Cara Menyeimbangkan Komponen Anda dengan Tepat

Memastikan bahwa perangkat keras Anda seimbang dengan tepat dapat mencegah bottleneck performa PC dan menghasilkan pengalaman pengguna yang lebih baik di semua sisi.1 2

Merakit PC gaming berkualitas tidak sesederhana membeli CPU atau GPU paling mahal. Penyiapan perangkat keras yang seimbang dan holistik penting untuk pengalaman pengguna yang ideal.

PC yang "seimbang" adalah PC dengan perangkat keras yang tepat untuk beban kerja yang akan dihadapinya, seperti gaming, dan harus dirancang untuk menghindari "bottleneck." Dengan PC yang seimbang, komponen Anda akan mencapai tingkat performa yang ditujukan untuk mereka, tanpa salah satu komponen (atau serangkaian komponen) tidak dimanfaatkan secara maksimal atau bekerja terlalu berat. Ini berarti pengalaman bermain game yang lebih baik dan pengalaman pengguna yang lebih baik secara umum.

Semua PC sebaiknya seimbang, tetapi kita akan fokus dengan perangkat keras sistem yang dirancang untuk gaming. Banyak rekomendasi di sini yang berlaku untuk sistem lain juga.

Apa itu Bottleneck PC?

Dalam konteks PC, bottleneck mengacu ke komponen yang membatasi potensi perangkat keras lain karena perbedaan antara kemampuan maksimal dari kedua komponen.

Bottleneck tidak sepenuhnya disebabkan oleh kualitas atau usia komponen, tetapi performanya. Bottleneck tidak hanya ditemukan di sistem kelas tinggi; keseimbangan juga penting untuk sistem dengan perangkat keras tingkat pemula.

Menemukan CPU dan GPU yang Kompatibel

Bottleneck tidak hanya terjadi pada CPU dan GPU, tetapi pengaruh antara keduanya menunjukkan bagaimana bottleneck berdampak pada suatu sistem.

Central processing unit (CPU) bertugas menghitung operasi seperti hukum fisika, audio, netcode, data posisional, dan beragam sistem lain dalam game PC modern. CPU juga mengirimkan instruksi rendering ke graphics processing unit (GPU).

Instruksi dari CPU tersebut berisi semua kebutuhan GPU untuk mengetahui apa yang harus dirender, termasuk shader, tekstur, dan data visual lainnya. Kesemua itu kemudian dieksekusi oleh GPU, menghasilkan gambar yang Anda lihat di layar. Jika GPU merender instruksi ini lebih cepat daripada kecepatan CPU memberikannya, GPU akan tetap diam hingga set instruksi berikutnya siap.

Ini berarti GPU tidak beroperasi dalam performa puncak, dan ini dapat menghasilkan frame lebih sedikit per detiknya. Ini adalah bottleneck dalam artian tingkat performa dari GPU tertahan oleh keterbatasan dari CPU.

Hal yang sama dapat terjadi sebaliknya. Jika CPU yang kuat mengirim instruksi ke GPU lebih cepat daripada apa yang GPU dapat render, kemampuan dari CPU menjadi dibatasi oleh kecepatan GPU yang lebih lambat. Sistem ini akan tampil lebih baik dengan kemampuan performa CPU dan GPU yang lebih setara.

Sekali lagi, hampir semua perangkat keras apa pun dapat berkontribusi terhadap bottleneck, bukan hanya CPU dan GPU. Idealnya, perangkat keras sistem akan sedekat mungkin dengan performa maksimum, dan satu sambungan dalam rangkaian perangkat keras tidak akan merugikan yang lainnya.

Membangun PC Game yang Seimbang

Ketika merencanakan rakitan baru, pertimbangkan tidak hanya jenis game yang dimainkan dan persyaratan perangkat kerasnya, tetapi juga bagaimana setiap perangkat keras dapat berdampak kepada yang lainnya.

CPU

Meskipun game dioptimalkan dengan cara berbeda, dan sebagian lebih bergantung pada CPU dibandingkan yang lain, prosesor performa tinggi tetap penting untuk pengalaman bermain game yang ideal, dan merupakan awal yang bagus ketika merencanakan rakitan baru. Kebutuhan perangkat keras dari seseorang yang memainkan judul game yang intensif CPU sambil melakukan streaming langsung akan berbeda dibandingkan seseorang yang sesekali bermain game yang tidak terlalu intensif perangkat keras. Pikirkan tentang manakah yang lebih cocok dengan cara Anda menggunakan PC Anda.

Setelah memilih CPU yang tepat untuk sistem Anda, selanjutnya pertimbangkan GPU yang Anda rencanakan untuk dipadukan dengannya untuk mencapai rakitan yang seimbang.

GPU

Sama halnya dengan CPU, memilih GPU yang tepat bergantung pada game yang Anda mainkan, dan bagaimana Anda berencana menggunakan sistem tersebut.

Kebanyakan game PC memberikan opsi grafis ekstensif yang memungkinkan Anda mengkustomisasi pengalaman Anda. Ini seringkali berarti Anda dapat memainkan game lebih baru dengan GPU tua atau tingkat pemula, meskipun mungkin ada beberapa pengurangan performa, serta dampak pada tampilan dan pengalaman secara keseluruhan.

Jika resolusi tinggi menjadi prioritas, GPU kelas tinggi mungkin adalah pilihan terbaik bagi Anda. Jika game 1080p cukup, opsi Anda terbuka cukup lebar.

Untuk memastikan rakitan yang seimbang, CPU dan GPU Anda tidak hanya harus kompatibel — keduanya harus saling melengkapi. Prosesor Intel® Core™ i5 terbaru adalah CPU tingkat pemula yang sangat baik, tetapi sistem Anda tidak akan seimbang jika ini dipadukan dengan GPU GeForce* RTX 3090. Demikian juga, prosesor gaming Intel® Core™ i9 terbaru adalah pilihan hebat untuk CPU gaming yang bertenaga, tetapi ketika dipadukan dengan GPU tingkat pemula, potensi penuh dari CPU akan terbatasi dan terbuang percuma.

CPU dan GPU bekerja sama dalam PC game, dan untuk itu, sebaiknya tidak memprioritaskan hanya salah satu dari mereka. Keduanya harus dapat beroperasi di tingkat performa tertinggi.

RAM

RAM biasanya tidak menjadi bottleneck saat bermain game, kecuali milik Anda tidak mencukupi. Untuk sebagian besar game modern, RAM 8 GB adalah awal baik, walaupun 16 GB kini semakin dibutukan. Ini juga tergantung pada bagaimana Anda menggunakan komputer Anda; jika Anda hanya bermain game, Anda akan membutuhkan RAM lebih sedikit dibandingkan jika Anda juga mengobrol di Discord atau melakukan streaming video sembari bermain.

Secara umum, untuk soal game, kecepatan tidak lebih penting dari kuantitas. Sekali lagi, intinya adalah keseimbangan, jadi 16GB RAM yang sangat lambat juga tidak ideal. Tapi selama Anda membeli memori modern, RAM DDR4 16 GB biasanya lebih baik dari 8 BG DDR4 dengan kecepatan yang sedikit lebih tinggi.

Anda dapat membaca lebih lanjut tentang memilih RAM yang tepat di sini.

SSD/HDD

Penyimpanan juga dapat menyebabkan bottleneck performa gaming pada pengalaman pengguna sistem secara umum. Ini mungkin tidak memengaruhi pengaturan grafis Anda, tetapi jika Anda menggunakan hard disk drive (HDD) lama, waktu muat mungkin akan lebih lama atau terjadi macet saat memuat game.

Solusi paling sederhana adalah dengan meningkatkan ke solid state drive (SSD), yang memungkinkan akses ke data yang lebih cepat secara signifikan dibandingkan HDD tradisional. Memori Intel® Optane™ juga dapat meningkatkan kecepatan akses HDD dengan melakukan caching file yang umumnya digunakan sistem Anda demi akses yang lebih cepat, yang dapat meningkatkan performa bahkan jika Anda belum siap untuk mengganti HDD Anda.

Baca lebih lanjut tentang bagaimana penyimpanan dapat memengaruhi bermain game.

Layar

Layar Anda juga dapat menjadi penyebab bottleneck. Anda tidak akan mendapatkan manfaat maksimal dari perangkat keras game terbaru jika Anda menggunakan tampilan 1080p dan 60 Hz.

Jika Anda membidik frame rate atau resolusi yang lebih tinggi, Anda akan ingin memastikan Anda berinvestasi di layar yang dapat menampilkan fitur ini dengan baik, bersama dengan kombinasi CPU dan GPU yang seimbang yang mampu melakukan render fitur tersebut.

Perangkat Keras Lainnya

Meskipun CPU, GPU, RAM, penyimpanan, dan tampilan memiliki dampak yang paling besar pada performa game, komponen lain juga perlu dipertimbangkan untuk rakitan yang seimbang.

Catu daya mungkin tidak berdampak langsung pada frame rate, tetapi PSU yang tidak cocok dapat berbahaya bagi ketahanan sistem Anda.

Motherboard mungkin tidak akan memengaruhi permainan game, tetapi ini dapat membatasi opsi perangkat keras Anda, sehingga membuat peningkatan di masa depan menjadi lebih sulit, dan memengaruhi sebagian fitur masa pakai seperti konektivitas jaringan dan suara.

Setiap bagian perangkat keras harus dipertimbangkan dalam konteks bagaimana perangkat ini bekerja dengan perangkat lain di dalam sistem dan membantu untuk memupuk pengalaman yang lebih seimbang.

Cara Menyeimbangkan Rakitan Anda

Salah satu keunggulan PC pre-built adalah mereka biasanya dirancang untuk seimbang. Tetapi jika Anda merakit atau meningkatkan sistem sendiri, Anda ingin membeli perangkat keras yang tidak hanya kompatibel tetapi juga saling melengkapi dari segi performa.

Pertimbangkan cara terbaik untuk menyebarkan anggaran Anda. Anda ingin komponen berkualitas tinggi, tetapi Anda juga ingin memprioritaskan kebutuhan Anda. Misalnya: jika Anda ingin pengalaman resolusi tinggi, mengalokasikan anggaran Anda untuk membeli tampilan resolusi tinggi dan kartu grafis kelas tinggi adalah ide bagus. Jika Anda bermain game tembak-menembak cepat seperti Call of Duty: Warzone atau VALORANT, akan masuk akal jika Anda memprioritaskan frame rate yang tinggi dengan CPU gaming yang tepat dan layar dengan refresh rate yang lebih tinggi.

Contoh dari Rakitan yang Seimbang

Berikut ini adalah beberapa contoh dari sistem yang seimbang, yang dapat menjadi poin referensi yang berguna saat mempertimbangkan PC siap pakai atau PC khusus.

Sistem Gaming

  • CPU: Intel® Core™ i5 10600K
  • GPU: Nvidia GeForce RTX 2060
  • RAM: 8 GB
  • Penyimpanan: Memori Intel Optane 32 GB/HDD 1 TB
  • Layar: 1920x1080/refresh rate 144 Hz

Sistem Gaming Kelas Atas

  • CPU: Intel® Core™ i7 10700K
  • GPU: Nvidia GeForce RTX 3070
  • RAM: 16 GB
  • Penyimpanan: Intel SSD 512 GB/HDD 1 TB
  • Layar: 2560x1440/refresh rate 144 Hz, atau 1920x1080/refresh rate 240 Hz

Sistem Gaming Tercanggih

  • CPU: Intel® Core™ i9 10900K
  • GPU: Nvidia GeForce RTX 3080
  • RAM: 32 GB
  • Penyimpanan: Intel SSD 1 TB/HDD 2TB
  • Layar: 3840x2160/refresh rate 120 Hz, 2560x1440/refresh rate 240 Hz, atau 1920x1080/ refresh rate 360 Hz

Menemukan Keseimbangan yang Tepat untuk PC Anda

Apa yang Anda cari dari PC game mungkin berbeda-beda, namun perangkat keras apa pun yang Anda pilih, memastikan bahwa perangkat kerasnya seimbang akan menghasilkan pengalaman yang baik. Ketika merakit PC Anda, ingat bahwa Anda selalu dapat meningkatkannya nanti. Lebih baik memiliki rakitan yang seimbang yang dapat ditingkatkan nanti dibandingkan satu komponen sangat kuat dalam sistem yang lambat.

Rakitan yang seimbang adalah lebih dari memastikan pengalaman game yang lebih baik. Ini tentang menyatukan sistem yang akan memberikan performa terbaik terlepas dari bagaimana Anda menggunakannya. Entah itu bermain game atau berkarya, memprioritaskan perangkat keras yang seimbang akan memberikan pengalaman yang lebih baik secara keseluruhan.

Informasi Produk dan Performa

1

Teknologi Intel® mungkin mengharuskan diaktifkannya perangkat keras, perangkat lunak, atau aktivasi layanan. Tidak ada produk atau komponen yang bisa sepenuhnya aman. Biaya dan hasil Anda mungkin berbeda.

2

©Intel Corporation. Intel, logo Intel, dan merek Intel lainnya adalah merek dagang Intel Corporation atau anak perusahaannya. Nama dan merek lain mungkin diakui sebagai milik pihak lain.