Ikhtisar BIOS untuk Intel® NUC

Dokumentasi

Informasi & Dokumentasi Produk

000006714

30/01/2024

Klik atau topik untuk detailnya:

Apa itu BIOS dan UEFI?

BIOS (Basic Input/Output System) adalah program yang mengontrol komputer dari saat dinyalakan hingga saat sistem operasi mengambil alih. Tujuan BIOS adalah untuk mengidentifikasi dan menginisialisasi prosesor, memori, hard drive, drive optik, dan perangkat keras lainnya.

Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) adalah spesifikasi yang mendefinisikan antarmuka perangkat lunak antara sistem operasi dan firmware platform. UEFI menggantikan antarmuka firmware Basic Input/Output System (BIOS), dengan sebagian besar implementasi firmware UEFI menyediakan dukungan lama untuk layanan BIOS.

Istilah ini sering digunakan secara bergantian.

Apa itu CMOS?

CMOS (Complementary Metal-Oxide Semiconductor) adalah chip bertenaga baterai onboard di dalam komputer yang menyimpan informasi, ketika komputer tidak terhubung ke daya AC. Misalnya, ia menyimpan pengaturan BIOS, waktu dan tanggal, dll. Ini juga disebut sebagai Real-Time Clock (RTC) atau non-volatile RAM (NVRAM).

Kapan saya memperbarui BIOS?

Perbarui BIOS di komputer Anda hanya jika versi BIOS yang lebih baru dapat menyelesaikan masalah tertentu. Anda dapat melihat semua perubahan BIOS di Catatan Rilis yang disertakan dengan pembaruan BIOS di Pusat Unduhan.

Di mana saya mendapatkan pembaruan BIOS?

Semua pembaruan BIOS tersedia di Pusat Unduhan. Masukkan Nomor Model Intel NUC Anda di kotak pencarian untuk unduhan driver/bios yang tersedia.

Bagaimana cara memperbarui BIOS?

Ada beberapa metode untuk memperbarui BIOS Intel® NUC ke versi terbaru. Jumlah opsi yang tersedia untuk model tertentu bervariasi, tergantung pada dukungan drive dan ukuran file pembaruan BIOS. Lihat Instruksi Pembaruan BIOS.

Di mana saya dapat menemukan Glosarium Pengaturan BIOS?

Untuk daftar pengaturan BIOS beserta tujuan dan opsinya, lihat Glosarium Pengaturan BIOS.

Bagaimana cara masuk ke pengaturan BIOS?

Program Pengaturan BIOS dapat digunakan untuk melihat dan mengubah pengaturan BIOS untuk komputer. Anda dapat mengakses program Pengaturan BIOS dengan menekan F2 tepat saat sistem menyala sebelum sistem operasi melakukan booting.

Jika terjadi masalah setelah membuat perubahan pengaturan BIOS, seperti kinerja yang buruk atau masalah yang terputus-putus, atur ulang nilai default yang optimal:

  1. Tekan F2 selama boot untuk masuk ke pengaturan BIOS.
  2. Tekan F9 untuk mengatur default.
  3. Tekan F10 untuk menyimpan dan keluar.

Jika sistem terkunci atau tidak boot setelah mengubah pengaturan BIOS, lakukan pemulihan BIOS.

Topik terkait
Mengatasi Masalah BIOS pada Intel® NUC
Menghapus CMOS di Intel® NUC