Seorang karyawan di pabrik manufaktur, mengenakan topi keras dan jaket kuning keselamatan, duduk di meja meninjau grafik dan alur kerja manufaktur yang ditampilkan di empat layar monitor yang dipasang pada dudukan

Terapkan Infrastruktur yang Ditentukan Perangkat Lunak (SDI) untuk Manufaktur

Beralih ke pendekatan IT/OT terkonvergensi untuk melindungi uptime, meningkatkan produktivitas, dan menyederhanakan pengelolaan.

Manfaat Utama

  • Infrastruktur yang ditentukan perangkat lunak (SDI) memungkinkan produsen untuk menghubungkan sistem IT/OT menggunakan komputasi serba guna daripada peralatan dengan fungsi tetap.

  • SDI memberikan kemampuan kepada organisasi untuk mengkonsolidasikan beban kerja, mengurangi jumlah peralatan yang perlu mereka awasi, dan memusatkan pengelolaan.

  • Memastikan hasil dari inisiatif SDI Anda memerlukan perpaduan yang tepat antara perangkat keras, perangkat lunak, dan mitra strategis.

author-image

Oleh

Memahami Nilai Infrastruktur yang Fleksibel dan Ditentukan Perangkat Lunak

Di bidang manufaktur, infrastruktur yang ditentukan perangkat lunak mengacu pada penggantian peralatan teknologi operasional fungsi tetap (OT) di lantai pabrik dengan platform terkonvergensi untuk beban kerja OT dan teknologi informasi (IT) yang didasarkan pada komputasi yang serbaguna dan fleksibel. Infrastruktur terpadu baru ini tersedia sebagai kumpulan sumber daya terpusat, yang didukung oleh teknologi virtualisasi, dan dapat dikelola dari antarmuka terpusat. Yang terpenting, kemampuan berbagai peralatan yang berbeda ini dapat dikonsolidasikan pada satu server di lantai pabrik atau PC industri untuk membantu mengurangi overhead pengelolaan, menurunkan jejak peralatan, dan menyederhanakan operasi.

Ahli teknologi dan pemimpin manufaktur tahu bahwa keunggulan SDI yang luar biasa—termasuk meningkatnya produktivitas dan keamanan yang lebih baik—hadir dengan tantangan yang cukup besar bagi organisasi mereka. Beralih dari perangkat dengan fungsi tetap untuk menerima platform tunggal dan abstrak untuk teknologi di lantai pabrik Anda memberikan tantangan yang dapat memengaruhi uptime, keamanan, efisiensi, dan keuntungan Anda secara keseluruhan.

Di Intel, kami telah bekerja bersama mitra kami di industri manufaktur selama beberapa dekade untuk menyatukan IT dan OT dalam satu platform, memaksimalkan kecanggihan data manufaktur pelanggan kami, dan mentransformasi operasi mereka. Kami secara aktif berkolaborasi dengan produsen peralatan industri utama, termasuk ABB, Siemens, dan Schneider Electric, untuk mendukung solusi yang digunakan di pabrik di seluruh dunia. Dikombinasikan dengan ekosistem mitra pakar kami, kami berkomitmen untuk membantu produsen seperti Anda mewujudkan hasil bisnis yang mengagumkan melalui SDI serta mendukung teknologi manufaktur generasi berikutnya seperti AI.

Pertimbangkan Manfaat SDI Atas Pendekatan Fungsi Tetap

Meskipun pendekatan fungsi tetap terhadap teknologi pabrik telah menjadi andalan selama bertahun-tahun, tuntutan industri manufaktur yang berkelanjutan telah menyebabkan banyaknya peralatan sekali pakai di lantai pabrik. Fenomena bertambahnya peralatan ini mendorong bertambahnya biaya karena kompleksitas, karyawan yang terbebani, serta menimbulkan masalah pelatihan dan dukungan.

Mengkonsolidasikan peralatan eksklusif ke server COTS yang fleksibel menurunkan jumlah perangkat yang menjadi tanggung jawab tim Anda, menyederhanakan pelatihan dan dukungan yang diperlukan di seluruh lingkungan Anda, serta mengurangi jumlah panggilan lapangan yang diperlukan melalui pengelolaan jarak jauh terpusat.

Selain itu, pendekatan SDI terhadap infrastruktur lantai pabrik Anda memperkenalkan berbagai manfaat lainnya, termasuk:

  • Wawasan yang lebih mendalam. Dengan semua peralatan kritis Anda yang terhubung ke platform yang ditentukan perangkat lunak, Anda dapat lebih mudah melihat informasi terperinci tentang operasi Anda secara real time untuk meningkatkan pengambilan keputusan dan mengoptimalkan hasil bisnis. Konektivitas yang disederhanakan ke sumber daya pusat data dan cloud membantu memfasilitasi analisis dan pertukaran data.
  • Uptime yang lebih panjang. Organisasi dapat mengurangi pemadaman produksi yang tidak direncanakan melalui wawasan performa yang lebih dalam dan kemampuan failover otomatis untuk sistem dan beban kerja vital.
  • Biaya yang Lebih Rendah. Pengelolaan yang disederhanakan, peningkatan produktivitas staf, dan peningkatan uptime membantu mengurangi pengeluaran untuk bisnis Anda.
  • Lebih menarik bagi talenta terbaik. Developer, pembangun solusi, dan insinyur saat ini ingin berinovasi menggunakan alat yang berpusat pada IT dan, dalam banyak kasus, alat native cloud yang paling mereka kenali. Mengkonversi operasi Anda ke platform IT/OT yang ditentukan perangkat lunak membuka pintu bagi kemampuan canggih ini dan banyak lagi—termasuk AI—yang akan menarik bagi ahli teknologi yang berpikiran maju.

Rencanakan Inisiatif Anda

Beberapa langkah perencanaan awal adalah kunci untuk mencapai transisi yang sukses menuju infrastruktur yang ditentukan perangkat lunak.

Pilih Mitra Anda

Untuk mengakselerasi inisiatif SDI mereka, banyak organisasi manufaktur akan memilih untuk bekerja sama dengan penyedia solusi OT dan IT, serta berbagai integrator sistem, vendor perangkat lunak, dan produsen peralatan. Mengintegrasikan dan memastikan interoperabilitas untuk berbagai bagian susunan infrastruktur yang ditentukan perangkat lunak Anda sangat penting untuk memastikan inisiatif yang lancar dan bebas hambatan.

Anda harus berhati-hati memilih mitra yang memiliki keahlian dan pengalaman di sektor industri ini serta koneksi yang mendalam dengan vendor lain di lapangan untuk membantu memperkuat susunan solusi Anda. Di Intel, kami bekerja dengan ekosistem mitra yang luas—mulai dari penyedia layanan dan integrator sistem hingga vendor perangkat lunak analisis data dan virtualisasi—yang memungkinkan kami memberikan solusi komprehensif ke organisasi industri, yang semuanya didukung oleh kecanggihan perangkat keras kami.

Saat Anda meneliti mitra untuk upaya SDI, Anda dapat menggunakan Intel® Partner Showcase untuk melihat tim mitra kami yang beragam di dalam ranah industri ini.

Selain itu, kami telah bekerja dengan pemimpin industri dan produsen untuk membentuk koalisi kuat yang berfokus dalam mendukung keberhasilan pelanggan dengan infrastruktur IT/OT terkonvergensi, termasuk Wachter, Insight, Kepware, dan Dell. Kemitraan ini memberikan model umum untuk berbagai mitra yang mungkin diperlukan untuk inisiatif Anda:

  • Integrator solusi OT (Wachter)
  • Integrator solusi IT (Insight)
  • Penyedia konektivitas data dan pengelolaan data terpusat (Kepware)
  • Penyedia platform perangkat keras (Dell)
  • Penasihat strategis dan platform teknologi/silikon (Intel)

Mengidentifikasi Kasus Penggunaan dan Beban Kerja Target

Sebagai percobaan penemuan awal untuk SDI, organisasi dapat memilih untuk melakukan program percontohan yang menargetkan beban kerja tertentu dengan skala kecil dalam proses yang terkendali. Hal ini memungkinkan tim operasional OT dan IT untuk menumbuhkan keahlian mereka dan mempelajari bagaimana mereka dapat memaksimalkan manfaat teknologi baru. Misalnya, produsen makanan dan minuman mungkin ingin menerapkan SDI di seluruh proses pengemasan mereka, atau produsen otomotif dapat menggunakan proses inspeksi kualitas sebagai bidang penerapan awal. Tentu saja, beberapa perusahaan mungkin lebih memilih untuk melakukan evolusi strategi teknologi yang lebih komprehensif.

Terlepas dari pendekatan apa yang diambil oleh organisasi Anda, beralih ke SDI membuka potensi yang mengagumkan untuk inovasi. Untuk inspirasi mengenai apa yang dapat dilakukan dengan operasi Anda, lihat pustaka kisah sukses manufaktur kami, yang mencakup studi kasus tentang otomatisasi pabrik Audi dan contoh lainnya dari produsen terkemuka.

Saat Anda memulai, pastikan juga untuk mempelajari tentang solusi otomatisasi industri sumber terbuka Red Hat—yang dibuat berdasarkan teknologi berbasis Intel—yang memungkinkan organisasi Anda untuk meluncurkan kemampuan yang ditentukan perangkat lunak di edge pada platform yang terbukti dan stabil.

Kami juga telah membangun solusi otomatisasi yang berpusat pada perangkat lunak yang bermitra dengan Schneider Electric dan Red Hat yang dapat digunakan sebagai bagian dari strategi SDI Anda untuk membantu mendukung inovasi dan efisiensi sekaligus mempertahankan stabilitas, menyempurnakan keamanan, dan meningkatkan fleksibilitas.

Memahami Persyaratan Perangkat Keras Anda

Mulai dari pengontrol logika yang dapat diprogram tervirtualisasi (vPLC) hingga memberikan data real-time kepada pemangku kepentingan melalui bisnis Anda, perangkat keras IT memainkan peranan penting dalam pabrik masa depan yang didukung SDI.

Tentu saja, untuk memaksimalkan efisiensi biaya, Anda harus menemukan keseimbangan yang baik antara biaya dan performa untuk lingkungan edge baru Anda.

Portofolio kami memberikan berbagai opsi jaringan dan komputasi yang dapat membantu memenuhi berbagai kebutuhan Anda di lantai pabrik, di pusat data, atau di cloud serta mencakup dua teknologi kritis yang penting dalam mendukung konvergensi IT/OT dan infrastruktur yang ditentukan perangkat lunak:

  • Komputasi Terkoordinasi Waktu Intel®: Fitur terintegrasi dalam prosesor Intel® untuk IoT/Edge industri yang memungkinkan perangkat dan aplikasi untuk memenuhi persyaratan real-time yang berat dalam lingkungan manufaktur.
  • Jaringan Sensitif Waktu: Standar IEEE untuk jaringan Ethernet yang dapat menghadirkan penjadwalan lalu lintas dan performa latensi rendah yang sangat andal, yang didukung oleh berbagai teknologi Intel®.

Selain itu, kondisi lingkungan yang keras di banyak pabrik menghadirkan tantangan yang signifikan terhadap peralatan IT. Panas, getaran, debu, dan faktor lainnya dapat dengan cepat membebani peralatan yang tidak sesuai dengan tugasnya. Itulah sebabnya kami menawarkan berbagai solusi edge yang dibuat untuk tahan terhadap lingkungan yang menantang ini, termasuk desain yang diperkuat dan penyempurnaan toleransi terhadap suhu ekstrem.

Secara umum, ketika Anda berusaha mengkonsolidasikan beban kerja dan mendukung SDI di organisasi Anda, kami menyarankan Anda untuk menjelajahi opsi produk Intel® seperti:

Memahami Opsi Keamanan Data Anda

Aspek sangat penting lainnya yang perlu dipertimbangkan dalam inisiatif SDI Anda adalah keamanan data. Teknologi Intel® memberikan kemampuan keamanan dengan akar kuat yang dapat membantu Anda menerapkan perlindungan komprehensif di lantai pabrik, di pusat data, dan di cloud. Saat Anda mempertimbangkan kebutuhan keamanan untuk implementasi SDI dan strategi Industri 4.0 Anda secara keseluruhan, pastikan untuk mempertimbangkan penawaran Intel® seperti:

  • Intel® Software Guard Extensions: Manfaatkan cloud sekaligus tetap kendalikan data yang Anda gunakan dengan melindunginya melalui kemampuan pengesahan, enkripsi, dan isolasi aplikasi yang unik.
  • Intel® Trust Domain Extensions (Intel® TDX): Persempit permukaan serangan potensial serta tingkatkan perlindungan data dan aplikasi maupun kerahasiaan di pusat data atau cloud dengan isolasi tingkat perangkat keras dalam virtual machine (VM).
  • Protokol Onboard Perangkat FIDO: Secara sederhana dan aman naikkan perangkat IOT Anda ke platform pengelolaan cloud atau di lokasi apa pun tanpa memerlukan intervensi manusia, menggunakan protokol terbuka ini yang memanfaatkan kriptografi kunci publik.

Pertimbangkan Kebutuhan Pengembangan dan Perangkat Lunak

Berbagai komponen perangkat lunak penerapan SDI Anda sama pentingnya dengan elemen perangkat keras. Lapisan virtualisasi, kemampuan pengelolaan, dan berbagai layanan yang ditentukan perangkat lunak—termasuk yang penting bagi alur kerja produksi Anda—harus bekerja bersama untuk memfasilitasi hasil bisnis yang Anda inginkan.

Bergantung pada kebutuhan organisasi, Anda mungkin juga perlu mengembangkan perangkat lunak untuk mendukung inisiatif SDI Anda. Untuk membantu Anda melakukan ini, Intel memiliki beberapa alat dan sumber daya yang dibuat khusus:

Siapkan Panggung untuk Inovasi dengan SDI

Selama beberapa generasi, SDI merupakan langkah awal dalam perjalanan yang lebih panjang menuju operasi yang sepenuhnya cerdas, otomatis, dan ditingkatkan AI yang menjanjikan tingkat fleksibilitas, efisiensi, dan produktivitas baru.

Seiring organisasi Anda mengejar konvergensi IT/OT yang esensial dan kemampuan manufaktur pintar yang canggih, kami dan ekosistem mitra kami siap untuk membantu menyederhanakan keberhasilan Anda dan mengakselerasi hasil Anda dengan solusi yang fleksibel, terbuka, dan dapat diskalakan. Kami menantikan untuk bekerja sama dalam mewujudkan transformasi digital Anda.