Apa itu Manufaktur Terpisah?

Industrial IoT membentuk masa depan yang fleksibel dan dapat diskalakan untuk manufaktur terpisah dalam berbagai pasar vertikal.

Ikhtisar Manufaktur Terpisah

  • Manufaktur terpisah sangat kompleks dan semakin terotomatisasi seiring bisnis menemukan cara untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

  • Rantai pasokan untuk sebagian besar produsen terpisah bersifat kompleks dan menawarkan kesempatan untuk optimasi melalui penangkapan dan analisis data.

  • IT dan OT terkonvergensi seiring produsen beralih ke infrastruktur yang ditentukan perangkat lunak sumber terbuka untuk mengelola semua aspek bisnis.

  • Inovasi yang didorong oleh data semakin tersedia dan semakin berharga karena hambatan terhadap IIoT dalam manufaktur terpisah semakin berkurang.

author-image

Oleh

Apa itu Manufaktur Terpisah?

Pabrik yang terlibat dalam manufaktur terpisah membangun komponen dan merakitnya menjadi subsistem dan produk akhir. Keduanya, proses produksi dan perakitan dikategorikan sebagai manufaktur terpisah.

Proses yang diterapkan dalam manufaktur terpisah tidak berkelanjutan, sehingga masing-masing dapat dimulai dan dihentikan secara terpisah. Di banyak kasus, proses dapat berjalan dengan kecepatan yang berbeda tanpa mengganggu produksi secara keseluruhan.

Contoh produk yang merupakan hasil dari manufaktur terpisah mencakup kendaraan, komputer, perabot, peralatan rumah tangga, dan pakaian. Item ini sering kali dapat dibongkar ketika tidak lagi dibutuhkan, sehingga suku cadang komponen dapat diperbarui, dipakai ulang, dan/atau didaur ulang.

Menerapkan teknologi Industri 4.0 dalam manufaktur terpisah—yang didukung oleh solusi edge cerdas—dapat menurunkan biaya, meningkatkan efisiensi, dan mengungkap keunggulan baru. Seiring dengan semakin kompleks dan terotomatisasinya manufaktur terpisah, bisnis mendapatkan, menganalisis, dan menindaklanjuti data di seluruh operasi mereka dengan lebih cepat dan lebih efektif.

Manufaktur Terpisah vs. Manufaktur Proses

Proses manufaktur dikelompokkan menjadi dua kategori: terpisah dan proses.

Proses manufaktur terpisah mencakup produksi komponen individu serta perakitannya menjadi produk akhir. Contoh manufaktur terpisah mencakup otomobil, peralatan rumah tangga, dan elektronik konsumen.

Manufaktur proses dikaitkan dengan rumus dan resep serta digunakan untuk memproduksi minuman, bahan kimia, obat-obatan, dan beberapa produk konsumen, seperti perlengkapan mandi, dan produk kertas. Dalam manufaktur proses, bahan baku dicampur dan/atau dimurnikan secara berkelanjutan atau dalam beberapa batch.

Tidak seperti manufaktur terpisah, komoditas yang diproduksi dengan manufaktur proses umumnya tidak dapat dipisah menjadi beberapa komponen, meskipun beberapa produk akhir dapat didaur ulang.

Manufaktur Terpisah dalam Pasar Vertikal

Ragam produk yang luas diproduksi dengan manufaktur terpisah. Pasar utama mencakup produk yang paling kompleks dan bergantung pada rantai pasokan yang juga kompleks dan multitahap, dengan sumber daya multinasional. 

Lima pasar terkemuka berinvestasi besar-besaran dalam manufaktur terpisah dan teknologi baru yang mendukung kualitas dan efisiensi produksi:

  • Otomobil dan komponen otomobil
  • Elektronik dan komputer
  • Produk konsumen
  • Kedirgantaraan, penerbangan, dan pertahanan
  • Mesin dan alat berat

Masing-masing vertikal ini dibentuk oleh edge cerdas industri. Operasi mereka memproduksi data dalam volume besar setiap harinya, yang dapat dimanfaatkan dengan analisis mendekati real-time guna menemukan cara untuk meningkatkan hasil bisnis.

Diperlukan Sedikit Merangkai

Manufaktur terpisah mencakup produksi komponen itu sendiri dan perakitan ke dalam subsistem dan produk akhir. 

Beberapa proses manufaktur terpisah memiliki sejarah yang panjang, seperti jalur perakitan yang dicetuskan seratus tahun lalu oleh Ford Motor Company. Meskipun jalur perakitan saat ini masih umum dalam industri otomotif, sebagian besar tugas perakitan kini dilakukan—atau setidaknya didukung—oleh robot yang didukung AI serta sistem dan alat presisi tinggi dan manufaktur yang dibantu komputer/computer-assisted manufacturing (CAM).

Audi memberikan satu contoh pendekatan saat ini untuk manufaktur otomotif. Bekerja secara erat dengan para insinyur dan teknisi Audi, Intel menciptakan platform machine learning fleksibel yang diskalakan untuk pabrik otomatis Audi. Ini berfungsi sebagai fondasi untuk inovasi di masa depan, yang memungkinkan perusahaan meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya.

John Deere, produsen peralatan pertanian terkemuka, menggunakan teknologi Intel® AI dan visi mesin untuk mengotomatisasi proses pengelasan dan mengontrol cacat, termasuk porositas yang disebabkan oleh gas yang terperangkap dalam las.

Keuntungan IoT dalam Manufaktur Terpisah

Manufaktur terpisah berkembang secara cepat seiring produsen meningkatkan tingkat otomatisasi yang didukung oleh AI, visi mesin, analisis data real-time, dan high performance computing di cloud dan edge. 
Teknologi ini dan teknologi canggih lainnya menggabungkan dunia digital dengan objek fisik melalu IIoT. Dimulai dengan pengumpulan dan analisis data di edge, IIoT mendukung banyak fungsi manufaktur tingkat lanjut di pusat Revolusi Industri Keempat, atau Industri 4.0. 

Seiring dengan konvergensi teknologi informasi (IT) dan teknologi operasional (OT) di dalam platform baru ini, produsen dapat menghubungkan data ke sistem operasional secara real time dan menyingkronisasikan rantai pasokan, pengelolaan pesanan, dan fungsi pengiriman dengan sistem produksi. 

Dengan menghasilkan infrastruktur yang ditentukan perangkat lunak yang menggabungkan IT dan OT, produsen dapat mengintegrasikan proses utama yang sebelumnya terkurung dalam silo data. Hal ini memungkinkan mereka untuk meningkatkan kualitas produk melalui tahapan kendali kualitas terotomatisasi, mengurangi limbah dengan analisis proses menyeluruh, mengoptimalkan biaya, serta memicu peluang bisnis baru dengan membuat data penting tersedia bagi lebih banyak orang.

IIoT dan teknologi digital lainnya melakukan lebih dari mendongkrak efisiensi dan produktivitas. Teknologi ini memungkinkan perusahaan untuk membuat lompatan jauh ke depan, menghilangkan tahapan dalam rantai nilai, dan menumbuhkan peluang untuk membuat nilai baru, baik itu solusi pelanggan baru, proses produksi baru, atau kemitraan baru.”1

McKinsey

Pabrik pintar yang terlibat dalam manufaktur terpisah menerapkan AI, visi mesin, robotika tingkat lanjut, dan analisis data real-time untuk mengoptimalkan segalanya mulai dari inventaris komponen dan penjadwalan tenaga kerja hingga jaminan kualitas dan pengujian. Pendekatan yang dapat diskalakan dan fleksibel memungkinkan perusahaan mobil untuk menawarkan kendaraan yang sepenuhnya dapat disesuaikan alih-alih paket opsi tetap dan untuk berinovasi secara cepat sebagai respons terhadap tuntutan pasar dan persyaratan peraturan. 
Pabrik otomotif 4.0 masih memiliki jalur perakitan, tetapi janji akan kustomisasi massal yang membuat bisnis inovatif ini berbeda.

Teknologi Operasional Mendapatkan Peningkatan

Hingga baru-baru ini, proses manufaktur terpisah mengandalkan pada teknologi operasional yang disediakan sebagai sistem berhak milik dan terintegrasi dari vendor tunggal. Produsen dapat terpaku pada peralatan dan perangkat lunak vendor serta bergantung pada vendor tersebut untuk upgrade dan kontrak pemeliharaan yang mahal, sering kali hingga sepuluh tahun atau lebih.

Banyak dari sistem lama ini kini digantikan atau dilengkapi dengan solusi yang dapat diskalakan berbasis teknologi Intel®. Misalnya, PC industri (IPC) yang didukung oleh prosesor Intel® dapat mengonsolidasikan dan menjalankan berbagai beban kerja manufaktur menggunakan satu perangkat yang dibuat khusus untuk kemudahan penskalaan, kemudahan pengelolaan, dan keamanan.

Pendekatan terbuka dan terkonvergensi terhadap perencanaan sumber daya perusahaan/enterprise resource planning (ERP) ini memungkinkan produsen untuk menerapkan teknologi terkini dalam visi mesin, artificial intelligence (AI), serta pengumpulan dan analisis data real-time guna mempercepat, mengontrol, dan memverifikasi proses produksi.

Langkah pertama dalam transisi dari sistem lama ke solusi terbuka adalah untuk membangun infrastruktur yang dapat mengakomodasi susunan teknologi terintegrasi. Desain sistem harus mencakup rencana mendetail guna menskalakan solusi setelah sepenuhnya teruji dan terbukti untuk mengatasi permasalahan bisnis yang valid. Seiring waktu, beberapa perangkat dan sistem dengan tujuan tunggal dapat dikonsolidasikan dalam platform terbaru dan yang dapat diskalakan sehingga meningkatkan efisiensi operasional, memperkuat keamanan, menurunkan biaya, serta mendorong inovasi.

Industri 4.0 diperkirakan menciptakan nilai potensial keseluruhan sebesar USD3,7 T pada tahun 2025 dan mendorong revolusi industri berikutnya untuk manufaktur terpisah. Akan tetapi, baru sekitar 30 persen perusahaan mendapatkan nilai dari solusi Industri 4.0 pada skala saat ini.”2

McKinsey

Intel dan mitra ekosistemnya menawarkan ratusan solusi edge cerdas yang disertifikasi sebelumnya, yang dirancang dan dibangun untuk kerasnya pabrik. Bersama-sama, Intel dengan mitra teknologi dan pelanggannya dapat mendorong bahkan operasi manufaktur yang paling menuntut dan kompleks ke arah efisiensi, produktivitas, dan inovasi yang lebih baik.

Pertanyaan Umum

Pertanyaan Umum

Manufaktur terpisah melibatkan produksi masing-masing komponen dan suku cadang serta perakitan komponen dan suku cadang tersebut menjadi subsistem dan produk akhir.

Proses manufaktur terpisah mencakup produksi setiap komponen dan merakitnya menjadi produk akhir, seperti mesin cuci atau komputer. Sebagai perbandingan, dalam manufaktur proses, bahan baku dicampur dan/atau dimurnikan secara terus menerus dalam batch untuk membuat produk massal yang tidak dibedakan seperti BBM atau bubuk cokelat. Tidak seperti manufaktur terpisah, komoditas yang diproduksi oleh manufaktur proses umumnya tidak dapat dibongkar menjadi dalam bentuk komponen.

Contoh dari manufaktur terpisah mencakup otomobil, komponen otomotif, pesawat, peralatan rumah tangga, elektronik konsumen, dan alat berat.