Cara Memilih: HDD atau SSD?

SSD adalah standar penyimpanan baru, tetapi HDD masih berguna. Artikel ini menjelaskan perbedaan dan akan membantu Anda menemukan solusi penyimpanan yang tepat. 1 2 34

Seperti pilihan CPU dan GPU, drive penyimpanan Anda dapat memberikan dampak pada pengalaman bermain game Anda.

SSD yang cepat dapat mengurangi waktu pemuatan dan meningkatkan responsivitas sistem, sementara HDD yang lambat dapat menambah waktu tunggu untuk setiap sesi bermain game.

Saat Anda menimbang pilihan HDD vs. SSD untuk bermain game, merupakan hal penting untuk menemukan drive penyimpanan yang tepat sesuai tujuan dan anggaran Anda. Kita akan menguraikan keunggulan dari HDD (hard drive tradisional) dan SSD (solid state drive) di bawah ini.

SSD Vs. HDD: Performa Vs. Harga

Pada dasarnya, pilihan HDD vs. SSD akan berujung pada apakah Anda memprioritaskan performa atau kapasitas.

Solid state drive (SSD) biasanya menggunakan memori berbasis flash untuk menyimpan data dan oleh karena itu tidak memiliki komponen yang bergerak. SSD memiliki kecepatan baca/tulis yang lebih tinggi dibandingkan HDD, waktu akses yang lebih pendek (latensi lebih rendah), dan biaya penyimpanan per gigabyte yang lebih tinggi.

Hard disk drive (HDD) menggunakan media magnetis yang berputar untuk menyimpan data, yang diakses oleh kepala baca/tulis pada suatu lengan aktuator (mirip seperti pemutar rekaman). Mereka memiliki kecepatan baca/tulis yang lebih rendah, waktu akses yang lebih tinggi, dan biaya penyimpanan per gigabyte yang lebih rendah dibandingkan dengan SSD.

Memahami Performa Penyimpanan

Benchmark paling umum untuk menilai performa perangkat penyimpanan adalah kecepatan baca/tulisnya — waktu yang diperlukan untuk mengambil atau menyimpan data.

Kecepatan baca/tulis berurutan adalah ukuran performa yang paling umum digunakan dan mewakili penggunaan di mana blok besar data dipindahkan secara berurutan — sebagai contoh, menyalin dan menempel file besar ke disk. Kecepatan transfer diukur dalam megabyte per detik (MB/s).

Kecepatan baca/tulis acak menggunakan data yang terletak di blok acak di sekitar drive, yang memerlukan waktu lebih lama untuk membaca atau menulis atau menulis dibandingkan blok berurutan. Ini merupakan cerminan yang baik dari penggunaan harian karena game dan aplikasi lain umumnya membaca dan menulis file kecil ke disk dan mengakses data yang tidak ditemukan di dalam urutan. Kecepatan ini diukur dalam IOPS (operasi input/output per detik).

Benchmark sintetis sering digunakan untuk memasarkan drive penyimpanan, tetapi pengujian ini harus dipahami dengan tidak terlalu serius — benchmark ini selalu tidak selalu mencerminkan performa di dunia nyata. Produsen mungkin memamerkan performa terbaik dari drive dengan menguji di kedalaman antrian tinggi (jumlah tindakan yang dilakukan berurutan), seperti 32, sekalipun kedalaman antrian sebesar 8 atau lebih kecil merupakan angka yang lebih realistis bagi kebanyakan pengguna.

SSD SATA Vs. SSD NVMe

Saat berbelanja SSD, Anda akan menjumpai dua format koneksi yang berbeda: SATA III dan NVMe. NVMe dengan cepat menjadi standar, tetapi merupakan hal yang masih berguna untuk mengetahui perbedaannya.

SATA III (Serial ATA) adalah kabel yang bekerja dengan protokol SATA untuk menghubungkan banyak SSD dan HDD yang lebih tua ke motherboard PC.

NVMe (Non-Volatile Memory Express) adalah protokol yang lebih baru yang memungkinkan koneksi langsung ke jalur PCIe motherboard, yang memberikan throughput lebih tinggi dan latensi lebih rendah. Drive PCIe 3.0 dan 4.0 dapat mentransfer data dengan kecepatan ribuan megabyte per detik — yang secara signifikan lebih cepat dari SATA III — dengan drive PCIe 4.0 secara kasar memiliki bandwidth dua kali lipat dari 3.0.

Motherboard dan BIOS yang lebih tua mungkin tidak mendukung NVMe, jadi pastikan sistem Anda mendukungnya sebelum melakukan peningkatan. Anda dapat melakukan ini dengan memeriksa dokumentasi motherboard Anda atau dengan mencari spesifikasi motherboard Anda secara online.

Apa Perbedaan Antara Faktor Bentuk SSD?

Faktor bentuk berbeda merupakan sesuatu yang lebih dari sekadar perbedaan fisik. Faktor bentuk ini juga menentukan bagaimana drive akan terhubung ke dan berkomunikasi dengan motherboard Anda.

2,5-inci

SSD 2,5 inci secara visual menyerupai drive mekanis 2,5 inci. Drive konsumen biasanya menggunakan protokol SATA III dan memerlukan daya dan kabel data yang terpisah. Namun, NVMe dengan cepat menjadi standar baru untuk SSD konsumen.

M.2

Drive M.2 berbentuk seperti segi empat yang kecil dan tipis, dan sering dibandingkan seperti permen karet. Drive ini terpasang secara langsung ke slot M.2 pada motherboard. Drive ini biasanya menggunakan protokol transfer NVMe, meskipun sebagian perangkat lama mungkin menggunakan SATA. Sebagai tambahan, konektor M.2 dibedakan secara khusus untuk menghindari penggunaan dengan soket yang tidak kompatibel.

Slot M.2 mungkin terletak di bawah pelindung termal atau bahkan di bagian belakang motherboard Mini-ITX. Jika Anda kesulitan menemukan slot M.2, periksa dokumentasi motherboard Anda.

AIC

SSD AIC (Add In Card) terhubung ke slot PCIe pada motherboard untuk daya dan data. SSD ini menggunakan jalur PCIe untuk berkomunikasi secara langsung dengan sistem, seperti SSD M.2 NVMe.

Jika sistem Anda kekurangan slot M.2 yang kosong, SSD AIC dapat juga berfungsi sebagai adaptor PCIe ke M.2.

Faktor Bentuk Lainnya

Ada tipe antarmuka dan faktor bentuk SSD lainnya, seperti SSD U.2 berbasis NVMe. Tipe ini biasanya digunakan dalam lingkungan profesional/server, alih-alih perangkat gaming.

Mengapa Menggunakan HDD?

HDD umumnya lebih lambat dan kurang tahan lama dibandingkan SSD. Tetapi masih ada satu alasan bagus untuk menggunakannya: kapasitas. Ketika digunakan sebagai penyimpanan sekunder, HDD dapat secara murah menyediakan ruang tambahan beberapa terabyte untuk menyimpan semua yang tidak muat di SSD utama Anda.

Perhatikan yang berikut ini ketika membandingkan HDD:

Kecepatan piringan adalah faktor utama dalam menentukan kecepatan baca/tulis. Biasanya drive performa tinggi memiliki kecepatan 7.200 RPM, tetapi kecepatan dapat bervariasi dari 5.400 hingga 15.000 RPM. Kecepatan yang lebih tinggi biasanya berarti performa yang lebih baik.

Faktor bentuk dapat berupa 3,5 inci atau 2,5 inci. Dalam perangkat konsumen, keduanya merupakan kabel SATA III, dan memerlukan kabel yang terpisah untuk daya dan data.

Meningkatkan Penyimpanan HDD dengan Memori Intel® Optane™

Salah satu kekurangan utama dari menggunakan HDD adalah kecepatan. Memori Intel® Optane™ memberikan solusi: performa seperti SSD dari HDD yang sudah Anda miliki.

Modul Memori Intel® Optane™ Seri M10 16-64 GB akan bekerja di latar belakang untuk mempelajari aplikasi dan file yang paling sering Anda gunakan, membuatnya mudah diakses secara cepat, dan mengingatnya bahkan setelah Anda mematikan PC.

Haruskah Anda Memilih HDD atau SSD?

Beralih ke SSD dari HDD adalah salah satu peningkatan yang paling nyata yang Anda dapat buat. Jika anggaran Anda memungkinkan, kami merekomendasikan salah satu opsi di bawah ini.

Drive Memori Intel® Optane™ H10 dengan Penyimpanan Solid State memberikan Memori Intel® Optane™ kecepatan tinggi dan penyimpanan SSD densitas tinggi dalam satu paket. Sistem Anda akan mendapatkan manfaat dari latensi rendah dan kemampuan performa tinggi dari Memori Intel® Optane™ saat memuat aplikasi, serta ruang hingga 1 TB untuk game dan file.

Intel® SSD 665P memberikan kapasitas 1 atau 2 TB SSD, yang memastikan bahwa Anda memiliki ruang untuk instalasi game besar sekaligus merasakan manfaat lainnya dari SSD NVMe. Baca lebih lanjut tentang bagaimana penyimpanan memberikan dampak pada bermain game di sini.

Opsi populer lainnya adalah memadukan SSD untuk boot dan waktu muat yang lebih cepat, dengan HDD yang berkapasitas lebih besar untuk file yang tidak sering Anda akses.

Solusi penyimpanan Anda mungkin terlihat sedikit berbeda tergantung faktor-faktor seperti anggaran, perangkat keras, dan bagaimana Anda menggunakan sistem Anda. Terlepas dari apa pun pertanyaan Anda tentang HDD vs. SSD untuk bermain game, mempertimbangkan dampak yang bisa diberikan solusi penyimpanan yang cepat dan dapat diandalkan terhadap PC Anda.

Informasi Produk dan Performa

1

Performa bervariasi berdasarkan penggunaan, konfigurasi, dan faktor lainnya. Pelajari lebih lanjut di www.Intel.com/PerformanceIndex.

2

Hasil performa berdasarkan pengujian per tanggal yang diperlihatkan dalam konfigurasi dan mungkin tidak mencerminkan semua pembaruan keamanan yang tersedia untuk umum. Lihat cadangan untuk detail konfigurasi. Tidak ada produk atau komponen yang bisa sepenuhnya aman.

3

Hasil benchmark yang dilaporkan di atas mungkin perlu direvisi saat pengujian tambahan dilakukan. Hasil akan tergantung pada konfigurasi platform dan beban kerja tertentu yang digunakan dalam pengujian, dan mungkin tidak dapat diterapkan pada semua komponen, sistem komputer, atau beban kerja pengguna tertentu. Hasil tidak harus mencerminkan benchmark lain dan hasil benchmark lain mungkin akan menunjukkan dampak mitigasi yang lebih besar atau lebih kecil. 

4

©Intel Corporation. Intel, logo Intel, dan merek Intel lainnya adalah merek dagang Intel Corporation atau anak perusahaannya. Nama dan merek lain mungkin diakui sebagai milik pihak lain.