Pemeriksaan Cepat untuk Meningkatkan atau Memperbaiki Masalah Koneksi Wi-Fi

Dokumentasi

Pemecahan Masalah

000005493

20/07/2021

Apa yang Anda lihat?
Masalah koneksi Wi-Fi.

Mengapa Anda melihatnya?
Masalah performa Wi-Fi dan koneksi Wi-Fi dapat terjadi karena sejumlah alasan. Beberapa contoh ini termasuk versi driver yang sudah usang atau salah, konfigurasi jaringan yang tidak optimal atau salah, pengaturan adaptor nirkabel, konfigurasi AP/router, atau masalah interferensi.

Cara memperbaikinya.
Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatasi masalah.

Klik atau topik untuk detailnya:

Driver

Apakah driver Anda terbaru?

Anda tidak perlu memperbarui ke versi terbaru kecuali Anda mengalami masalah. Anda dapat menyelesaikan banyak masalah dengan memperbarui driver yang sudah kedaluwarsa.

Untuk memperbarui driver dan perangkat lunak pada Adaptor Intel® Wireless Anda:

Catatan

Produsen komputer Anda mungkin memiliki driver dan perangkat lunak khusus untuk mengaktifkan atau mengubah fitur, atau menyediakan peningkatan operasi pada komputer Anda.
Hubungi produsen untuk driver nirkabel dan chipset terbaru serta pembaruan BIOS serta informasi dukungan teknis.
Jika Anda tidak lagi mendapatkan dukungan driver dari produsen komputer Anda, Anda dapat mengunduh driver generik Intel.

Jaringan Wi-Fi

Apakah radio Wi-Fi aktif?

Jika komputer Anda tidak melihat jaringan Wi-Fi apa pun, verifikasi apakah radio Wi-Fi aktif.
Pilih sistem operasi Anda:

Windows® 10

Pilih ikon Jaringan pada baki tugas di kanan bawah layar. Klik tombol Wi-Fi untuk menyalakannya.

User-added image
Windows 8.1*Pilih ikon Jaringan pada baki tugas di kanan bawah layar. Klik penggeser di bawah Wi-Fi untuk menyalakannya.
User-added image
Windows 7*Tekan secara bersamaan Tje Windows Dan X Tombol. Atau Klik kanan ikon daya di baki tugas di kanan bawah layar untuk meluncurkan Pusat Mobilitas Windows.
Pilih Hidupkan nirkabel jika nirkabel mati.
User-added image
Apakah adaptor Wi-Fi diaktifkan?

Buka Mulai > Kontrol > Jaringan dan Internet > Koneksi Jaringan, dan klik kanan adaptor. Jika Nonaktifkan ditampilkan sebagai opsi konfigurasi, itu berarti adaptor diaktifkan.

User-added image

Router AP atau Broadband

Apakah titik akses nirkabel (AP) atau router broadband Wi-Fi berfungsi?

Verifikasi bahwa sistem Anda dapat terhubung ke jaringan dan Internet Anda. Anda dapat menggunakan perangkat Wi-Fi lainnya seperti smartphone atau tablet untuk memverifikasi apakah AP nirkabel atau router broadband berfungsi. Hubungi vendor titik akses Anda atau penyedia layanan Internet untuk bantuan.

Apakah adaptor jaringan terdeteksi?

Jika Anda mendapatkan pesan galat saat mulai atau saat masuk, lihat kemungkinan masalah dan persyaratan regulasi.

Gangguan

Bagaimana Anda memeriksa sumber interferensi lokal?

Periksa sumber interferensi, terutama jika menggunakan adaptor Wi-Fi IEEE* 802.11 yang bekerja di spektrum 2,4 GHz. Sumber interferensi yang mungkin meliputi:

  • Telepon nirkabel yang beroperasi dalam spektrum 5 GHz
  • Oven microwave
  • Perangkat berkemampuan teknologi Bluetooth®
Bagaimana Anda mengidentifikasi interferensi atau seserahan dari jaringan Wi-Fi lainnya?

Pastikan saluran yang digunakan titik akses atau router nirkabel Anda tidak tumpang tindih atau digunakan oleh titik akses terdekat lainnya.

  • Alat perangkat lunak seperti MetaGeek inSSIDer* membantu Anda memilih saluran terbaik untuk titik akses atau router nirkabel Anda.
  • Jika menggunakan pita 2,4 GHz, gunakan hanya saluran 1, 6, atau 11.
  • Jika menggunakan pita 5 GHz, gunakan saluran 36, 40, 44, atau 48.
Bagaimana Anda menonaktifkan pemilihan kanal otomatis?

Beberapa titik akses atau router nirkabel mencoba untuk secara otomatis memilih saluran terbaik untuk digunakan. Pemilihan otomatis dapat dilakukan saat pengaktifan atau saat-saat-terbang selama operasi normal. Jika Anda mengalami pemutusan acak dari jaringan, coba yang berikut ini:

  • Nonaktifkan pengaturan AUTO dan pilih kanal secara manual.
  • Alat perangkat lunak seperti MetaGeek inSSIDer* membantu Anda memilih saluran terbaik untuk titik akses atau router nirkabel Anda.
  • Jika menggunakan pita 2,4 GHz, gunakan hanya saluran 1, 6, atau 11.

Pengaturan

Bagaimana Anda memverifikasi dan menyesuaikan pengaturan manajemen daya? Bagaimana pengaturan tersebut dapat menyebabkan potensi masalah koneksi?

Pengaturan manajemen daya atau Power Save Polling (PSP) memungkinkan Anda memilih keseimbangan antara konsumsi daya dan performa adaptor Wi-Fi. Lihat Pengaturan Manajemen Daya Adaptor Nirkabel untuk mempelajari cara mengubah pengaturan.
Anda mungkin memiliki masalah koneksi dengan titik akses Wi-Fi (AP) yang tidak mendukung fitur PSP. Lihat Penjajakan Hemat Daya menyebabkan masalah koneksi dengan Titik Akses untuk detailnya.

CatatanMenurunkan pengaturan manajemen daya dapat menyebabkan baterai terhenti lebih cepat ketika tidak terhubung ke sumber daya.
Bagaimana Anda memeriksa pengaturan roaming?

Verifikasi bahwa pengaturan properti adaptor untuk keseruan jelajah tidak minimum atau maksimum. Pelajari cara mengonfigurasi pengaturan adaptor.

Apa pengaturan 802.11n yang disarankan?

Tinjau pengaturan yang disarankan untuk konektivitas 802.11n. Ini termasuk menggunakan keamanan WPA2-AES dan 5 GHz. Jika Anda menggunakan 2,4 GHz, kami menyarankan saluran sempit.

CatatanKami menyarankan untuk menggunakan ikatan kanal di pita 5 GHz. Ikatan saluran membantu karena terbatasnya kanal yang tidak tumpang tindih di pita 2,4 GHz.
Apa pengaturan 802.11ac yang disarankan?

Lihat pengaturan yang disarankan untuk konektivitas 802.11ac.

Mengatur Ulang Perangkat Jaringan dan Tumpukan Jaringan

Pelajari cara Mengatur Ulang Perangkat Jaringan dan Tumpukan Jaringan.

Rekomendasi umum
  • Jika Anda menggunakan Wi-Fi, minimalkan jumlah objek padat antara antena titik akses dan perangkat yang mengalami gangguan karena kecepatan rendah, menggunakan garis pandang. Memindahkan perangkat atau antena bahkan satu inci ke satu sisi dapat memintas beberapa objek padat, membuat perbedaan besar
  • Extender Wi-Fi memiliki kapasitas radio yang terbatas, dan akan selalu memberikan kecepatan setidaknya sedikit lebih lambat daripada menghubungkan langsung ke router, karena mereka harus menggunakan radio yang sama untuk menerima dan mengirimkan, sekaligus. Jika Anda menggunakan extender Wi-Fi, coba performa koneksi tanpanya dalam tujuan pengujian.
  • Jika Anda menggunakan router Wireless-N di lingkungan Wi-Fi yang padat, Anda sangat mungkin mengalami penurunan dan masalah kecepatan apa pun pengaturan yang Anda ubah. Sayangnya, spektrum 2,4 GHz sangat terbatas pada jumlah saluran yang tersedia, dan konflik muncul dengan cepat. Memperbarui ke router Nirkabel-AC mungkin diperlukan untuk meningkatkan kecepatan Anda dan mengurangi penurunan nirkabel.
  • Jika Anda menggunakan aplikasi antivirus atau api api, coba hapus instalan sepenuhnya untuk tujuan pengujian. Jika Anda menyadari bahwa kecepatan Anda meningkat secara dramatis dengan aplikasi antivirus atau antivirus yang dihapus instalannya, coba instal versi yang baru diunduh dari situs web resmi vendor antivirus. Jika itu tidak membantu, maka masalahnya mungkin satu dengan aplikasi antivirus itu sendiri. Dalam hal ini, Anda ingin menghubungi tim dukungan untuk aplikasi antivirus.

Jika Anda telah menguji semua saran pemecahan masalah di atas dan masih memiliki Masalah Koneksi Wi-Fi, silakan hubungi produsen sistem Anda atau klik Hubungi dukungan di banner biru di bawah ini untuk menemukan opsi dukungan untuk wilayah Anda. Bersiaplah untuk menjelaskan langkah-langkah yang Anda coba.

Topik terkait
Memperbaiki masalah koneksi jaringan di Windows® 10
Cara Mengakses dan Mengonfigurasi Pengaturan Adaptor Wi-Fi Tingkat Lanjut
Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Adaptor Intel® Wireless
Pengaturan yang Disarankan untuk Konektivitas 802.11ac
Unduh Driver Terbaru untuk Adaptor Intel® Wireless Anda
Dukungan untuk Pengguna Linux*