Virtualisasi Desktop Cerdas

Mengurangi kompleksitas IT dan mendukung kebutuhan pengguna akhir dengan perangkat fisik yang lebih sedikit melalui pendekatan Virtualisasi Desktop Cerdas (IDV) untuk manajemen klien tipis.

Manfaat Utama

  • Virtualisasi Desktop Cerdas (IDV) adalah pendekatan baru untuk manajemen klien tipis yang mengoptimalkan TCO dan menyederhanakan proses.

  • IDV menempatkan komputasi performa tinggi di lokasi fisik yang sama dengan pengguna, yang didukung oleh manajemen terpusat dalam pusat data inti.

  • Dengan ketergantungan yang lebih sedikit pada konektivitas internet, IDV membantu meningkatkan keamanan dan mempromosikan ketersediaan sistem.

author-image

Oleh

Apa Itu Virtualisasi Desktop Cerdas?

Mulai dari akademisi hingga industri perbankan dan lainnya, departemen IT terus mencari cara untuk mengendalikan kompleksitas dan mengurangi biaya. Untuk melakukannya, mereka mencari cara untuk mengelola lebih sedikit perangkat klien sekaligus tetap mendukung jumlah pengguna yang banyak—khususnya dalam aplikasi seperti laboratorium komputer pendidikan, pusat panggilan perusahaan, atau konter perbankan.

Virtualisasi desktop cerdas (IDV) adalah model baru untuk mengelola klien tipis dan menyediakan lingkungan komputasi tervirtualisasi sehingga IT dapat mendukung jumlah pengguna akhir yang sama sekaligus mengurangi jumlah perangkat yang digunakan. Model ini menggunakan perangkat PC performa tinggi yang secara fisik terletak di lokasi yang sama dengan pengguna, selain virtualisasi yang dikendalikan di server untuk pengelolaan secara keseluruhan, untuk menyediakan lingkungan komputasi tervirtualisasi. Tiga terminal pengguna dapat didukung oleh PC dalam ruangan performa tinggi yang sama, di mana masing-masing menggunakan input, layar, dan periferal audio mereka sendiri. Ketika menangani kasus penggunaan yang menuntut dukungan simultan untuk 30+ pengguna, ini memungkinkan departemen IT untuk secara dramatis mengurangi persyaratan manajemen.

Berbeda dengan pendekatan infrastruktur desktop virtual (VDI) tradisional, IDV menggunakan sumber daya komputasi yang canggih melalui lapisan virtualisasi yang dikendalikan melalui pusat data yang menjalankan Mesin Virtual (VM) di lokasi pengguna akhir. Sumber daya di tempat bekerja bersama dengan pusat data inti untuk menyediakan VM, menyinkronkan citra sistem, dan mendukung manajemen yang disederhanakan. Intel mendukung virtualisasi I/O single-root (SR-IOV) untuk memperbolehkan komponen perangkat keras dalam PC performa tinggi untuk terbagi dengan mudah di antara pengguna akhir VM.

Karakteristik IDV

  • Manajemen pusat, eksekusi lokal: Model IDV mengacu ke pusat data pusat, kemudian menempatkan sumber daya komputasi di lokasi yang sama dengan pengguna. Sumber daya lokal membantu meningkatkan pengalaman pengguna.
  • Pencitraan: Menggunakan pendekatan IDV, departemen IT dapat mengelola dan menyebarkan citra VM dari jarak jauh ke perangkat komputasi performa tinggi yang terdistribusi.
  • Manajemen perangkat asli: IDV memungkinkan staf IT untuk memanfaatkan sumber daya perangkat keras independen dari sistem operasi untuk memastikan platform komputasi yang tangguh dan mendapatkan peningkatan fleksibilitas.

Manfaat IDV

IDV menawarkan manfaat utama bagi organisasi yang ingin mengendalikan biaya dan menyederhanakan manajemen perangkat pengguna akhir bervolume besar.

TCO yang lebih rendah

Dengan menyederhanakan manajemen, mengoptimalkan penggunaan sumber daya pusat data, dan memungkinkan banyak pengguna untuk memanfaatkan perangkat komputasi yang sama, IDV membantu mengendalikan total biaya kepemilikan (TCO). Hal ini terjadi dengan mengurangi jumlah perangkat pengguna akhir yang harus didukung, memungkinkan manajemen IT terpusat, dan memerlukan sumber daya pusat data yang lebih sedikit dibandingkan VDI.

Mengurangi Kompleksitas

Manajemen terpusat dari pusat data inti memungkinkan IT untuk dengan mudah menyebarkan citra sistem baru dan mengadministrasikan perangkat jika diperlukan, tidak peduli di mana perangkat berada secara fisik. Mendukung lebih sedikit perangkat membantu menyederhanakan dan mempermudah operasi IT.

Peningkatan Keamanan

Dengan lebih sedikit data transit di internet, IDV membantu organisasi mengurangi risiko dan paparan keamanan.

VDI Vs. IDV

Dalam model infrastruktur desktop virtual tradisional, VM berjalan di lingkungan pusat data yang jauh secara fisik dari lokasi pengguna. Pengguna biasanya menggunakan perangkat klien tipis dengan kekuatan komputasi onboard minimal untuk mengakses lingkungan tervirtualisasi mereka dan melakukan tugas harian mereka.

Dalam model IDV, VM berjalan pada PC performa tinggi di lokasi yang sama dengan pengguna, yang didukung oleh lapisan virtualisasi di server pusat. Pengguna mengakses lingkungan ini melalui layar yang terhubung dan periferal input. Perangkat klien juga dapat berjalan offline dalam model IDV, yang memastikan pengguna dapat mengakses sumber daya IT bahkan jika konektivitas internet tidak tersedia. Selain itu, dengan informasi yang lebih sedikit yang ditransmisikan melalui berbagai jaringan IT, IDV juga menghadirkan peningkatan keamanan juga.

Dengan memindahkan sumber daya VM yang diperlukan dari pusat data, IDV membantu mengoptimalkan penggunaan sumber daya pusat data sekaligus menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih cepat dan lebih responsif. Dan karena komponen virtualisasi yang terdistribusi dikelola oleh server pusat, IT masih dapat melakukan provisi dengan mudah dan mengendalikan lingkungan pengguna akhir dari jarak jauh.

Di mana IDV Dapat Digunakan?

IDV cocok untuk lingkungan yang menuntut dukungan simultan untuk banyak pengguna, seperti:

  • Laboratorium komputer pendidikan dan ruang kelas
  • Ruang pelatihan
  • Pusat panggilan
  • Analisis data dan pusat desain profesional
  • Konter bank
  • Resepsionis telekomunikasi
  • Pusat manajemen operasi

Pada dasarnya, di mana ada banyak pengguna akhir dan departemen IT ingin, atau perlu, untuk secara dramatis mengurangi waktu, persyaratan, dan biaya manajemen, ini adalah solusi yang layak.

Pertanyaan Umum

Apa itu virtualisasi desktop?

Virtualisasi desktop memisahkan lingkungan komputasi pengguna akhir dan sistem operasi dari perangkat fisik mereka.

Apa perbedaan antara VDI dan IDV?

Dalam model VDI tradisional, mesin virtual pengguna akhir berjalan di lingkungan pusat data dan diakses dari jarak jauh. Dalam model IDV, pusat data inti digunakan untuk melakukan provisi VM dan mengelola perangkat di tempat; desktop virtual berjalan pada PC performa tinggi di lokasi fisik yang sama dengan pengguna. VDI sepenuhnya bergantung pada konektivitas ke pusat data untuk berfungsi, tetapi IDV hanya memerlukan konektivitas pusat data untuk pengaturan awal, provisi, dan pemuatan gambar.

Apa manfaat virtualisasi desktop?

Virtualisasi desktop menyediakan TCO yang lebih rendah dan mengurangi kompleksitas karena departemen IT perlu untuk mengoperasikan perangkat pengguna akhir yang lebih sedikit. Mengelola dan menyebarkan citra dari suatu antarmuka pusat membantu meningkatkan produktivitas staf dan mengurangi biaya operasional keseluruhan.