Tutorial Arduino * IDE

Dokumentasi

Instal & Pengaturan

000006321

17/09/2020

Peralatan yang diperlukan:

  • Papan Galileo Intel®
  • Catu daya (disertakan dalam kemasan)
  • Kabel Micro USB (tipe B)
  • Diinstal dan dikonfigurasi perangkat lunak Arduino * v 1.5.3

Sketsa contoh

Saat Anda membuat file di perangkat lunak Arduino *, aplikasi ini membuka sketsa dengan tata letak dasar program Arduino. Berikut adalah antarmuka pengguna:

BareMinimum User Interface

Dari kiri ke kanan, ikon di bagian atas Arduino antarmuka pengguna mewakili sebagai berikut:
Checkmark icon Verifikasi kode kompilasi. Gunakan untuk memeriksa kode Anda untuk kesalahan sebelum mengunggah sketsa.
upload icon Unggah sketsa.
New editor window icon Jendela editor baru membuka jendela pengeditan kode baru di tempatnya saat ini.
Open Icon Membuka file.
Save icon Menyimpan sketsa.
Serial monitor icon Monitor serial membuka monitor serial, berguna untuk debugging
Down Arrow Panah bawah memberi Anda pilihan seperti menambahkan sketsa ke proyek saat ini. Buka sebagai tab baru di editor kode saat ini, yang berguna untuk menata kode Anda ke dalam file logis.

Nomor di bagian kiri bawah dari antarmuka pengguna Arduino menunjukkan jumlah baris di mana kursor.

CatatanGambar mewakili antarmuka perangkat lunak Arduino, berjudul BareMinimum, dan ditemukan di File ≫ contoh ≫ dasar 0,1. Lihat contoh dan eksperimen lain.

 

Komentar

Dua garis miring ke depan (antara {dan}) mewakili awal komentar kode inline. Saat kode Anda diunggah ke Board, kompilator mengabaikan teks setelah dua garis miring. Menggunakan komentar kode inline memungkinkan Anda meninggalkan catatan untuk diri sendiri, dan bagi orang-orang yang membaca kode Anda. Anda juga dapat menulis komentar Multiline dengan memulai komentar Anda dengan/* dan mengakhiri dengan */.

/* You are reading an
example of a comment
that has many lines. */

Variabel

Melewatkan data di seluruh program bisa jadi cepat berantakan. Variabel seperti kontainer penyimpanan yang memegang berbagai jenis nilai. Menggunakan variabel untuk melewatkan nilai di sekitar adalah cara yang bagus untuk menjaga kode Anda terorganisir dan mudah dibaca.

Saat mendeklarasikan variabel (memperkenalkan ke program), memilih tipe data yang tepat adalah penting. Jika Anda mencoba mengukur intensitas cahaya dengan menggunakan Photometer, Anda mungkin menginginkan pembacaan yang tepat. Mendeklarasikan jenis variabel ruang cadangan ganda dalam memori untuk angka dengan titik desimal.

Contoh: double light_sensitivity;

Di manakah double jenis variabel yang Anda menyatakan dan light_sensitivity merupakan nama variabel. Untuk mereferensikan variabel dalam kode Anda, cukup gunakan nama yang Anda berikan.

CatatanPilih nama variabel yang relevan dengan apa yang Anda referensikan. Jika nama adalah lebih dari satu kata, gunakan karakter garis bawah (_) di antara kata untuk meningkatkan keterbacaan.

Pastikan untuk memeriksa ejaan pada kata yang Anda pilih. Salah satu karakter yang salah dapat menyebabkan program Anda tidak dikompilasi dengan benar.

 

Untuk informasi lebih lanjut tentang jenis dan variabel data, kunjungi halaman referensi Arduino.

Fungsi

Dua blok bangunan sketsa adalah fungsi pengaturan dan fungsi loop . Semua program memerlukan penggunaan dua fungsi ini karena mereka adalah struktur yang diperlukan untuk program untuk dikompilasi.

Fungsi pengaturan adalah tempat Anda memasukkan berbagai hal, seperti Deklarasi variabel dan inisialisasi mode pin.

Fungsi loop adalah jantung program Anda. Itu melakukan apa yang disarankan nama, loop terus menerus, menjalankan logika utama untuk program Anda.

Sama seperti variabel, fungsi muncul dalam berbagai jenis. Fungsi setup dan loop adalah tipe void. Artinya, bahwa mereka hanya melakukan apa yang diperintahkan kepada mereka, dan tidak mengembalikan nilai (karena itu, Batal). Fungsi yang mengembalikan nilai dibahas dalam pelajaran masa depan.


Pengenalan
Persiapan
Arduino IDE
Halo dunia
Membungkus