Ikhtisar Robot dan Artificial Intelligence

Temukan bagaimana robot yang dilengkapi dengan artificial intelligence (AI) membantu bisnis menyelesaikan masalah dengan cara baru. 

Manfaat Utama

  • Kecerdasan buatan dapat diintegrasikan dengan semua robot untuk membantu mereka menyelesaikan berbagai jenis tugas.

  • Pembelajaran mesin dan pembelajaran mendalam memungkinkan robot untuk menjadi lebih cerdas, menyesuaikan kemampuan mereka sehingga mereka dapat menyelesaikan tugas yang lebih rumit.

  • Intel menawarkan beragam portofolio perangkat keras, perangkat lunak, dan solusi pengembangan yang membantu memungkinkan robot untuk memahami lingkungan dan berinteraksi dengan mesin dan manusia lainnya.

author-image

Oleh

Robot dan Artificial Intelligence: Merevolusi Bisnis menjadi Lebih Baik

Gagasan robot yang didukung oleh kecerdasan buatan telah menarik perhatian dan memantik imajinasi kita selama berpuluh-puluh tahun. Saat ini, ide robotika yang dahulu merupakan fiksi sains menjadi kenyataan untuk banyak bisnis. 

Perusahaan menggunakan robot yang didukung AI untuk membawa manusia dan teknologi lebih erat, menyelesaikan masalah, dan mengubah model bisnis mereka untuk memenuhi permintaan yang terus berubah.

Misalnya, robot yang didukung AI menyambut pelanggan di toko dan memberikan informasi dan arahan yang dipersonalisasi. Mereka memanen sayuran matang di ladang pertanian dan melayani latte yang dibuat sesuai pesanan di warung kopi. Dalam situasi industri, robot yang didukung AI menjaga pekerja aman dengan beroperasi dalam ruang bersama. Mereka juga melakukan tugas yang kompleks seperti memotong, menggerinda, mengelas, dan melakukan inspeksi secara otonom.

Apa itu Robot yang Didukung AI?

Robot yang didukung AI dilengkapi dengan berbagai sensor (termasuk perangkat visi seperti kamera 2D/3D, sensor vibrasi, sensor proksimitas, akselerometer, dan sensor lingkungan lainnya), yang memberikan data sensor yang dapat dianalisis dan ditindaklanjuti secara real-time.

Untuk memahami apa robot yang didukung AI itu, penting untuk memahami apa yang membuatnya cerdas.

Artificial intelligence merujuk pada sistem kelas luas yang memungkinkan mesin untuk meniru kemampuan manusia tingkat lanjut. Ada beberapa cara untuk mencapai AI, sebagaimana ditampilkan dalam diagram di bawah ini.

Ketika ditambahkan dengan AI, robot dapat membantu bisnis berinovasi dan mengubah operasional mereka. Saat ini jenis robot paling umum yang didukung oleh AI termasuk:

Autonomous Mobile Robot (AMR)

Seiring AMR bergerak melalui lingkungan mereka, AI memungkinkan mereka untuk:

  • Menangkap informasi melalui kamera 3D dan sensor LiDAR
  • Menganalisis informasi yang dikumpulkan
  • Membuat inferensi berdasarkan lingkungan dan misi keseluruhan
  • Bergerak atau bertindak untuk memberikan hasil terbaik

Tergantung industrinya, tugas dan tindakan yang diselesaikan oleh AMR yang didukung AMR sangat bervariasi. Misalnya, ketika memindahkan inventaris dari satu titik ke titik lainnya di gudang, AMR dapat menghindari tabrakan dengan menavigasi di sekitar pekerja manusia atau kotak terjatuh yang secara bersamaan menentukan jalur optimal untuk penyelesaian tugas.Pelajari lebih lanjut tentang AMR dan bagaimana mereka digunakan.

Robot Terartikulasi (Lengan Robot)

AI memungkinkan terartikulasi melakukan tugas dengan lebih cepat dan akurat. Teknologi AI menyimpulkan informasi dari sensor visi, seperti kamera 2D/3D, untuk mensegmentasi dan memahami adegan serta mendeteksi dan mengklasifikasikan objek. Pelajari lebih lanjut tentang robot terartikulasi dan lengan robot.

Cobot

AI memungkinkan robot untuk merespons dan belajar ucapan dan gestur manusia tanpa pelatihan yang dibantu pekerja.
Pelajari lebih lanjut tentang berbagai jenis robot dan bagaimana mereka digunakan di berbagai industri.

Manfaat Integrasi AI

Meskipun mengintegrasikan artificial intelligence dengan operasi atau model bisnis yang ada awalnya terlihat sulit, manfaat yang diwujudkan umumnya jauh melampaui tantangan yang dialami. 

Peningkatan Produktivitas dan Efisiensi

Perusahaan masa kini kesulitan memenuhi permintaan yang lebih besar dari sebelumnya. Pelanggan ingin pengiriman yang lebih cepat. Pemegang kepentingan ingin produktivitas yang lebih tinggi dan efisiensi yang meningkat. Dan pekerja ingin berkontribusi tanpa merasa lelah atau cedera. Robot AI membantu di semua sisi. Mereka melakukan tugas berulang dan memakan waktu, seperti memeriksa inventaris dan memperingatkan staf atas barang yang tidak ada stok atau hilang di lingkungan ritel. Ini mempercepat pengiriman produk, meningkatkan produktivitas, dan membebaskan pekerja manusia untuk mendapatkan tugas dengan tingkat lebih tinggi, tugas yang tidak terlalu menguras fisik, seperti mencari cara meningkatkan proses, memecahkan asalah AMR, atau mengembangkan ide baru. 

Peningkatan Kualitas dan Akurasi

Robot AI dapat melihat dan memahami lingkungan mereka, yang memungkinkan mereka untuk menyelesaikan tugas yang kompleks seperti inspeksi kontrol kualitas pada jalur rakitan. Dalam aplikasi industri, robot AI dapat memeriksa kualitas barang di jalur, dan alih-alih menunda tugas ke akhir proses—menghemat waktu dan uang untuk produsen. Baca bagaimana Audi bermitra dengan Intel dan Nebbiolo Technologies untuk meningkatkan inspeksi pengelasan dan proses kontrol kualitas dengan lengan robot yang didukung Intel, pembelajaran mesin, dan analitik prediktif.1

Peningkatan Keselamatan Pekerja

Robot AI berperan besar dalam meningkatkan keamanan tempat kerja. Perusahaan di sektor minyak dan gas sering menggunakan mereka untuk melakukan tugas pengumpulan data atau inspeksi keselamatan di lingkungan yang berbahaya untuk mengurangi risiko terhadap manusia. Dan karena robot yang didukung AI dapat belajar dari gestur dan ucapan manusia, mereka dapat terus meningkatkan kemampuan mereka untuk menyelesaikan tugas dengan aman sembari bekerja bersama karyawan.

Kemampuan Robot AI

Untuk membuat robot yang benar-benar cerdas, beberapa kemampuan penting diperlukan.

Robotika dan Pembelajaran Mesin

Pembelajaran mesin sangatlah penting untuk kemampuan robot AI dalam belajar dan berkembang secara progresif di setiap pelaksanaan tugas. Pembelajaran mesin untuk robot memungkinkan robot untuk menggunakan data real-time dan informasi kontekstual yang diperoleh melalui pengalaman mereka untuk mengembangkan jalur pembelajaran dan kemampuan baru. Ini memungkinkan robot untuk menyelesaikan masalah baru dan unik ketika mereka menemukannya di lingkungan mereka.

Pemrosesan Bahasa Alami (NLP)

Natural language processing (NLP) adalah jenis artificial intelligence yang memungkinkan robot untuk memahami bahasa manusia sebagaimana diucapkannya. Robot AI dengan NLP biasanya menyelesaikan tugas yang melibatkan:

  • Menjawab pertanyaan yang diajukan manusia
  • Pengenalan ucapan
  • Menentukan sentimen ucapan

NLP memungkinkan robot AI di ritel, kesehatan, dan perhotelan untuk secara langsung berhadapan dengan pelanggan di kios touchless, melayani sebagai asisten virtual di bank untuk meminimalkan kontak antar manusia, atau menghibur penghuni rumah pensiunan.

Percakapan AI

AI percakapan menggunakan data, NLP, dan pembelajaran mesin untuk membawa kemampuan interaksi robot AI dengan manusia ke tingkat berikutnya. Tujuan penggunaan AI percakapan dengan AMR atau robot mirip manusia adalah menawarkan interaksi yang lebih mirip manusia antara orang dengan komputer. Dengan setiap interaksi, robot akan menangkap dialog, memproses dialog, merespons, dan belajar mengantisipasi interaksi berikutnya. Misalnya, Restoran Lee's Famous Chicken di Ohio, menghadapi kekurangan karyawan dan mulai menggunakan solusi AI percakapan untuk menyambut pelanggan drive-thru, menjawab pertanyaan tentang item menu, dan menerima pesanan.

Teknologi Intel® AI

Teknologi interoperabel Intel adalah kunci untuk melengkapi robot dengan AI sehingga mereka dapat mendeteksi, merencanakan, dan bertindak secara cerdas. 

Dengan perangkat keras yang dibangun untuk IoT, perangkat lunak AI yang dibangun untuk aplikasi robot mobile, dan ekosistem mitra global, Intel memberikan blok pembangun dasar untuk pembuat robot dalam menciptakan solusi robotika yang terhubung, cerdas, dan dapat diandalkan.

Prosesor kami disempurnakan untuk IoT akselerator AI, dan VPU memberikan kemampuan komputasi esensial yang diperlukan robot AI untuk operasi yang cerdas dan otonom. 

Produk Intel® RealSense™ memberikan robot pintar kemampuan untuk mengetahui sekelilingnya dan memahami objek. 

Dan Intel® Distribution of OpenVINO™ toolkit memberikan pengembang alat dan komponen yang telah dibuat untuk merampingkan pengembangan kemampuan inferensi AI yang komprehensif. Intel® oneAPI—model pemrograman terpadu berbasis standar, terbuka, dan lintas industri kami—memberikan pengembang dengan satu pengalaman pengembangan umum di seluruh arsitektur akselerator. Ini memungkinkan mereka mewujudkan nilai lengkap performa aplikasi perangkat keras, memungkinkan kemampuan lebih terprediksi, dan memberikan inovasi. 

Solusi visi mesin yang didukung Intel untuk Industri 4.0 menyatukan perangkat keras, perangkat lunak, dan teknologi mitra untuk mendukung visi mesin, produksi cerdas, dan sistem kontrol industri yang penting pada solusi robotika.

Dengan teknologi Intel® AI dan Produk Intel® Intel® Vision yang disesuaikan untuk inferensi latensi rendah, bisnis dapat membawa AI ke robot dan perangkat edge lainnya.

Teknologi Intel® AI Memungkinkan Era Robotika Selanjutnya

Perusahaan inovatif di dunia menggunakan robotika dengan AI tidak hanya untuk menyelesaikan beberapa tantangan terbesar di dunia, tetapi juga mengatasi masalah khusus industri dan bisnis seperti efisiensi, produktivitas, dan keselamatan kerja. Dengan portofolio robot dan teknologi AI yang kuat, Intel siap membantu perusahaan merevolusi bisnis mereka.

Pertanyaan Umum

Pertanyaan Umum

Robotika dan artificial intelligence adalah dua bidang yang sangat berbeda. Meskipun berada di area terpisah, mereka saling berkaitan di satu area—robot AI. Artificial intelligence dapat diterapkan ke robot untuk membuat robot AI.

Satu miskonsepsi umum tentang robot yang dilengkapi AI adalah bahwa mereka akan mulai bertindak bebas atau dengan cara yang melampaui tugaas awal mereka. Ini salah. Kecerdasan robot tidak sama dengan kecerdasan manusia dan robot tidak dapat menciptakan kemampuan baru di luar cakupan apa yang terprogram untuk mereka lakukan. Miskonsepsi populer lainnya adalah robot yang didukung AI akan menggantikan manusia di semua pekerjaan. Robot dengan bantuan AI akan lebih mungkin mentransformasi pekerjaan. Robot saat ini tidak dirancang untuk menggantikan pekerja manusia. Mereka dirancang untuk membantu manusia dalam pekerjaan mereka untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan keselamatan.