diinginkan (misalnya CPU dan GPU pilihan Anda) akan membantu Anda memilih PC yang tepat, tetapi Anda harus memercayai produsen PC untuk memilihkan perangkat keras tambahan.

Khusus

  • Konfigurasi perangkat keras yang dapat disesuaikan
  • Dirakit oleh ahli
  • Harus memiliki gambaran kasar spesifikasi yang Anda inginkan

Jika Anda menginginkan kustomisasi dan kemampuan upgrade perangkat keras di masa mendatang, tetapi tidak ingin merakit komputer sendiri, sebaiknya pesan mesin rakitan dari perusahaan perakit PC.

Pilihan ini memberikan beberapa keunggulan dalam merakit PC Anda sendiri, dalam hal itu Anda dapat memilih komponen yang Anda inginkan. Perbedaannya, perakit berpengalaman yang akan merakitkan PC untuk Anda.

Perlu diingat bahwa konfigurasi perangkat keras yang disarankan mungkin tidak selalu sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda. Ada baiknya Anda memiliki gambaran kasar spesifikasi perangkat keras yang Anda perlukan untuk menyeimbangkan sistem Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan parameter PC rakitan untuk memastikan bahwa parameter tersebut sesuai dengan keinginan Anda.

Merakit Sendiri

  • Sepenuhnya dapat disesuaikan
  • Dirakit oleh Anda
  • Memerlukan beberapa pengetahuan teknis

Merakit PC Anda sendiri adalah solusi terbaik bagi mereka yang menginginkan kontrol penuh atas setiap aspek rakitan. Pilihan ini memberikan pilihan kustomisasi yang paling menyeluruh, dari CPU hingga kipas dan pencahayaan.

Artinya, Anda akan selalu memiliki perangkat keras yang Anda butuhkan. Dan karena merakitnya sendiri, Anda mengetahui secara persis cara untuk upgrade dan menyesuaikannya.

Belum lagi, merakit PC itu lebih mudah daripada perkiraan Anda. (Dan kami memiliki panduan yang praktis untuk membantu Anda.) Namun, tetap diperlukan keahlian teknis yang cukup untuk dipilih dan memasang komponen sendiri..

Anggaran

Keyakinan dahulu bahwa merakit PC sendiri adalah pilihan termurah tidak lagi selalu benar. Tidak ada pilihan “paling murah” antara PC siap pakai, rakitan pesanan, dan merakit sendiri. Harga untuk konfigurasi perangkat keras yang sama dalam ketiga kategori tersebut dapat bervariasi, bergantung pada beragam faktor, seperti diskon volume dan permintaan.

Pada akhirnya, keputusan akan berdasarkan pada seberapa cermat Anda dengan strategi belanja—apakah Anda ingin membeli PC secara sekaligus atau membeli komponen secara terpisah.

Siap pakai. Jika Anda mempertimbangkan sistem siap pakai, cari diskon toko eceran dan online, terutama pada obral berbatas waktu seperti Black Friday. Potongan harga akan bervariasi tergantung pengecer, tetapi Anda harus cepat saat ada diskon agar bisa mendapatkan sistem yang Anda inginkan dengan harga yang bagus.

Fleksibilitas sangat penting di sini. Fleksibilitas itu penting, mungkin sistem yang Anda inginkan tidak didiskon, tapi jika terbuka terhadap berbagai opsi, Anda dapat menghemat banyak.

Pesanan. Harga PC rakitan pesanan akan menyesuaikan perangkat keras yang Anda pilih. Fitur tambahan seperti sistem pendingin cair atau estetika khusus juga menambah biaya. Harga berbasis fitur ini bertolak belakang dengan sistem siap pakai yang memiliki struktur biaya lebih sederhana.

Anda tetap bisa mendapatkan diskon yang signifikan atas rakitan kustom dengan memperhatikan potongan harga pada masing-masing komponen, penawaran di seluruh situs, dan perangkat keras atau peningkatan bawaan tambahan.

Rakitan sendiri Merakit PC sendiri memungkinkan Anda untuk menyusun strategi berdasarkan kebutuhan. Anda dapat memilih dengan saksama perangkat keras yang dipasang pada mesin Anda. Anda dapat memaksimalkan anggaran dengan mengetahui kurang lebih apa yang dicari dan fleksibilitas pembuatan di sekitar strategi tersebut, Anda berada di posisi terbaik untuk memaksimalkan Anggaran.

Dengan anggapan bahwa Anda meningkatkan dari PC usang, Anda mungkin dapat menggunakan kembali komponen yang ada. Pastikan bahwa komponen tersebut kompatibel dengan perangkat keras yang baru dan masih berfungsi dengan baik.

Waktu Perakitan

Hal penting lain yang perlu dipertimbangkan adalah seberapa cepat Anda memerlukan PC baru.

Siap pakai. Jika Anda ingin membeli sistem hari ini, sebaiknya beli mesin siap pakai dari toko yang memang ada di tempat Anda.

PC gaming siap pakai biasanya dilengkapi dengan hampir semua kelengkapan yang Anda perlukan, termasuk keyboard, mouse, dan sistem operasi. Kiat yang juga berguna: Mitra penjualan di lokasi dapat menjawab pertanyaan yang mungkin Anda miliki.

Pesanan. Di sisi lain, PC rakitan pesanan harus dibuat dan dikirim. Waktu yang diperlukan untuk ini tergantung pada perusahaan. Beberapa perusahaan memiliki waktu pengerjaan yang cepat, sementara perusahaan lain memerlukan beberapa minggu atau lebih lama. Durasi menunggu juga bergantung pada kerumitan rakitan Anda.

Rakit sendiri. Waktu proses pembuatan sebagian besar bergantung pada Anda. Anda tentu dapat membuat PC dalam satu hari, terutama jika Anda menggunakan beragam sumber daya pendidikan kami. Tetapi jika Anda memesan setiap komponen secara terpisah, apalagi jika mencari penawaran, proses dapat memakan yang waktu lebih lama.

Dukungan teknis dan Pemecahan Masalah

Sebaiknya pikirkan juga apa yang akan Anda lakukan setelah membeli PC. Apakah Anda yakin dapat mengatasi masalah yang dihadapi seorang diri, atau Anda akan memerlukan bantuan?

Siap pakai. Bila memilih sistem siap pakai, biasanya tersedia garansi produsen atau paket perlindungan dari toko. Detail tersebut akan berbeda-beda, maka selalu periksa kembali penawaran jika Anda mementingkan adalah dukungan setelah pembelian.

Pesanan. Perusahaan perakitan PC sering kali memberikan opsi dukungan yang kuat, seperti bantuan lewat telepon dan garansi. Sekali lagi, ini berbeda-beda tergantung vendor, jadi selalu pastikan bahwa mereka menawarkan yang Anda butuhkan saat membeli komponen untuk membuat rakitan baru.

Rakitan sendiri Jika Anda merakit PC sendiri, Anda mungkin tidak dapat mengakses dukungan untuk seluruh sistem. Ketahuilah garansi tingkat komponen. Hal ini akan berguna apabila PC Anda membutuhkan perbaikan.

Walaupun Anda mungkin perlu untuk memperbaiki komputer sendiri ada banyak panduan berguna yang dapat Anda pakai sebagai referensi dan dukungan.

Perangkat lunak

Selain itu,pertimbangkan juga perangkat lunak yang akan Anda gunakan dengan PC baru.

Mesin siap pakai biasanya dilengkapi sistem operasi yang telah diinstal sebelumnya, seringkali bersama program yang direkomendasikan pabrik. PC rakitan pesanan sering kali telah diinstal dengan sistem operasi, umumnya Windows.

Jika ingin membeli penyimpanan terpisah untuk rakitan Anda, sebaiknya beli yang baru. Ingatlah sistem operasi yang ingin Anda gunakan dan program lainnya yang mungkin Anda perlukan.

Estetika

Unsur estetika seperti cat, pencahayaan RGB, dan desain fisik casing dapat sangat beragam dari satu PC gaming dengan PC gaming yang lain. Anda mungkin memiliki preferensi sendiri untuk memodifikasi casing atau tidak.

Siap pakai. Bagi mereka yang tidak berminat untuk memodifikasi, sistem tersebut tetap dapat digunakan. Bukan berarti rakitan Anda tidak memiliki daya tarik visual. Perakit komputer sering kali berupaya untuk membuat casing PC gaming berbeda dengan desktop non-gaming biasa. Namun, karena diproduksi secara massal casing tersebut kurang memiliki individualitas.

Pesanan. PC yang dipesan sering kali lebih baik secara estetika dibandingkan PC siap pakai. Casing untuk rakitan sering kali memiliki fitur visual seperti penutup transparan yang memperlihatkan komponen yang bersinar di dalamnya.

Selain itu, beberapa perusahaan PC pesanan yang secara khusus membidangi opsi kustomisasi visual termasuk pencetakan UV dan ukir laser. Misalnya Falcon Northwest*, adalah integrator sistem yang terkenal dengan pekerjaan cat pesanan yang menambahkan keunikan pada PC mereka.

Memilih PC rakitan pesanan adalah pilihan terbaik bagi mereka yang menginginkan casing khusus tetapi tidak memiliki peralatan atau ragu dengan kemampuan artistiknya untuk mengerjakan sendiri.

Rakitan sendiri Merakit PC sendiri memberikan kebebasan bagi Anda untuk mendesain PC dengan estetika khusus. Rakitan Anda akan terlihat sesuai keinginan Anda.

Apabila Anda memilih untuk memprioritaskan unsur visual pada rakitan Anda, beragam pilihan casing dan komponen kustom tersedia untuk membantu Anda. Wawancara kami dengan produsen casing Peter “L3p” Brand dapat menjadi pengantar yang baik untuk desain casing PC kustom.

Perbandingan secara Berdampingan

Baik Anda tertarik dengan kenyamanan komputer siap pakai, atau fleksibilitas dari PC rakitan sendiri, ada pilihan PC gaming yang sesuai dengan kebutuhan unik Anda.

 

Siap pakai

Khusus

Merakit Sendiri

Konfigurasi Perangkat Keras

Pemilihan tingkat sistem

Pemilihan tingkat komponen

Sepenuhnya dapat disesuaikan

Anggaran

Diskon tingkat sistem

Diskon tingkat komponen

Pilihan terluas dari opsi komponen

Waktu Perakitan

Tidak perlu dirakit

Mungkin perlu menunggu

Perlu waktu untuk merakit

Dukungan

Garansi dan layanan pelanggan

Garansi dan layanan pelanggan

Terbatas pada masing-masing komponen

Perangkat Lunak

OS sudah diinstal sebelumnya

OS sering kali sudah diinstal sebelumnya

Tanpa OS

Estetika

Sedikit disesuaikan

Dapat disesuaikan

Sepenuhnya dapat disesuaikan

Informasi Produk dan Performa

1

Intel tidak mengontrol atau mengaudit data pihak ketiga. Anda harus meninjau konten ini, mempelajari sumber lainnya, dan memastikan apakah data yang dirujuk akurat.

2

Teknologi Intel® mungkin mengharuskan diaktifkannya perangkat keras, perangkat lunak, atau aktivasi layanan. Tidak ada produk atau komponen yang bisa sepenuhnya aman. Biaya dan hasil Anda mungkin berbeda.