Apa yang dimaksud dengan Intel® Turbo Boost Technology?

Bagaimana Anda menggunakan Intel® Turbo Boost Technology untuk mempercepat prosesor? Kami akan menjelaskan cara kerjanya.1 2

Bagaimana Cara Kerja Intel® Turbo Boost Technology?

CPU tidak selalu perlu beroperasi dengan frekuensi maksimumnya. Beberapa program banyak bergantung pada memori agar berjalan mulus, sementara yang lain banyak menggunakan CPU. Intel® Turbo Boost Technology adalah solusi hemat energi untuk ketidakseimbangan ini: teknologi ini memungkinkan CPU berjalan pada kecepatan dasar saat menangani beban kerja ringan, kemudian melompat ke kecepatan clock lebih tinggi untuk beban kerja yang berat.

Dengan berjalan pada kecepatan clock lebih rendah (jumlah siklus yang dieksekusi oleh prosesor setiap detik) memungkinkan prosesor untuk menggunakan daya lebih sedikit, sehingga dapat mengurangi panas dan berdampak positif pada daya tahan baterai di laptop. Tetapi saat butuh kecepatan lebih, Intel® Turbo Boost Technology secara dinamis menambah kecepatan clock untuk mengimbanginya. Ini terkadang disebut "overclock algoritmik".

Intel® Turbo Boost Technology berpotensi mampu meningkatkan kecepatan CPU hingga Frekuensi Turbo Maksimum walau tetap berada pada suhu dan batas daya yang aman. Hal ini dapat meningkatkan performa baik dalam aplikasi single-thread maupun multi-thread (program yang menggunakan beberapa core prosesor).3

Jika Anda ingin tahu cara mengaktifkan Turbo Boost, jangan khawatir — ini telah diaktifkan secara default. Anda tidak perlu mengunduh atau mengonfigurasi apa pun.

Apa yang dimaksud dengan Frekuensi Turbo Maksimum?

Ketika menangani beban kerja ringan, CPU berjalan pada Frekuensi Dasar yang tertera dalam spesifikasinya. (Atau lebih rendah, saat teknologi penghematan energi Speedstep® Intel® menskalakan kecepatan CPU). Ketika menangani thread perangkat keras yang ditandai untuk performa tinggi, Intel® Turbo Boost Technology akan menambah kecepatan clock hingga Frekuensi Turbo Maksimum.

Misalnya, prosesor Intel® Core™ i9-9900K memiliki frekuensi dasar 3,60 GHz, dan frekuensi Turbo Maksimum 5,00 GHz. Perhatikan, bergantung pada situasinya, CPU tertentu mungkin tidak selalu bisa mencapai Frekuensi Turbo Maksimum-nya. Peningkatan dinamis dalam kecepatan berubah, bergantung pada beban kerja dan thermal-headroom yang tersedia.

Ketika membandingkan kecepatan clock CPU, Frekuensi Turbo Maksimum biasanya adalah angka penting yang harus diingat. Ini mencerminkan performa puncak prosesor sebelum overclock.4 Bersama jumlah core dan fitur premium, ini salah satu pertimbangan penting ketika membeli CPU.

Baca selengkapnya tentang frekuensi CPU di sini ›

Apa Perbedaan Antara Intel® Turbo Boost Technology 2.0 dan 3.0?

Intel® Turbo Boost Technology 2.0 5 mengikuti perilaku yang dijelaskan di atas, dan tersedia pada kebanyakan prosesor Intel® Core™ yang lebih baru dari Generasi ke-2 (prosesor Intel® Core™ i5, i7, i9  dan prosesor Intel® Xeon®).

Intel® Turbo Boost Max Technology 3.0 adalah versi penyempurnaan dari 2.0 yang meningkatkan kecepatan core tercepat CPU secara individual, sekaligus mengarahkan beban kerja penting ke core yang ditingkatkan. Ini dapat meningkatkan performa utas-tunggal hingga 15%. 6 7 8

Intel® Turbo Boost Technology 3.0 tersedia di prosesor Intel® Core™ Seri X, termasuk:

  • Prosesor Intel® Core™ i7-69xx/68xx
  • Prosesor Intel® Core™ i9-7900X/i9-7920X/i9-7940X/i9-7960X/i9-7980XE/i7-7820X/i7-9800X
  • Prosesor Intel® Core™ i9-9820X/i9-99x0XE/i9-99x0X
  • Rangkaian produk prosesor Intel® Xeon® E5-1600 v4 (soket tunggal)

Bagaimana Cara Menggunakan Intel® Turbo Boost Technology?

Intel® Turbo Boost Technology bekerja secara otomatis untuk memberikan kecepatan lebih tinggi pada CPU Anda saat dibutuhkan. Pengguna tidak perlu menginstal atau mengonfigurasinya, karena telah diaktifkan secara default pada semua sistem operasi.

Meskipun Anda juga dapat menonaktifkan Intel® Turbo Boost Technology dari BIOS, namun tidak disarankan melakukannya, kecuali jika Anda sedang memecahkan masalah spesifik atau mencoba mengumpulkan pengukuran performa yang konsisten. Anda akan melihat performa yang lebih efisien dan kecepatan clock puncak yang lebih tinggi dengan Intel® Turbo Boost Technology yang diaktifkan.

Jika Anda tertarik untuk mengoptimalkan CPU, baca panduan overclock kami dan sumber daya optimisasi CPU lainnya.

Informasi Produk dan Performa

1

Perangkat lunak dan beban kerja yang digunakan dalam uji performa mungkin telah dioptimalkan hanya untuk performa pada mikroprosesor Intel®. Pengujian performa, seperti SYSmark* dan MobileMark*, diukur menggunakan sistem komputer, komponen, perangkat lunak, operasi, dan fungsi spesifik. Perubahan apa pun terhadap salah satu faktor tersebut bisa menyebabkan hasil yang bervariasi. Anda harus mempelajari informasi dan sejumlah uji performa lain agar benar-benar dapat mempertimbangkan pembelian dengan cermat, termasuk performa produk tersebut bila digabungkan dengan produk lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.intel.co.id/benchmarks.

2Intel, logo Intel, dan Core adalah merek dagang dari Intel Corporation atau anak perusahaannya di A.S. dan/atau di negara lain. Nama dan merek lain mungkin diakui sebagai milik pihak lain. © Intel Corporation
4

Mengubah frekuensi atau tegangan clock dapat merusak atau mengurangi masa pakai prosesor dan komponen sistem lain, dan dapat mengurangi kinerja dan stabilitas sistem. Garansi produk bisa tidak berlaku jika prosesor dioperasikan di luar batas spesifikasinya. Konsultasikan dengan produsen sistem dan komponen untuk informasi tambahan.

5

Membutuhkan sistem dengan Intel® Turbo Boost Technology. Intel® Turbo Boost Technology dan Intel® Turbo Boost Technology 2.0 hanya tersedia di sejumlah prosesor Intel® tertentu. Hubungi produsen PC Anda. Kinerja dapat beragam tergantung pada perangkat keras, perangkat lunak, dan konfigurasi sistem.

6Sebagaimana diukur dengan SPECint_base2006. SPECint*_base2000/2006 mengukur kecepatan perangkat dalam menyelesaikan satu tugas komputasi integer. SPECint*_rate_base2000/2006 mengukur throughput, atau jumlah tugas komputasi integer yang dapat diselesaikan perangkat dalam waktu tertentu. Perbandingan dilakukan menggunakan prosesor Intel® Core™ i7-6950x dibandingkan prosesor Intel® Core™ i7-5960x dengan perangkat keras sistem yang identik.
7

Hasil tolok ukur diperoleh sebelum penerapan patch perangkat lunak dan pembaruan firmware terkini yang bertujuan mengatasi eksploit yang disebut “Spectre” dan “Meltdown”. Penerapan pembaruan ini mungkin menyebabkan hasil ini tidak berlaku pada perangkat atau sistem Anda.

8

Fitur dan keunggulan teknologi Intel® bergantung pada konfigurasi sistem dan memerlukan perangkat keras yang didukung, perangkat lunak, atau aktivasi layanan. Performa beragam tergantung pada konfigurasi sistem. Tanyakan pada pabrikan atau peritel sistem atau pelajari selengkapnya di www.intel.co.id/content/www/id/id/architecture-and-technology/turbo-boost/turbo-boost-max-technology.html.