Berikut Adalah Tiga PC Game Untuk Menginspirasi Build Kustom Anda Berikutnya

Baik Anda benar-benar seorang penggemar perangkat keras PC atau pemula yang baru saja memasuki dunia pembuatan PC kustom, Anda mungkin berfantasi membangun PC yang menghentikan semua hal yang berkaitan dengan performa dan desain, mesin yang batasnya hanya ditentukan dengan imajinasi Anda sendiri.

Artikel ini mengumpulkan tiga mesin tersebut, yang masing-masing dapat bekerja melampaui batas ketika diukur terhadap metrik yang berbeda: Harga, kualitas pengaturan, dan performa, secara berurutan.

Mesin seperti ini dapat menjadi inspirasi, North Stars untuk memandu ambisi Anda. PC game mahal ini tidak takut untuk bermimpi besar dan begitu pula Anda.

Siapa tahu — mungkin satu hari Anda akan merakit sistem yang menjadi inspirasi bagi para perakit muda.1 2 3

Harga: Overclockers UK’s* OrionX2*

Daftar yang menampilkan PC game mahal tidak akan bisa mengabaikan OrionX2*, yang dirancang oleh Ian "8Pack" Parry dari Overclockers UK*, OrionX2* adalah mesin yang dirakit untuk dikagumi.

OrionX2* sebenarnya memiliki dua sistem — sistem stasiun kerja dan sistem game. Hal inilah yang membuatnya sangat cocok untuk multitugas. Jika Anda seorang streamer, misalnya, meminta satu sistem untuk menjalankan game sekaligus mengenkode dan menyiarkan umpan langsung Anda ke platform streaming dapat sangat membebani mesin Anda. Namun, dengan membagi beban kerja antara dua sistem akan memberi ruang bernapas yang lebih baik.

Overclockers UK* memiliki standar tinggi untuk komponen yang dipilih untuk disertakan dalam kedua sistem. Sesuai dengan namanya, kemampuan overclock yang andal diprioritaskan ketika memilih CPU untuk sistem. Proses menumpuk batch CPU untuk kemampuan overclock tinggi sangatlah luas dan mahal, tetapi memungkinkan Overclockers UK* memastikan bahwa sistemnya dapat bekerja pada tingkat yang diinginkan. Sistem utama mencakup prosesor Intel® Core™ i9-7980XE 18 core, 36 thread yang di-overclock hingga 4,6 GHz, sementara sistem sekunder dapat dikonfigurasi untuk membawa prosesor Intel® Core™ i9-9900K yang dapat di-overclock setidaknya hingga 5,0 GHz.

Sistem ini juga menggunakan sistem pendinginan air khusus yang terdiri atas tiga loop pendinginan terpisah. Untuk mesin yang isinya padat, metode pendinginan udara konvensional mungkin akan menjadi solusi yang tidak memadai untuk pendinginan, sehingga banyak komponen yang memancarkan panas sekaligus, terutama jika beberapa diantaranya di-overclock. Pengaturan pendinginan air memungkinkan penggunaan ruang terbatas yang efisien, menggunakan kombinasi tabung keras dan pelat distribusi yang dibuat khusus untuk mengarahkan cairan ke radiator dan kipas yang menghadap ke luar di bagian belakang sistem, sehingga memungkinkan perpindahan panas yang efektif.

Sistem pendingin juga merupakan kelebihan OrionX2* pada tingkat estetika: Pelat akrilik khusus tidak hanya mengesankan secara visual tetapi juga membantu menghemat ruang, sementara tiga loop pendingin terpisah memungkinkan casing berisi tiga warna cairan pendingin yang berbeda (merah, perak, dan abu-abu). Ini adalah sistem sangat senyap yang menghadirkan desain sentuhan yang sangat istimewa pada OrionX2*.

Sebagai gambaran betapa ekstremnya mesin ini, Anda harus mengeluarkan uang hingga $45.000 jika ingin membelinya.4 Bandrol harga menunjukkan kualitasnya: Ini adalah mesin yang sangat luar biasa.

Spesifikasi/konfigurasi

Sistem utama:

  • Prosesor Intel® Core™ i9-7980XE
  • ASUS ROG* Rampage VI Extreme Omega
  • NVIDIA TITAN RTX* (x2, terhubung melalui NV-link) atau NVIDIA® TITAN RTX™ (x3, bekerja secara independen)
  • SSD Samsung* 970 EVO* M.2 NVMe* 2 TB (x2)
  • RAM DDR4 3600 MHz 64 GB atau RAM DDR4 3200 MHz 128 GB
  • HDD Seagate Ironwolf* Pro 14 TB

Sistem sekunder:

Pengaturan: Unbox Therapy’s* Xidax* Limited Edition X-10

Pengaturan yang ditampilkan dalam video Unbox Therapy* “The ULTIMATE $30,000 Gaming PC Setup” mungkin hanya salah satu stasiun pertempuran paling dekaden yang pernah dibuat. Ini tidak hanya sebagai pengaturan tambahan; inti dari pengaturan ini adalah edisi terbatas Xidax* X-10* yang dibuat khusus untuk Unbox Therapy*, yang nilainya sekitar $20.000 dari harga perangkat keseluruhan.5

Mula-mula, pengaturan menerapkan konsep kursi game yang dapat disesuaikan ke tingkat yang benar-benar baru. Tiga monitor pada pengaturan ini dipasang di ujung lengkungan yang memanjang dari bagian belakang kursi, sepenuhnya menutupi pengguna di dalam kapal. Lengkungan ini serta baki yang mendukung keyboard dan mouse muncul pada saat tombol ditekan, sehingga pengguna dapat masuk ke dalam penutup (bayangkan pintu Delorean* dari Back to the Future*).

Selain itu, kontrol sandaran tangan kursi juga memungkinkan kursi berubah ke posisi "gravitasi nol" yang memiringkan stasiun pertempuran, monitor, dan semuanya, pada sudut 128°. Seolah itu belum cukup, kursi juga dilengkapi dengan fungsi pijat dan pijakan kaki yang dapat dipanjangkan. "Di sinilah tempat Anda ingin berada dalam menghidupkan sebagian besar momen," kata Lewis Hilsenteger dari Unbox Therapy*.

Area tampilan pengaturan terdiri dari monitor UHD 4K 42,5" yang dipasang dengan diapit dua monitor terpisah dalam orientasi potret dan sedikit melengkung ke arah pengguna. Hilsenteger menyoroti bahwa, dalam konfigurasi ini, monitor yang mengapit dapat digunakan untuk tidak memperluas bidang pandang game tetapi untuk multitugas jika diatur untuk menampilkan informasi lainnya. Lengkap dengan input DisplayPort dan sejumlah input HDMI 2.0, monitor ini sangat fleksibel, dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Unbox Therapy* melengkapi seluruh pengaturan dengan keranjang kudapan dan pendingin berisi minuman, keduanya dapat dijangkau dari kursi. Panel Nanoleaf* menerangi lengkungan di bagian belakang kursi, dan seluruh pengaturan, dari PC ke bingkai ke periferal, menyala dengan pencahayaan RGB.

Bagaimanapun, edisi terbatas X-10* benar-benar inti dari seluruh perangkat ini. Alat ini dilengkapi dengan prosesor Intel® Core™ i9-7980XE yang di-overclock hingga 4,6 GHz. PC ini juga dilengkapi PCIe* Intel® Optane™ SSD 900P 450 GB, yang menyediakan penyimpanan latensi rendah serta memungkinkan waktu booting dan memuat game menjadi cepat.

Walaupun Unbox Therapy* menunjukkan bahwa mesin ini lebih dari mampu untuk menjalankan Fortnite* di atas 130 FPS dengan pengaturan dimaksimalkan dan resolusi superlebar 3440 x 1440, X-10 pesanan ini jelas unggul sebagai workstation.6 Prosesor Intel® Core™ i9-7980XE yang dapat di-overclock digabungkan dengan dua ASUS ROG Strix* GeForce RTX 1080 TI dan RAM DDR4 G.Skill 128 GB.

Spesifikasi

Performa: Linus Tech Tips* Dalam Mencari "PC Game Tercepat Dengan Harga Terjangkau"

Dalam salah satu video mereka, tim Linus Tech Tips* membangun proyek khusus: Untuk membangun PC game tercepat yang pernah ada dengan harga terjangkau. Tim tersebut memiliki sasaran tertentu: Untuk mencapai skor dengan persentil tertinggi yang ditawarkan oleh 3DMark, yaitu alat benchmark komputer. Mereka berencana melakukannya dengan menggunakan komponen yang paling sesuai yang mereka miliki, termasuk prosesor Intel® Core™ i9-9900K, dua ASUS ROG Strix* GeForce* RTX 2080 TI, dan sebuah motherboard MSI MEG* Z390 Godlike.

Karena tim Linus Tech Tips* bermaksud melakukan overclock setiap komponen sesuai kemampuannya, mereka memastikan ada ruang yang cukup di antara kedua kartu grafis. Mereka juga memilih untuk tidak memasang sangkar hard drive tambahan di antara kipas dan kartu grafis untuk memungkinkan aliran udara maksimal di antaranya, alih-alih memasang hard drive di dekat dasar sistem ini. Ini sangat penting mengingat sistem ini sepenuhnya berpendingin udara dan kartu grafis yang di-overclock bisa menjadi sangat panas.

Demi mencapai kecepatan tertinggi komponen ini, komponen juga masuk ke BIOS sistem serta mengaktifkan profil XMP dan mode RAID/Optane drive SATA. Yang sebelumnya memungkinkan pengguna menentang spesifikasi standar sistem dan memungkinkan RAM sistem mencapai kecepatan clock yang lebih tinggi, sedangkan yang terbaru meningkatkan kecepatan akses data dengan menyimpan data yang sering digunakan dalam modul Memori Optane yang lebih mudah diakses.

Meskipun tim tidak terlalu mencapai skor yang ditargetkan pada 3DMark, mereka juga memutuskan untuk menguji performa Shadow of the Tomb Raider* pada pengaturan "ultra" dan pada resolusi 4K (meskipun tanpa keburaman gerakan). Pada waktu tertentu, mesin tersebut mencapai 200 FPS dan kemudian mencapai rata-rata 128 FPS selama demo.7 8 9 Meskipun mereka mungkin tidak memecahkan rekor yang diinginkan, mereka tetap berhasil membuat mesin yang menunjukkan performa luar biasa.

Tentu saja, kebahagiaan sebenarnya dalam video ini adalah menonton Linus Sebastian menikmati detail kecil, seperti jack audio ¼-inci pada motherboard atau polesan krom pada stik RAM G.Skill Trident Z* Royal. Antusiasme Linus Tech Tips* untuk menyatukan komponen dan memecahkan masalah sangat jelas, dan itu muncul dalam build ini.

Untuk merakit PC game mahal atau berusaha membuat rakitan yang lebih sederhana, tim Linus Tech Tips* menggunakan pendekatan yang sama kuatnya — sebuah sikap yang sangat patut dikagumi dan diikuti.

Spesifikasi

Informasi Produk dan Performa

1

Performa bervariasi berdasarkan penggunaan, konfigurasi, dan faktor lainnya. Pelajari lebih lanjut di www.Intel.com/PerformanceIndex.

2

Fitur dan keunggulan teknologi Intel® bergantung pada konfigurasi sistem dan mungkin memerlukan perangkat keras yang didukung, perangkat lunak, atau aktivasi layanan. Performa beragam tergantung pada konfigurasi sistem. Tidak ada produk atau komponen yang bisa sepenuhnya aman. Hubungi produsen maupun peritel sistem Anda, atau pelajari selengkapnya di https://www.intel.co.id.

3

*Nama dan merek lain mungkin diakui sebagai milik pihak lain.

7

Intel tidak mengontrol atau mengaudit data pihak ketiga. Anda harus meninjau konten ini, mempelajari sumber lainnya, dan memastikan apakah data yang dirujuk akurat.