Mengatasi Masalah Berkedip, Crash, dan Masalah Game Umum Lainnya pada Grafis Intel®

Dokumentasi

Pemecahan Masalah

000005746

08/05/2024

Jika Anda mengalami masalah dengan game, ikuti rekomendasi untuk memecahkan masalah tersebut.

Klik atau topik untuk detailnya:

Identifikasi masalah

Catat pesan kesalahan, gejala, dan apa yang Anda lakukan ketika masalah terjadi. Bisakah Anda mereplikasi masalahnya? Informasi ini sangat penting untuk menentukan masalah yang mempengaruhi sistem Anda.

Catatan

Jika kamu menjalankan game untuk pertama kalinya pada konfigurasimu saat ini, pertimbangkan untuk mengurangi pengaturan dalam game atau menjalankan game dalam mode berjendela. Kinerja dapat meningkat dalam beberapa situasi.

Apakah masalah dengan game ini merupakan masalah baru?

Periksa terlebih dahulu untuk melihat apakah masalah yang Anda alami telah dilaporkan ke pengembang game, produsen peralatan asli (OEM) sistem Anda, atau Intel.

Lakukan pencarian online cepat menggunakan judul permainan, deskripsi masalah Anda, atau pesan kesalahan apa pun yang ditampilkan. Periksa Internet untuk melihat apakah orang lain telah melaporkan masalah yang sama, dan jika solusi telah diposting. Sumber daya bagus lainnya adalah situs Komunitas Grafis Intel .

Periksa forum game, situs penggemar resmi, dan situs dukungan resmi. Sumber daya web ini dapat membantu Anda memecahkan masalah dan memperbaiki masalah yang Anda temui dengan game tertentu.

Perbarui game Anda

Game yang memerlukan sistem yang selalu terhubung, multipemain, atau multipemain online (MMO) besar-besaran secara otomatis diperbarui saat Anda terhubung ke server mereka. Namun, game pemain tunggal dapat memiliki pembaruan opsional yang didorong oleh pengembang mereka. Periksa situs Web game atau gunakan alat pembaruan game yang disediakan untuk memastikan bahwa game tersebut mutakhir.

Perbarui driver Anda

Periksa situs produsen komputer Anda untuk pembaruan driver terbaru. Jika driver tidak tersedia dari produsen Anda, Anda dapat menelusuri driver yang sesuai di Pusat Unduhan, atau Anda menggunakan Intel® Driver & Support Assistant (Intel® DSA) agar sistem Anda secara otomatis menemukan dan menginstal driver terbaru yang kompatibel.

Untuk melakukan instalasi bersih driver grafis terbaru, lihat Instalasi® Bersih Driver Intel Graphics di Windows*.

Perbarui BIOS Anda

Unduh pembaruan BIOS terbaru untuk sistem Anda langsung dari OEM Anda. Pembaruan BIOS dapat memperbaiki masalah kompatibilitas antara motherboard dan prosesor Anda, dan juga dapat meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

Item lain untuk diperiksa
Periksa pengaturan rencana daya
  • Tekan Windows + R.
  • Di jendela Jalankan, ketik powercfg.cpl dan tekan OK.
  • Di bawah Pilih atau kustomisasi rencana daya, rencana daya yang saat ini dipilih ditampilkan (diatur ke Seimbang secara default). Di sebelah kanan rencana daya saat ini, pilih opsi untuk Ubah pengaturan paket.
  • Klik Ubah pengaturan daya lanjutan.
  • Gulir ke bawah, temukan Manajemen daya prosesor dan perluas .
  • Perluas Status prosesor maksimum.
  • Klik dua kali Pada baterai dan atur nilainya menjadi 100, lalu lakukan hal yang sama untuk Dicolokkan.
  • Klik Terapkan, lalu klik OKE untuk keluar.
Matikan Windows Game Bar dan Game DVR.
  • Tekan Windows + S.
  • Di kotak pencarian Windows, ketik Pengaturan bilah permainan dan tekan Enter.
  • Di bawah Kontrol cara Game Bar membuka dan mengenali game Anda, nonaktifkan opsi untuk Rekam klip game, tangkapan layar, dan siaran menggunakan bilah Game.
  • Dari menu sebelah kiri, tepat di bawah Game Bar, pilih Game DVR.
  • Matikan Rekam di latar belakang saat saya memainkan pengaturan game.
Catatan

Jika berlaku, uji konfigurasi tanpa kartu video khusus, hanya dengan menggunakan Intel® Processor Graphics.

Mengumpulkan informasi dan menghubungi Intel Customer Support

Jika proses bantuan mandiri dalam dokumen ini belum menyelesaikan masalah Anda, kumpulkan informasi berikut dan hubungi Dukungan Intel. Atau, Anda dapat mengirimkan masalah secara langsung ke Komunitas Intel Graphics.

Catatan

Sumber daya investigasi yang ditetapkan untuk game lama atau produk grafis lama tidak akan mungkin terjadi kecuali perilaku spesifik juga terjadi pada produk Intel® Graphics yang lebih baru. Ingatlah hal ini ketika memposting pertanyaan di Komunitas Grafis Intel®.

Informasi sistem dan monitor

  • Merek/model lengkap sistem Anda, atau motherboard jika sistem Anda dibuat khusus.
  • Merek/model lengkap monitor yang Anda sambungkan.
  • Jenis koneksi monitor Anda. Contoh: HDMI, VGA, DVI, DisplayPort.

Pernyataan masalah

Kirimkan tangkapan layar atau video masalah saat terjadi, dengan penjelasan tentang masalah dan pesan kesalahan apa pun yang Anda terima. Jika Anda tidak dapat mengambil tangkapan layar atau video, setidaknya, berikan tindakan langkah demi langkah yang memungkinkan kami mereproduksi masalah.

Laporan

Jalankan laporan ini dan lampirkan ke permintaan dukungan Anda sehingga kami dapat melihat informasi sistem penting. Berikut adalah laporan yang diperlukan dan cara mengaksesnya.

Intel® System Support Utility (SSU)

  1. Unduh Intel® System Support Utility dan simpan aplikasi ke sistem Anda.
  2. Buka aplikasi dan klik Pindai untuk melihat informasi sistem dan perangkat. Default Intel® System Support Utility ke Tampilan Ringkasan pada layar output setelah pemindaian. Klik menu yang bertuliskan ringkasan untuk mengubah ke Tampilan Terperinci.
  3. Untuk menyimpan pindaian Anda, klik Berikutnya dan klik Simpan. Anda dapat menyimpan file ke lokasi yang dapat diakses di komputer Anda.

Diagnostik DirectX* (DxDiag):

  1. Klik Mulai.
  2. Ketik DxDiag di kotak pencarian dan klik DxDiag saat ditampilkan.
  3. Klik Simpan Semua Informasi.

Informasi Sistem:

  1. Klik Mulai.
  2. Ketik msinfo32 di kotak pencarian. Klik msinfo32.exe saat ditampilkan.
  3. Menyimpan.